Tempat Wisata di Blitar ini Tawarkan Pesona Mengagumkan yang Patut Dikunjungi. Berencana untuk liburan ke Blitar? Periksa terlebih dahulu pilihan tempat wisata di Blitar terbaik berikut agar Anda tidak menyesal saat liburan ke sana.

Jika mendengar nama kota Blitar, sebagian dari Anda mungkin langsung terhubung dengan nama Presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Kota yang memiliki julukan kota Proklamator ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang tidak kalah dari daerah lainnya. Tempat-tempat yang ada di Blitar bisa dibilang instagramable dan unik, bahkan Anda mungkin tidak bisa menjumpainya di daerah lain.

Untuk Anda yang berencana mengajak keluarga liburan ke Blitar. Berikut daftar tempat wisata di Blitar yang bisa membuat liburan Anda bersama keluarga semakin seru dan berkesan.

1. Makam Bung Karno

tempat wisata di blitar
Foto : https://www.instagram.com/tirtagraph_/

Mengawali pembahasan terkait tempat wisata Blitar Jawa Timur akan mulai membahas tentang makam salah satu tokoh negara yakni Ir. Soekarno. Beliau merupakan Presiden pertama Indonesia yang memperjuangkan tanah air mulai dari pergolakan negeri hingga mendapatkan kemerdekaan.

Untuk Anda yang sedang liburan atau berencana untuk berkunjung ke Blitar, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata Blitar ini. Lokasi dari Makam Bung Karno sendiri yaitu berada di Jalan Ir. Soekarno No 152 Bendogerit Kota Blitar.

Para pengunjung yang datang ke sana tidak perlu membayar tiket masuk karena pihak pengelola tidak menetapkan tarif kunjungan. Tidak hanya berziarah ke makam sang Proklamator, di sana Anda juga bisa berkunjung ke museum.

Ada banyak sekali benda-benda peninggalan sejarah yang bisa lihat di museum dari sebelum merdeka hingga setelah memperoleh kemerdekaan. Saat berkunjung ke museum jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen yang Anda dapatkan di sana ya!

2. Candi Sawentar

wisata blitar jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/siswanto_sis/

Objek wisata di Blitar selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Candi Sawentar yang merupakan salah satu wisata candi terkenal. Untuk lokasi dari Candi Sawentar sendiri berada di Desa Sawentar Kecamatan Kanigoro, Blitar.

Candi Sawentar ini kemungkinan dibangun pada awal berdirinya kerajaan Majapahit. Ada juga yang mengatakan bahwa candi ini dibangun pada awal abad XIII yang mana merupakan hasil kesenian periode Kerajaan Singosari.

Dari banyaknya destinasi wisata di Blitar, wisata Candi Sawentar bisa dibilang murah meriah. Mengapa demikian? Para pengunjung yang datang ke sana tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Hanya saja untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi maka akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 2 ribuan. Bagi Anda yang suka berwisata sejarah pastikan untuk mengunjunginya saat di Blitar ya!

3. Monumen Trisula

wisata blitar dekat stasiun
Foto : https://www.instagram.com/seputar.blitar/

Tempat wisata di Blitar berikutnya yang juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama muda mudi adalah Monumen Trisula. Tujuan dari pembangunan monumen ini yaitu Trisula untuk mengenang terjadinya pembantaian PKI di daerah Blitar selatan.

Objek wisata ini tidak hanya menawarkan bangunan monumen saja. Tetapi juga ada bangunan-bangunan yang dulunya dipakai sebagai pusat komandan operasi trisula. Monumen ini diresmikan oleh M. Yesi Letnal Jendral TNI AD pada tanggal 18 Desember 1972 Letnal Jendral TNI AD.

Bagi Anda yang berencana untuk ke sana saat akhir pekan nanti, Monumen Trisula berlokasi di Jl Trisula Bakung Utara, Blitar. Objek wisata di Blitar ini bisa ditempuh baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika Anda kesulitan untuk menemukan lokasinya, maka sebaiknya pakai aplikasi Google Maps agar tidak tersesat. Sedangkan untuk waktu tempuhnya sendiri yaitu sekitar 1 jaman dari pusat kota.

4. Pantai Peh Pulo

tempat wisata di blitar jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/bendottetapsemangat/

Selain objek wisata sejarah, Blitar juga memiliki banyak destinasi wisata pantai yang tidak kalah bagus dan mengagumkan. Salah satu objek wisata pantai yang wajib untuk Anda kunjungi saat sedang liburan ke Blitar yaitu Pantai Peh Pulo.

Nah, untuk Anda yang ingin melihat keindahan Raja Ampat di Papua, tidak perlu jauh-jauh ke sana. Pasalnya di Blitar memiliki pantai yang menawarkan pesona hampir mirip dengan Raja Ampat jika dilihat dari kejauhan.

Selain menawarkan pemandangan ombak yang indah, pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang begitu cantik dan bersih. Menariknya lagi, bagi setiap pengunjung yang datang ke sana tidak perlu membayar biaya tiket masuk alias gratis.

Hanya saja, para pengunjung dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan untuk kendaraan roda 4 akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.000 saja. Bagaimana, tertarik untuk liburan ke wisata alam Blitar ini?

5. Water Park Sumber Udel

tempat wisata di blitar dekat stasiun
Foto : https://www.instagram.com/nasikh6661/

Water Park Sumber Udel merupakan salah satu tempat wisata anak di Blitar yang sangat populer. Hal tersebut dapat dilihat dari tidak pernah sepinya tempat wisata ini apalagi saat akhir pekan atau musim liburan tiba.

Seperti yang diketahui, water park ini adalah salah satu kolam renang dengan fasilitas bermain terbesar yang ada di Kota Blitar. Untuk lokasinya sendiri berada di Kelurahan Kepanjenkidul, Kota Blitar atau lebih tepatnya 1 km dari Aloon-Aloon.

Daya tarik dari objek wisata ini yaitu terdapat 3 kolam renang utama yang disesuaikan dengan usia pengunjung. Kolam waterpark sangat cocok untuk lokasi bermain anak-anak dan kolam standar untuk mereka yang ingin belajar renang.

Nah, Anda tentu penasaran dengan harga tiket masuk di Water Park Sumber Udel. Tarif tiket masuknya masih sangat terjangkau yaitu 10 ribu untuk hari biasa dan 15 ribu saat akhir pekan.

Jam operasional dari objek wisata waterpark Sumber Udel ini mulai dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore. Lokasinya yang tidak jauh dari Makam Bung Karno tentu akan sangat sayang untuk dilewatkan.

6. Pantai Tambakrejo

wisata blitar
Foto : https://www.instagram.com/widy_toro7/

Destinasi wisata pantai di Blitar selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Tambakrejo. Karena letaknya yang berbatasan dengan Pantai Selatan membuatnya memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri.

Pantai Tambakrejo sebenarnya hampir mirip atau bahkan menyerupai teluk sehingga tidak heran jika ombak yang menerjang lebih kecil. Tempat ini menjadi salah satu tempat memancing yang sudah populer dan banyak diakui.

Lokaso dari Pantai Tambakrejo berada di kecamatan Wonotirto atau lebih tepatnya di Desa Tambakrejo, Blitar. Jika Anda masih belum pernah ke sana, maka disarankan untuk menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone.

Untuk harga tiketnya sendiri sangat murah meriah yaitu sekitar Rp 5 ribuan saja ya! Perlu diketahui, harga tiket tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan yang dibawa oleh pengunjung.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Magetan yang siap memanjakan anda untuk liburan yang penuh kesan.

7. Istana Gebang

wisata alam blitar
Foto : https://www.instagram.com/blitarasyik/

Cari wisata Blitar dekat stasiun? Istana Gebang bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin liburan namun tidak jauh-jauh dari pusat Kota Blitar.

Istana Gebang sebenarnya merupakan rumah dari keluarga Bung Karno yang berlokasi di Jl Sultan Agung No 95 Sananwetan, Kota Blitar. Pada awalnya, rumah ini merupakan milik pejabat Belanda dan kemudian dibeli oleh ayah Bung Karno.

Menurut perkiraan rumah Bung Karno ini dibangun pada tanun 1914 saat Ir Soekarno masih bersekolah di HBS Surabaya. Salah satu daya tarik dari objek wisata ini yaitu semua barang-barang berharga di dalamnya masih tersimpan dengan baik.

Selain itu, area parkir yang luas sehingga siap menampung banyak kendaraan pengunjung yang datang setiap harinya. Untuk masuk ke lokasi wisata, para pengunjung hanya perlu mengisi daftar hadir saja.

8. Pantai Jolosutro

wisata di blitar
Foto : https://www.instagram.com/enristanti/

Salah satu alasan mengapa Blitar menjadi daerah yang wajib untuk Anda kunjungi saat liburan. Yaitu karena banyaknya wisata pantai yang tersedia. Salah satu tempat wisata alam di Blitar yang menawarkan pemandangan yang mengagumkan adalah Pantai Jolosutro.

Pantai ini memiliki pasir pantai berwarna hitam berbeda dengan dua wisata pantai yang sudah disebutkan sebelumnya. Ombak yang ada di Pantai Jolosutro memiliki karakteristik tinggi sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi surfing.

Ingin menikmati keindahan pemandangan di Pantai Jolosutro, para pengunjung wajib membayar tiket masuk seharga Rp 3 ribu. Jika Anda belum pernah ke sana, pantai ini berlokasi di Desa Ringinrejo Kecamatan Wates Kota Blitar.

Untuk akses menuju ke lokasi terbilang bagus sehingga Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan empat. Pantai ini sangat cocok dijadikan tujuan liburan bersama keluarga karena udaranya yang masih asri.

9. Kebun Teh Sirah Kencong

objek wisata di blitar
Foto : https://www.instagram.com/mentarianindy/

Ingin liburan ke tempat-tempat yang menawarkan pemandangan alam hijau, Kebun Teh Sirah Kencong yang ada di Blitar bisa jadi pilihan. Tempat wisata keluarga di Blitar ini sangat populer sehingga tidak heran jika banyak pengunjung yang datang apalagi saat akhir pekan.

Secara administratif lokasi dari objek wisata ini yaitu terletak di Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Akses menuju ke lokasi wisata sudah terbilang baik sehingga Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit saja dari pusat kota.

Perkebunan ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam khas pegunungan saja, tetapi juga pepohonan teh yang hijau dan menyejukkan mata. Objek wisata ini sangat cocok untuk Anda yang suka liburan atau kegiatan outdoor.

Untuk masuk ke kawasan wisata Kebun Teh Sirah Kencong, para pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orang. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan yaitu sekitar Rp 2.000 per motornya dan Rp 5.000 untuk mobil.

10. Candi Penataran

obyek wisata di blitar
Foto : https://www.instagram.com/rumahdroneaerial.id/

Candi Palah atau biasa dikenal dengan nama Candi Penataran merupakan tempat wisata di Blitar Jawa Timuryang selalu ramai dikunjungi. Wisata terkenal di Blitar ini berada di Desa Penataran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar.

Desrinasi ini berlokasi tepat di lereng barat daya Gunung Kelud ini diperkirakan dibangun pada masa Kerajaan Kadiri tahun 1200 Masehi. Untuk menuju ke tempat wisata ini para pengunjung bisa memulainya dari utara Makam Bung Karno.

Harga tiket masuk saat hari biasa yaitu sekitar 3 ribu – 5 ribuan pada akhir pekan atau hari libur. Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan roda yaitu Rp 2 ribu dan Rp 5 ribu kendaraan roda empat.

Perlu diketahui, jam buka Candi Penataran yaitu mulai dari jam 8 pagi sampai dengan jam 5 sore. Bagi Anda yang berencana untuk liburan ke sana maka usahakan untuk datang saat sore hari. Karena suasananya lebih sejuk dan menenangkan.

11. Pantai Pangi

tempat wisata di blitar
Foto : https://www.instagram.com/donyriff/

Pantai Pangi merupakan destinasi wisata di Blitar selanjutnya yang wajib Anda jelajahi karena keindahan yang ditawarkannya. Wisata bahari indah ini sendiri berada di dicekungan kecil. Dipenuhi dengan batu karang yang berdiri kokoh pada setiap sisi kanan dan kiri pantai.

Hampir sama dengan pantai sebelumnya, karakteristik dari Pantai Pangi memiliki ombak yang lumayan besar. Karena bentuknya yang sedikit cekung membuat pantai ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas air.

Jika dilihat secara administratif, lokasi dari pantai Pangi yaitu ini di Desa Tumpakkepuh Kecamatan Bakung. Jarak dari pusat memang lumayan jauh yakni sekitar 40 km atau kurang lebih 1 jam perjalanan.

Lokasinya yang berdekatan dengan Tambakrejo, tentu sangat disayangkan jika Anda tidak mampir ke sana. Untuk harga tiket masuk pantai yaitu Rp. 8.000 per orangnya dan tarif dikenakan tarif parkir masing-masing Rp. 2.000 (roda dua) Rp. 5.000 (roda 4).

12. Kebon Rojo

tempat wisata di blitar terbaru
Foto : https://www.instagram.com/raffirizkiillahi/

Bagi Anda yang menyukai ruang terbuka hijau, Anda wajib mengunjungi wisata Kebon Rojo. Wisata ini merupakan sebuah taman hijau di pusat kota yang memiliki beragam fasilitas menarik.

Sesuai dengan namanya, Kebon Rojo ini dikelilingi oleh pepohonan yang besar nan rindang yang membuat suasana menjadi adem. Selain itu ada juga permainan anak, dan di sisi barat ada beberapa hewan.

Lokasi Kebon Roj tak jauh dari Istana Gebang, tepatnya terletak di Jl. Diponegoro No. 12 Bendogerit, Kecamatan Sananweran, Kota Blitar. Bahkan tak jarang juga masyarakat yang datang membawa tikar dan makanan, serasa piknik di alam terbuka.

Bagi Anda yang berwisata atau hanya sekadar mampir menikmati udara segar di Kebon Rojo ini tak perlu pusing dengan biaya. Pengunjung yang memasuki taman ini tidak dipungut biaya (gratis).

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Bangkalan yang hits dan selalu di padati oleh wisatawan.

13. Kampung Coklat

tempat wisata alam blitar
Foto : https://www.instagram.com/_koirulanam/

Wisata terbaru di Blitar yang cukup populer selama beberapa tahun terakhir ini yaitu Kampung Coklat. Hampir setiap hari objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun dari luar kota.

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini menjadi surganya para pecinta cokelat. Konsep yang dihadirkan oleh objek wisata ini yaitu wisata edukasi yang mengajarkan cara pengelolaan biji kakao.

Selain menikmati sensasi produk olahan coklat, Anda juga bisa belajar tentang proses budidaya coklat dan proses produksinya. Wisata Kampung Coklat ini beralamatkan di Jalan Bantengblorok 18, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

Bagi Anda para penggemar makanan manis dan harum ini, jangan ragu-ragu untuk mengunjungi Kampung Coklat. Karena untuk memasuki tempat wisata ini Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 10.000 saja.

14. Candi Simping

wisata terbaru di blitar
Foto : https://www.instagram.com/dev_archeojourney/

Seperti yang diketahui, Blitar memiliki julukan Bumi Seribu Candi, dimana ada sejumlah candi peninggalan Kerajaan Kadiri, Singasari, hingga Majapahit. Seperti Candi Simping ini merupakan sebuah makan dari raja pertama Kerajaan Majapahit yaitu Raden Wijaya.

Keberadaan Candi Simping atau dikenal juga dengan Candi Sumberjati ini ditegaskan dalam kitab Kakawin Negarakertagama Pupuh XLVII/3. Lokasi dari candi ini yaitu di Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan.

Bangunan Candi ini sekarang hanya berupa lantai dan pondasinya saja, karena bangunannya sudah runtuh. Namun, relief sisa reruntuhan yang ada, menjadi kemegahan dan nilai sejarah tersendiri dari candi makam Raja Majapahit ini.

Untuk memasuki kawasan candi ini, Anda tidak perlu membayar tiket masuk hanya perlu membayar parkir. Candi Simping atau Candi Sumberjati ini juga menyediakan fasilitas seperti kamar mandi, tempat istirahat, dan kursi.

15. Telaga Rambut Monte

tempat wisata keluarga di blitar
Foto : https://www.instagram.com/manusiabajaringan/

Telaga Rambut Monte adalah sebuah wisata alam yang berupa telaga dengan keindahan dan legenda misterius. Air di telaga ini berwarna biru, dengan pemandangan alam sekitar yang menakjubkan.

Pemandangan yang menakjubkan itu, karena telaga ini berada di tengah hujan yang sejuk dan tenang. Legenda misterius yang menyelimuti telaga ini adalah adanya ikan misterius, yaitu ikan purba.

Tempat wisata alam ini berada di kaki Gunung Kawa yang berjarak kurang lebih 30 KM dari pusat Kota blitar. Lokasi tepatnya yakni di Desa krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam Telaga Rambut Monte ini, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 saja. Anda bisa berwisata ke telaga ini setiap hari, mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

16. Goa Embultuk

tempat wisata anak di blitar
Foto : https://www.instagram.com/gotravelly/

Goa Embultuk adalah sebuah gua yang masih alami, dengan pepohonan rindang di sekitar gua menambah pesona dan udara sejuk. Di dalam goa ini terdapat sebuah stalaktit dan stalagmit yang menjadikan tempat ini sangat indah dengan sensasi yang berbeda.

Pesona Stalaktit dan Stalagmit sepanjang 1,5 km akan membuat Anda nyaman dan betah menikmati gemercik air dengan suasana mengesankan. Gua ini telah ditemukan sejak ribuan tahun yang lalu dengan panjang 1500 meter dan tinggi 3 meter.

Gua Embultuk ini dulunya menjadi tempat persembunyian G30S/PKI tepatnya pada tahun 1965-1966. Lokasi goa ini sendiri berada di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar.

Jika Anda ingin menikmati keindahan Goa Embultuk, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp 5.000 saja. Dengan biaya tambahan parkir kendaraan Rp 2.000 (sepeda motor) dan Rp 5.000 (mobil).

17. Air Terjun Tirto Galuh

tempat wisata di blitar jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/ydo_17/

Air Terjun Tirto Galuh merupakan sebuah Air terjun yang sangat asri dan bersih dilengkapi dengan batuan yang disebut batu licin. Nah, para pengunjung diharapkan berhati-hati dengan batu licin ini saat mengambil foto ataupun berenang.

Air Terjun Tirto Galuh ini secara administratif berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bangkung. Nah, jika ditempuh dari kampung coklat, jaraknya kurang lebih 17 Km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sama seperti air terjun lain pada umumnya, Air Terjun Tirto Galuh ini tidak bisa langsung di capai oleh kendaraan. Para pengunjung harus berjalan kaki dari tempat penitipan kendaraan sejauh 300 meter.

Walaupun memerlukan perjalanan yang cukup melelahkan Anda akan dipuaskan dengan pemandangan yang masih asri dan kesegaran air terjun ini. Selain itu Anda tidak perlu membayar tiker masuk, hanya perlu membayar parkir.

18. Pantai Umbul Waru

tempat wisata di blitar
Foto : https://www.instagram.com/__kerehore__/

Bicara soal pantai di kota Blitar ini memang tak ada habisnya, salah satunya Pantai Umbul Waru. Sebuah pantai yang memiliki sensasi unik dengan pemandangan aliran air terjun yang langsung menuju ke laut.

Pantai Umbul Waru berlokasi berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Blitar. Pantai ini benar-benar indah, namun sayangnya pantai ini sempit sehingga tidak bisa dikunjungi saat ombak pasang.

Tempat wisata ini selalu buka 24 jam setiap harinya. Jadi Anda bisa selalu menikmati pemandangan indah di pantai umbul waru ini. Untuk masuk ke pantai ini, tidaklah dipunggut biaya (gratis).

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Banyuwangi terbaru dengan beragam pilihan destinasi menarik dan kekinian.

Itulah ke-18 tempat wisata di Blitar yang sangat menarik dan unik untuk dikunjungi saat berlibur ke kota proklamator ini. Blitar memang tidak pernah kehabisan tempat wisata untuk bisa memuaskan para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Jadikan liburan Anda bersama keluarga semakin berkesan dengan mengunjungi beberapa tempat yang sudah dijelaskan di atas. Semoga informasi tempat wisata di atas dapat menjadikan liburan Anda menjadi semakin seru.

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here