Tempat Wisata di Solo merupakan kata-kata yang tidak asing lagi. Apalagi kota Surakarta atau yang lebih dikenal dengan kota Solo, semua orang familiar dengan daerah ini. Selain itu kota Solo terkenal dengan sejarah dan budayanya yaitu Keraton Solo.

Tempat wisata di Solo tidak hanya Keraton Solo saja. Ada banyak tempat wisata yang ada di kota Solo yang cukup menarik minat wisatawan. Mulai dari wisata yang berbau alam, sejarah atau yang tak kalah terkenal yaitu pasar yang ada di kota Solo.

Berikut daftar tempat wisata di Solo, Jawa Tengah yang terkenal alam, sejarah dan kebudayaannya :

1. Agrowisata Sondokoro

tempat wisata di solo terdekat
Foto : https://www.instagram.com/wisatajateng/

Wisata solo karanganyar ini biasanya cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau studi wisata bersama teman-teman sekolah. Sebelumnya, agrowisata sondokoro ini merupakan sebuah pabrik gula terbesar di karanganyar pada masa colonial hingga sekarang masih beroperasi dengan baik.

Wisata sondokoro ini resmi dibuka untuk umum pada tahun 2006, karena dulunya wisata ini hanya sebuah pabrik gula biasa. Tetapi, sekarang pabrik gula tersebut semakin ramai wisatawan semenjak dibuka untuk umum. Di wisata sondokoro ini terdapat berbagai macam wahana.

Wahana nya yaitu ada akuarium, fly fox, kereta lokomotif mesin uap, taman air, wisata pabrik gula dan masih banyak lagi. Wisata pabrik gula biasanya melihat proseses penmbuatan gula.

2. Loji Gandrung

tempat wisata di solo dan sekitarnya
Foto : https://www.instagram.com/solja_paradise/

Loji gandrung merupakan wisata solo terbaru. Tempat ini sendiri ternyata rumah dinas walikota solo dan sekarang dibuka untuk umum sebagai tempat wisata terbaru.

Beberapa area yang dibuka untuk dikunjungi wisatawan yaitu pada area lobi depan, ruang tamu yang bergaya eropa-jawa. Dan juga ruang pertemuan, dapur hingga lobi belakang.

Loji gandrung sudah berdiri sejak tahun 1830 pada zaman Belanda. Banyak sejarah yang tersimpan di dalamnya. Pada zaman Belanda, loji gandrung meurpakan tempat tinggal salah satu pejabat perkebunan Belanda. Dan loji gandrung juga merupakan salah satu tempat yang ditetapkan sebagain bangunan cagar budaya.

3. Keraton Kesunanan Surakarta

wisata di solo untuk anak
Foto : https://www.instagram.com/hervzainvdin/

Wisata di solo raya berikunya yaitu keraton kesunanan Surakarta. Salah satu tempat wisata yang terkenal di solo adalah keraton kesunanan Surakarta, biasanya spot wisata yang terkenal adalah sumur songo.

Konon katanya air pada sumur ini memberikan khasiat karena telah di doakan oleh raja paku buwono songo.

Wisatawan juga dapat melihat-lihat koleksi berbagai macam barang di museum keraton. Di dalamnya terdapat perahu rajamala, berbagai macam koleksi keris hingga kereta kiai gurdo.

4. Pandawa Water World

wisata di solo surakarta
Foto : https://www.instagram.com/740aerialvideography/

Wisata di solo untuk anak yaitu pandawa water world. Pandawa water world sangat cocok untuk wisata keluarga dan anak-anak. Pandawa water world merupakan taman bermain air yang terkenal di solo. Letak pandawa water world juga tidak jauh dari pusat kota solo.

Pandawa water world ini memiliki konsep budaya klasik-modern sehingga terlihat sangat menarik. Dan memiliki cukup banyak wahana yang dapat dinikmati anak-anak hingga orang dewasa. Diantaranya ada black hole slide, kresna wave pool, volcanic pond, earth shower dan terdapat kolam untuk balita.

Dan juga terdapat fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh orang dewasa. Diantaranya ada lapangan futsal, lapangan tenis, aerobic, yoga, gym, dan sauna.

5. Museum Batik Danar Hadi

wisata di solo dan sekitarnya
Foto : https://www.instagram.com/agendasolo/

Tempat wisata solo selanjutnya yaitu museum batik danar hadi. Salah satu warisan budaya Indonesia yaitu batik menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Museum batik danar hadi berada tidak jauh dari pusat kota.

Wisata di solo dan sekitarnya adalah museum batik danar hadi. Dibangun pada tahun 1890 oleh seorang arsitek Belanda. Museum ini memiliki gaya yang bernuansa eropa namun tata ruangnya tetap bergaya jawa klasik.

Di dalam museum ini terdapat banyak koleksi batik pada tiap ruangannya. Diantaranya ada batik belanda, batik cina, batik djawa hokokai, batik kraton, batik Indonesia dan batik danar hadi

6. Masjid Agung Surakarta

wisata di solo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/aguscwid/

Tempat wisata di solo dan sekitarnya yang sering di kunjungi adalah masjid agung Surakarta. Masjid ini didirikan oleh Paku Buwono III pada tahun 1763.

Masjid agung Surakarta memiliki desain yang berbeda dari masjid-masjid yang lain. Atap masjid agung ini bertumpang tiga dan dipuncaknya terdapat mahkota.

Biasanya masjid agung Surakarta dijadikan tempat untuk ritual keagamaan. Ritual keagamaan seperti grebeg dan sekaten biasanya diadakan setahun sekali di masjid agung Surakarta.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Pemalang siap memanjakan anda saat liburan di akhir pekan untuk sensasi yang menyenangkan.

7. Museum Keris

wisata di solo raya
Foto : https://www.instagram.com/itzar_and/

Wisata di solo terbaru kali ini adalah museum keris. Wisata ini sangat cocok untuk para anak-anak yang sedang studi wisata ke solo. Museum keris ini terbilang baru dan telah diresmikan oleh presiden RI pada Agustus 2017 silam.

Museum keris ini memiliki banyak koleksi keris, koleksi kerisnya mencapai 409 keris dengan berbagai jenis dan ukuran. Tidak hanya koleksi keris, di museum ini juga terdapat koleksi tombak yang jumlahnya hingga 38 tombak dan benda-benda bersejarah lainnya

8. Taman Balekambang

wisata solo karanganyar
Foto : https://www.instagram.com/tjiatata/

Taman balekambang merupakan wisata solo dekat stasiun yang menyuguhkan taman yang hijau, pepohanan yang hijau dan juga berbagai macam kuliner.

Wisata hits ini terletak di pusat kota solo sehingga mudah untuk wisatawan mengunjunginya. Taman balekambang juga merupakan taman terbesar yang ada di solo.

Di taman balekambang juga terdapat taman reptile yang mana terdapat beberapa hewan. Seperti iguana, kura-kura, burung beo, burung nuri dan hewan lainnya. Selain ada taman reptile, disini juga terdapat danau, taman air, dan masih banyak lagi.

9. Pasar Triwindu

wisata solo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/alilasolo/

Tempat wisata di solo terdekat berikutnya yaitu pasar triwindu yang menyuguhkan berbagai macam barang antik yang dapat menarik perhatian wisatawan.

Berbagai macam barang antic dijual di pasar triwindu, mulai dari patung kayu, radio, senjata kuno, lampu, wayang, batu, jam dinding. Dan masih banyak barang antic lainnya yang dapat ditemui disini.

Pasar triwindu ini berdiri pemerintahan mangkunegara VII pada tahun 1939. Di tiap lorong pasar triwindu memiliki ceritanya sendiri di masa lalu. Dan di tiap lorong itulah para penjual menjual berbagai macam barang antik.

10. Museum Manusia Purba Sangiran

Wisata Solo dekat Stasiun
Foto : https://www.instagram.com/antonius_hendiarto/

Wisata di solo Surakarta yang terakhir adalah museum manusia purba sagiran. Museum ini menyimpan banyak fosil-fosil manusia purba. Sangat cocok dikunjungi siswa-siswi yang sedang studi wisata agar makin luas pengetahuan tentang sejarah.

Terdapat berbagai macam koleksi fosil-fosil di museum ini, diantaranya ada fosil manusia, binatang bertulang belakang, binatang air, bebatuan, alat-alat batu.
Sebagian besar fosil di museum ini ditemukan di sekitaran Indonesia.

11. Benteng Vastenburg

tempat wisata anak di solo
Foto : https://www.instagram.com/740aerialvideography/

Wisata solo terbaru dan terhits ada di tanah jawa tengah yaitu benteng vastenburg. Yang berada di jalan jendral soedirman daerah kedung lumbu, Surakarta. Destinasi wisata kali ini menyajikan peninggalan pada zaman dahulu tepatnya belanda sejak 1779.

Benteng vastenburg merupakan tempat yang digunakan untuk mengontrol pemerintahan pada masa keraton Surakarta. Jadi dahulu kala para penguasa belanda lah yang menggunakan benteng ini sebagai tempat berikut.

Pemandangan ala kolonial belanda masih sangat kental dan sangat terlihat di area yang ada di benteng. Area ini memang dibuat untuk Kawasan edukatif atau bisa digunakan untuk tempat sebagai belajar sejarah zaman dahulu.

Selain untuk mengontrol pemerintahan juga tempat ini sebagai tempat penyiksaan bangsa Indonesia. Jadi tempat ini sangat terkenal dengan sejarah yang menyedihkan pada zaman itu dan paling ditakuti warga Indonesia.

Benteng vastenburg berada di daerah kota Surakarta jawa tengah dan termasuk dekat dengan pusat kota solo. Tiket yang ditawarkan dimulai dari harga 2 ribu saja dan anda bisa berlama-lama mengunjungi tempat ini.

12. Tumurun Private Museum

wisata solo
Foto : https://www.instagram.com/muhammadrasyid96/

Wisata di solo yang sangat terkenal salah satunya adalah tempat menebar kebahagiaan dan keindahan dari sebuah seni. Salah satunya adalah tumurun private museum, tempat ini sangat cocok untuk kamu yang sangat menyukai seni dan kesenian.

kata tumurun ini berasal dari kata turun-temurun yang mampu menjadi sebuah penghormatan mendiang sang kolektor seni tersebut. Didirikan oleh iwan Kurniawan lukminto yang merupakan anak dari sang kolektor seni. Yang dimana sekarang semuanya tersimpan aman di sebuah museum.

Karena semua koleksi ini adalah milik pribadi dan murni hasil buatan sang ayah. Maka setiap pengunjung yang akan masuk harus diberikan arahan. Arahan tersebut nantinya akan dipandu dan diberikan oleh petugas yang sedang berjaga di tumurun private museum.

Museum ini terdapat dua lantai yang bisa kamu eksplor, tidak kalah dengan yang ada di new York atau di paris. Setiap lantai terbagi menjadi dua pula, ada koleksi karya seni kontemporer dan karya seni modern.

Yang paling menarik adalah karya seni khas yaitu changing perspective. Berupa bola bola dari mata raksasa yang berwarna hijau dan merah. Karya tersebut merupakan pemberian dari wedhar riyadi untuk kolektor atau sang ayah dari iwan Kurniawan.

Setelah selesai tur berkeliling di museum ini, nantinya setiap pengunjung diberikan waktu untuk mengabadikan momen. Mengabadikan momen tersebut juga diberikan waktu hanya sekitar 15 menit tanpa menggunakan flash, karena sangat dilarang.

Museum ini tidak dikenakan biaya untuk kamu bisa masuk kedalamnya, tetapi kamu akan diperiksa dari kedatangan hingga akhir. Untuk yang akan berkunjung kamu harus reservasi terlebih dahulu melalui website resminya.

Website resmi nya akan dibatasi dalam satu hari, karena jumlah pengunjung tidak pernah sepi. Membuat semua akan tertarik dan akan reservasi dari jauh-jauh hari.

Tumutun private museum ini berada di jalan kebangkitan nasional nomor 2, sriwedari, laweyan, kota Surakarta, jawa tengah. Museum ini buka setiap hari dari mulai senin hingga jumat, hari sabtu, dan juga hari minggu.

13. Masjid Laweyan

tempat wisata di keluarga
Foto : https://www.instagram.com/laurentiuslei/

Objek wisata di solo satu ini merupakan tempat beribadah bagi umat islam dan termasuk bangunan suci bersejarah. Tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata yang tidak kalah bagus dengan tempat wisata lainnya.

Sebab masjid laweyan ini merupakan bangunan masjid pertama yang ada di wilayah Surakarta. Bangunan yang masih berdiri kokoh dan tegak ini masih menjadi tempat beribadah umat islam.

Perpaduan bangunan yang ada di arsitektur jawa dan hindu ini masih sangat kental dengan zaman dahulu. Masjid yang bahkan sering sekali digunakan untuk peneliti singgah dan mempelajari sejarah.

Ternyata masjid ini mengandung banyak sekali sejarah yang ada didalamnya dan masih di agung-agungkan bahkan di rawat dengan maksimal.

Untuk mengunjungi tempat ini anda tidak perlu membayar tiket masuk karena termasuk saranan umum dan termasuk tempat beribadah umat islam.

Masjid laweyan berada di jalan liris, nomor 1 belukan, pajang, kecamatan laweyan, kota Surakarta, jawa tengah. Tidak jauh dari pusat kota untuk kamu yang sedang berada di solo, jangan lupa untuk mengunjungi masjid laweyan ini.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Tegal dengan suguhan destinasi menarik sangat cocok untuk anda berburu spot foto instagenic.

14. Heritage Palace

wisata di solo
Foto : https://www.instagram.com/walid_ershi/

Obyek wisata di solo yang sangat viral dan berdiri dengan kemewahan serta kemegahan ini selalu ramai untuk dikunjungi. Kastil eropa yang berdiri sangat tegak dan megah serta berada di tanah jawa yaitu heritage palace solo.

Tempat ini mungkin kamu tidak percaya, bahwa sangat megah dan ada tempat seperti di eropa. Padahal biasanya solo terkenal sekali dengan tradisi jawa.

Tempat ini merupakan salah satu wahana wisata yang lumayan tergolong baru yang ada di solo, jawa tengah.

Tepatnya dibuka di pertengahan tahun 2018 lalu dengan berawal dari pabrik gula sebelumnya. Tempat ini merupakan peninggalan belkamu yang ada di tahun 1892. Lalu di revitalisasi untuk bisa menjadi sebagai tempat wisata bersama keluarga atau teman dan kekasih tersayang.

Untuk kamu yang hobi dengan selfie, akan sangat cocok tempat ini dan pastinya akan terpuaskan dengan spot yang ada. Karena setiap hampir sudut dalam heritage palace ini terkenal dengan nuansa eropa klasik yang sangat instagrammable.

Semua sudutnya juga akan menarik kamu dan seolah kamu tidak berada di Indonesia karena sangat kental dengan eropa. Dalam heritage palace solo ini kamu bisa menyewa kostum untuk foto dengan ala ala eropa.

Spot yang akan kamu favoritkan pastinya dinding sebagai bangunan utamanya. Dinding yang megah mengingatkan pada film berbau kastil dan game of thrones.

Banyak yang bisa kamu kunjungi disini, adanya museum 3d trick art, omah kwalik, museum transportasi, dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan untuk kamu yang hobi dengan kuliner, tempat ini sangat cocok sekali untuk memenuhi perut kamu.

Untuk kamu yang kepo dengan mobil yang dipakai bung karno sang proklamator ada di tempat ini, the heritage palace solo. Berbagai mobil antik dan pastinya keren-keren ada di dalam tempat ini.

Alamat yang berada di jalan permata raya dukuh tegal mulyo, pabelan, kartasura, sukoharjo, jawa tengah. Setiap hari buka hingga pukul 6 sore dan membutuhkan biaya dari 20 hingga 65 ribu.

15. Museum Radya Pustaka

objek wisata di solo
Foto : https://www.instagram.com/laurentiuslei/

Tempat wisata di solo kali ini terbaru dan terhits yang ada di jalan brigjen slamet riyadi Surakarta. Bangunan ini didirikan pada tahun 1890 silam lalu dipindahkan lokasi sekitar tahun 1913 lalu.

Museum ini memiliki nilai sejarah yang tinggi yang digunakan sebagai peninggalan dari keraton mataram. Dapat pula dilihat berbagai peninggalan zaman mataram berupa arca, gamelan, peninggalan hindu budha, keris, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu saja, museum ini juga menyimpan benda yang berkaitan sekali dengan berdirinya kota solo. Porselen yang antic dari napoleon Bonaparte ini langsung diberikan kepada susuhunan pakubuwono v yang menjabat pada saat itu.

Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat kota membuat banyak sekali pengunjung yang berkunjung ke museum ini. Dibuka setiap hari dan dikenakan biaya mulai dari 5 ribu rupiah saja.

16. Kebun Binatang Jurug

obyek wisata di solo
Foto : https://solo.tribunnews.com/

Tempat wisata di solo terbaru ini merupakan kebun binatang berlokasi di jalan ir sutami nomor 109 jebres, Surakarta, jawa tengah. Konsep yang bertema mengedukatif ini bisa dikunjungi sambal melihat binatang dan bersama alam.

Kebun binatang ini dapat anda datangi untuk dijadikan tempat belajar sambil rekreasi dengan anak atau keluarga anda. Terdapat banyak sekali koleksi satwa yang ada di kebun binatang jurug ini seperti jerapah, Komodo, zebra, gajah, dan lainnya.

Tak hanya koleksi satwa yang ada di kebun binatang tetapi juga memiliki koleksi pepohonan langka. Adanya pohon cemara, akasia, pinus, dan lain sebagainya.

Anda dapat mengunjungi ke tempat kebun binatang ini menjadi tempat edukasi dan hanya membutuhkan sekitar 20 ribu saja untuk masuk. Tempat ini bisa digunakan sebagai rekreasi bersama siapapun karena akan sangat bisa di berbagai kalangan usia.

17. De Tjolomadoe

tempat wisata di solo jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/detjolomadoe_official/

Wisata terbaru di solo yaitu salah satunya bekas pabrik gula yang sangat terkenal dan dibuka setelah dilakukan pemugaran. Bangunan ini awalnya berdiri sebagai pabrik gula warisan dari hindia belanda pada 158 tahun silam.

Setiap sudut bangunannya sangat instagramable dan bisa kamu buat sebagai stok foto yang akan diunggah sebagai konten. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang hobi foto dan juga selfie sebagai bahan andalan membuat sebuah karya.

Adanya mesin-mesin besar yang dapat digunakan sebagai produksi pabrik gula ini ada di masa lalu di de tjolomadoe. Mesin yang ada disini sengaja dipertahankan agar pengunjung bisa merasakan suasana pabrik yang sesungguhnya dan benar-benar nyata.

Tak hanya itu saja, museum ini digunakan sebagai museum interaktif. Dengan mengedukatif terkait sejarah perkebunan yang ada di tanah air yaitu gula.

Spot foto yang keren juga bisa kamu dapatkan. Mulai dari runag duduk, lalu ruang khusus dalam keadaan gelap, lalu diberikan warna neon ala film avatar.

Setelah berkeliling kamu bisa meneguk secangkir kopi di tjolo yang membuat nyaman dengan style ala gaya kolonial zaman dahulu. Tiket masuk untuk bisa melihat dalam isi pabrik gula ini hanya sekitar 25 ribu saja.

Alamat de tjolomadoe ini berada di jalan adi sucipto nomor 1 paulan wetan, malangwijan, kecamatan colomadu, kabupaten karanganyar, jawa tengah. Tempat ini buka setiap haro kecuali pada hari senin dan dari pukul 10 pagi hingga 9 malam.

18. Pura Mangkunegaran

wisata terbaru di solo
Foto : https://www.instagram.com/efjepe/

Tempat wisata alam di solo ini berikutnya adalah pura yang sangat terkenal dan terhits yang ada di Surakarta jawa tengah. Objek wisata ini Namanya adalah pura mangkunegaran yang terletak di jalan ronggowarsito nomor 83 keprabon kecamatan banjarsari Surakarta jawa tengah.

Tempat ini bisa dijadikan sebagai spot foto yang unik dan keren serta luar biasanya menarik. Tempat ini juga mempunyai bangunan arsitektur yang menawan dan banyak digunakan untuk penikmat seni.

Tak hanya itu, banyak pula yang mengabadikan momen dan berbagai koleksi benda seni yang sangat dijaga. Tempat ini snagat dirawat oleh seluruh yang mnejaga dna juga berkunjung tidak boleh sembarang.

Tempat yang dibandung sejak 1757 ini dibangun dengan sentuhan arsitektur tradisional jawa dan eropa. Dibangun pula KGPAA mangkunegara II dan hanya membutuhkan tiket masuk sekitar 10 ribu saja.

Hanya murah saja, anda sudah bisa menyaksikan pura mangkunegaran dan bisa mendapatkan foto momen terseru. Biasanya banyak yang menggunakan spot foto di pura mangkunegara ini untuk dijadikan sebagai pusat ketenangan dan sebagainya.

19. Taman Cerdas Jebres

tempat wisata alam di solo
Foto : https://www.instagram.com/ucup_djumirin/

Tempat wisata keluarga di solo yang wajib dikunjungi oleh siapapun yang akan dan sedang berkunjung di Surakarta, jawa tengah. Destinasi ini dijuluki sebagai taman cerdas karena bisa mengedukasi bagi siapapun yang datang ke tempat ini.

Wisata ini tersebar di beberapa kelurahan yang ada di solo salah satunya adalah kelurahan jebres. Taman ini terbukti sangat unik dan pastinya bisa meng edukatif bagi semua kalangan usia baik dewasa hingga anak-anak.

Taman yang memiliki luas sekitar 2000 meter persegi ini memiliki banyak sekali fasilitas permainan untuk anak-anak dan dewasa. Contohnya saja adanya wahana lukisan 3d yang menggunakan 4 tema yang berbeda.

Lokasi taman cerdas ini berada di jalan ki hajar dewantara, kecamatan jebres, Surakarta, jawa tengah. Dibuka setiap hari dan bebas digunakan untuk siapapun saja yang datang dan berkunjung ke taman cerdas jebres ini.

20. Kebun Strawberry Karanganyar

Tempat Wisata di Solo
Foto : https://www.instagram.com/hasnafaadhilah/

Tempat wisata anak di solo salah satunya adalah kebun buah strawberry yang ada di desa kalisoro daerah karanganyar. View nya yang merupakan taman hijau dan sangat luas ini penuh dengan pepohonan buah strawberry merah merona.

Untuk yang akan berkunjung dipastikan membawa kamera dan sebagainya karena pastinya untuk mengabadikan momen seru ini. Pemandangan yang tidak ada duanya ini membuat anda betah berlama lama disana dan juga menyaksikan ini.

Seluas sekitar 2 ribu meter persegi, kamu bisa berkeliling menuju sudut kebun strawberry yang ada di daerah karanganyar tersebut. Anda juga bisa sepuas hati memetik buah nya dan langsung bisa dimakan serta tidak lupa membeli.

Biasanya siapapun yang berkunjung kesini menggunakan alasan untuk membawakan oleh oleh strawberry khas karanganyar. Strawberry yang ditanam dijamin bersih dan sangat segar sekali. Sehingga aman sekai jika langsung dimakan untuk orang dewasa maupuna anak kecil.

Banyak sekali yang berkunjung hanya untuk mencoba rasa strawberry khas karanganyar ini. Alamat kebun strawberry ini ada di kramat, kalisoro, tawangmangu, kabupaten karanganyar, jawa tengah.

Jadi untuk kalian yang akan berkunjung dan menyakikan kebun buah strawberry, segera datang ke tempat ini. Untuk yang akan berkunjung ke tempat Wisata alam solo dipastikan anda selalu menaati peraturan yang ada di daerah tersebut. Sebab itu berguna untuk tetap menjaga kelestarian daerah setempat.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Brebes terbaru dan juga hits abis wajib untuk anda explore bersama keluarga dan orang tersayang.

Jagalah kebersihan agar tempat wisata yang kalian datangi selalu menjadi dambaan setiap yang akan datang berikutnya. Tempat wisata di solo jawa tengah ini mampu membuat siapapun yang akan berkunjung menjadi tertarik. Dengan berbagai keindahan serta pesona alam yang melimpah.

Itulah beberapa tempat wisata di solo, masih banyak lagi tempat yang wajib dikunjungi. Dan masih banyak tempat yang indah serta unik-unik di solo. Jika ke solo wajib ke tempat-tempat wisata yang ada diatas ya.

Travel Vlog Honeymoon Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here