Sungai Maron menjadi salah satu destinasi wisata berbasis alam yang keberadaannya menjadi buruan banyak wisatawan. Kegiatan susur sungai dengan menaiki perahu adalah aktivitas utama yang wajib anda ketika berkunjung kesini.

Banyak orang menyebut kalo Sungai Maron Pacitan ini adalah Amazon-nya Indonesia karena di sisi kanan dan kirinya dipagari hutan tropis. Tanaman kelapa dan juga semak dapat anda jumpai ketika susur sungai tempat wisata di Pacitan Jawa Timur hits satu ini.

Mata anda akan dibuat terbelalak dengan suguhan panorama alam memukau yang indahnya tiada tara. Wisata Sungai Maron Pacitan tak boleh anda lewatkan keseruannya saat singgah di daerah dengan julukan Kota 1001 Gua ini.

Harga Tiket Masuk Sungai Maron

harga tiket masuk Sungai Maron
Foto : https://www.instagram.com/a.fikrimaulana/

Berwisata ke Pacitan tak hanya soal pantai yang dapat dikunjungi, sebab masih banyak destinasi lainnya. Berkunjung ke Sungai Maron ini misalnya untuk menciptakan pengalaman liburan yang anti mainstream.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya kalo wisata Pacitan satu ini menawarkan aktivitas menyusuri sungai menggunakan perahu. Dan untuk sewa perahu Sungai Maron cukup dengan biaya 100.000 dengan kapasitas penumpang 4 orang.

Namun sebelum naik ke perahu pastinya anda harus membayar tiket masuk terlebih dahulu di depan. Harga tiket masuk Sungai Maron di Pacitan sebesar Rp5.000 saja per orangnya, cukup terjangkau bukan?

Dengan biaya tersebut pastinya tak akan memberatkan para pengunjung dari kalangan apapun. Dan juga dengan biaya yang telah dibayarkan anda bisa eksplorasi Sungai Maron Pacitan sampi puas.

Daya tarik wisata Sungai Maron bisa anda kunjungi sesuai dengan ketentuan jam operasional yang berlaku. Sungai Maron beroperasi pada pukul 7 pagi 5 sore disetiap harinya.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat sungai maron
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110070265796945095267

Lokasi Sungai Maron cukup mudah untuk ditemukan, meski anda belum pernah datang ke tempat ini. Alamat Sungai Maron berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Keberadaan wisata sungai ini bila dijangkau dari Alun-Alun Kabupaten Pacitan kurang lebih jaraknya sekitar 23,3 km. Dan waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan selama kurang lebih 50 menit.

Anda tak akan kesulitan untuk menemukan letak persis dari Sungai Maron, sebab terdapat beberapa plang petunjuk. Selain itu akses jalan yang musti dilalui juga sudah cukup baik untuk berbagai macam jenis kendaraan.

Untuk bisa sampai kesini dengan mudah, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi yang anda miliki. Pastikan juga kendaraan yang akan dipakai dalam keadaan sehat agar selama perjalanan tidak menemui hambatan.

Bila masih bingung dengan jalannya, gunakan saja peta navigasi akurat ke Sungai Maron melalui maps dibawah ini.

Datang juga ke –> Pantai Buyutan semilir angin menemani waktu santai anda.

Fasilitas

fasilitas sungai maron
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103812051321576162220

Sudah dilengkapi oleh sarana pendukung yang bisa dibilang cukup memadai untuk semua wisatawan. Dan berikut fasilitas Sungai Maron di Pacitan yang bisa anda temukan, diantaranya :

  • Tempat parkir luas
  • Pusat informasi
  • Jasa pemandu susur sungai
  • Perlengkapan susur sungai
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Ayunan
  • Rumah makan
  • Penjaja aneka kuliner
  • Spot foto menarik
  • Dan yang lainnya

Nikmati serunya mengisi waktu senggang dengan explore Sungai Maron yang asri dan juga bikin betah. Susur sungai adalah aktivitas utama wisata ini, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Menelusuri sungai yang membentang sepanjang 4,5 km, berjalan ke arah Pantai Ngirboyo kemudian kembali lagi. Anda juga bisa request kecepatan perahunya mau cepat atau pun lambat.

Jika anda ingin berenang di sungai ini juga diperbolehkan, dengan terlebih dahulu memberi info ke guidenya. Yang dimana si pemandu ini nantinya akan memberi tahu anda dimana sudut sungai yang cocok untuk berenang.

Karena ada beberapa bagian di Sungai Maron yang cukup dalam sehingga tidak diperkenankan buat renang.

Kunjungi juga –> Pantai Watu Karung untuk anda healing.

Spot Terbaik di Sungai Maron

spot terbaik di sungai maron
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100591779184550229965

Satu hal yang wajib anda lakukan ketika rekreasi disini selain susur sungai adalah berfoto-foto ria. Aktivitas swafoto tentu saja memiliki tujuan untuk merekam setiap momen menarik selama berlibur disini.

Berfoto di ujung perahu ketika sedang susur sungai adalah yang favorit bagi wisatawan. Kanan kiri tepi sungai dihiasi oleh hutan tropis yang mempercantik area ini.

Tak hanya itu saja, anda juga berfoto dibawah tebing, ayunan dan juga sumber mata air. Cukup bilang ke pemandu yang nantinya menemani anda guna mencarikan spot terbaik di Sungai Maron untuk selfie atau foto bersama.

Untuk itu perlu memperhatikan dengn baik cuaca terkini dimana anda akan pergi mengunjungi wisata alam Sungai Maron.

Review sebelumnya –> Pantai Srau yang eksotis.

Tips Berkunjung

tips berkunjung sungai maron
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115107826750889634574
  • Jika anda ingin merasakan suasana santai yang menenangkan, sebaiknya jangan datang ketika akhir pekan.
  • Selain itu, apabila anda datang saat weekday juga meminimalisir antrian perahu dan juga spot foto.
  • Wajib datang kesini disaat hari cerah, tidak mendung apalagi hujan agar semuanya lebih maksimal.
  • Apabila tidak ingin terkena terik matahari, maka sebaiknya datang saat pagi atau sore agar lebih teduh.
  • Pahami dengan baik tata tertib dan juga aturan yang berlaku di wisata alam Sungai Maron Pacitan Jawa Timur.
  • Hati-hati dan juga waspada terhadap diri sendiri dan orang-orang disekitar anda agar semuanya baik-baik saja.

Itulah tadi destinasi Sungai Maron Pacitan yang hits dengan suguhan aktivitas menarik untuk menghabiskan hari libur anda. Demikian ulasan singkat Sungai Maron yang harus ada dalam daftar tujuan berwisata bahagia anda selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 − three =