Museum Keris merupakan salah satu cagar budaya yang keberadaannya cukup populer di Kota Solo Jawa Tengah. Museum di Solo satu ini seolah menceritakan perjalanan mengenai keris di Indonesia yang bisa juga berfungsi sebagai pusat pembelajaran.

Di Museum Keris Solo memiliki lebih 400 lebih koleksi dari berbagai jenis ukuran serta 38 tombak dan benda-benda bersejarah lainnya. Dari keseluruhan koleksi yang ada, terdapat 233 keris dan tombak yang dipajang secara bergiliran setiap 3 bulan.

Wisata Solo terdekat ini bisa menjadi alternatif untuk mengisi hari libur anda dengan jalan-jalan dan rekreasi bahagia. Ragam koleksi unik dari Museum Keris Surakarta yang anda temukan bisa menjadi latar belakang untuk berswafoto agar lebih instagenic.

Harga Tiket Masuk Museum Keris

harga tiket masuk Museum Keris
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101315390216385262550

Keris sendiri merupakan senjata tradisional yang sudah di tetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya non bendawi. Selain itu museum Solo satu ini juga menyimpan beberapa senjata tradisional dari luar Jawa yang menyimpan banyak sejarah.

Museum yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini diresmikan pada Agustus 2017. Dan hingga kini kehadiran Museum Keris Solo ini pun cukup menarik minat banyak pelancong dari berbagai daerah di Indonesia.

Saat anda tengah berada di Surakarta, maka museum hits ini wajib tuk ditelusuri lebih dalam dan temukan keseruannya. Menyaksikan secara lebih dekat koleksi-koleksi menarik yang ada disini guna menambah wawasan dan pengetahuan baru.

Dan untuk bisa explore Museum Keris di Solo ini maka anda tak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya. Karena harga tiket masuk Museum Keris sangatlah terjangkau dan ramah dikantong, Rp10.000 untuk umum dan Rp5.000 bagi pelajar.

Ketentuan biaya tiket masuk di Museum Keris Jawa Tengah ini bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu ya. Berkunjung ke museum ini harus sesuai dengan ketentuan jam operasional wisata yang berlaku.

  • 09.00 – 15.00 wib : Selasa, Rabu, Sabtu & Minggu
  • 09.00 – 11.00 wib : Khusus Jum’at
  • Libur : Hari Senin & Kamis

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat museum keris
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116175984413111261766

Lokasi Museum Keris terletak di lokasi bekas gedung Rumah Sakit Jiwa Mangunjayan. Dan rencananya akan menyatu dengan RTH atau ruang terbuka hijau di kawasan Stadion Maladi Sriwedari.

Sedangkan untuk alamat Museum Keris berada di Jl. Bhayangkara No.2, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Dari Alun-Alun Kidul Surakarta jaraknya hanya sejauh 3,3 km dan membutuhkan lama perjalanan sekitar 10 menit.

Bisa dibilang bahwa museum ini masih berada di area kota dengan akses jalan yang mudah dilalui oleh semua jenis kendaraan. Anda bisa memakai jasa angkutan umum untuk sampai di Museum Keris ini guna liburan yang berwarna.

Akan lebih mudah lagi jika anda menggunakan kendaraan pribadi, seperti sepeda motor hingga bis sekalipun. Tak perlu khawatir meski anda sama sekali belum pernah datang ke Museum di Solo satu ini.

Sebab dibawah ini dapat anda gunakan maps dengan peta navigasi akurat yang akan membantu perjalanan menjadi lebih mudah.

Datang juga ke –> Museum Batik Danar Hadi

Fasilitas

fasilitas museum keris
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116017303582337496532

Solo memang terkenal dengan salah satu daerah yang punya banyak sekali wisata berbasis cagar budaya seperti halnya museum. Sebut saja Museum Radya Pustaka, Museum Batik Danar Hadi, Museum Keris dan masih banyak lagi.

Seperti halnya Museum Keris Solo ini yang sudah didukung dengan berbagai sarana pendukung memadai. Dan berikut fasilitas Museum Keris Nusantara di Surakarta Jawa Tengah yang antara lain meliputi :

  • Area parkir kendaraan
  • Pusat informasi museum
  • Kamar mandi / toilet
  • Fasilitas air bersih
  • Kantin
  • Tempat duduk
  • Spot foto menarik

Berlibur ke museum ini tentu kita akan menjadi tahu perjalanan keris di Indonesia melalui informasi-informasi yang tertera. Selama di Museum Keris para wisatawan akan ditemani dengan Backsound sebuah musik Gending Jawa yang terdengar magis.

Kunjungi juga –> Kebun Binatang Jurug

Spot Terbaik di Museum Keris

spot terbaik di museum keris
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109019613574865651172

Nuansa Jawa sangat kental di Museum Keris Solo ini, terlihat dari patung buto yang menjadi penjaga pintu masuknya. Selain itu terdapat juga ornamen-ornamen tiap ruangan dan ucapan selamat datang menggunakan Bahasa Jawa.

Terdiri empat lantai dan arah bangunannya cukup nyeleneh yang mengarah ke barat laut. Tak seperti bangunan-bangunan lain di sekitarnya yang justru rata-rata menghadap ke timur, barat, atau selatan.

Bangunan unik pada Museum Keris Solo wajib tuk anda manfaatkan sebagai latar belakang ketika berswafoto guna mengabadikan momen. Hasilkan gambar instagenic pada spot terbaik di Museum Keris yang memikat perhatian anda.

Penting untuk selalu membawa kamera atau smartphone kesayangan kemanapun anda akan pergi berwisata. Guna menjadi alat untuk merekam setiap momen-momen seru selama berlibur bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Review sebelumnya –> Sangiran

Tips Berkunjung

tips berkunjung museum keris
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103406420278009147828
  • Perkirakan dengan baik waktu kunjungan anda ke Museum Keris agar pengalaman liburan kali ini lebih maksimal.
  • Sebaiknya datang lebih awal agar bisa berkeliling dan eksplorasi di Museum Keris Solo sampai puas.
  • Simak dengan seksama informasi yang tersedia pada setiap sudut untuk menambah ilmu pengetahuan anda.
  • Selalu menjaga etika serta tutur kata selama berada di kawasan Museum Keris Solo Jawa Tengah.
  • Patuhi semua aturan beserta tata tertib pengunjung yang sudah disepakati demi kebaikan bersama.

Menghabiskan waktu santai di akhir pekan tak melulu ke pantai ataupun gunung, wisata museum misalnya yang wajib menjadi opsi lainnya. Sekian ulasan singkat Museum Keris di Surakarta yang rekomended untuk anda jadikan tujuan wisata selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − six =