Pantai Karang Bolong adalah salah satu wisata bahari eksotis yang dimiliki oleh Kabupaten Pacitan di Jawa Timur. Berbeda dari kebanyakan Pantai Pacitan pada umumnya, disini anda tidak akan menemukan hamparan pasir, melainkan adanya sebuah sabana.

Bisa dibilang bahwa sabana ini hadir sebagai pengganti yang memisahkan daratan dengan bibir pantai karena tidak adanya hamparan pasir lembut. Sabana Pantai Karang Bolong Pacitan ditumbuhi oleh berbagai pepohonan yang membuat suasana disini cukup teduh berkat semilir anginnya.

Serta masih banyak lagi daya tarik menawan dari Pantai Karang Bolong Jawa Timur yang bisa anda jumpai kala berlibur. Wisata Pacitan hits ini harus ada dalam list tujuan jalan-jalan anda pada saat akhir pekan maupun musim liburan.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Bolong

harga tiket masuk pantai karang bolong
Foto : https://www.instagram.com/jejaknoey/

Karang Bolong termasuk satu dari sekian banyak destinasi wisata bahari berupa pantai di Pacitan. Pacitan dengan julukan kota 1001 Goa ini juga dikenal memiliki banyak sekali pantai-pantai cantik yang menakjubkan.

Dan Pantai Karang Bolong adalah salah satunya, yang menawarkan pemandangan ciamik amat sangat cantik. Tidak adanya pasir menjadi salah salah satu keunikan wisata Pacitan hits ini yang menjadi magnet sehingga banyak pengunjung datang kesini.

Yang menarik, untuk bisa rekreasi disini maka setiap wisatawan tak perlu mengeluarkan banyak uang. Saat tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Pantai Karang Bolong Pacitan belum diberlakukan alias gratis.

Anda hanya perlu keluar uang untuk biaya retribusi parkir kendaraan saja. Termasuk hidden gems di Pacitan sehingga belum dikelola sebagai tempat wisata profesional seperti pada umumnya.

Bagi anda yang hendak explore Pantai Karang Bolong di Pacitan maka bisa datang kesini kapan saja. Akan tetapi waktu terbaik yang kami sarankan, adalah pagi atau sore hari untuk menyaksikan sunrise dan sunset luar biasa.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Pantai Karang Bolong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109107378406646184506

Lokasi Pantai Karang Bolong berada di kawasan yang cukup jauh dari keramaian, cocok sekali untuk anda bersantai. Alamat Pantai Karang Bolong terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Apabila dari pusat kota Pacitan atau Alun-Alun maka jarak yang musti ditempuh kurang lebih sejauh 28,3 km. Membutuhkan waktu untuk perjalanan setidaknya 60 menit dari Alun-Alun Kabupaten menuju Pantai Karang Bolong.

Untuk pintu masuk wisatanya jadi satu dengan Pantai Klayar. Kalo pun anda bingung, bisa bertanya pada petugas yang berjaga mengenai jalan untuk bisa ke Pantai Karang Bolong.

Akses jalan utama menuju Pantai Karang Bolong Pacitan masih berupa tanah dan juga bebatuan. Masih jauh dari kata layak sehingga mohon berhati-hati selama dalam perjalanan.

Anda bisa menggunakan maps dibawah ini untuk mendapatkan rute terbaik jalur menuju kawasan Karang Bolong.

Datang juga ke –> Goa Tabuhan bangunan bersejarah yang menyimpan banyak mitos.

Fasilitas

fasilitas pantai karang bolong pacitan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115472958260232228502

Sarana prasarana yang ada disini belum banyak, namun hal tersebut tak mengurangi minat para pengunjung. Terbukti dengan selalu adanya pelancong dari berbagai daerah yang berlibur kesini.

Beberapa fasilitas Pantai Karang Bolong yang dapat anda temukan meliputi, area parkir di tebing sabana. Selain itu ada juga kamar mandi dengan fasilitas air bersih dan pedagang kaki lima.

Karena termasuk wisata tersembunyi, wajar rasanya apabila disini belum didukung fasilitas lengkap seperti destinasi pada umumnya.

Kunjungi juga –> Pantai Taman Pacitan dengan sejumlah panorama mempesona.

Spot Terbaik di Pantai Karang Bolong

spot terbaik di pantai karang bolong pacitan
Foto : https://www.instagram.com/iwanrafli_2/

Keindahan alam mempesona di Pantai Karang Bolong bakal menghipnotis banyak pasang mata.

Batu Karang Bolong

Sesuai dengan namanya, anda bisa melihat sebuah Batu Karang Bolong yang menjadi ikon pantai ini. Sebuah tebing raksasa yang terbuat dari bongkahan karang indah nan eksotis di sekitar pantainya.

Lubang dalam tebing karang inilah yang menjadi asal muasal wisata Pantai Pacitan yang tengah kita bahas kali ini.

Sabana

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa Sabana ini seperti menjadi pengganti dari tidak adanya hamparan pasir disini. Sabana yang hijau dan luas memisahkan daratan dengan bibir pantai.

Ditumbuhi dengan berbagai pepohonan dan tanaman lainnya untuk memberikan nuansa teduh Pantai Karang Bolong. Sabana ini juga menghubungkan antara daratan dengan tebing batu karang bolong yang eksotis.

Air Terjun

Menjadi sesuatu hal yang anti mainstream, di Pantai Karang Bolong anda dapat menyaksikan sebuah air terjun. Airnya bersumber dari sabana diatas, mata air alami yang mengalir langsung menuju ke laut.

Membuatnya nampak seperti air terjun dalam dongeng dengan view mempesona yang tiada duanya.

Segudang daya tarik memikat tersebut wajib anda manfaatkan untuk keperluan berswafoto. Abadikan momen liburan kali ini melalui berfoto-foto ria pada spot terbaik di Pantai Karang Bolong Pacitan.

Review sebelumnya –> Banyu Anget Pacitan destinasi menarik untuk merileksasi diri.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pantai karang bolong
Foto : https://www.instagram.com/kesetwelcome_/
  • Pastikan anda dalam keadaan sehat, tubuh fit dan sedang tidak sakit saat akan explore Pantai Karang Bolong.
  • Berkunjung kesini tentu saja wajib pada saat hari cerah, tidak mendung ataupun hujan agar semunya maksimal.
  • Datang pada saat pagi hari untuk mendapatkan view sunrise, dan sunset ketika sore menjelang malam.
  • Ada baiknya anda membawa bekal sendiri untuk kebutuhan makan dan minum selama berlibur di Karang Bolong.
  • Ikut serta dalam menjaga keberlangsungan area wisata Pantai Karang Bolong agar selalu bersih dan bebas dari sampah.

Jadi itulah salah satu tempat wisata mengagumkan di Pacitan yakni Pantai Karang Bolong sebagai tujuan berwisata selanjutnya. Terimakasih telah menyimak ulasan singkat Pantai Karang Bolong Pacitan yang mempesona dan indahnya tiada duanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × five =