Tips memotret orang saat travelling, apa pentingnya? Bukankah hanya tinggal jepret asalkan ada dokumentasi? Yang penting terlihat wajah dengan jelas serta memperlihatkan pemandangan di sekitar saja? Tentu saja tidak.

Menjadikan orang sebagai objek foto tidak bisa asal jepret. Ada berbagai hal yang harus Anda perhatikan, mulai dari pose orang yang dipotret hingga komposisinya dengan objek di sekitar.

Tips Memotret Orang Dengan Aman Saat Travelling

Mengabadikan momen saat travelling akan menjadi hal menyenangkan, terutama jika hasil bidikannya terlihat layaknya jepretan seorang profesional. Namun, untuk menghasilkan gambar yang bagus Anda tidak bisa sembarangan.

Jika Anda berniat memotret orang saat travelling dan ingin menghasilkan gambar terbaik, berikut beberapa tips memotret objek manusia yang harus Anda perhatikan.

1. Pencahayaan

Cara memotret orang yang bagus saat travelling yang pertama erat kaitannya dengan pencahayaan. Jangan membelakangi cahaya jika ingin menghasilkan foto yang jelas.

Sebaliknya, belakangi cahaya jika Anda ingin memotret dengan tema siluet atau memunculkan bayangan objek yang jelas. Saat memfoto orang dengan kamera hp, coba fitur cahaya yang mudah ditemukan di berbagai merk ponsel hp yang canggih maupun standar.

2. Jangan Ragu Mengarahkan Model

Untuk menemukan komposisi yang pas, terkadang model harus menyesuaikan gaya dan posisinya. Di saat seperti ini, tips memotret orang selanjutnya adalah jangan ragu untuk mengarahkan model.

Anda bisa meminta model bergeser ataupun bergaya, karena Anda adalah satu-satunya orang yang bisa menilai kesesuaian model melalui kamera hp. Juga bisa dimiringkan atau di zoom in dan out untuk variasi pemotretan. Lakukan dengan cepat dan pertimbangkan semua hal dengan seksama.

3. Perhatikan Objek di Sekitar

Saat traveling tentu saja ada hal menarik yang ingin diabadikan. Hal menarik tersebut bisa jadi ikon wisata ataupun hal unik yang belum pernah ditemui sebelumnya. Sebisa mungkin tonjolkan hal menarik tersebut sebagai fokus kamera ponsel Anda dalam satu jepretan.

Selain itu, perhatikan pula objek yang mungkin mengganggu. Misalnya, orang yang lalu lalang, barang bawaan, atau bahkan mungkin sampah yang terlihat perlu dihindari. Anda bisa menggeser posisi ponsel atau memilih mode blur dan fokus agar bagian yang tidak penting bisa dikaburkan atau menitikberatkan fokus pada objek orangnya saja.

4. Kombinasikan Beberapa Mode Hp

Memanfaatkan semua fitur yang ada pada ponsel semaksimal mungkin, ini adalah tips yang paling lihai dengan mengedepankan kemampuan ponsel. Anda bisa memakai mode burst dan fokus untuk mendapatkan foto orang yang estetik.

Anda juga bisa menggunakan mode redup untuk memberikan tampilan sendu ditambah dengan mode timer kalau tidak ada orang untuk memegang kamera. Ada banyak kombinasi mode yang bisa dimanfaatkan untuk mendapat foto seru saat traveling, khususnya dengan objek orang-orang yang bepergian dengan Anda.

5. Tentukan Akan Mengambil Foto Landscape atau Potrait

Cara memotret orang banyak adalah menentukan arah kamera agar bisa memuat semuanya. Anda bisa memilih foto landscape jika ingin menampilkan banyak orang atau hal seperti pemandangan atau objek unik di lokasi wisata.

Sedangkan jika ingin fokus pada orang yang difoto, Anda bisa memilih poto potrait dan mengarahkan fokus pada wajah. Dua pilihan ini adalah tampilan paling umum kala memotret orang, japi pilih sesuai kebutuhan Anda.

6. Be Ready

Cara memotret orang adalah be ready, maksudnya sebelum mulai memotret orang, pastikan Anda sudah siap dengan kamera hp yang akan digunakan. Pastikan tidak ada aplikasi lain yang terbuka selain kamera agar proses penangkapan gambar tidak terganggu.

Anda yang ingin menggunakan kamera ponsel juga harus paham fitur-fitur yang ada untuk memaksimalkan hasil jepretan. Gunakan fitur yang tepat untuk objek orang yang pas.

7. Memakai Mode HDR atau Burst

Cara memotret orang bergerak saat liburan adalah memastikan kalau tiap gerakan bisa diambil dan baru nanti dipilih mana yang bagus. Anda bisa setting kamera hp dengan mode burst yang bisa memotret dalam waktu singkat dengan beberapa kali jepretan.

Anda bisa memilih mode HDR yang bisa ditemukan di beberapa merk ponsel canggih untuk menampilkan gambar yang lebih berkualitas. Dengan demikian gambar orang bergerak bisa lebih ketara dan menarik.

Itulah beberapa tips memotret saat jalan-jalan memakai kamera hp. Ada berbagai tips yang bisa Anda coba untuk membuat foto bersama atau sendiri dapat terlihat dengan jelas dengan persiapan yang baik.

Gunakan kamera hp yang handal untuk memastikan pemakaian yang mudah dan hasil jepretan yang bagus. Salah satu smartphone yang direkomendasikan dengan kamera terbaik untuk mengabadikan momen traveling adalah huawei p50 pro.

Kamera ponselnya mengandalkan resolusi kamera yang besar. Selain itu, ponsel ini juga memiliki sensor ultra lebar yang cocok untuk memotret pemandangan, dilengkapi sensor monokrom untuk meningkatkan detail dan meminimalkan noise, dan sensor warna untuk menghasilkan jepretan lebih natural. Tertarik mengandalkan huawei p50 pro ini? Jika iya, Anda bisa membelinya di Blibli untuk mendapatkan produk original dengan harga termurah yang paling bisa Anda dapatkan.

Blibli adalah marketplace populer dengan banyak pilihan di setiap kategorinya. Ambil contoh untuk pilihan ponsel kamera yang memiliki beragam opsi mulai dari harga, merek dan spesifikasi.

Dapatkan kamera hp yang sesuai dengan kebutuhan dan kantong Anda. Pilihan yang tepat akan membantu Anda menghasilkan dokumentasi traveling terbaik. Setelah Anda tahu tips memotret orang yang hasilnya bagus, semoga nanti bisa menerapkannya dengan maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − 6 =