Tempat wisata di Cilacap yang bagus dan mempesona adalah hal yang paling banyak dicari oleh orang. Ketika sedang berwisata di kota yang terkenal dengan pantai utaranya. Bagi Anda yang ingin sekali mencari sebuah destinasi wisata terbaik di kota ini, tenang saja!

Ada banyak sekali destinasi yang bisa dijelajahi ketika berada di Cilacap. Anda tidak akan bosan menjelajahi kota ini karena berbagai destinasi wisatanya begitu menakjubkan. Jadi, penasaran apa saja yang bisa ditelusuri ketika sudah berada di Cilacap?

Berikut daftar tempat wisata di Cilacap yang menakjubkan untuk dikunjungi ketika Anda sedang menghabiskan waktu liburan :

1. Pantai Karang Pandan

tempat wisata di cilacap
Foto : https://www.instagram.com/kinghafizm/

Objek wisata di Cilacap pertama yang sekiranya perlu ada dalam daftar yang harus Anda kunjungi adalah pantai Karang Pandan. Pantai satu ini mempunyai sebuah keindahan dan pesona yang dijamin tidak akan membuat Anda menyesal telah datang ke tempat ini.

Dengan pasir berwarna putih jernih yang indah dan deburan ombak menggelora. Maka pantai Karang Pandan adalah suatu tempat yang begitu recommended dikunjungi.

Bagi Anda yang ingin sekali mengunjungi pantai Karang Pandan, pastikan Anda selalu waspada, apalagi jiak ingin berenang. Hal ini karena ombak di pantai Karang Pandan yang besar dan ombaknyapun begitu besar.

Belum lagi ada karang yang jumlahnya banyak sekali, sehingga rasanya untuk berenang di Karang Pandan dibutuhkan kewaspadaan yang ekstra. Menariknya, obyek wisata di Cilacap sati ini selalu ramai ketika Kamis Upah dalam kalender suku Jawa.

Jadi, cobalah untuk mengunjungi kawasan wisata ini di setiap hari Kamis Upah. Namun, jika Anda ingin menyaksikan tradisi masyarakat Jawa saat hari Kamis Upah itu, cobalah untuk datang.

2. Waduk Kubangkangkung

wisata cilacap terbaru
Foto : https://www.instagram.com/indahagustin652/

Apakah Anda sedang mencari sebuah tempat wisata di Cilacap dengan pemandangannya yang memukau dan suasananya yang asri? Sepetinya Anda perlu mengunjungi sebuah waduk yang dinamakan Kubang Kangkung.

Di sini, Anda bisa melihat sebuah waduk yang begitu luas dan indah. Tidak hanya bisa menyaksikan waduk saja, ada permainan bebek kayuh jika Anda ingin sekali mengelilingi kawasan waduk.

Selain bebek kayuh, ada juga permainan main bola, cocok sekali untuk Anda yang datang bersama keluarga. Di sekitar waduk ini ada banyak sekali orang-orang yang menjual berbagai makanan atau bahkana minuman.

Wisata alam Cilacap satu ini bisa Anda temukan di sebuah perkebungan karet yang berada di Kawungaten. Nah, untuk bisa menyaksikan keindahan waduk ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp. 2000 saja!

3. Kampung Laut Cilacap

wisata cilacap dan sekitarnya
Foto : https://www.instagram.com/nikmahlia_/

Mau mengunjungi tempat wisata di Cilacap terbaru yang unik sekali dan berbeda dengan destinasi lainnya? Cobalah untuk pergi ke Kampung Laut yang berlokasi di Ujungalang.

Keindahan wisata kampong yang anti mainstream ini sulit sekali diremehkan karena memang menyediakan sebuah panorama alam yang indah dan unik. Selain melihat keindahan panoramanya, di kampung ini juga Anda bisa menyaksikan warga yang beraktivitas di atas laut.

Selain menyaksikan laut, di kawasan Kampung Laut ini juga, Anda bisa menyaksikan indahnya pegunungan karst dan hutan bakau. Nah, untuk mengunjungi Kampung Laut Cilacap, maka Anda harus pergi dahulu menuju dermaga.

Nah, dari dermaga, Anda bisa naik sebuah kapal dan baru kemudian Anda bisa sampai ke Kampung Laut yang indah. Jika Anda ingin menyusuri kawasan hutan bakaunya sekalian, sewa saja kapal boat yang disediakan.

4. Pantai Sodong

Pantai di Cilacap
Foto : https://www.instagram.com/candra.halim02/

Pantai Sodong, merupakan salah satu wisata yang indah dan berlokasi di Kecamatan Adipala. Wisata bahari ini lokasinya tidak begitu jauh dari Gunung Selok yang terkenal.

Tidak heran jika pantai Sodongpun juga dikenal dengan nama Pantai Selok. Kawasan pantai ini memang tidak tersohor seperti Teluk Penyu.

Namun jika berbicara tentang keindahan pantai ini, jangan ditanya! Pantai Sodong tidak kalah bagusnya dengan kawasan wisata pantai yang terkenal di Cilacap.

5. Benteng Pendem Cilacap

objek wisata di cilacap
Foto : https://www.instagram.com/bustanularifine/

Tempat wisata di Cilacap, Jawa Tengah yang sayang sekali untuk Anda lewatkan ketika berada di kota ini adalah Benteng Pendem. Lokasi wisata bahkan terbilang dekat dengan wisata Cilacap yang terkenal yakni Teluk Penyu.

Jadi, rasanya sayang jika setelah dari Teluk Penyu Anda tidak datang ke Benteng Pendem ini. Nah, wisata sejarah ini adalah peninggalan dari negara Belanda dan masih dilestarikan hingga hari ini.

Bentengnya sangat luas dan tidak akan bosan menelusurinya nanti. Selain itu Benteng Pendem juga menyediakan tour guide yang akan menemani Anda berkeliling sambil menyampaikan informasi tentang benteng secara mendetail.

Di bangunan bersejarah ini, Anda akan menyaksikan beberapa spot penting untuk dikunjungi. Mulai dari terowongan, ruang tembak, gudang penyimpanan amunisi, hingga benteng pengintai.

Datang juga ke –> 21 Tempat Wisata di Dieng Terbaru yang rekomenden untuk liburan bersama keluarga.

6. Pemandian Air Panas Cipari

Wisata Kroya Cilacap
Foto : https://www.instagram.com/jamespardi/

Kalau Anda sedang mencari sebuah pemandian air panas yang lokasinya terjangkau dari kota Cilacap. Sepertinya Anda perlu datang ke Air Panas Cipari. Wisata Cilacap terbaru ini sangat mudah dijangkau dengan transportasi umum.

Anda bisa relaksasi dengan tenang di pemandian air panas ini sambil menyaksikan pemandangan yang ada. Oh ya, saat ini pemandian air panas Cipari sudah dirombak total. Dengan penambahan area kolam renang, gazebo dan juga tempat untuk parkir.

Pemandian Air Panas Cipari bisa menjadi tempat wisata keluarga di Cilacap yang layak untuk dikunjungi bersama anak-anak. Mau mandi air panas atau kolam renang, pilih saja mana yang paling Anda sukai.

7. Pantai Jetis

Tempat wisata Cilacap Purwokerto
Foto : https://www.instagram.com/mellamelliana_/

Tempat wisata alam di Cilacap yang jangan sampai terlewatkan kalau sudah berada di kota ini adalah pantai Jetis. Di kawasan pantai ini, Anda bisa menyaksikan sebuah ombak yang besar karena memang pantai ini memiliki gelombang yang memukau.

Selain bisa menyaksikan keindahan ombak pantai, di kawasan ini juga Anda bisa melihat bentangan pegunungan kapur. Setidaknya pemandangan karst gunung kapur ini mencapai 3 km, sampai menuju ke pintu masuk.

Kalau Anda memang sangat penasaran dengan keindahan pantai ini, cobalah datang ke Desa Jetis yang berlokasi di Kecamatan Nusawungu. Pemandangan pantai ini masih sangat natural sehingga cocok sekali untuk dijadikan sebagai background foto Anda.

Pantai Jetis adalah tempat yang baik untuk dikunjungi, meski hanya duduk-duduk saja. Cobalah untuk bersantai sejenak sambil memejamkan mata dan membiarkan irama alam berjalan dengan sendirinya.

Atau Anda bisa juga membiarkan pikiran Anda mengembara ketika sedang bersantai. Pantai Jetis adalah lokasi yang sangat tepat ketika Anda mencari tempat untuk liburan.

8. Alun Alun Kroya

tempat wisata di sampang cilacap
Foto : https://www.instagram.com/hendramartan/

Alun-alun Kroya bisa menjadi alternatif tempat wisata anak di Cilacap yang bisa dikunjungi lho bersama si kecil. Setiap malamnya, ada mobil genjot berwarna-warni yang menarik sekali dan anak-anak pasti akan menyukainya.

Anda bisa mengajak anak untuk berkeliling sekitar alun-alun dengan mobil genjot yang tersedia. Kalau sudah lelah berkeliling, maka ada banyak sekali pedagang sekitar Alun-alun Kroya yang bisa menjajakan makanannya.

Jadi, jangan khawatir masalah makanan dan hiburan. Sebab wisata Kroya Cilacap ini tidak akan mengecewakan liburan Anda bersama keluarga tercinta, kok! Apalagi destinasi wisata kota ini juga gratis untuk diakses.

Nikmati wisata malam yang indah di Kroya sambil mengajak keluarga. Anda tidak akan bosan mengunjungi kawasan wisata ini karena lokasinya juga amat mudah sekali dijangkau.

9. Teluk Penyu

wisata pantai di cilacap
Foto : https://www.instagram.com/meidinahazal/

Wisata Cilacap selanjutnya yang perlu untuk Anda kunjungi ketika sudah berada di kota ini adalah pantai Teluk Penyu. Mungkin Anda bingung mengapa kawasan wisata ini dinamakan dengan Teluk Penyu.

Hal ini dikarenakan ada banyak sekali penyu yang berada di kawasan pantai ini. Sayangnya, tidak semua pengunjung beruntung bisa menyaksikan penyu liar di kawasan pantai ini. Mengingat destinasi wisata satu ini sudah sangat berkembang.

Dengan semakin berkembangnya kawasan pantai ini, maka sudah jarang sekali ditemukan penyu. Meski demikian, pantai ini masih recommended untuk dikunjungi. Anda bisa menyaksikan ombaknya yang indah.

Kawasan wisata di Cilacap ini juga masih terbilang aman untuk berenang atau beraktivitas air. Kalau Anda ingin mengunjungi Teluk Penyu,datang saja ke Cilacap Selatan. Selain melihat keindahan pantai, Anda juga bisa berburu oleh-oleh khas dari Cilacap. Mulai dari baju sampai makanan, semua bisa ditemukan di luar pantai Teluk Penyu.

10. Museum Soesilo Soedarman

obyek wisata di cilacap
Foto : https://www.instagram.com/dimasbimaaaa/

Kalau Anda tertarik dengan wisata sejarah, mungkin Museum Soesilo Soedarman ini bisa menjadi alternatif Anda. Soesilo Soedarman sendiri adalah seorang jenderal TNI daru Cilacap dan pahlawan kebangaan masyarakat Kroya.

Di museum ini, Anda bisa menyaksikan berbagai foto dan barang peninggalan Soesilo Soedarman sejaki ia kecil hingga berkarir di TNI. Beberapa barang yang nantinya bisa Anda saksikan di museum ini adalah sebuah pesawat, peluru kendali hingga tank.

Tempat wisata di Sampang Cilacap ini memiliki bangunan utama yang berbentuk joglo dilengkapi dengan teras yang luas. Di museum ini, Anda bisa menyaksikan kliping berita tentang Soesilo Soedarman. Serta barang peninggalannya hingga foto tentang kegiatan Soesilo Soedarman saat masih hidup.

Jika Anda ingin mengajak anak Anda untuk belajar tentang sejarah, ajaklah ke Museum Soesilo Soedarman tidak ada salahnya. Anda bisa mengajarkan kisah kepahlawanan Soesilo Soedarman, tokoh TNI kebanggan masyarakat Cilacap yang mungkin keteladannya bisa ditiru oleh sang anak.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata Di Salatiga dan Sekitarnya Yang Wajib Di Kunjungi

11. Pantai Permisan Cilacap

wisata cilacap
Foto : https://www.instagram.com/oemimoeniroh13/

Permisan adalah pantai di Cilacap yang masih alami dan tidak kalah bagusnya kok dibandingkan dengan pantai Teluk Penyu. Kawasan pantai satu ini masih terbilang sangat natural dan hampir tidak ada sampah yang berserakan di sini.

Tidak banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan pantai Permisan ini. Padahal, wisata pantai di Cilacap ini bagus sekali digunakan untuk berselancar.

Ya, jika memang Anda memiliki hobi berselancar, cobalah mengujungi Pantai Permisan, deburan ombak pantai ini sangat bagus dan menantang. Dari pinggir pantai Permisan pula, Anda juga bisa menyaksikan berbagai macam pulau.

Kalau memang Anda penasaran dengan pantai yang masih natural ini, cobalah dayang ke Pulau Nusakambangan. Di pantai ini, Anda bisa bersantai ria sambil melihat indahnya sunset.

12. Alun Alun Majenang

tempat wisata anak di cilacap
Foto : https://www.instagram.com/arreligia/

Apakah Anda sedang mencari destinasi wisata malam di Cilacap? Cobalah untuk datang ke alun-alun Majenang.

Tempat wisata Cilacap Purwokerto ini selalu ramai setiap malamnya karena menyediakan berbagai macam hiburan. Mulai dari becak dengan lampu hiasnya hingga mobil gowes yang dihias menarik dengan lampu mencolok.

Alun-alun di kota Majenang ini memang berbeda jika dibandingkan dengan kecamatan lain karena memang suasananya lebih meriah. Anda tidak hanya bisa menyaksikan becak atau mobil yang dihias, melainkan puluhan pedagang.

Ramainya kawasan wisata malam di Cilacap ini karena memang pemerintah mengelola alun-alun Majeng dengan sangat serius. Jadi, tidak heran jika memang Alun-alun Majenang menjadi primadonanya warga Cilacap dan cocok sekali untuk wisata keluarga.

13. Pantai Widarapayung

wisata di cilacap
Foto : https://www.instagram.com/hanifah_dn/

Wisata Cilacap dan sekitarnya yang harus Anda kunjungi adalah pantai Widara Payung. Kawasan pantai ini hampir tidak tersentuh saking jarangnya pengunjung yang datang.
Kalau memang Anda menyukai sebuah wisata pantai yang masih sepi pengunjung dan alami, maka Pantai Widara Payung adalah solusinya.

Pantai satu ini berlokasi di Sidayu. Selain bisa bermain dengan air, Anda juga bisa kok sewa andong dan menelusuri kawasan pantai.

Untuk bisa masuk ke Pantai Widara Payung, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp. 5000 saja per orangnya. Selain bisa bersenang-senang, ada manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan berwisata ke Pantai Widara Payung.

Ya, tahukah Anda bahwa berada di dekat laut juga memiliki manfaat kesehatan? Berenang di air asin dapat membantu meremajakan kulit Anda, dan udara lebih bersih untuk dihirup.

Tentu saja udara di pantai ini pasti mengalahkan kabut asap dan polusi yang Anda dapatkan di kota-kota. Udara di pantai juga akan membantu menyegarkan otak dan pikiran Anda.

14. Curug Mandala

wisata alam di cilacap
Foto : https://www.instagram.com/886_riiw/

Mau wisata murah dengan pengalaman liburan yang tidak terlupakan? Coba saja pergi ke Curug Mandala!

Air terjun kebanggaan masyarakat Cilacap ini memiliki pemandangan yang indah karena menyajikan spot instagenic. Bagi Anda yang membutuhkan sebuah tempat untuk mendamaikan pikiran atau bebas dari rasa jenuh, cobalah datang ke Curug Mandala.

Kawasan wisata alam ini memang tempat yang sangat pas dan cocok untuk liburan. Anda bisa mengunjungi Curug Mandala bersama teman dan orang tercinta dan menikmati momen bersama di kawasan ini.

Kalau Anda ingin lebih menikmati wisata di Curug Mandala, cobalah untuk datang selain weekend atau tanggal merah. Sebab pada hari-hari tersebut, kawasan wisata ini menjadi sangat ramai dan Anda mungkin tidak bisa puas untuk bermain disini.

Berlokasi di kecamatan Jeruk Legi, Anda bisa menikmati pesona alam Curug Mandala untuk dieksplore bersama teman dan kekasih tercinta. Biaya untuk bisa masuk ke kawasan wisata ini hanya Rp 3000 saja.

Lihat juga –> Daftar Tempat Wisata Di Solo dan Sekitarnya Wajib Dikunjungi

15. Pantai Srandil

tempat wisata di cilacap jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/andriyaniaprillia/

Memang Cilacap adalah kota yang terkenal dengan kawasan pantainya yang sangat beragam. Anda tidak akan kehabisan daftar pantai indah kalau sudah menginjakkan kaki ke Cilacap.

Nah, salah satu pantai yang mungkin jangan sampai Anda lewatkan kalau sudah ke Cilacap adalah Pantai Srandil. Pantai ini berlokasi di sekitar Gunung Srandil sehingga dinamakan dengan Pantai Srandil.

Kawasan Pantai Srandil sendiri berada di Kecamatan Adipala dan dekat juga dengan Pantai Sodong. Kalau Anda memang sedang berada di Adipala dan ingin berlibur, jangan lupakan untuk kunjungi pula Pantai Srandil ini.

Berwisata ke pantai Srindil benar-benar memberi Anda relaksasi total. Rasa relaksasi yang sebenarnya ini membawa Anda lebih segar dan dan pikiran juga tidak berantakan.

16. Pantai Ketapang Indah

tempat wisata alam di cilacap
Foto : https://www.instagram.com/joyohatiman/

Nusawungu, Cilacap juga memiliki sebuah destinasi pantai yang begitu indah dan mempesona, namanya Pantai Ketapang Indah. Pantai ini memiliki pasir yang begitu halus dengan warna putihnya yang khas.

Apalagi warna pantainya yang biru juga begitu indah dan memukau. Pemandangan air laut yang luas, sering disebut sebagai “ruang biru” oleh para psikolog, sebenarnya menenangkan pikiran manusia.

Pantai adalah tempat yang sangat tepat untuk dikunjungi jika Anda memang membutuhkan sebuah pelarian. Liburan ke pantai adalah kesempatan sempurna untuk pelarian nyata dari rutinitas harian Anda.

Hal ini sangat berlaku terutama bagi Anda yang inggal di kota yang sibuk. Jika Anda ingin kembali dari liburan Anda dengan feeling re-charged dan siap untuk kembali bekerja. Perjalanan ke pantai Ketapang Indah adalah solusi yang paling bagus.

17. Kemit Forest

wisata terbaru di cilacap
Foto : https://www.instagram.com/hendramartan/

Kemit Forest adalah wisata terbaru di Cilacap yang sangat bagus untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta. Kawasan wisata satu ini memiliki berbagai macam spot foto yang kekinian dan dijamin instagrammable.

Wisata di Sidareja Cilacap ini merupakan sebuah hutan pinus yang dihias dengan berbagai macam dekorasi indah. Yang menjadikan kawasan wisata ini selalu menjadi spot wisata kekinian.

Kawasan wisata milik Perhutani ini menyajikan spot pemandangan yang dijamin tidak akan membuat Anda menyesal telah mengunjunginya.

Selain bisa hunting spot foto menarik di kawasan Kemit Forest. Anda juga bisa kok berfoto di kursi gantung, sky bike, ayunan, dan masih banyak lagi.

Hanya berjalan-jalan di sekitar kota ketika liburan hanya menghabiskan energi dan tidak selalu membuat otak Anda kembali refresh. Namun, dengan mengunjungi wisata alam seperti Kemit Forest, pasti akan merecharge otak Anda.

Apalagi berbagai spot fotonya yang instagenic, rasanya wisata ini tidak bisa dijelajahi dalam satu hari. Karena saking banyaknya spot foto menarik yang tersedia.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Bandung yang terbaru dan juga hits abis untuk liburan bersama keluarga.

18. Pantai Nusakambangan

wisata cilacap
Foto : https://www.instagram.com/febrilipr/

Terakhir, ada Pantai Nusakambangan yang sangat terkenal di Cilacap. Berkunjung ke pantai ini akan membuat Anda merasa tenang dan relaksasi, apalagi deburan ombaknya juga sangat menenangkan.

Anda bisa duduk santai dengan membaca buku bagus di bawah sinar matahari atau mendengarkan suara ombak pecah di pantai. Dengarkan musik atau podcast favorit Anda tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan ketika pergi ke Pantai ini.

Saat sore hari, Pantai Nusakambangan menawarkan pemandangan sunset yang indah. Anda bisa berjalan-jalan melintasi pasir saat matahari terbenam karena suasananya sangat indah dan romantis.

Pantai adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Pantai Nusakambangan akan membawa Anda jauh dari tekanan hidup dan membiarkan Anda refresh sejenak dari masalah Anda.

Kalau sudah berada di pantai Nusakambangan, pastikan hal yang harus Anda lakukan adalah bersantai. Jangan lupa bawa sunscreen ya supaya tidak terkena paparan matahari ketika bermain di pantai.

Review Sebelumnya –> 11 Tempat Wisata Di Brebes Yang Di Rekomendasikan

Dari 18 tempat wisata di Cilacap yang sudah dijelaskan di atas, mana yang ingin Anda kunjungi saat di kota bercahaya? Di manapun wisata yang hendak dituju, pastikan bawa perlengkapan yang dibutuhkan selama liburan, ya!

Travel Vlog Honeymoon Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here