Berencana untuk mengajak liburan keluarga ke Pacitan? Beragam tempat wisata di Pacitan berikut wajib untuk Anda kunjungi karena banyak hal menarik yang bisa dijumpai. Seperti yang diketahui, Pacitan merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur.

Berbicara tentang Pacitan, pasti salah satu hal yang terlintas di benak Anda yaitu banyaknya destinasi wisata pantai yang tersedia. Daerah yang terletak di ujung barat daya dari Provinsi Jawa Timur ini memang selalu berhasil memuaskan hati para pengunjungnya. Nah, untuk Anda yang penasaran dengan wisata Pacitan Jawa Timur, simak ulasannya berikut ini.

Berikut daftar tempat wisata di Pacitan paling favorit dan selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar daerah :

1. Pantai Watu Karung

Wisata Pacitan selain pantai
Foto : https://www.instagram.com/watukarungpacitan/

Bagi Anda yang hobi berselancar, berkunjung ke Pantai Watu Karung saat waktu senggang adalah pilihan yang paling tepat. Pasalnya, salah satu pantai terkenal di Pacitan ini dijuluki sebagai surganya para peselancar.

Salah satu alasan mengapa Pantai di Pacitan ini sangat disukai karena memiliki ombak yang cukup menantang untuk ditaklukkan. Untuk lokasi dari Pantai Watu Karung ini sendiri berada di Pringkuku Watukarung Pacitan.

Lelah berselancar, Anda bisa menikmati aneka sajian kuliner khas Pacitan yang dijamin enak dan menggugah selera. Sebelum masuk ke kawasan wisata, para pengunjung wajib membayar biaya tiket sebesar Rp 5 ribu per orang.

2. Sungai Maron Pacitan

wisata pacitan terbaru
Foto : https://www.instagram.com/kang_djun/

Wisata Pacitan selain pantai yang wajib untuk Anda kunjungi selanjutnya adalah Sungai Maron Pacitan. Bagi Anda yang aktif media sosial terutama Instagram pasti sudah tidak asing dengan destinasi wisata satu ini.

Pasalnya, Sungai Maron Pacitan menjadi salah satu destinasi wisata yang beberapa bulan yang lalu viral di media sosial. Nantinya, Anda akan diajak menyusuri sungai sambil menikmati pemandangan sekitar yang masih sangat asri.

Untuk lokasi dari Sungai Maron Pacitan sendiri yakni di Desa Dersono Pringkuku atau sekitar 45 menitan dari pusat kota Pacitan. Para pengunjung yang datang wajib membayar biaya tiket masuk. Sebesar Rp 2 ribu per orang dan sewa perahunya sekitar Rp 100.000-Rp150.000 saja.

3. Pantai Srau

wisata pacitan jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/saputrafebrianto_real/

Tempat wisata di Pacitan Jawa Timur berikutnya yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan adalah Pantai Srau. Di tempat wisata keluarga di Pacitan ini Anda bisa menikmati sunset sekaligus sunrise yang dijamin indah dan mempesona.

Ditambah lagi adanya pohon kelapa yang berjejer di sekitaran pantai membuat suasananya semakin tenang. Pesona yang dihadirkan oleh destinasi ini yaitu banyaknya perbukitan dan juga batu karang besar mengelilingi pantai ini.

Bagi Anda yang belum pernah ke sana, Pantai Srau ini berlokasi di Candi Pringkuku Area Peswahan Kabupaten Pacitan.

Setiap pengunjung nantinya akan dikenai biaya tiket masuk yang sangat terjangkau. Tiket masuk sebesar 5 ribu per orang dan juga biaya parkir bagi yang membawa kendaraan.

4. Goa Putri Pacitan

tempat wisata di pacitan jawa timur
Foto : https://www.pacitantrip.com/

Tempat wisata di Pacitan selain pantai yang juga sangat populer dikalangan wisatawan terutama masyarakat setempat adalah Goa Putri Pacitan.

Secara administratif lokasi dari Goa ini sendiri yaitu berada di sebelah barat Kota pacitan. Atau lebih tepatnya berada di Desa Soka Kecamatan Punung.

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata, Anda harus menempuh jarak sekitar 25 KM. Yang mana lokasinya tidak terlalu jauh dari Goa Tabunan.

Jika Anda belum pernah ke sana sama sekali maka disarankan untuk menggunakan aplikasi Google Maps agar tidak tersasar.

5. Pantai Klayar

Pantai di Pacitan
Foto : https://www.instagram.com/mifta_catur/

Objek wisata di Pacitan yang sering dijadikan ikon wisata kota ini adalah Pantai Klayar. Bagi yang sudah pernah ke Pacitan sering mendengar destinasi wisata yang satu ini, bukan?

Pantai yang berlokasi di daerah Kendal Sendang Kabupaten Pacitan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama saat akhir pekan. Untuk Anda yang sedang liburan ke Pacitan, akan sangat disayangkan jika tidak berkunjung ke wisata di Pacitan terpopuler ini.

Daya tarik dari Pantai Klayar ini yaitu adanya seruling laut yang mana merupakan batu karang berukuran besar dan memiliki celah. Jika Anda dari pusat kota, untuk menuju ke pantai ini jarak yang ditempuh hanya 45 km saja.

Nantinya, para pengunjung wajib membayar biaya tiket masuk seharga Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu per orangnya. Untuk yang membawa kendaraan pribadi ke sana, maka wajib membayar biaya parkir juga.

6. Banyu Anget Pacitan

wisata di pacitan jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/disparporapacitan/

Bagi Anda yang butuh relaksasi sejenak dari padatnya aktivitas selama sepekan, maka disarankan untuk mengunjungi Pemandian Banyu Anget Pacitan. Wisata di Pacitan Jawa Timur ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar dari Pacitan apalagi saat akhir pekan.

Perlu diketahui, sumber air panas yang ada di pemandian Banyu Anget ini berasal dari perbukitan kapur yang eksotis. Jika belum tahu lokasinya, pemandian terkenal di Pacitan ini berada di Desa Karangrejo Kecamatan Arjosari.

Namun, apabila Anda belum mengetahui lokasinya disarankan untuk menggunakan aplikasi Google Maps agar lebih aman.

Jika dari pusat kota Pacitan hanya berjarak sekitar 15 km ke arah utara. Dengan berendam di pemandian Banyu Anget membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rileks.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Mojokerto terbaru dan hits.

7. Pantai Wawaran

tempat wisata di pacitan selain pantai
Foto : https://www.instagram.com/indraiswanto84/

Tempat wisata alam di Pacitan yang terbilang populer berikutnya adalah Pantai Wawaran yang berlokasi di daerah Kebonagung. Pantai ini bisa dibilang sebagai pantai produktif dan prestatifnya Pacitan karena menghasilkan banyak ikan.

Selain itu, pantai ini juga memiliki panorama alam yang begitu unik dan khas laut selatan dengan ombaknya yang lumayan besar. Daya tarik lainnya dari pantai ini yaitu adanya bebatuan sehingga membuat pemandangannya semakin indah dan menangkan.

Untuk masuk ke lokasi wisata, para pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya apapun alias gratis. Objek wisata di Pacitan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Karena selain murah meriah, lokasinya juga mudah sekali ditempuh baik kendaraan roda dua ataupun empat.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan saat liburan ke sana yaitu bermain air dan juga pasir yang masih sangat bersih. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan alamnya, melihat aktivitas nelayan, dan masih banyak lagi.

8. Goa Gong

wisata alam pacitan

Wisata alam Pacitan yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke sana adalah berkunjung ke Goa Gong. Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Goa Gong tentu sudah tidak asing dengan destinasi wisata terpopuler di Pacitan ini.

Kepopuleran tempat wisata di Pacitan ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung yang selalu ramai apalagi saat musim liburan tiba. Daya tarik yang dihadirkannya yaitu pemandangan artistik yang begitu mengagumkan.

Tidak heran jika Goa Gong dinobatkan sebagai salah satu Goa terindah yang ada di Asia Tenggara. Perlu diketahui, Goa Gong sendiri memiliki kedalaman sekitar 700 hingga 800 meter dan terdapat ruang besar.

Jika Anda tertarik untuk ke sana, objek wisata Goa Gong ini berada di Desa Bomo Kecamatan Punung. Agar liburan Anda ke sana semakin menarik, pastikan untuk mengajak keluarga dan orang-orang tercinta ya!

9. Pantai Teleng Ria

wisata pacitan
Foto : https://www.instagram.com/tuanmuda.boyhorror/

Wisata di Pacitan berikutnya yang terkenal akan keindahannya adalah Pantai Teleng Ria. Berbeda dengan destinasi wisata pantai yang sudah dijelaskan sebelumnya, pantai ini memiliki ombak yang lumayan tenang.

Jadi, para pengunjung bisa berenang atau hanya sekadar duduk menikmati pemandangan pantai yang sangat asri dan alami. Selain ombak yang terkondisikan, daya tarik yang dihadirkan pantai ini yaitu pasir putih yang masih sangat bersih.

Pantai Teleng Ria sendiri berlokasi di Jalan WR Supratman Desa Sidoharjo Pacitan. Saat berkunjung ke sana, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan agar lingkungannya masih tetap bersih dan terjaga.

Untuk Anda yang berencana untuk ke sana, disarankan menggunakan aplikasi Google Maps agar perjalanan lancar sampai tujuan. Pastikan untuk menyiapkan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan karena fasilitas yang tersedia di sana belum cukup lengkap.

10. Goa Luweng Jaran

tempat wisata alam di pacitan
Foto : https://www.instagram.com/hakimm.93/

Jika dilihat dari namanya, memang wisata Pacitan terbaru ini terbilang cukup unik. Meski begitu, berkunjung ke sana Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman yang dijamin seru dan menantang.

Pasalnya, lokasi dari Goa Luweng Jaran sendiri merupakan tempat untuk menuju ke perut bumi. Bahkan ada lorong goa yang terbilang panjang hingga mampu menembus lokasi dari goa lainnya.

Menurut informasi, panjang dari Goa Luweng Jaran di Pacitan ini bisa mencari 48 km. Untuk lokasinya sendiri berada di Jalan Jlubang Pringkuku Pacitan.

Bagi Anda yang suka menantang adrenalin, tentu saja sangat disayangkan jika Anda melewatkan destinasi wisata yang satu ini. Dijamin seru dan menambah pengalaman yang mungkin tidak bisa Anda jumpai di tempat lainnya.

11. Pantai Buyutan

wisata di pacitan
Foto : https://www.instagram.com/edisupri9999/

Belum ke Pacitan rasanya jika Anda tidak mengunjungi destinasi wisata terpopuler di Pacitan yang satu ini. Pantai Buyutan sendiri merupakan salah satu pantai di Pacitan memiliki pemandangan alam yang indah.

Pemandangan tersebut didukung dengan adanya pasir putih yang masih bersih dan halus di sepanjang pantai. Pasir putih yang ada di Pantai Buyutan ini sangat nyaman sekali di kaki. Sehingga tidak heran jika tempat wisata anak di Pacitan ini cocok dijadikan tujuan liburan keluarga.

Bagi Anda yang tertarik untuk liburan ke sana akhir pekan nanti, Pantai Buyutan berada di Kecamatan Donorejo, Pacitan. Saat berkunjung ke sana, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen indah yang Anda dapatkan di sana.

Tempat wisata murah meriah di Pacitan ini wajib untuk dikunjungi. Selain karena bagus, lokasinya yang aman akan membuat liburan keluarga Anda menjadi seru dan menyenangkan.

12. Goa Tabuhan

objek wisata di pacitan
Foto : https://www.instagram.com/nadadasardo/

Tempat wisata di Pacitan Jawa Timur selanjutnya yang juga sangat sayang untuk dilewatkan adalah wisata Goa Tabuhan. Menariknya, lokasi dari objek wisata alam di Pacitan ini hanya sekitar 1 km dari Goa Gong sehingga bisa langsung kesini.

Nama dari Goa Tabuhan sendiri berasal dari kata “Tabuh” yang mana goa ini menimbulkan suara hampir mirip seperti gamelan.

Destinasi wisata terpopuler di Pacitan ini sangat cocok digunakan sebagai tempat meditasi untuk Anda yang mencari ketenangan. Saat memasuki kawasan goa, Anda akan merasakan nuansa spiritual yang masih sangat kental.

Nah, untuk yang belum tahu dimana lokasinya, Goa Tabuhan ini terletak di daerah Tabuan, Punung Kabupaten Pacitan. Untuk bisa menikmati keindahan kawasan Goa Tabuhan para wisatawan wajib membayar tiket masuk seharga 5-7 ribu per orang.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Nganjuk yang neniliki pesona alam dengan panorama menawan.

13. Pantai Soge

obyek wisata di pacitan
Foto : https://www.instagram.com/radikasepta/

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Pacitan memang menjadi salah stu daerah yang terkenal dengan destinasi wisata pantainya yang banyak. Selain beberapa destinasi pantai yang sudah dijelaskan sebelumnya, masih ada satu lagi pantai di Pacitan yang tidak kalah keren.

Pantai Soge merupakan pantai di Pacitan yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan eksotis. Untuk Anda yang suka menikmati sunset sangat sayang disayangkan jika Anda tidak mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.

Pantai Soge sendiri terletak di daerah Dandong, Sidomulyo, Kecamatan Ngadirejo. Lokasinya yang berada di pinggir jalan membuat aksesnya mudah sekali dicapai.

Namun jika Anda baru pertama kali berkunjung ke sana, sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi Google Maps. Tujuannya agar Anda tidak kesasar dan bisa mencapai lokasinya dengan mudah dan selamat.

14. Pantai Karang Bolong Pacitan

tempat wisata di pacitan
Foto : https://www.instagram.com/indraiswanto84/

Pantai Karang Bolong Pacitan menjadi destinasi wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi bersama keluarga tercinta. Lokasi dari Pantai Karang Bolong yaitu berada di Desa Karang Bolong, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan.

Sebenarnya pantai ini masih satu garis dengan Pantai Klayar, bahkan lokasinya bisa dibilang masih berdekatan. Jika dibandingkan dengan pantai di Pacitan lainnya, Pantai ini memang belum begitu terkenal di mata wisatawan.

Nah, untuk Anda yang suka mencari spot-spot instagrambale pantai ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Jangan lupa untuk mengabadikan momen seru bersama keluarga dengan menggunakan kamera terbaik ya!

Dijamin liburan Anda bersama keluarga di Pantai Karang Bolong Pacitan semakin seru dan berkesan. Jika ingin menikmati suasana yang privat, sebaiknya untuk berkunjung selain akhir pekan atau waktu liburan.

15. Pantai Kunir

tempat wisata di pacitan terbaru
Foto : https://www.instagram.com/chromer_halah/

Masih berbicara seputar Pantai di Pacitan yang tidak ada habisnya, kali ini Anda perlu mencari informasi tentang Pantai Kunir. Salah satu daya tarik saat berkunjung ke destinasi wisata ini yaitu pemandangan yang menakjubkan di sepanjang perjalanan.

Ditambah dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar dan juga pasir putih yang bersih membuat pemandangan yang dihadirkan begitu mempesona. Bagi Anda yang penasaran dengan lokasinya, pantai ini berada di Desa Pager Kidul, Kecamatan Sudimoro.

Hanya saja, untuk menuju lokasi wisata akses yang harus Anda tempuh tidak terlalu mudah. Namun, Anda tidak perlu menyesal karena di sepanjang perjalanan mata Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang begitu menakjubkan.

Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen yang Anda dapatkan itu dengan kamera terbaik yang dimiliki. Jadikan liburan Anda bersama keluarga semakin seru dan berkesan ya!

16. Pantai Seruni Pacitan

tempat wisata keluarga di pacitan
Foto : https://www.instagram.com/pantaipiserpacitan/

Berbicara tentang destinasi wisata pantai di Pacitan memang tidak akan ada habisnya. Hampir semua pantai yang ada di kota yang berada di Provinsi Jawa Timur ini memiliki pemandangan alam yang menarik.

Dari banyaknya destinasi wisata pantai Pacitan yang wajib untuk dikunjungi berikutnya yaitu Pantai Seruni yang ada di Desa Ngobyogan. Lokasi tepatnya pantai ini yaitu di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan atau berdekatan dengan pantai Srau.

Nah, untuk Anda yang sedang berkunjung ke pantai Srau jangan lupa untuk mampir ke Pantai Seruni. Agar liburan Anda bersama keluarga semakin berkesan. Hanya saja, kekurangannya untuk bisa mencapai kawasan wisata Anda harus melewati akses jalan yang lumayan sulit.

Jika dari pusat kota Pacitan, pantai ini berjarak kurang lebih sekitar 25 km. Untuk mendapatkan pemandangan alam yang maksimal Anda bisa berkunjung ke sana pada waktu siang menuju sore. Dan jangan lupa, datanglah apabila kondisi cuaca sedang baik.

17. Pantai Pidakan

wisata terbaru di pacitan
Foto : https://www.instagram.com/asetyanto_/

Secara administratif lokasi dari Pantai Pidakan yaitu di Dusun Godeg Wetan, Kecamatan Tulaka, Kabupaten Pacitan. Jika dibandingkan dengan pantai sebelumnya, akses menuju ke lokasi wisata sudah terbilang mudah.

Sehingga Anda pun tidak perlu menghabiskan banyak waktu saat perjalanan. Menariknya, sepanjang jalur yang Anda lewati merupakan jalan lintas selatan, tidak heran jika jalannya mulus.

Wisata terbaru di Pacitan ini bisa dibilang murah meriah karena tidak dikenai biaya tiket alias gratis. Destinasi wisata Pantai Pidakan ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari tempat liburan murah meriah bersama keluarga tercinta.

Jika dibandingkan dengan destinasi wisata pantai lainnya, Pantai Pidakan memang memiliki keunikan tersendiri di mata para wisatawan. Anda tentu tahu, umumnya pantai memiliki hamparan pasir putih di sekitarnya.

Namun, di Pantai Pidakan Anda hanya menemukan bentang alam dengan bebatuan di setiap permukaannya. Sekilas pantai terpopuler di Pacitan ini hampir sama dengan Pantai Kolbano yang ada di daerah Timor Tengah Selatan.

Nah, untuk Anda yang tertarik untuk pergi ke sana bersama keluarga sebaiknya hindari saat akhir pekan. Pasalnya, saat akhir pekan atau musim liburan pantai ini selalu dipadati oleh wisatawan baik lokal maupun luar dari Pacitan.

18. Pantai Taman Pacitan

tempat wisata di pacitan
Foto : https://www.instagram.com/dianrika/

Satu lagi tempat wisata di Pacitan terbaru yang wajib untuk Anda kunjungi saat akhir pekan nanti adalah Pantai Taman. Jika dilihat secara administratif, Pantai Taman sendiri berada di Desa Hadiwarno Ngadirojo Kabupaten Pacitan.

Menariknya, saat liburan ke sana Anda tidak hanya sekadar menikmati pemandangan pantai saja tetapi juga bisa melakukan banyak kegiatan. Salah satu aktivitas yang paling terkenal yaitu wahana flying fox dengan panjang mencari 450 meter dan ketinggian 74 meter.

Fasilitas yang tersedia di sana juga lumayan lengkap seperti lahan parkir, tempat penginapan, tempat kuliner dan masih banyak lagi. Saat berkunjung ke sana, jangan lupa untuk hunting foto di beberapa spot yang tersedia. Pantai ini memiliki banyak sekali spot foto menarik yang dijamin keren dan instagrambale.

Bagi setiap pengunjung yang datang ke sana wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orangnya. Sedangkan untuk Anda yang tertarik untuk merasakan sensasi flying fox maka wajib membayar Rp 30 ribuan saja.

Akses menuju ke lokasi wisata sudah terbilang mulus dan mudah. Namun, jika Anda kesulitan untuk menemukan lokasinya, pastikan untuk memanfaatkan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone kesayangan ya!

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Ngawi dengan beragam sajian destinasi menarik untuk anda jadikan tujuan liburan.

Itulah ke-18 tempat wisata di Pacitan yang wajib dikunjungi baik saat musim liburan ataupun akhir pekan. Sebelum melakukan liburan, pastikan untuk menyiapkan semua kebutuhan dan mengecek kendaraan yang digunakan agar liburan tetap aman dan nyaman.

Rata-rata objek wisata yang ada di Pacitan mematok tarif yang lumayan murah sehingga Anda tidak perlu kantong jebol. Jadi, jangan lupa untuk mengajak semua keluarga Anda agar liburan semakin seru dan berkesan. Selamat berlibur!

Travel Vlog Honeymoon Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here