Pantai Trenggalek selalu menjadi tujuan wisata terfavorit oleh kebanyakan orang ketika datang ke kabupaten Jawa Timur satu ini. Tidak mengherankan karena memang wisata pantai di Trenggalek sangatlah indah.

Hampir setiap wisata pantai di Trenggalek begitu ramai dikunjungi ketika akhir pekan atau musim liburan tiba. Kalau Anda kebetulan sedang di kabupaten yang berada dalam kawasan Provinsi Jawa Timur ini, ada sederet pantai indah untuk dikunjungi.

Deretan pantai yang berada di Trenggalek sangat bagus untuk dieksplor bersama pasangan maupun keluarga karena keindahannya. Lalu apa saja daftar wisata pantai yang bisa Anda temukan ketika sedang berada di Trenggalek?

1. Pantai Mutiara

pantai mutiara
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116078730705631255501

Destinasi pantai satu ini sangat menarik dikunjungi saat Anda berada di Trenggalek. Namanya adalah pantai Mutiara, yang berada di kawasan Teluk Prigi, tepatnya masih berada dalam Desa Tasikmadu.

Hanya saja Pantai Mutiara ini lokasinya cukup tersembunyi sehingga wisatawan perlu ada usaha untuk dapat menemukannya. Meski cukup sulit temukan, harus diakui bahwa Pantai Mutiara menawarkan pemandangan laut yang indah.

Selain itu, air di Pantai Mutiara juga begitu jernih. Ketika Anda datang dan melihat langsung bagaimana keindahan Pantai Mutiara, mungkin saja indahnya destinasi ini bisa membius.

Anda dijamin merasa betah bahkan bisa saja tidak mau pulang saking nyaman dan terpesona dengan keindahan alamnya yang mengagumkan.

Selain pemandangannya, fasilitas yang ada di Pantai Mutiara sendiri juga terbilang lengkap. Di sini, Anda bisa menginap di rumah terapung, bermain sepeda air, atau naik perahu dayung.

Kalau Anda hendak bermalam, maka pengelola wisata Pantai Mutiara pun sudah sediakan fasilitas berupa home stay yang nyaman.

2. Pantai Cengkrong

pantai cengkrong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104145150086578077525

Cari wisata pantai di Trenggalek gratis? Coba saja ke Pantai Cengrong yang lokasinya ada di sisi baratnya Teluk Prigi, tepatnya Desa Karanggadu, kecamatan Watulimo.

Untuk bisa masuk ke Pantai Cengrong ini, wisatawan tidak akan dipungut biaya masuk, jadi cocok untuk yang cari wisata gratis. Lokasi Pantai Cengrong sendiri terbilang cukup nyaman untuk dijadikan tempat hang out maupun sekedar bersantai dengan pasangan atau teman.

Pantai Cengkrong sendiri sudah sejak lama menjadi tujuan wisata oleh beberapa pengunjung dari berbagai kota. Pantai ini sangat indah bagi wisatawan yang hendak menyaksikan sunset ataupu sunrise.

Nah, khusus untuk sunrise di Pantai Cengkrong sendiri menjadi yang paling indah di antara destinasi lainnya. Siapapun yang datang ke Pantai Cengkrong untuk menyaksikan fajar terbit di sini pasti akan merasa terhipnotis dengan keindahannya.

Kalau ingin berburu sunrise, maka ada dua lokasi di Pantai Cengkrong untuk Anda buru. Pertama adalah jembatan jalur lintas di bagian selatan yang memiliki jarak 50 meteran dari kawasan pantai.

Sementara lokasi yang kedua adalah tepi Pantai Cengkrong. Jika Anda tidak mau ketinggalan menyaksikan indahnya naunasa matahari terbit di Pantai Cengkrong ini, maka cobalah untuk bermalam.

Ada banyak homestay dan alternatif penginapan di sekitar kawasan Pantai Cengkrong yang bisa dipilih.

3. Pantai Damas

pantai damas
Foto : https://www.instagram.com/wu_whil/

Damas adalah alternatif pantai Trenggalek yang bagus dan sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Kawasan Pantai Damas sendiri berada di desa Karanggandu, kecamatan Watulimo.

Bisa dibilang, destinasi Damas ini menjadi satu dari sekian pantai paling bagus dan terluas di kabupaten Trenggalek. Kalau Anda berangkat dari alun-alun Kota Trenggalek, maka waktu dibutuhkan adalah berkisar 1,5 jam-an atau 53 km.

Perjalanan untuk menuju Pantai Damas dari pusat kota Trenggalek memang terbilang agak jauh. Namun, setelah Anda menyaksikan bagaimana keindahan wisata yang dimiliki oleh Pantai Damas, tentu saja sebanding dengan perjalannya.

Walau Pantai Damas sendiri sudah ada sejak lama yang terbilang sangat populer, namun kebersihan dan keasrian wisata ini masih terjaga.

Selain itu, Pantai Damas juga memiliki bentuk yang mirip dengan teluk. Kawasan pantai ini juga memiliki ombak yang tenang sehingga masih aman untuk berenang.

Bukan hanya untuk berenang saja, ombak yang ada di Pantai Damas juga bisa digunakan untuk kegiatan surfing. Anda yang memang suka surfing, maka cobalah untuk menggunakan Pantai Damas ini sebagai tempat untuk berselancar.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba olahraga air lainnya di Pantai Damas. Banyak aktivitas wisata air yang tidak kalah mengasyikkan untuk dicoba ketika sedang berada di Pantai Damas.

Pengalaman liburan di Pantai Damas Trenggalek tentu saja dijamin membuat Anda semakin berkesan, dan bahkan malas untuk segera pulang.

4. Pantai Ranggongso

Pantai Ranggongso
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109366492864680250048

Apakah Anda sedang mencari pantai Trenggalek buat camp bersama teman-teman ataupun keluarga? Jika ya, maka Pantai Ranggongso ini cocok sekali menjadi rekomendasi untuk dicoba.

Pantai Karanggongso sendiri hanya memiliki jarak 3 km-an saja dari timurnya Prigi. Lokasi tepatnya ada di desa Tasikmadu, Kec. Watulimo.

Pantai Karanggongso memiliki panjang area hingga 1,5 km dan pasirnya berwarna putih dengan air yang tampak jernih. Kawasan pantai ini biasa dijadikan tempat berenang oleh para pengunjung karena airnya yang jernih dan bening.

Tidak hanya itu saja, kawasan pantai juga sudah difasilitasi dengan area camping, hotel sampai cottage jika Anda ingin bermalam. Nah, bagi yang ingin menjelajahi kawasan pantai lebih jauh, ada juga penyewaan perahu untuk bisa dicoba.

Memiliki pemandangan alam yang indah, tidak dipungkiri bahwa Pantai Karanggongso merupakan destinasi menarik untuk berwisata. Destinasi ini memiliki udara laut yang masih sejuk dengan deburan ombak lembut.

Di sekitar kawasan Pantai Karanggongso juga terdapat karang atau batu-batu besar yang bisa dijadikan spot foto. Menikmati angin pantai sambil menyaksikan ombak yang berdebur menjadi kegiatan favorit oleh wisatawan.

5. Pantai Pasir Putih

pantai pasir putih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113001740543026619356

Pantai Trenggalek Pasir Putih merupakan destinasi yang sangat terkenal dan populer hingga ke telinga wisatawan manapun. Kalau Anda sedang di Trenggalek dan cari destinasi untuk berlibur, cobalah berkunjung ke wisata ini.

Lokasi wisata terpopuler di Trenggalek bernama Pasir Putih ini menjadi tempat paling cocok untuk lepaskan penat dan segarkan pikiran.

Ombak yang dimiliki oleh Pantai Pasir Putih juga begitu tenang, cocok jika Anda ingin berenang. Bukan hanya itu saja, kalau di kawasan Pantai Pasir Putih ini pula, wisatawan bisa mencoba aktivitas bernama island hopping.

Nantinya, Anda bisa menyewa sebuah perahu motor ada di sekitar tepi pantai dan menelusuri indahnya kawasan ini. Nah, perahu motor yang disewakan di kawasan Pantai Pasir Putih sendiri bisa memuat hingga 20 orang.

Perahu kemudian akan mengantarkan Anda ke beberapa tempat seperti Jembatan Luna Maya yang kece sampai Rumah Apung.

Oh ya, dinamakan dengan Jembatan Luna Maya karena aktris cantik tersebut pernah menjadikan lokasi pantai ini sebagai setting syuting filmnya. Adapun lokasi dari pantai ini berada di Tasikmadu tepatnya Jl. Raya Pasir Putih, Gares Kidul.

6. Pantai Pelang

pantai pelang
Foto : https://www.instagram.com/echi_bundaabiyyu/

Pantai Trenggalek yang viral dan jangan sampai Anda lewatkan kalau sedang di kota ini adalah Pelang. Pelang menjadi destinasi wisata bahari wajib yang bisa dieksplorasi karena menyediakan kombinasi pemandangan cukup indah.

Ya, wisata ini menawarkan pemandangan berupa laut hijau, goa, perbukitan indah, hutan, sampai dengan air terjun. Tentu saja pemandangan tersebut membuat siapapun menjadi terpesona saat menyaksikannya.

Kalau Anda ingin ke wisata Pantai Pelang, datanglah ke Kecamatan Panggul, atau tepatnya di Desa Wonocoyo. Kalau Anda datang dari pusat kota Trenggalek, maka waktu perjalanan bisa mencapai 2 jam karena memiliki jarak 56 km.

Sementara kalau Anda datang dari pusat kota Blitar, jarak pantainya adalah sekitar 118 km atau bisa mencapai jam perjalanan. Destinasi Trenggalek satu ini sendiri memiliki relief yang landai dan warna pasir keemasan.

Pantai Pelang memiliki sebuah pulau kecil dengan berbagai macam batu di dekatnya. Apabila dilihat secara sekilas, Pantai Pelang ini hampir sama dengan Tanah Lot yang ada di Bali.

Topografi Pantai Pelang menjadi yang sangat menakjubkan di antara lainnya sebab dikelilingi oleh perbukitan dan juga berbagai tebing menjulang tinggi. Dengan topografinya tersebut, maka tidak heran jika Pantai Pelang ini memiliki suasana yang sejuk.

Sebelum Anda menuju ke kawasan wisata Pelang, maka wisatawan perlu melewati sebuah jembatan yang berdiri di atas sungai.

Baru kemudian Anda bisa menelusuri keindahan Pantai Pelang yang garis pantainya sendiri memiliki panjang hingga 2 km. Bahkan, luas dari Pantai Trenggalek satu ini bisa mencapai 10 hektar, tidak heran jika destinasi ini sangat populer.

7. Pantai Ngampiran

Pantai Ngampiran
Foto : https://www.instagram.com/briananda26/

Pantai Trenggalek terbaru yang bisa dikunjungi selanjutnya adalah Ngampiran, dan bisa didatangi dengan gratis. Destnasi Trenggalek Ngampiran sendiri adalah salah satu destinasi wisata terbaru di daerah Trenggalek.

Wisata Pantai satu ini berlokasi di Desa Tawing, Munjungan, dan masih banyak yang belum mengenalnya.

Meski tidak sepopuler Pantai Pasir Putih, namun destinasi satu ini menawarkan keindahan yang tidak ada bedanya dengan destinasi lainnya.

Destinasi Pantai Ngampiran memiliki pasir putih terhampar lembut dengan air berwarna bening jernih. Selain itu, pantai Ngampiran juga memiliki deburan ombak tenang dan deretan terumbu karang indah, cocok untuk dijadikan lokasi berenang.

Wisata pantai di Trenggalek murah ini bisa menjadi lokasi bermain pasir, hunting foto, memanjat pohon, bermain air, memancing atau berjemur. Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat sedang berada di Pantai Ngampiran ini.

Anda bisa bersenang-senang sepuasnya di Pantai Trenggalek yang tidak mematok biaya masuk ini. Kalau Anda cari wisata yang gratis namun asyik, maka jangan lupakan Pantai Ngampiran satu ini.

8. Pantai Blado

pantai blado
Foto : https://www.instagram.com/willyyoga46/

Pantai Blado bisa dibilang adalah surganya wisata untuk para peselancar di Trenggalek. Untuk bisa berselancar di pantai Blado, memang wisatawan harus melewati medan yang sulit ditempuh.

Anda perlu melewati jalanan dengan aspal yang sudah tergolong rusak dan perlu perbaikan, belum lagi tanjakan di beberapa bagian. Hanya saja, kalau Anda sudah sampai di Pantai Blado, maka rasa lelah pasti otomatis terbayar menyaksikan keindahannya.

Pantai dengan ombak yang cukup besar ini sering sekali dimanfaatkan untuk wisatawan berselancar. Tidak hanya itu saja, banyak wisatawan yang juga berolahraga air di kawasan pantai Blado ini.

Kalau Anda tidak bisa berselancar, masih ada beberapa aktivitas lain yang bisa dilakukan dengan tenang. Ya, Anda bisa berjalan dengan menelusuri garis pantainya yang panjang atau menikmati kelapa muda sambil lihat sunset.

Anda tidak usah khawatir tersengat panasnya matahari karena kawasan Pantai Blado ini sangat sejuk. Ada banyak pepohonan tumbuh tinggi menjulang sehingga bisa melindungi wisatawan dari panasnya matahari.

Selain bisa surfing dan bersantai, di Pantai Blado ini, Anda juga bisa menyaksikan sebuah secara adat atau budaya masyarakat setempat. Ya, setiap tahunnya, Pantai Blado ini menjadi tenpat berlangsungnya acara sedekahan.

Adapun acara sedekah bumi ini dinamakan dengan longkangan yang diselenggarakan setiap Jumat Kliwon di bulan Suro. Jika masuk bulan Suro dalam penanggalan Jawa dan ada hari Jumat Kliwon. Maka waktu tersebut digunakan oleh penduduk sekitar untuk melalukan longkangan.

Jadi, jika kebutulan Anda datang berlibur di tanggal 1 muharram, maka cobalah menyaksikan langsung bagaimana kebudayaan masyarakat lokal.

Jadi ingin berselancar di Pantai Blado dan menikmati panoramanya atau ingin menyaksikan aktivitas budayanya? Datanglah ke Kecamatan Munjungan, tepatnya Singgihan, Masaran.

9. Pantai Munjungan

pantai mujungan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101627316211075420135

Destinasi wisata pantai Trenggalek bernama Munjungan ini memiliki ombak yang sangat besar jika dibandingkan dengan destinasi lainnya. Kalau Anda suka dengan pantai yang memiliki deburan ombak besar, maka datanglah ke Munjungan.

Ombak-ombak besar di Pantai Munjungan bisa memberikan suasana lokasi yang sangat syahdu dengan suara gemuruhnya. Dengan ombaknya yang besar ini, tidak heran jika Pantai Munjungan adalah tempat ideal bagi para peselancar.

Nah, karena ombaknya besar, maka wisatawan yang datang dilarang keras untuk karena sangat berbahaya. Tipe ombak yang ada di Pantai Munjungan sendiri tidak bersahabat untuk berenang atau sekedar bermain air.

Jadi, di Munjungan ini, Anda hanya bisa duduk di pinggir pantai sambil menyaksikan indahnya deburan ombak. Menyaksikan ombak dan laut yang terhampar indah rasanya sudah cukup untuk membuat badan Anda kembali refresh.

Selain itu, di Pantai Munjungan juga sudah menyediakan banyak sekali warung-warung makanan lokal yang menjual seafood. Semua seafood yang ada di warung sekitar pantai diolah dari ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Kalau Anda suka dengan makanan laut, maka cobalah untuk berwisata kuliner di sekitar Pantai Munjungan. Mulai dari ikan laut, cumi, udang dan seafood lainnya, semua bisa Anda pilih serta santap di sini.

Dijamin rasa olahan makanan seafood yang ditawarkan di Pantai Munjungan akan menggugah selera makan Anda.

Kalau penasaran dengan lokasi pantai dengan ombak yang besar ini, maka Anda bisa datang ke kecamatan Munjungan, kabupaten Trenggalek.

10. Pantai Ngulung Wetan

pantai ngulung wetan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101389710192452051603

Obyek wisata pantai di Trenggalek berikutnya yang terbilang masih alami dan sangat menarik untuk dieksplorasi adalah Ngulung Wetan. Pantai satu ini dikenal dengan kawasannya yang memiliki berbagai macam pohon kelapa indah menjulang tinggi.

Pohon-pohon kelapa yang ada di Pantai Ngulung Wetan sendiri tumbuh dengan sangat subur, tidak mengherankan jika pemandangan destinasi ini indah. Hadirnya pepohonan yang ada di Pantai Ngulung Wetang juga membuat suasana di wisata ini semakin sejuk.

Wisatawan yang berdatangan ke Pantai Ngulung Wetan sendiri sangat menyukai pemandangan matahari terbenam dari sini. Ya, Pantai Ngulung Wetan memiliki pemandangan matahari terbenam yang memukau dan sangat indah.

Sangat disarankan bagi wisatawan untuk datang ketika sore hari jika ingin menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbenam. Oh ya, selain menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah, sunrise di pantai inipun tidak kalah indahnya.

Anda bisa berkunjung ke Pantai Ngulung Wetan saat pagi hari atau bisa juga bermalam. Selain menyaksikan sunrise dan sunset, ada juga beberapa aktivitas lainnya untuk dinikmati ketika mengunjungi Pantai Ngulung Wetan ini.

Ya, Anda bisa berenang dengan aman karena ombaknya relatif kecil, bermain pasir atau hunting foto. Ada satu lagi aktivitas menarik yang bisa juga Anda lakukan saat datang ke Pantai Ngulung Wetan, yaitu surfing.

Meski ombaknya tidak begitu besar, surfing di Pantai Ngulung Wetan masih menjadi aktivitas favorit bagi beberapa wisatawan. Selain itu, Anda juga berwisata kuliner di sekiytar kawasan Pantai Ngulung Wetan.

Kawasan pantai ini menawarkan makanan lokal olahan laut segar yang enak dank has dengan bumbu nusantara. Sambil menunggu senja tiba, tidak ada salahnya untuk mencoba berburu makanan laut di sekitar Pantai Ngulung Wetan.

Bermain-main di Pantai Ngulung Wetan seharian dijamin akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tidak akan membuat siapapun mudah bosan. Apalagi pemandangan yang ditawarkan Pantai Ngulung Wetan juga masih menawan dan begitu asri.

Kalau Anda ingin berkunjung ke Pantai Ngulung Wetan, datanglah menuju Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek.

11. Pantai Konang

Pantai Konang
Foto : https://www.instagram.com/_alimuh_/

Wisata selanjutnya yang tidak kalah populer dan menarik dikunjungi adalah Pantai Konang. Destinasi Pantai Konang sendiri memiliki beragam aktivitas menarik untuk dicoba oleh wisatawan.

Mulai dari berenang, bermain air, naik ATV, surfing bahkan banana boat sekalipun, semua bisa Anda coba lakukan di Pantai Konang. Menariknya lagi adalah, untuk masuk ke Pantai Konang, Anda tidak dipungut dengan biaya apapun.

Hanya saja untuk naik ATV atau banana boat, Anda tetap akan dikenakan tarif, ya! Namun yang jelas, jika hendak masuk ke Pantai Konang, Anda tidak perlu merogoh kocek.

Setelah memasuki Pantai Konang, Anda bisa menikmati bagaimana indahnya pemandangan yang terhampar. Berburu gambar di Pantai Konang akan menjadi pengalaman yang mengesankan, apalagi kalau Anda sudah siapkan outfit terbaik untuk swafoto.

Selain menyediakan pemandangan yang menawan dan indah, Pantai Konang sendiri juga menyediakan beragam wisata kuliner enak. Anda bisa berburu makanan olahan laut di sekitar Pantai Konang.

Ya, kawasan Pantai Konang sendiri dikenal dengan wisata kuliner baharinya yang siap menggoyang lidah. Adapun hidangan laut paling populer di Pantai Konang dan banyak sekali diburu oleh wisatawan yang berdatangan adalah ikan bakar.

Aneka macam ikan bakar yang dijual di sekitar Pantai Konang diklaim sangat enak, apalagi diolah langsung dari tangkapan nelayan. Olahan ikan yang masih segar tentu saja bisa menambah citarasa tersendiri untuk mengunggah selera.

Pantai Konang benar-benar menyediakan keindahan alam menakjubkan yang rasanya sayang sekali jika tidak Anda eksplorasi. Dengan garis pantainya yang panjang dan wisatanya begitu luas, maka sejauh mata Anda memandang, pasti akan terpeson.

Wisata Pantai Konang sendiri juga dikenal sebagai spot menarik untuk saksikan matahari terbenam. Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam di bibir Pantai Konang.

Penasaran dengan indahnya Pantai Konang ini? Datanglah ke Kecamatan Panggul, tepatnya di dusun Sukorejo, desa Nglebeng,

12. Pantai Mbangkoan

Pantai Mbangkoan
Foto : https://www.instagram.com/cakton27/

Mbangkoan menjadi salah satu pantai terbaik di Trenggalek yang direkomendasikan untuk Anda ketika datang ke kota ini. Mbangkoan memang terbilang destinasi wisata baru di Trenggalek.

Meski demikian, wisata satu ini ternyata sudah memikat hati masyarakat lokal dan juga wisatawan lainnya. Tidak butuh waktu lama, destinasi Pantai Mbangkoan ini mulai dikenal karena keindahannya.

Pantai Mbangkoan sendiri dikembangkan oleh pemerintah daerah sebagai ekowisata dengan keindahan alamnya yang luar biasa berpotensi. Selain itu, Pantai Mbangkoan juga dikelilingi dengan beberapa tanaman khas laut di bagian tepinya.

Itulah mengapa kawasan Pantai Mbangkoan terbilang masih sangat asri dan sejuk udaranya. Pantai Mbangkoan sendiri memiliki lokasi yang lebih menghadap ke barat.

Dengan lokasinya yang cenderung ke barat, maka Pantai Mbangkoan ini cocok sekali menjadi spot untuk menyaksikan sunset. Melihat panorama matahari terbenam di Pantai Mbangkoan akan terasa sangat indah dan romantis jika bersama pasangan.

Selain itu, Pantai Mbangkoan juga memiliki hamparan pasir yang lembut dengan warna putih indah. Warna pasirnya yang putih dan lembut tentu akan membuat anak-anak suka bermain atau berjemur di Pantai Mbangkoan.

Anda juga bisa berenang di Pantai Mbangkoan karena kawasan ini memiliki perairan yang jernih dan warnanya masih sangat kebiruan. Berenang di Pantai Mbangkoan tentu akan menjadi hal yang tidak terlupakan bagi wisatawan.

Ingin menyaksikan sunset di Pantai Mbangkoan? Datanglah ke Kecamatan Watulimo, tepatnya Karanggongso, Tasikmadu untuk menikmati keindahan wisata Pantai Mbangkoan.

13. Pantai Merah Ngadipuro

Pantai Merah Ngadipuro
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108625866142518396278

Selain dikenal dengan dengan desa nelayan, ternyata wisata Pantai Merah Ngadipuro adalah destinasi tersembunyi di Trenggalek yang jarang tersentuh. Kalau Anda sedang mencari hidden game-nya Trenggalek, maka datanglah ke Pantai Merah Ngadipuro ini.

Kawasan Pantai Merah Ngadipuro masih diliputi dengan suasana yang sangat alami dan begitu asri. Di sini, Anda tidak hanya bisa menyaksikan keindahan pantainya, namun juga mengamati kehidupan para nelayan lebih dekat.

Datang ke Pantai Merah Ngadipuro akan memberi Anda banyak pembelajaran untuk bisa dipetik dan mungkin tidak ditemukan di wisata lainnya. Nah, sesuai dengan namanya, maka Pantai Merah Ngadipuro ini memiliki pasir yang hampir menyerupai warna merah.

Pantai Merah Ngadipuro sendiri ada di Dusun Peden, Desa Craken, Munjungan. Wisata satu ini terbilang ramai jika akhir pekan, namun tidak sepadat destinasi pantai lainnya di Trenggalek.

Panorama pantai satu ini terbilang alami dan asri membuat siapapun yang datang merasa tenang. Apalagi kawasan pantai satu ini juga dilengkapi dengan berbagai pohon rindang, cocok dijadikan tempat bersantai.

Nah, karena Pantai Merah Ngadipuro sendiri memiliki ombak yang tidak begitu besar, maka wisatawan diperbolehkan untuk berenang atau bermain air.

14. Pantai Taman Kili Kili

Pantai Taman Kili Kili
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113078957166810932145

Berbeda dengan destinasi pantai yang ada sebelumnya, maka Taman Kili Kili merupakan wisata pluas kawasan untuk konservasi penyu. Di Pantai Taman Kili Kili ini, ada berbagai macam penyu yang dikonservasi mulai dari sisik, belimbing, sampai dengan lekang.

Adapun konservasi penyu di Pantai Taman Kili Kili sendiri dikelola secara mandiri oleh masyarakat pengawas setempat.

Kalau Anda sedang mengunjungi Pantai Taman Kili Kili. Maka berdonasilah sedikit untuk membantu pengembangan konservasi penyu yang masyarakat setempat lakukan.

Selain bisa menyaksikan indahnya pemandangan alam di Pantai Taman Kili Kili, Anda juga bisa melakukan aktivitas dengan penyu. Ya, pengelola mengizinkan wisatawan untuk melepaskan anak penyu ke laut lepas.

Namun, kalau Anda ingin mencoba aktivitas ini, ada biaya yang ditetapkan. Adapun mengenai besarnya biaya yang harus dikeluarkan bisa bervariasi.

Tentu saja pengalaman melepaskan penyu bisa menjadi hal yang berkesan dan sulit terlupakan. Cobalah ajak putra putri Anda ke Pantai Taman Kili Kili dan merasakan pengalaman melepaskan anak penyu ke lautan.

Pengalaman ini bisa menjadi sarana edukasi yang bagus untuk anak anak Anda. Lokasi Pantai Taman Kili Kili sendiri berada di Kecamatan Panggul, Wonocoyo.

15. Pantai Rajaan

pantai rajaan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101712106891213932433

Kalau Anda hendak merasakan sensasi menikmati keindahan alam yang berbeda-beda dalam satu tempat, maka datanglah ke Pantai Rajaan. Wisata Pantai Rajaan sendiri menjadi destinasi yang harus ada di daftar kunjungan selama liburan di Trenggalek.

Pantai Rajaan sendiri menawarkan 3 kawasan dengan masing-masing areanya memiliki tiga daya tarik. Adapun kawasan itu terbagi dengan nama :

Pantai Rajaan Wetan

Kawasan pertama adalah Rajaan Kulon, yang tidak memiliki sebuah garis pantai. Meski demikian, pengunjung bisa menikmati keindahan dari atas tebing.

Bahkan di kawasan Pantai Rajaan Wetan ini juga terdapat sebuah air terjun mini untuk bisa Anda nikmati.

Pantai Rajaan Kulon

Kawasan Rajaan Kulon memang tidak memiliki sebuah garis pantai, namun wisatawan yang berkunjung bisa menikmati indahnya panorama dari persawahan. Ya, kawasan Pantai Rajaan Kulon dekat dengan area persawahan.

Pantai Rajaan Mbulu

Terakhir, ada area Rajaan Mbulu yang jadi primadonanya pantai ini. Nah, di kawasan Pantai Rajaan Mbulu ini menawarkan sebuah laguna yang bisa dijadikan tempat berenang.

Penasaran di mana lokasi dari Pantai Rajaan itu sendiri? Pantai Rajaan sendiri bisa Anda temukan di Kecamatan Munjungan, Ngulungkulon.

16. Pantai Prigi

pantai prigi
Foto : https://www.instagram.com/ardaeko/

Pantai Trenggalek terakhir yang bisa Anda kunjungi ketika sedang berada di kota ini adalah Prigi. Sebenarnya, Prigi sendiri memiliki lokasi yang tidak begitu jauh dari Pantai Damas.

Lokasi wisata Pantai Prigi ini berada di Kecamatan Watulimo, atau tepatnya Jl. Raya Pantai Tasikmadu, Ketawang. Kalau Anda sedang berwisata di Pantai Damas, maka cobalah untuk mampir juga ke Prigi.

Pantai Prigi sendiri menjadi destinasi tujuan yang tidak kalah populernya dengan Damas atau Pasir Putih. Di pantai Prigi ini, Anda bisa melihat indahnya panorama alam yang ditawarkan.

Mulai dari berenang, berjemur sampai bersantai, semua bisa dilakukan di Pantai Prigi Trenggalek ini. Nah, selain dijadikan sebagai destinasi wisata, ternyata kawasan pantai Prigi juga dijadikan sebagai area pelelangan ikan.

Tidak hanya itu saja, Pantai Prigi pun menjadi sebuah pelabuhan nusantara terbesar di area selatan Jawa. Jadi, kalau kebetulan Anda sedang berada di Pantai Prigi. Jangan kaget jika nantinya ketika dapat menyaksikan banyak sekali kapal-kapal yang berderet.

Ya, Anda akan menyaksikan deretan kapal ini berjajar di pesisir pantai. Banyak wisatawan \datang ke Pantai Prigi sengaja menjadikan deretan kapal yang berjejer itu sebagai latar foto.

Dijamin foto yang dihasilkan sangatlah keren dan seolah mengajak Anda sedang menjelajahi pelabuhan besar. Nah, karena lokasi Pantai Prigi ini juga menjadi pelabuhan nusantara di kawasan selatan Jawa, tidak heran pengunjung banyak yang berdatangan.

Ya, ternyata deretan kapal yang ada di Pantai Prigi ini menjadikannya sebagai daya tarik utama, selain keindahan wisatanya. Kalau Anda sedang di Pantai Damas, maka jangan lewatkan juga untuk hunting foto di Prigi.

Beberapa destinasi wisata pantai Trenggalek di atas sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Semuanya menawarkan daya tarik dengan pesonanya masing-masing.

Anda tidak akan menyesal telah mengunjungi daftar pantai indah di Trenggalek karena semuanya layak sekali dieksplorasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − 8 =