Tempat wisata di Ngawi sangat recommended untuk dikunjungi baik itu saat musim liburan, akhir pekan atau bahkan hari biasa. Hal tersebut tidak terlepas dari daya tarik keindahan masing-masing tempat wisata yang ada di Ngawi. Ngawi sendiri memang dikenal sebagai Kabupaten yang menyimpan banyak kekayaan wisata alam.

Dengan demikian, saat mencari lokasi liburan dalam negeri, maka Ngawi bisa masuk ke dalam salah satu daftar. Setiap sudut wisata yang ada di Ngawi berikan ciri khas masing-masing sehingga bisa disesuaikan dengan selera. Berikut akan dijelaskan beberapa tempat wisata yang ada di Ngawi.

Berikut daftar tempat wisata di Ngawi yang sayang dilewatkan saat berkunjung ke Jawa Timur:

1. Waduk Sangiran

tempat wisata di ngawi
Foto : https://www.instagram.com/anaarumsari.aas/

Tempat wisata pertama ini bernama Waduk Sangiran. Ini merupakan salah satu tempat wisata di Ngawi yang bagus untuk dikunjungi dikarenakan pesona keindahannya yang begitu luar biasa.

Waduk Sangiran memiliki sebuah taman yang ada pada bagian tengah Waduk nya. Hal ini pulalah yang menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung untuk datang dan menikmati tempat wisata ini.

Selama berada di Waduk Sangiran, para pengunjung bisa menikmati suasana di sana. Dengan melakukan berbagai aktivitas seperti menyewa perahu ataupun menikmati sunset. Selain itu para pengunjung juga bisa menyalurkan hobi memancing di Waduk Sangiran ini.

Biasanya jenis ikan yang paling sering ditemukan di waduk ini adalah ikan bandeng. Untuk bisa masuk ke lokasi wisata, para pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp.3.000.

Bagi pengunjung yang memiliki hobi fotografi aku sangat cocok untuk mengabadikan sejumlah momen di lokasi wisata ini. Ada banyak sudut-sudut keindahan yang bisa dijadikan angle foto menarik dan hits.

2. Benteng Van Den Bosch

wisata ngawi terbaru
Foto : https://www.instagram.com/anggarawepe/

Dari namanya tentu sudah tidak asing lagi untuk didengar. Tempat wisata ini merupakan salah satu situs yang bersejarah yang juga memiliki nama lain benteng Pendem.

Apabila melihat dari sisi sejarahnya, benteng ini merupakan saksi sejarah terhadap perlawanan yang dilakukan oleh Pangeran Diponegoro saat melawan Belanda. Sejarah mencatatkan bahwa Benteng Van den Bosch sudah ada sejak 1845.

Adapun pihak yang membangun benteng ini adalah Belanda yang tujuannya untuk pusat pertahanan Belanda. Alasannya tidak lain karena pada saat itu Ngawi menjadi pusat perdagangan dan juga pelayaran di Jawa Timur.

Uniknya posisi benteng Ini lebih rendah daripada tanah yang ada di sekitarnya. Ternyata hal itu sengaja dibuat untuk upaya bersembunyi pada saat dulu.

Lokasi benteng ini berada di Jalan Untung Suropati dan untuk masuk ke dalamnya dikenakan biaya Rp5.000. Sementara itu untuk jam operasionalnya buka mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

3. Air Terjun Suwono

wisata ngawi jatim
Foto : https://www.instagram.com/nisha_cahyani17/

Air terjun Suwono ini bisa menjadi salah satu pilihan wisata Ngawi hits. Objek wisata ini jaraknya cukup dekat dengan Kebun Teh Jamus serta masih searah dengan Air Terjun Pengantin.

Bagi para pengunjung yang ingin datang ke wisata alam Ngawi ini, akses yang disediakan sudah terbilang mudah. Hanya butuh berjalan sekitar 250 meter dari loket dan kondisi trekking nya sudah dilengkapi dengan paving.

Apabila merasa lelah di perjalanan maka bisa beristirahat di gazebo dan bangku yang telah tersedia di beberapa titik. Ketinggian air terjun Suwono sendiri adalah 20 meter dan ukuran kolamnya cukup besar.

Dari salah satu informasi dikatakan bahwa air terjun ini konon mempunyai PH 8 sehingga bisa langsung diminum. Lokasi lengkapnya sendiri berada di desa hargomulyo dusun ngetrap Ngawi Jawa Timur.

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata Air Terjun Suwono dibebankan biaya tiket masuk sebesar Rp.15.000. Sementara itu untuk jam operasionalnya sendiri mulai pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore.

4. Kebun Teh Jamus

wisata ngawi srambang
Foto : https://www.instagram.com/april_aplil/

Bagi para pengunjung yang menyukai suasana hijau yang menyejukkan mata. Maka kebun teh jamus yang ada di Ngawi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Kebun teh Jamus ini menjadi salah satu tempat wisata di Ngawi yang lagi hits.

Kebun teh ini berada di ketinggian kurang lebih 800 sampai 1200 meter diatas permukaan laut. Dengan begitu kondisi udara yang ada di kebun teh ini begitu segar dan sejuk.

Sangat cocok untuk dijadikan lokasi merilekskan pikiran dan melepas semua lelah bekerja. Kebun teh ini juga cukup luas sehingga para pengunjung bisa lebih bebas mengeksplor nya.

Menyaksikan para petani memetik daun teh tentu juga menjadi salah satu hal menarik yang bisa dilakukan di tempat wisata ini. Kegiatan lainnya yang juga bisa dilakukan di sekitar lokasi wisata adalah menikmati berbagai wahana tidak jauh dari kebun teh.

Wahana yang dimaksud meliputi kolam renang, flying fox dan area camping. Untuk bisa besok dikenakan biaya Rp.15.000 dan tempat ini buka mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

5. Srambang Park

wisata ngawi hits
Foto : https://www.instagram.com/ratna_rawita2204/

Wisata di Ngawi bernama srambang Park ini menjadi salah satu wisata yang memiliki daya tarik memikat untuk dikunjungi. Wisata Ngawi srambang ini memang cukup hits dan terkenal di Ngawi.

Kini telah hadir taman yang kekinian yang bisa dijadikan tempat untuk berburu foto-foto ciamik. Di lokasi wisata ini bisa ditemukan jembatan bambu, aliran sungai alami dan juga hutan pinus.

Nuansanya terasa begitu asri dan teramat memikat sehingga cocok untuk dijadikan lokasi melepas penat dan merilekskan pikiran. Aliran air sungai alami yang ada di srambangpark ini bisa membantu pikiran menjadi lebih tenang.

Untuk lokasinya sendiri berada di Jogorogo tepatnya di Girimulyo. Diantara rindangnya pohon pohon pinus yang ada di taman ini bisa ditemukan payung berwarna-warni. Bagi para pengunjung yang hobi fotografi, maka objek tersebut bisa dijadikan salah satu yang ciamik untuk difoto.

Menikmati keseruan dengan sendiri ataupun bersama teman-teman tentu tetap menawarkan pengalaman wisata yang menyenangkan. Dengan begitu liburan terasa lebih bermakna.

6. Museum Trinil

wisata di ngawi yang lagi hits
Foto : https://www.instagram.com/wisatangawi/

Dari namanya saja sudah bisa diketahui bahwa ini merupakan tempat wisata sejarah. Museum Trinil ini sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu sehingga nilai sejarahnya begitu kental.

Museum ini didirikan oleh Eugene Dubois yang merupakan pejabat kedokteran tentara kolonial Belanda. Yang dapat ditmeukan disini ialah fosil-fosil manusia purba, fosil tulang panggul gajah jenis stegodon trigonocheplus dan fosil-fosil lainnya.

Bagi para pengunjung yang tertarik untuk mempelajari sejarah atau sekedar ingin memperkaya pengetahuan mengenai sejarah maka tempat ini sangat recommended. Tidak perlu khawatir jika membawa serta anak-anak karena di lokasi ini telah disediakan arena bermain.

Dengan begitu kegiatan bermain sambil belajar bisa terlaksana dengan baik. Adapun lokasi dari tempat wisata ini yaitu di Pilang, Kawu Wonokerto Ngawi Jawa Timur.
Untuk bisa masuk dikenakan biaya Rp.3.000 untuk orang dewasa dan Rp.2.000 untuk anak-anak.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Malang

7. Embung Kuniran

tempat wisata di ngawi yang bagus
Foto : https://www.instagram.com/fandyfandol_/

Tempat wisata Ngawi Jatim bernama Embung kuniran ini merupakan tempat wisata alam di Ngawi. Berupa bendungan sungai yang di sekelilingnya terdapat hutan pinus. Kondisi tersebut menjadikannya objek wisata yang begitu menarik untuk dikunjungi.

Suasana tampak begitu eksotis karena berpadunya pemandangan alam yang hijau dan aliran air sungai yang dibendung. Di lokasi ini tersedia beberapa spot foto menarik seperti perahu bambu dan juga dek panggung bambu.

Sungainya tampak begitu segar dan mampu membuat suasana menjadi lebih rileks dan menenangkan. Sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai sembari menikmati suasana alam yang begitu indah.

Akses ke tempat wisata ini juga cukup mudah karena lokasinya tidak begitu jauh dari pemukiman warga. Bagi para pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi, di tempat ini juga telah disediakan area parkir.

Apabila ingin memberikan kenang-kenangan maka bisa mengambil foto-foto ciamik selama berada di lokasi wisata ini.

8. Taman Wisata Tawun

tempat wisata anak di ngawi
Foto : https://www.instagram.com/maspri_93/

Bagi pengunjung yang sedang mencari tempat wisata keluarga di Ngawi yang menarik maka Taman Wisata tawun ini bisa menjadi pilihan. Spot andalan yang ada di tempat wisata ini adalah kolam renang.

Meski demikian masih terdapat wahana seru lainnya yang bisa dicoba saat berkunjung ke tempat wisata ini. Wahana seru lainnya yang dimaksud adalah permainan perahu ataupun bebek-bebekan. Serta taman bermain untuk anak, kolam ikan, kolam bulus dan tidak ketinggalan taman bunga yang cantik.

Tempat wisata ini bisa dikunjungi oleh semua usia sehingga cocok untuk tempat wisata anak di Ngawi saat liburan. Keseruan yang dirasakan tentu akan berlipat kalau membawa orang-orang tercinta ke tempat wisata ini.

Bagi pengunjung yang menyukai aktivitas memancing, bisa melakukannya di lokasi wisata ini. Tidak ketinggalan berbagai sudut yang ada di tempat wisata ini merupakan tempat-tempat ciamik untuk berfoto.

9. Gayam Park

wisata ngawi
Foto : https://www.instagram.com/gayampark/

Tempat wisata berikutnya bernama Gayam Park. Tempat wisata ini merupakan pemandian ataupun Waterpark yang dilengkapi dengan taman bunga sehingga pemandangan yang dihasilkan begitu ciamik dan indah.

Sangat cocok untuk dijadikan lokasi berfoto. Di wisata Ngawi ini juga terdapat tempat pemancingan ikan serta gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Untuk itu pengunjung tidak perlu khawatir lagi saat menghabiskan waktu berlibur di tempat ini.

Berwisata juga tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan. Saat berkunjung ke tempat wisata ini telah tersedia warung dengan desain yang menarik di area wisata.

Oleh karena itu para pengunjung bisa menikmati suasana yang ada di tempat wisata. Sembari mencicipi makanan ataupun minuman yang dibeli dari warung yang tersedia.

Menurut informasi, biaya tiket masuk yang dibebankan sudah termasuk dengan ongkos parkir.

10. Wisata Watu Jonggol

wisata di ngawi
Foto : https://www.instagram.com/abet_yurigen/

Tempat wisata bernama wisata Watu Jonggol ini berada di lereng gunung Lawu sehingga suasana yang ditawarkan begitu menyejukkan. Di lokasi wisata ini para pengunjung yang datang makan dengan pemandangan unik dari bentuk bebatuan tebing gunung.

Selain itu terdapat juga taman, kolam renang dan air terjun yang alirannya cukup deras. Adapun sumber mata air untuk mengisi kolam renang di sini berasal dari pegunungan sehingga airnya begitu segar.

Para pengunjung yang datang bisa mencoba berbagai spot foto di lokasi ini. Karena setiap sudut tempat wisata menawarkan keindahan yang memikat. Saat menuju lokasi wisata, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pohon pinus yang begitu asri.

Objek wisata di Ngawi ini cocok digunakan untuk menghabiskan masa liburan dengan menikmati suasana alam. Biasanya di hari-hari libur nasional tempat ini akan ramai pengunjung.

Pada bagian atas tempat wisata juga sudah tersedia area khusus untuk outbond maupun camping. Oleh sebab itu jika pengunjung menginginkan lebih lama berada di lokasi wisata, maka camping adalah kegiatan seru yang bisa dilakukan.

11. Taman Labirin Ngawi

Tempat wisata keluarga di ngawi
Foto : https://www.instagram.com/agil.nuryusuf/

Dari namanya saja tentu sudah bisa dibayangkan seperti apa tempat wisata yang satu ini. Berkelok-kelok untuk mendapatkan jalur keluar adalah hal yang seru untuk dilakukan.

Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata di Ngawi terbaru yang menawarkan keseruan. Banyak dari kalangan wisatawan yang menginginkan berkunjung ke lokasi ini karena ingin mencoba mengasah kemampuan menemukan pintu keluar labirin.

Wisata terbaru di Ngawi ini sengaja didesain dengan tanaman sehingga bentuknya menjadi persegi memanjang dan berkelok-kelok. Para pengunjung yang datang tidak hanya bisa menantang diri untuk terbebas dari labirin namun juga berfoto ria dengan spot menariknya.

Berfoto dengan latar belakang labirin tentu saja akan sangat unik dan menarik. Foto-foto ciamik saat melalui labirin akan membuat pengalaman wisata terasa berkesan.

Wisata ngawi terbaru ini berada di Pelem 2 Ngawi dan untuk bisa masuk  dikenakan biaya sebesar Rp.5.000. Harga demikian sudah termasuk suatu kesatuan dengan Benteng Van den Bosch.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Mojokerto

12. Ngawi Agro Techno Park

wisata alam ngawi
Foto : https://www.instagram.com/iki.ngawi/

Tempat wisata yang satu ini juga tidak kalah menarik karena didesain sedemikian rupa dengan banyak tamaman serta bangunan berbentuk tangga. Bangunan-bangunan yang ada di sini tampak berpadu dengan indah dengan warna yang disesuaikan.

Oleh sebab itulah banyak spot spot foto menarik yang bisa dieksplor di obyek wisata di Ngawi ini. Tidak sampai disitu saja di sisi lain tempat wisata ini bisa ditemukan aliran sungai yang ada di pinggir taman.

Air yang mengalir cukup deras sehingga suara yang ditimbulkan bisa memberikan relaksasi bagi siapa saja yang mendengarnya. Alhasil wisata di Ngawi ini cocok untuk kegiatan bersantai menikmati pemandangan dan merilekskan pikiran.

Soal fasilitas juga tidak perlu khawatir karena tempat ini sudah lumayan lengkap. Dengan adanya toilet, lokasi parkir, mushola dan juga warung kuliner. Untuk parkir nya sendiri dikenakan biaya sekitar Rp.5.000 per kendaraan.

Untuk alamat lengkap tempat ini berada di Desa Wakah tepatnya di Dusun ngelo Ngawi Jawa Timur. Menurut informasi yang ada untuk bisa masuk ke tempat wisata ini tidak dipatokkan biaya namun seiklasnya saja.

13. Tirtonirmolo Ngawi

wisata terbaru di ngawi
Foto : https://www.instagram.com/harysurya33/

Apabila sedang mencari tempat wisata yang penuh keseruan dan cocok untuk dipilih sebagai lokasi wisata bersama keluarga. Maka tirtonirmolo Ngawi bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempat wisata ini berupa Waterpark yang begitu seru karena adanya berbagai wahana menarik.

Tidak jauh berbeda dengan Waterpark lainnya, di sini pengunjung bisa menemukan beberapa kolam dengan kedalaman yang bervariasi. Kolam dengan kedalaman yang dangkal diperuntukan bagi anak-anak.

Setidaknya ada tiga kolom yang disediakan yaitu kolam yang dangkal sedang dan dalam. Meskipun secara lokasi tempat ini lumayan panas, namun dengan adanya pepohonan yang rindang di sini membuat suasana menjadi lebih sejuk.

Alhasil tidak perlu khawatir menikmati suasana keseruan di waterpark. Beberapa wahana seru hadir dalam bentuk ember tumpah raksasa yang bisa mengguyur badan, kereta gantung, flying fox, ATV.

Selain itu masih ada yang lainnya seperti bianglala kereta elektrik bombomkart dan lain sebagainya. Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Seperti kamar mandi umum, tempat penyewaan pelampung ataupun ban, mushola, kantin, gazebo, tempat parkir, dan fasilitas permainan.

14. Alun Alun Ngawi

tempat wisata di ngawi jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/tonggeng_production/

Berkunjung ke Ngawi Jawa Timur tidak lengkap rasanya jika tidak menyambangi alun-alun Ngawi. Sesuai dengan namanya tempat ini berupa alun-alun yang bisa digunakan untuk menikmati suasana kota yang indah.

Tempat ini memiliki luas kurang lebih 68.000 meter persegi dan sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Bahkan tidak sedikit yang menyebutnya sebagai taman pusat terbesar dengan fasilitas yang terlengkap di Jawa Timur.

Tempat wisata di Ngawi ini difungsikan sebagai pusat kegiatan dan juga rekreasi di tengah kota. Jadi bagi para pengunjung yang ingin menikmati Ngawi sekaligus nongkrong maka tempat ini recommended dikunjungi.

Tempat wisata ini sendiri sudah mengalami revitalisasi pada tahun 2014. Sehingga pada saat ini suasana yang dihadirkan beserta fasilitasnya lebih baik. Bersantai dan menikmati suasana disini adalah hal yang seru dan menyenangkan untuk dilakukan.

Tempat Ini juga tidak memiliki jam operasional tertentu sehingga bisa dikunjungi kapan saja. Dengan begitu pengunjung bisa menyesuaikan waktunya untuk dapat berkunjung.

15. Banyu Redjo Park

wisata ngawi
Foto : https://www.instagram.com/andrejuliant.93/

Tempat wisata ini menghadirkan kolam renang yang bisa dinikmati para pengunjung yang datang. Wisata ini cocok dijadikan lokasi wisata bersama keluarga karena banyak keseruan yang bisa dihadirkan di lokasi wisata ini.

Tempat ini menyediakan berbagai wahana permainan yang akan mendukung keseruan selama berlibur. Selain itu yang tidak kalah penting adalah Tersedianya fasilitas yang terbilang lengkap di lokasi ini untuk para pengunjung.

Adapun tema dari lokasi usaha ini adalah permainan air yang begitu menyenangkan. Lokasinya terbilang cukup strategis sehingga tidak perlu kesulitan untuk menemukannya.

Tidak hanya bermain wahana yang ada di sini para pengunjung juga bisa menikmati suasana pada malam hari. Dengan adanya pohon-pohon yang tampak asri dan menyejukkan.

Oleh sebab itu selain bermain berbagai wahana, pengunjung juga bisa bersantai dan merilekskan pikiran.

Berbagai fasilitas yang tersedia di lokasi ini adalah tempat parkir, kamar ganti, spot foto, wahana permainan, mushola, dan lain sebagainya. Biaya tiket masuk wisata ini juga cukup terjangkau yakni Rp.8.000 untuk hari biasa dan Rp.10.000 untuk weekend.

16. Taman Candi Ngawi

tempat wisata di ngawi
Foto : https://www.instagram.com/taman_candi/

Satu lagi tempat wisata di Ngawi Jawa Timur yang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah taman Candi Ngawi. Tempat ini bisa dijadikan alternatif lain, selain alun-alun Ngawi.

Di tempat ini bisa ditemukan nuansa kehijauan dari tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar. Itu disini juga terdapat wahana permainan seperti ayunan, area memancing perosotan, gazebo dan juga taman bunga. Dengan begitu pengunjung bisa merasa lebih nyaman selama berada di lokasi wisata.

Tempat wisata ini juga tidak dibebankan biaya masuk sehingga lebih terjangkau sekalipun membawa teman-teman ataupun keluarga besar. Apabila ingin mengabadikan momen maka berburu foto-foto ciamik bisa dilakukan di tempat ini.

Review sebelumnya –>Tempat Wisata di Nganjuk

Itu tadi tentang rekomendadi tempat wisata menarik yang ada di Ngawi yang terbaru dan juga hits untuk liburan.

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here