Goa Gong merupakan destinasi wisata menarik dengan sejumlah keunikan yang dimiliki oleh Kota Pacitan di Jawa Timur. Tempat wisata Pacitan ini cukup populer dan menarik minat banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Seperti wisata goa pada umumnya, di Gua Gong Pacitan ini juga terdapat stalaktit dan Stalagmit yang dapat anda lihat. Disoroti oleh lampu LED berwarna warni semakin menambah ke eksotisan dari Wisata Goa Gong yang mengagumkan.

Tak hanya itu, mitos-mitos yang menyelimutinya pun turut membuat wisata Gua Gung Pacitan tambah unik. Saat anda sedang berada di Pacitan maka wisata alam Goa Gong jangan sampai terlewatkan ya.

Sejarah Nama Goa Gong

sejarah goa gong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108047419495625369609

Gong sendiri adalah salah satu alat musik gamelan yang mengeluarkan suara ketika ditabuh. Begitu pula dengan mitos yang membuat gua ini diberi nama Goa Gong.

Versi yang pertama, menurut beberapa masyarakat, sering mendengar suara tabuhan menyerupai suara gong dari dalam gua. Sedangkan versi kedua, ada yang mengatakan bahwa di salah satu ruangan Goa Gong terdapat batu.

Dan apabila batu itu ditabuh akan mengeluarkan bunyi menggema seperti suara gong. Dari kisah-kisah itulah yang seakan menjadi magnet dan menarik banyak orang untuk datang ke tempat ini.

Harga Tiket Masuk Goa Gong

harga tiket masuk goa gong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115413777583720449085

Apalagi untuk berwisata ke Goa Gong Pacitan anda tak perlu keluar banyak uang. Untuk harga tiket masuk Goa Gong sendiri hanya sebesar Rp20.000 per orangnya, cukup terjangkau bukan?

Agar momen berlibur ke Wisata Goa Gong lebih bermakna, pengunjung dapat menyewa jasa pemandu wisata. Dengan biaya Rp30.000 per guide, nantinya anda akan ditemani selama susur gua dan menjelaskan mengenai sejarah, proses dan segala sesuatunya.

Mengingat area goa yang cukup gelap, anda dapat menyewa senter dan juga payung dengan biaya 5.000 rupiah.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Goa Gong
Foto : https://www.instagram.com/windahandayani14/

Lokasi Goa Gong terbilang strategis dan sangat mudah untuk menemukannya meski anda belum pernah datang kesini. Alamat Goa Gong berada di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Jika dari pusat Kota atau Alun-Alun Pacitan maka jaraknya kurang lebih sejauh 20,6 km. Memerlukan waktu perjalanan selama 37 menit untuk sampai area wisata Goa Gong dari Alun-Alun Kota.

Akses jalannya sudah sangat baik dan semua kendaraan akan dengan mudah melintasinya. Setibanya disini anda bisa langsung menelusuri Goa Gong melalui anak tangga yang sudah dibangun untuk memudahkan wisatawan.

Apabila anda masih bingung dengan jalur mana yang musti dilintasi untuk sampai ke Goa Gong. Sebaiknya gunakan peta navigasi akurat melalui maps dibawah ini.

Datang juga ke –> Pantai Kunir dengan sejumlah pesona memikat.

Fasilitas

fasilitas goa gong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105285509871087406786

Termasuk dalam daftar wisata Pacitan hits yang selalu dipadati oleh pengunjung, terutama saat musim liburan. Di wisata alam Goa Gong ini juga telah dilengkapi oleh sarana pendukung.

Berikut ini fasilitas Goa Gong Pacitan Jawa Timur yang diantaranya :

  • Lahan parkir kendaraan
  • Pusat informasi
  • Jasa pemandu wisata
  • Toilet / mck
  • Tempat ibadah
  • Fasilitas air bersih
  • Persewaan alat susur gua
  • Warung dan kios wisata
  • Spot foto menarik
  • Dan lain-lain

Nikmati serunya mengisi waktu libur dengan kegiatan explore Goa Gong dengan sejumlah keunikan di dalamnya. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa agar momen berkunjung ke Goa Gong Pacitan lebih bermakna gunakan jasa pemandu yang ada.

Dilengkapi oleh alat-alat susur gua yang bisa anda sewa, seperti senter atau payung. Mengingat kondisi di dalam goa yang lembab, berair dan terkadang masih meneteskan air.

Kegiatan susur Goa Gong yang menawan akan membuat pengalaman liburan kali ini sulit untuk terlupakan. Apalagi jika dilakukan bersama teman atau orang-orang tersayang anda.

Kunjungi juga –> Pantai Klayar cocok untuk anda healing.

Spot Terbaik di Goa Gong

spot terbaik di goa gong
Foto : https://www.instagram.com/ricky_jalanjalan/

Bangunan goa yang dipenuhi oleh stalagmit dan stalaktit terlihat begitu menarik dan juga unik. Apalagi di Gua Gong ini juga telah terpasang beberapa lampu LED yang berwarna-warni.

Lampu tersebut menyorot ke arah dinding-dinding gua, nampak eksotis dan terbilang dramatis. Air-air yang menetes menimbulkan suara tertentu yang seolah menjadi backsound ditengah-tengah kita menyusuri goa.

Keindahan tersebut wajib untuk dimanfaatkan sebagai latar belakang untuk berfoto-foto ria dalam rangka mengabadikan momen berlibur. Temukan spot terbaik di Goa Gong yang memikat perhatian anda pada saat selfie, foto bersama dan merekam video.

Swafoto tentu menjadi kegiatan yang jangan sampai dilupakan. Karena rekreasi akan kurang lengkap kalo tidak berpose di depan kamera memanfaatkan sudut-sudut ciamik dari tempat wisata.

Review sebelumnya –> Pantai Soge yang berada persis di tepi jalan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung goa gong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101262172118537619435

Beberapa tips berkunjung dibawah ini dapat anda jadikan tambahan informasi dan referensi saat ingin explore Goa Gong Pacitan.

  • Pastikan berlibur ke Goa Gong pada saat hari cerah dan kondisi alam mendukung untuk jalan-jalan.
  • Anda bisa datang diluar waktu akhir pekan atau musim liburan jika ingin menikmati landscape Goa Gong dengan lebih maksimal.
  • Datang lebih awal agar bisa explore Goa Gong Pacitan sampai puas tanpa takut wisatanya akan tutup.
  • Patuhi tata tertib dan juga aturan yang di tetapkan kepada semua pengunjung demi kebaikan bersana.
  • Selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan ketika liburan, agar dapat kembali pulang dengan aman.
  • Perhatikan kanan dan kiri anda, apalagi anak-anak yang wajib untuk selalu dipantau selama berlibur disini.

Itulah tadi wisata alam Goa Gong di Pacitan yang eksotis dengan sejumlah daya tarik menawan di dalamnya. Sekian ulasan singkat Goa Gong yang bisa jadi tujuan menghabiskan waktu senggang anda bersama orang-orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − 5 =