Goa Tabuhan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menyajikan sebuah bangunan berusia ratusan ribu tahun. Gua Tabuhan menjadi salah satu tujuan berwisata yang harus dijelajahi ketika sedang berada di Kota Pacitan Jawa Timur.

Stalagmit dan stalaktit tentu menjadi sajian utama yang ada pada wisata Pacitan selain pantai satu ini. Dan yang menarik di Goa Tabuhan Pacitan adalah, batu-batu yang ada disini dapat berbunyi ketika ditabuh atau dipukul.

Suara yang dikeluarkan pun bahkan seperti gamelan, sehingga dalam beberapa kesempatan bisa anda jumpai pertunjukan musik di Gua Tabuhan. Serta masih banyak keunikan lain yang dapat anda temukan kala berwisata ke Gua Tabuhan Pacitan bersama keluarga.

Harga Tiket Masuk Goa Tabuhan

harga tiket masuk goa tabuhan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118214775598955434399

Pacitan mempunyai julukan sebagai Kota 1001 Goa, karena memang di daerah ini mudah anda jumpai bangunan gua yang bersejarah. Sebut saja Goa Gong, yang paling fenomenal dan kerap diapadati oleh banyak wisatawan terutama ketika musim liburan tiba.

Namun tak hanya itu saja, Goa Tabuhan juga menjadi salah satu destinasi wisata alam menarik di Pacitan. Batu yang dapat berbunyi seperti alunan musik kala ditabuh pun bak magnet sehingga menarik minat banyak pelancong.

Dan untuk bisa merasakan keseruan liburan di Gua Tabuhan Pacitan maka anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk Goa Tabuhan sangat murah meriah untuk semua kalangan, Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp10.000 bagi pengunjung dewasa.

Dengan biaya tersebut para wisatawan dapat jalan-jalan dan menyusuri setiap sudut gua yang eksotis sampai puas. Yang pasti memilih Gua Tabuhan Pacitan sebagai tujuan mengisi waktu senggang tak akan membuat kantong anda jebol.

Wisata Goa Tabuhan terbuka untuk umum disetiap harinya, dari Jum’at sampai dengan Kamis. Pada pukul 7 pagi sampai dengan 5 sore.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Goa Tabuhan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106729278466252371202

Konon dahulu kala, Goa Tabuhan dijadikan lokasi untuk bertapa Pangeran Diponegoro, yang saat kecil bernama Sentot Alibasya Prawiradirejo. Hingga saat ini pun masyarakat setempat ada yang menyebut destinasi dengan nama Goa Tapan, karena dulu dipake untuk bertapa.

Alamat Goa Tabuhan terletak di Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Keberadaan Goa Pacitan satu ini dapat anda jangkau dari pusat kota atau Alun-Alun Kabupaten.

Dengan jarak yang musti ditempuh kurang lebih sejauh 22,2 km dan waktu tempuhnya selama 36 menit perjalanan. Meskipun anda sama sekali belum pernah datang kesini, sepertinya tak akan menemui kesulitan berarti untuk menuju Goa Tabuhan.

Akses jalan utamanya sudah sangat layak dan mampu dilintasi oleh semua jenis kendaraan. Kendaraan roda dua seperti motor, hingga mobil sekalipun dapat melaluinya tanpa perlu kesulitan.

Jika belum tau jalannya, anda bisa menggunakan peta navigasi akurat melalui maps dibawah ini. Sehingga laju kendaraan saat akan liburan ke Gua Tabuhan akan bebas hambatan.

Datang juga ke –> Pantai Srau dengan segudang panorama mempesona.

Fasilitas

fasilitas goa tabuhan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114092786941110111583

Menjadi salah satu tempat wisata Pacitan favorit untuk tujuan jalan-jalan bersama dengan teman atau kelaurga. Disini juga sudah didukung oleh sarana prasarana yang cukup memadai.

Berikut ini fasilitas Goa Tabuhan di Pacitan yang meliputi :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Pusat informasi
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Fasilitas air bersih
  • Warung wisata
  • Tempat duduk
  • Pedagang aneka souvenir
  • Spot foto menarik

Nikmati berbagai keseruan yang ditawarkan oleh wisata Goa Tabuhan untuk memberikan pengalaman liburan yang berkesan. Dengan menelusuri setiap sudut goa di Pacitan yang eksotis, bersejarah dan juga fenomenal ini.

Anda bisa mencoba untuk mendengarkan suara musik yang keluar dari batu apabila di pukul atau ditabuh. Hal semacam itu sepertinya tak akan anda jumpai di wisata Goa lainnya.

Kunjungi juga –> Sungai Maron sebagai tujuan melepas kepenatan.

Spot Terbaik di Goa Tabuhan

spot terbaik di goa tabuhan
Foto : https://www.instagram.com/dh_rifqi/

Menyaksikan secara lebih dekat keunikan Goa Tabuhan kala berlibur bakal menjadi momen yang sulit terlupa. Semua hal-hal menarik yang anda jumpai harus diabadikan ke dalam sebuah foto dan juga video.

Aktivitas swafoto jangan sampai terlewatkan ketika liburan. Karena berlibur akan menjadi kurang lengkap kalo tidak merekam setiap keseruan melalui selfie atau foto bersama-sama.

Bangunan goa yang dipenuhi stalagmit dan juga stalaktit bisa dimanfaatkan sebagai backgroundnya. Abadikan momen dengan berfoto-foto ria pada spot terbaik di Goa Tabuhan yang memikat perhatian anda.

Selain mempersiapkan fisik dalam keadaan sehat, anda juga perlu membawa kamera kemanapun akan berwisata. Atau paling tidak smartphone yang anda miliki agar bisa melalukan kegiatan foto-foto di Gua Tabuhan.

Review sebelumnya –> Pantai Teleng Ria yang menawan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung goa tabuhan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105533284783386774957
  • Perkirakan dengan sebaik-baiknya waktu berkunjung anda ke Goa Tabuhan Pacitan agar semuanya lebih maksimal.
  • Datang ke Goa Tabuhan wajib ketika hari sedang cerah dan cuaca mendukung untuk jalan-jalan.
  • Jangan dulu liburan jika ternyata awan tengah mendung atau bahkan sedang turun hujan lebat.
  • Bagi anda yang memiliki phobia kegelapan, tidak disarankan untuk masuk goa terlalu dalam.
  • Selalu menjaga tutur kata dan tingkah laku selama berada di area wisata Goa Tabuhan Pacitan.
  • Ikut serta dalam menjaga keberlangsungan Gua Tabuhan, dengan salah satunya menjaga kebersihan areanya.
  • Pahami tata tertib pengunjung yang sudah menjadi aturan bersama oleh pengelola wisata Gua Tabuhan Pacitan.

Itulah tadi Gua Tabuhan yang menyimpan keunikan yakni batu akan mengeluarkan bunyi seperti gamelan jika ditabuh. Serta masih banyak lagi sejumlah daya tarik yang Goa Tabuhan di Pacitan ini sajikan untuk semua wisatawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 4 =