Waduk Gajah Mungkur yang dikenal juga dengan sebutan Bendungan Serbaguna bisa dibilang menjadi ikonnya Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Waduk Wonogiri satu ini lumayan terkenal dan selalu menjadi tujuan liburan dan rekreasi oleh banyak orang.

Sejarah Waduk Gajah Mungkur secara singkat, dahulu pengerjaannya dilakukan secara swakelola oleh 2.500 pekerja. Bersama dengan 35 konsultan Nippon Koei Co Ltd Jepang yang kemudian Waduk Gajah Mungkur Wonogiri diresmikan pada tahun 1982.

Seperti bendungan kebanyakan, fungsi utama dari Waduk Gajah Mungkur Jawa Tengah ini sebagai pengendali banjir di Sungai Bengawan Solo. Namun karena keindahan yang dimiliki, kemudian dimanfaatkan juga di sektor pariwisata dan jadilah Wisata Waduk Gajah Mungkur.

Harga Tiket Masuk Waduk Gajah Mungkur

harga tiket masuk waduk gajah mungkur
Foto : https://www.instagram.com/bw.id88/

Gambar Waduk Gajah Mungkur dapat anda saksikan lebih seksama dalam sebuah ulasan menarik berikut ini. Bendungan ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 17 November 1981 dan merupakan waduk terbesar se-Indonesia.

Ada berbagai macam manfaat yang diperoleh dari Pembangunan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri ini yang antara lain. Yakni pengendali banjir, penyediaan air irigasi, menghasilkan listrik dari PLTA sebesar 12,4 MegaWatt, budidaya ikan tawar dan daya tarik wisata.

Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur dapat anda explore dan temukan keseruannya bersama keluarga dan orang tercinta. Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya, sebab biaya yang dipatok cukup bersahabat dan ramah dikantong wisatawan.

Harga tiket masuk Waduk Gajah Mungkur sejauh ini hanya sebesar 10.000 rupiah saja per orangnya. Saat anda berlibur di Waduk ini jangan sampai melewatkan untuk mencicipi aneka kuliner lezat di rumah makan terapung.

Sensasi bersantap sembari melihat indahnya hamparan luas air waduk yang sangat menakjubkan. Ditambah dengan semilir angin yang berhembus turut menemani setiap aktivitas anda selama berada di Waduk Gajah Mungkur.

Sebelum berkunjung ada baiknya untuk memperkirakan waktu kunjungan berwisata anda. Karena berada di alam terbuka, datang ke Waduk Gajah Mungkur sebaiknya saat hari cerah dan cuaca yang mendukung.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Waduk Gajah Mungkur
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101980944900561443107

Diberi nama Gajah Mungkur karena lokasi waduk ini tak jauh dari Pegunungan Gajah Mungkur di Wonogiri. Luas genangan dari Waduk Gajah Mungkur adalah 8.800 Hektar dengan mencangkup 7 kecamatan sekaligus.

Yaitu Kecamatan Wonogiri, Ngadirojo, Nguntoronadi, Baturetno, Giriwoyo, Eromoko, Kecamatan Wuryantoro. Akan tetapi untuk bangunan waduknya sendiri berada di Desa Pokohkidul.

Untuk lebih lengkapnya, alamat Waduk Gajah Mungkur berada di Desa Pokohkidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Berjarak sekitar 12 km dari alun alun kota Wonogiri dengan harus menempuh perjalanan selama 22 menit saja.

Akses jalan menuju wisata waduk Wonogiri ini tergolong mudah untuk semua jenis kendaraan. Disamping itu di tiap sudut jalan telah terpasang plang petunjuk untuk memudahkan siapapun yang hendak berkunjung.

Apabila anda masih merasa bingung dan ingin menuju Waduk Gajah Mungkur ini tanpa harus kesulitan, gunakan maps dibawah ini. Dengan petunjuk akurat siap memudahkan perjalanan liburan dan rekreasi anda ke Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Datang juga ke –> Girimanik

Fasilitas

fasilitas waduk gajah mungkur
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103747356279682195694

Daya tarik wisata taman rekreasi Waduk Gajah Mungkur telah di lengkapi oleh berbagai sarana prasarana yang memadai. Seperti beberapa fasilitas Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri yang dapat anda temukan diantaranya adalah :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Pusat informasi waduk
  • Toilet umum / kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Taman Satwa
  • Kolam Renang
  • Gazebo
  • Area bermain anak
  • Jet sky
  • Naik gajah
  • Boat
  • Perahu wisata
  • Sepeda air
  • Area memancing
  • Kios oleh-oleh
  • Olah raga layang gantung (gantole)
  • Kereta Kelinci
  • Rumah makan terapung (karamba)
  • Spot foto menarik

Nikmati ragam suguhan yang wisata Waduk Gajah Mungkur tawarkan untuk anda agar momen berlibur kali ini semakin berkesan. Dengan bermain, bersantai, wisata kuliner hingga jalan-jalan menyenangkan untuk sensasi yang tak akan terlupakan.

Kunjungi juga –> Pantai Banyutowo Wonogiri

Spot Terbaik di Waduk Gajah Mungkur

spot terbaik di waduk gajah mungkur
Foto : https://www.instagram.com/ric.adeo/

Danau buatan di Wonogiri satu ini menyajikan aneka pemandangan alam indah yang memanjakan mata. Mulai dari hamparan luas air waduk hingga perbukitan di sekitar yang begitu menawan.

Kondisi alam pada area waduk ini sangat teduh dengan banyaknya aneka pepohonan hijau yang tumbuh. Membuat suasana objek wisata Gajah Mungkur cukup sejuk dan bikin betah.

Para wisatawan yang berkunjung akan dimanjakan dengan banyaknya panorama alam mempesona untuk disaksikan sekaligus menjadikannya background berswafoto. Maka dari itu, saat menghabiskan waktu libur di Waduk Gajah Mungkur jangan lupa untuk berfoto-foto ria ya.

Ada banyak sudut apik sebagai spot terbaik di Waduk Gajah Mungkur untuk menjadikannya latar belakang saat selfie dan foto bersama. Abadikan momen sebanyak banyaknya dan hasilkan foto menarik sekaligus instagenic.

Review sebelumnya –> Puncak Joglo

Tips Berkunjung

tips berkunjung waduk gajah mungkur
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104996829023595015686

Berikut ini beberapa tips berkunjung ke taman rekreasi wisata Waduk Gajah Mungkur untuk tambahan referensi anda.

  • Perhatikan cuaca terkini sebelum jalan jalan dan liburan ke Waduk Gajah Mungkur.
  • Pagi dan sore hari adalah waktu paling digemari pengunjung untuk berwisata kesini.
  • Jika anda berkunjung di siang hari, sebaiknya membawa penutup kepala semacam topi, payung dan lain-lain.
  • Jangan lewatkan sensasi bersantap menikmati aneka kuliner lezat dengan mengapung di atas waduk yang mempesona.
  • Selalu utamakan keselamatan pada saat liburan agar semuanya berlangsung lancar dan sesuai harapan.

Demikian tadi ulasan singkat dari destinasi wisata Wonogiri populer yakni Waduk Gajah Mungkur dengan sejuta keindahannya. Yuk segera atur waktu anda untuk bisa berwisata bahagia bersama orang tercinta ke waduk terbesar se-Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five + nineteen =