Tempat wisata di Majalengka cukup beragam dan bisa menjadi pilihan destinasi wisata dalam negeri yang menawarkan pesona dan keseruan. Majalengka sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat yang menyimpan banyak pesona keindahan wisata. Wisata yang ada di Majalengka didominasi wisata alam dengan sajian destinasi  menawan.

Saat berkunjung ke Majalengka ada beragam pilihan destinasi wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga ataupun sendiri. Untuk melepas lelah setelah melakukan berbagai aktivitas di keseharian. Berbagai kegiatan seru sudah menanti di setiap destinasi wisata yang ada di Majalengka.

Oleh karenanya berikut akan dijelaskan beberapa tempat wisata di Majalengka yang penuh pesona dan direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan tiba. Berikut daftar tempat wisata di Majalengka yang menawarkan pesona penuh keindahan:

1. Curug Sawer Majalengka

wisata majalengka jawa barat
Foto : https://www.instagram.com/yuniyuliaa/

Tempat wisata yang ada di Majalengka ini lokasinya masih tersembunyi namun keindahannya begitu mempesona setiap pengunjung yang datang. Lokasi dari tempat wisata ini berada di Desa Argalingga tepatnya di kecamatan Argapura Majalengka Jawa Barat.

Kawasan wisata ini berada pada ketinggian antara 900 hingga 1300 meter di atas permukaan laut. Dengan curah hujan yang berkisar antara 1500 hingga 4500 mm per tahun.

Curug Sawer sendiri ada 5 Curug yang mempunyai keunikan masing-masing dengan panorama alam yang begitu indah dan memikat.

Pada curug ketiga terdapat area camping ground yang bisa digunakan untuk menikmati suasana yang ada di sekitar curug. Sesuai dengan namanya area tersebut bisa digunakan untuk camping dan menghabiskan lebih banyak waktu di area wisata curug sawer.

Apabila memang berniat untuk melakukan camping di area wisata alam Majalengka ini. Maka terlebih dahulu mempersiapkan segala sesuatunya supaya tetap aman.

Bagian dinding Curug terdiri atas batuan keras dan juga Cadas yang bisa digunakan untuk olahraga turun tebing. Namun tentunya harus dilakukan oleh mereka yang sudah profesional dan berpengalaman. Karena harus ada pertimbangan keamanan yang harus diperhatikan.

2. Situ Cipanten

Tempat wisata Majalengka Paling hits
Foto : https://www.instagram.com/ucifauza09/

Selanjutnya ada situ cipanten yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi ketika berada di Majalengka. Situ cipanten ini dengan air yang begitu jernih serta dikelilingi oleh hutan belukar bernuansa kehijauan yang asri.

Alhasil saat dilihat perpaduan antara air danau yang jernih serta hutan di sekelilingnya membuat tempat wisata ini begitu indah. Dan bisa digunakan untuk merilekskan pikiran dan tubuh.

Selain itu tempat ini juga menjadi salah satu Spot berfoto kekinian. Yang bisa digunakan bagi para pengunjung yang ingin memberikan foto selama berada di sana.

Tersedia pula Spot foto menarik yaitu seperti kapal kayu bisa digunakan untuk menghasilkan foto yang instagramable dan juga ciamik. Berenang di situ cipanten Ini juga bisa dilakukan untuk merasakan kesegaran air yang ada di sana. Serta menikmati lebih dalam nuansa yang dihadirkan.

Untuk jam operasional sendiri tempat wisata ini buka mulai pukul 8 hingga pukul 5 lewat 15 menit sore hari WIB. Untuk alamatnya berada di Gunung kuning Kecamatan Sindang Majalengka Jawa Barat.

3. Jembar Waterpark

wisata di majalengka yang bagus
Foto : https://www.instagram.com/jembarwaterpark/

Dari namanya saja sudah bisa diketahui bahwa tempat wisata yang satu ini memiliki keseruan wahana air untuk bisa dinikmati. Bersama dengan keluarga ataupun teman-teman terdekat. Tempat wisata ini berada di Ranjiwetan Majalengka yang cocok dijadikan destinasi wisata keluarga selama liburan ataupun weekend.

Di tempat wisata anak di Majalengka ini terdapat wahana air dan juga Taman dinosaurus. Yang akan membuat daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Selain itu harga tiket masuk untuk dewasa dan anak-anak di tempat wisata ini juga sama.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata keluarga di Majalengka ini bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Sehingga cukup fleksibel dalam menentukan jenis transportasi yang akan digunakan. Pengunjung bisa menemukan banyak patung dinosaurus yang ada di tempat wisata ini sekaligus bisa berfoto dengan patung tersebut.

Itu kan ini juga terdapat Gazebo yang disediakan oleh pengelola untuk menunjang fasilitas selama berada di lokasi wisata. Dengan adanya Gazebo ini tentu saja bisa dimanfaatkan para pengunjung. Untuk beristirahat ataupun sekedar duduk menikmati suasana di sekitar Jembar Waterpark.

4. Ciremai

wisata di majalengka terbaru
Foto : https://www.instagram.com/vacacionns/

Objek wisata Majalengka yang satu ini juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Karena menawarkan pemandangan alam dari kawasan gunung yang begitu indah sehingga akan memberikan pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan. Bagi para pengunjung yang hobi mendaki gunung maka ceramah ini adalah salah satu destinasi yang cocok untuk dikunjungi.

Tinggi dari gunung Ciremai sendiri mencapai 3078 meter diatas permukaan laut dan saat ini dikelola oleh Taman Nasional Gunung Ciremai. Untuk dapat mendaki gunung Ciremai ini para pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp.6.500 per orang.

Mengingat bahwa wisata Majalengka Jawa Barat ini melibatkan aktivitas fisik. Maka para pengunjung yang datang sudah pastinya dianjurkan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Termasuk kondisi tubuh yang sehat dan Fit untuk mendaki. Persiapan juga dibutuhkan Sematang mungkin supaya proses pendakian bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala berarti.

Sesampainya di puncak tentu saja pemandangan indah sudah menunggu para pengunjung yang datang. Untuk mendaki gunung Ciremai ini ada 3 pilihan jalur pendakian yaitu jalur apa jalur Linggarjati dan jalur palutungan.

Di antara ketiga pilihan tersebut jalur Apuy merupakan jalur yang favorit karena cenderung lebih mudah dibandingkan dua jalur lainnya.

5. Curug Muara Jaya

wisata di majalengka jawa barat
Foto : https://www.instagram.com/muhamadyusuf28415/

Tempat wisata bernama Curug Muara Jaya ini menampilkan panorama alam yang indah dan menyejukkan mata. Para pengunjung yang datang akan disambut dengan pemandangan alam yang begitu Asri. Dengan hijaunya pepohonan yang berkombinasi dengan air terjun yang cantik.

Air terjun yang ada di Curug ini memiliki ketinggian sekitar 73 m dan suara Deru air terjun yang mengalir. Bisa memberikan efek relaksasi yang menyenangkan bagi tubuh. Meski demikian berhubung aliran dengan airnya yang cukup deras maka pengunjung yang akan menceburkan diri ke dalam air harus berhati-hati.

Biasanya pengunjung itu juga memanfaatkan setiap moment yang dilalui di sini dengan per foto berlatar belakang alam yang begitu indah. Kapan ini juga cocok untuk dijadikan lokasi berburu foto-foto ciamik dan cantik ala pemandangan alam yang begitu indah.

Adapun lokasi curug Muara Jaya ini tidak jauh dari gunung Ciremai. Tepatnya berada di lereng gunung Ciremai dengan suasana alam yang begitu merileksasikan.

Untuk jam operasional sendiri tidak terbatas alias 24jam sehingga lebih fleksibel untuk menyesuaikan waktu berkunjung.

Datang juga ke –> 13 Tempat Wisata di Cirebon yang rekomended untuk dikunjungi.

6. Taman Dinosaurus Majalengka

wisata alam majalengka
Foto : https://www.instagram.com/syamr2/

Sesuai dengan namanya Taman ini memiliki konsep yang cukup unik karena menghadirkan patung dinosaurus berukuran besar. Yang tampak begitu tinggi dan bisa merepresentasikan ukuran aslinya di masa lampau.

Hal tersebut menjadi keunikan tersendiri untuk Taman dinosaurus ini. Sehingga tidak sedikit pula yang merasa penasaran dan memutuskan untuk berkunjung ke tempat wisata in.

Taman dinosaurus ini juga ditambah dengan taman Buana Marga Majalengka yang cocok dijadikan wisata keluarga. Terlebih lagi apabila bersama anak-anak untuk bisa memperkenalkan hewan purba yang sudah punah tersebut.

Di salah satu wisata di Majalengka yang bagus ini juga terdapat layanan yaitu lintasan motor cross dan juga lapangan golf. Yang bisa digunakan bagi yang ingin mencoba dan memiliki ketertarikan di bidang tersebut.

Adapun lokasi dari tempat wisata ini berada di desa Lembah putih tepatnya di Kecamatan Lemahsugih Majalengka Jawa Barat. Jam operasional sendiri mulai pukul 9 pagi hingga pukul 6 sore waktu Indonesia bagian barat.

Untuk bisa masuk ke area wisata pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk senilai Rp5.000. Harga ini tentunya cukup terjangkau mengingat Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan selama berada di lokasi wisata ini.

7. Talaga Herang

tempat wisata keluarga di majalengka
Foto : https://www.instagram.com/akang_endang/

Tempat wisata yang diberi nama Talaga Herang ini menawarkan keseruan yang berbeda dari sekedar berenang pada umumnya. Di tempat wisata ini pengunjung akan ditemani berenang dengan sekumpulan ikan. Dan tentunya akan memberikan sensasi unik sekaligus berbeda dari biasanya.

Air yang ada di Talaga Herang ini juga terbilang jernih karena bersumber dari air pegunungan yaitu Gunung Ciremai. Tempat yg dingin dan menyegarkan serta sensasi seru saat berenang bersama aneka ikan. Mulai dari mujair dan ikan ikan mas besar yang ada di sini akan menjadi suatu pengalaman yang berharga dan berkesan.

Tidak hanya berenang ataupun bermain air pengunjung juga bisa lakukan aktivitas lainnya yaitu dengan bersantai di pinggir Telaga. Di lokasi wisata ini juga telah tersedia berbagai warung dan toko Untuk para pengunjung dapat berwisata kuliner.

Sembari menikmati pemandangan yang disajikan di wisata di Majalengka jawa barat ini. Tentu akan terasa lebih mengasyikkan apabila menikmati santapan jajanan ataupun makanan-makanan yang bisa dibeli di sekitar lokasi wisata.

Apabila menginginkan kegiatan yang lebih seru terdapat pula fasilitas lainnya berupa sekuter air dan juga sepeda air dan lain-lain.

8. Situ Sangiang

wisata majalengka
Foto : https://www.instagram.com/adamnursyahbani/

Tempat wisata Situ Sangiang ini juga memiliki sebutan telaga Sangiang yang menawarkan panorama alam menenangkan dengan perairan yang begitu indah. Di sekeliling Telaga terdapat rerimbunan hijaunya pohon yang membuat suasana menjadi lebih asri dan menyejukkan pandangan.

Para pengunjung yang datang bisa menikmati suasana yang dihadirkan di sana sembari merilekskan pikiran ataupun kepenatan. Yang selama ini dirasakan karena telah bekerja keras di keseharian. Hutan lebat yang mengelilingi Telaga bisa dijadikan perpaduan yang ciamik untuk menghasilkan latar belakang foto yang indah.

Oleh sebab itu para pengunjung yang datang ke wisata di Majalengka ini bisa mengambil foto di area ini. Dengan berlatarkan Telaga besarlah rimbunan pohon yang begitu indah dan menyejukkan mata. Jam operasional dari Situ Sangiang ini sendiri ialah 24 jam sehingga lebih fleksibel untuk menyesuaikan waktu berkunjung.

Alamat dari tempat wisata ini berada di Sangiang Banjaran Majalengka Jawa Barat. Dan untuk bisa masuk ke area wisata akan dibebankan tiket masuk senilai Rp.3.000.

Harga tiket terjangkau sehingga tidak memberatkan para pengunjung yang datang dan ingin menikmati suasana yang ada di Situ Sangiang ini.

9. Paralayang Majalengka

wisata di majalengka
Foto : https://www.instagram.com/rikobahiuddin/

Objek wisata di Majalengka berupa paralayang Majalengka bisa menjadi salah satu pilihan untuk merasakan sensasi liburan menantang dan penuh keseruan. Sesuai dengan namanya, aktivitas yang akan dijalani selama berwisata di tempat ini adalah mencoba Wahana paralayang. Yang tentunya akan memacu adrenalin karena berpacu pada ketinggian.

Mengudara sembari terbang menggunakan parasut tentu saja akan membuat pengalaman yang berkesan sekaligus menantang. Pemandangan alam bisa dilihat dari ketinggian menjadi daya tarik utama untuk mencoba paralayang yang ada di Majalengka ini.

Bagi yang tidak terlalu phobia dengan ketinggian ataupun yang memiliki keberanian untuk mencoba wahana yang satu ini. Tentu akan bisa mendapatkan pengalaman seru dan menyenangkan. Demikian tentu saja harus penuh kehati-hatian dan diperhatikan keamanan ketika akan mencoba menaiki paralayang ini.

Mengabadikan momen saat menaiki paralayang tentu bisa dilakukan dengan hati-hati sekaligus menjadikan liburan lebih berkesan untuk diingat. Bersiaplah untuk menikmati pemandangan alam dari ketinggian yang begitu mempesona. Dengan hijaunya alam serta udara yang segar dan sensasi keseruan selama berada di udara.

10. Situ Janawi

tempat wisata alam di majalengka
Foto : https://www.instagram.com/ubech91/

Tempat wisata yang satu ini berada di desa payung tepatnya di kecamatan Rajagaluh dengan luas sekitar 1 hektar. Lokasi wisata ini dibatasi oleh perbukitan pada bagian Selatan dan dikelilingi oleh permukiman.

Obyek wisata di Majalengka ini berbentuk lumayan bulat dan pada bagian tengahnya terdapat danau berukuran kecil. Jujur nih serta adanya tanaman air seperti eceng gondok yang menutupi nya.

Bagi para pengunjung yang menyukai nuansa perairan yang begitu menyejukkan pandangan. Maka tempat ini bisa menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk didatangi ketika berada di Majalengka.

Selain itu mengenai rute untuk bisa sampai ke lokasi wisata juga terbilang cukup mudah. Karena jalan menuju situ janawi sudah tergolong baik, meski terbilang sempit untuk kendaraan jenis roda empat.

Perlu diketahui bahwa yang menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata ini adalah adanya mata air yang jernih. Keluar dari celah bebatuan dari perbukitan yang hijau. Biasanya aktivitas yang dilakukan pengunjung adalah berenang ataupun berendam di lokasi ini.

Lihat juga –> 20 Tempat Wisata di Kuningan terbaru yang cocok untuk libur akhir pekan.

11. Curug Tonjong

objek wisata di majalengka
Foto : https://www.instagram.com/ferdii_hernanda/

Tempat wisata ini ada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai yang pesonanya begitu indah dengan mengedepankan panorama alam yang eksotik. Oleh sebab itu bagi para pengunjung yang menyukai wisata bernuansa alam. Tempat wisata di Majalengka ini menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat berada di Majalengka.

Pengunjung bisa menemukan adanya air terjun di lokasi ini serta bambu yang menjadi icon dari air terjun ini. Untuk bisa sampai ke lokasi curug bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Jarak lokasi wisata ini ke alun-alun Kota Majalengka sekitar 19 km.

Air terjun yang ada di Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 6 meter dan para pengunjung bisa melakukan aktivitas menarik. Seperti berendam ataupun berenang di bawah air terjun.

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata ini akan dikenakan biaya tiket masuk yang berkisar antara Rp10.000 hingga Rp.20.000.

12. Panyaweuyan Majalengka

obyek wisata di majalengka
Foto : https://www.instagram.com/aziss_abdul/

Lokasi wisata yang satu ini merupakan salah satu destinasi yang cukup hits belakangan ini. Dan bisa dikatakan tempat wisata di Majalengka terbaru. Dilihat sekilas pemandangan yang ada di lokasi wisata ini memiliki kemiripan dengan wisata Ubud dengan hamparan sawah yang menghijau.

Wisata terbaru di Majalengka ini berada di Argapura tepatnya di lereng gunung Ciremai. Dengan pemandangan apik dan udaranya begitu sejuk sangat mendukung untuk merilekskan pikiran. Udara yang begitu sejuk serta pemandangan alam yang indah berpadu menjadi satu menambah kesan liburan yang menyenangkan.

Salah satu tempat wisata Majalengka Paling hits ini juga menjadi lokasi untuk berburu foto-foto keren. Biasanya para fotografer akan memburu momen ketika matahari terbit atau sunrise serta area perbukitan yang diselimuti kabut.

Oleh karenanya bagi para pengunjung yang menyukai dunia fotografi bisa untuk menyempatkan waktu berkunjung ke sini. Karena cocok untuk dijadikan arena berburu foto-foto ciamik.

13. Curug Cipeuteuy

tempat wisata anak di majalengka
Foto : https://www.instagram.com/gembeltraveler/

Masih seputar wisata alam begitu indah dan masih seputar Curug yang begitu menyegarkan. Kali ini ada Curug Cipeuteuy di Dusun pasir tepatnya Desa Bantaragung dan berjarak sekitar 23 km dari alun-alun.

Para pengunjung yang datang ke tempat wisata alam di Majalengka ini bisa menikmati jernihnya air serta merasakan sensasi airnya. Dengan langsung berendam mandi dan bermain air di bawah Curug.

Karena nuansanya yang begitu menyenangkan dan dengan pemandangan alam yang begitu indah maka tempat ini cocok untuk merelaksasikan pikiran.

Bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan foto selama berada disini juga menjadi salah satu ide yang menarik untuk dilakukan. Agar liburan menjadi lebih berkesan, menyenangkan dan memiliki kenang-kenangan.

Jam operasional dari tempat wisata ini dimulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

14. Cadas Gantung

wisata majalengka terbaru
Foto : https://www.instagram.com/permanadgart16/

Tulisan ini juga tidak kalah indah dan mempesona dengan panorama alam yang ditawarkan. Tempat wisata ini menjadi salah satu wisata di Majalengka terbaru dan banyak digandrungi pada saat ini karena begitu memikat.

Wisata Majalengka ini berada di desa Mirah tepatnya di kecamatan Leuwimunding Majalengka Jawa Barat. Untuk bisa mencapai tempat wisata ini memang dibutuhkan perjuangan yang cukup ekstra. Namun tentu saja ketika sampai di sini semua kelelahan itu akan terbayarkan dengan panorama alam yang begitu indah.

Sampai di tempat wisata di Majalengka Jawa Barat ini para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Seperti bersantai menikmati pemandangan alam yang ada di sana atau berburu foto-foto keren dan ciamik.

Untuk nantinya dijadikan koleksi atau menghiasi feed sosial media supaya lebih menarik lagi. Tempat ini juga cocok untuk dijadikan lokasi merelaksasikan pikiran setelah jenuh ataupun capek selama di perjalanan menuju tempat wisata.

15. Museum Talaga Manggung

tempat wisata di majalengka jawa barat
Foto : https://www.instagram.com/agus_rayento/

Tempat wisata berupa museum Talaga manggung ini berada di desa Talaga Wetan Majalengka Jawa Barat. Yang berjarak sekitar kurang lebih 26 km dari pusat Kota.

Di musim ini para wisatawan yang datang bisa melihat berbagai macam benda-benda peninggalan yang bersejarah kerajaan Talaga manggung.

Beberapa peninggalan bersejarah yang bisa ditemukan di museum ini yaitu alat kesenian Kereta Kencana peralatan perang dan lainnya. Tempat wisata seperti musim ini memang cocok dijadikan Wahana berlibur sekaligus untuk mengedukasi diri mengenai sejarah.

Review Sebelumnya –> 16 Tempat Wisata di Ciamis Terbaru yang tak kalah menarikanya untuk dikunjungi.

Untuk bisa masuk ke dalam Museum ini juga tidak dibebankan biaya masuk atau dengan kata lain gratis. Sehingga sangat membantu untuk bisa berwisata murah meriah. Meski demikian biasanya para pengunjung akan menyumbang sukarela untuk membantu operasional Museum.

Travel Vlog Honeymoon Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here