Bukit Cendana menjadi salah satu wisata alam populer yang dimiliki oleh Kabupaten Kulon Progo dengan segudang daya tarik di dalamnya. Tempat wisata di Kulon Progo satu ini menawarkan sensasi menyaksikan banyak pemandangan mengagumkan dari puncak sebuah perbukitan.

Banyaknya pohon Cendana mendasari nama dari wisata alam Kulon Progo satu ini yang cocok untuk anda bersantai dan rileksasi. Bukit Cendana Kulon Progo akan membuat banyak pasang mata dari para pengunjung terhipnotis dengan keindahan yang tersaji.

Waduk sermo nampak begitu nyata dari Puncak Bukit Cendana, menikmati keindahan bendungan tersebut dari sisi yang berbeda. Sebelum explore wisata alam Bukit Cendana Jogja ini, yuk simak dulu informasi berikut untuk menambah informasi anda.

Harga Tiket Masuk Bukit Cendana

harga tiket masuk bukit cendana
Foto : https://www.instagram.com/detra_vianzt/

Destinasi ini dapat menjadi altenatif untuk anda menghabiskan waktu libur dengan jalan-jalan bersama dengan orang-orang tercinta. Bukit Cendana Yogyakarta mampu membuang semua rasa penat yang tengah melanda diri anda.

Dominasi pohon cendana yang berpadu dengan rerumputan hijau membuat suasana disini begitu asri dengan angin sepoi-sepoinya. Disamping itu aneka panorama alam memikat juga menjadi sajian utama yang bisa anda temukan di berbagai sisinya.

Agar bisa berlibur di wisata alam bukit Cendana maka anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya dari kantong. Harga tiket masuk Bukit Cendana sangat murah meriah, bagaimana tidak, hanya dengan 5.000 rupiah saja per orangnya.

Selain itu pengunjung juga harus membayar retribusi parkir sesuai tarif yang berlaku kepada petugas disana. Pokoknya mengunjungi Bukit Cendana Kulon Progo tak akan membuat dompet anda kering.

Anda bisa kapan pun berkunjung kesini, sebab Bukit Cendana terbuka untuk umum dari pagi sampai sore hari. Jam operasional wisata Bukit Cendana di Kulon Progo yaitu pukul 08.00 sampai dengan 18.00 wib dari hari Senin hingga Minggu.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat bukit cendana
Foto : https://www.instagram.com/mosesheryanto/

Lokasi Bukit Cendana berada di puncak sebuah perbukitan dengan ketinggian wilayah sekitar 560 meter diatas permukaan laut. Diharuskan berjalan kaki dan sedikit mendaki untuk menuju spot utamanya, setibanya anda di area parkir wisata Bukit Cendana.

Alamat Bukit Cendana terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keberadannya tidak terlalu jauh dari pusat kota, atau alun-alun Wates, karena berjarak kurang lebih 12 km.

Dan membutuhkan waktu untuk perjalanan sekitar 23 menit melalui jalur utamanya yang bisa di akses oleh semua kendaraan. Namun tetap perlu berhati-hati, sebab jalannya rata-rata menanjak, sehingga wajib menggunakan kendaraan yang sehat dan siap tempur.

Pakai kendaraan pribadi agar bisa tiba di Puncak Bukit Cendana dengan mudah tanpa harus bersusah payah. Jika anda masih belum tau dengan letak persis wisatanya, dapat di akses maps dibawah ini sebagai petunjuk arah.

Datang juga ke –> Pantai Trisik yang eksotis dan intagenic untuk berswafoto.

Fasilitas

fasilitas bukit cendana
Foto : https://www.instagram.com/mosesheryanto/

Meski bukan termasuk wisata Kulon Progo paling hits, namun nyatanya Bukit Cendana terus diminati oleh banyak wisatawan. Dan sudah dilengkapi juga dengan berbagai sarana penunjang yang bisa pengunjung manfaatkan dengan baik.

Berikut ini fasilitas Bukit Cendana Kulon Progo Yogyakarta yang diantaranya :

  • Lahan parkir memadai
  • Pusat informasi
  • Kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Jalur pejalan kaki
  • Warung wisata
  • Gardu pandang
  • Spot foto menarik

Nikmati beragam sajian menarik di wisata alam Puncak Bukit Cendana dengan pesona luar biasa dan tiada duanya. Duduk-duduk santai, sembari bercengkrama dan menikmati segelas minuman hangat terasa begitu istimewa.

Gardu pandang pada Bukit Cendana juga telah di desain sedemikian rupa dan kerap wisatawan manfaatkan untuk melihat banyak pemandangan. Mata anda akan dimanjakan oleh aneka panorama mengagumkan dari ketinggian.

Kunjungi juga –> Kembang Soka wisata alam dengan suguhan air terjun yang memikat.

Spot Terbaik di Bukit Cendana

spot terbaik bukit cendana
Foto : https://www.instagram.com/mosesheryanto/

Mengisi waktu senggang dengan liburan bersama orang tersayang akan menciptakan pengalaman berkesan yang sulit terlupakan. Selama berlibur, anda juga perlu merekam setiap momen menariknya ke dalam foto maupun video.

Karena liburan akan kurang lengkap jika tanpa befoto-foto ria pada spot-spot terbaiknya. Spot terbaik di Bukit Cendana tentu saja adalah hamparan luas Waduk Sermo dari ketinggian yang menakjubkan.

Selain itu, dapat anda temukan juga landscape perbukitan hijau dengan beberapa pepohonan rimbun yang menghiasi. Melalui gardu pandang sebagai tempat yang pas untuk anda selife, foto bersama maupun rekam video.

Abadikan momen kali ini dengan merekam setiap momen-momen seru selama explore puncak Bukit Cendana ketika hari libur tiba. Maka dari itu sebelum berwisata, pastikan anda akan membawa kamera, atau paling tidak smartphone yang dimiliki.

Review sebelumnya –> Puncak Widosari destinasi menarik untuk anda rekreasi.

Tips Berkunjung

tips berkunjung Bukit Cendana
Foto : https://www.instagram.com/mosesheryanto/

Sebelum berkunjung, bisa anda jadikan tips berkunjung dibawah ini sebagai tambahan referensi.

  • Datanglah ketika hari cerah, tidak mendung apalagi turun hujan untuk dapatkan pengalaman yang lebih maksimal.
  • Jika cuaca sedang kurang bersahabat untuk berkegiatan di alam terbuka, sebaiknya jangan dulu berlibur disini.
  • Pastikan fisik anda dalam keadaan fit agar bisa eksplorasi Bukit Cendana dengan lebih leluasa.
  • Wajib menjaga kebersihan area wisata alam Bukit Cendana agar selalu asri, lestari dan ciamik untuk dinikmati.
  • Hati-hati dan selalu waspada selama berwisata, agar semua aman, lancar dan berjalan sesuai rencana.

Jadi itu tadi, wisata alam Puncak Bukit Cendana dengan daya tarik alaminya yang begitu mempesona. Sekian ulasan singkat Bukit Cendana yang rekomended untuk anda semua bersantai, melepas penat, dan jalan-jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − seven =