Situ Sangiang di Majalengka Jawa Barat menyuguhkan destinasi wisata alam berupa danau dengan luas 14 hektare. Letaknya berada pada ketinggian 1000an mdpl dengan di sekelilingnya di penuhi hutan alam yang rimbun dan asri.

tempat wisata keluarga di Bandung satu ini cocok banget untuk anda yang ingin mencari ketenangan di balik sibuknya keseharian. Situ Sangiang Majalengka memiliki nuansa yang begitu sunyi dengan angin sepoi-sepoi turut menemani.

Destinasi Situ Sangiang Talaga ini juga kerap di jadikan tujuan wisata religi oleh beberapa peziarah yang datang dari berbagai daerah. Terdapat makam Sunan Parung dan Sultan Kerajaan Talaga Manggung yang konon dahulu merupakan penghuni dari kawasan ini.

Harga Tiket Masuk Situ Sangiang

harga tiket masuk situ sangiang
Foto : https://www.google.com/maps/place/Situ+Sangiang/

Menurut penduduk setempat, Situ Sangiang berdiri sekitar abad ke 14 dan merupakan danau yang menyimpan sejarah tentang Kerajaan Talaga Manggung. Posisinya yang berada di kawasan hutan lindung wisata alam membuat tempat ini begitu sejuk.

Menghabiskan waktu libur dengan berkunjung ke Situ Sangiang merupakan sebuah keputusan yang tepat. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang semakin membuat situasi disini bikin betah dan enggan untuk pergi meninggalkannya.

Wisatawan yang hendak explore Situ Sangiang di jamin akan merasa tenang dan nyaman. Selain karena nuansa disini oke banget, biaya yang di patok pun sangatlah ramah di kantong.

Harga tiket masuk Situ Sangiang yakni hanya sebesar Rp. 15.000/orang, murah sekali bukan? Terbuka untuk umum di setiap harinya, sebab wisata Situ Sangiang ini buka 24 jam tanpa pernah tutup.

Namun kami sarankan untuk anda yang akan berkunjung ke wisata alam Majalengka satu ini sebaiknya datanglah saat hari masih cerah. Dan hindari berkunjung saat cuaca buruk ataupun turun hujan.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat situ sangiang
Foto : https://www.instagram.com/adamnursyahbani/

Wisata satu ini sangat rekomended untuk anda kunjungi bersama orang tercinta saat liburan telah tiba. Lokasi Situ Sangiang mudah sekali untuk di jangkau dari berbagai arah, plang penunjuk pun sudah terpasang di berbagi sudut jalan.

Alamat Situ Sangiang berada di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Jarak dari alun-alun Majalengka berkisar 25 km dengan waktu tempuh perjalanan mencapai 48 menit berkendara.

Di dukung dengan akses jalan yang cukup baik untuk di lalui berbagai jenis kendaraan yang melintas. Jika merasa kesulitan saat dalam perjalanan menuju wisata Situ Sangiang, tak perlu sungkan untuk bertanya pada warga sekitar.

Atau anda juga bisa mengakses maps dibawah ini dengan rute terbaik yang akan memudahkan perjalanan.

Datang juga ke –> Panyaweuyan

Fasilitas

fasilitas situ sangiang
Foto : https://www.google.com/maps/place/Situ+Sangiang/

Menjadi salah satu wisata Majalengka yang cukup populer karena selalu di padati oleh wisatawan yang ingin mencari ketenangan. Sudah di lengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang siap menunjang berbagai aktivitas menarik yang pengunjung lakukan disini.

Fasilitas Situ Sangiang di antaranya adalah :

  • Tempat parkir kendaraan memadai
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Gardu pesona alam
  • Warung Wisata
  • Flyfing fox
  • Gazebo
  • Bird Watching
  • Outbound area
  • Koleksi anggrek dan tanaman obat
  • Jungle track
  • Spot foto instagenic

Nikmati liburan penuh kesan dengan berkunjung ke Situ Sangiang yang akan membuat momen liburan kali ini tak terlupakan.

Memandang luasnya hamparan air danau dengan ikan-ikan yang berenang turut menghiasi kawasan ini. Ikan yang berada disini konon sangat di keramatkan, sehingga dilarang untuk di pancing/ambil.

Walaupun air danau Situ Sangiang nampak begitu jernih tetapi pengunjung dilarang keras untuk berenang dan menyelaminya. Meski demikian, wisatawan tetap bisa bermain di tepi atau bibir danau yang tentu mengasyikan.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bagi para pengunjung saat explore wisata Situ Sangiang dengan pesona anti mainstreamnya. Dilarang keras buang sampah sembarangan, memancing, merusak alam dan membuat api unggun.

Kunjungi juga –> Cadas Gantung

Spot Terbaik di Situ Sangiang

spot terbaik di situ sangiang
Foto : https://www.instagram.com/akang_endang/

Eksplorasi sebuah daya tarik wisata tentu banyak pengunjung ingin mencari spot terbaik di lokasi yang sedang di kunjungi. Saat anda singgah di Situ Sangiang yang menakjubkan ini, maka banyak sekali spot-spot yang dapat di temukan.

Mulai dari pohon-pohon yang menjulang tinggi, hingga hamparan luas danau dengan air kebiruannya menjadi salah satu spot favorit untuk berswafoto. Ber selfie ria dengan mengabaikan momen dalam bentuk foto memanfaatkan ragam spot instagenic yang Situ Sangiang tawarkan.

Berbagai sudutnya kaya akan latar belakang menarik untuk di jadikan background berswafoto saat liburan disini. Alam yang indah, asri dan begitu terawat akan memanjakan setiap pengunjung yang datang disini dengan semua keseruannya.

Maka dari itu abadikan momen sebanyak-banyaknya untuk menghasilkan foto kece dan membuat liburan anda kali ini tak terlupakan.

Review sebelumnya –> Curug Muara Jaya

Tips Berkunjung

tips berkunjung situ sangiang
Foto : https://www.instagram.com/situsangiang/

Berikut dibawah ini beberapa tips yang dapat anda jadikan referensi saat akan mengunjungi Situ Sangiang yang kaya akan sejarah.

  • Waktu terbaik untuk berkunjung yakni saat langit cerah dan cuaca bersahabat.
  • Sebaiknya segera kembali pulang sebelum hari mulai gelap.
  • Hindari hal-hal yang sekiranya dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Selalu patuhi semua aturan yang sudah menjadi ketetapan pengelola wisata.
  • Bersama-sama menjaga kelestarian alam dengan tidak merusak ataupun mengotorinya.
  •  Hati-hati dan tetap wasapada saat berada di alam bebas.
  • Bila perlu sedia bekal sendiri untuk antisipasi jika warung wisata tak beroperasi.

Demikian tadi ulasan singkat tentang Situ Sangiang yang merupakan salah tempat wisata alam di Majalengka yang rekomended.

Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi Situ Sangiang yang eksotis, menawan dan begitu memikat banyak pasang mata yang memandangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − sixteen =