Sangiran merupakan sebuah situs manusia purba Kota Solo yang dinobatkan menjadi terbesar sekaligus terpenting di dunia. Situs Sangiran menyimpan berbagai koleksi menarik, seperti kekayaan fosil-fosil purbakala yang meliputi fosil manusia dan binatang-binatang purba.

Beberapa ahli menganggap bahwa Museum Museum Sangiran adalah pusat peradaban besar, penting, dan juga lengkap mengenai manusia purba di dunia. Cagar budaya Sangiran Solo ini memberikan petunjuk tentang keberadaan manusia purba sejak 150.000 tahun lalu.

UNESCO telah menetapkan Sangiran sebagai Warisan Budaya Dunia atau bisa disebut dengan World Culture Heritage. Bagi anda yang ingin liburan anti mainstream, maka wisata Solo kota ini wajib di telusuri beragam sajian menariknya.

Harga Tiket Masuk Sangiran

harga tiket masuk Saringan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118135507972257837405

Di dalam Situs Purbakala Sangiran anda bisa menemukan sekitar kurang lebih 100 fosil manusia purba atau Homo erectus. Sekitar 50% lebih temuan fosil Homo Erectus dari berbagai belahan dunia.

Dan lebih dari sekitar 60% fosil-fosil dan temuan lain yang ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Situs Sangiran di Solo mempunyai nilai tinggi pada kesejarahan dan ilmu pengetahuan seputar manusia purba.

Mengunjungi Sangiran Solo sebagai tujuan mengisi waktu senggang adalah sebuah keputusan yang sangat tepat. Disini para wisatawan bisa melihat ragam peninggalan prasejarah manusia purba, seperti fosil, alat berburu, buku-buku tua, dan lain-lain.

Dan untuk bisa menulusuri dunia manusia purba pada museum Solo satu ini maka anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya lho. Sejauh ini harga tiket masuk Sangiran sangatlah terjangkau, hanya Rp10.000 untuk pengunjung lokal / domestik.

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara maka akan dikenakan tarif sebesar Rp15.000 saja per orangnya. Situs manusia purba Sangiran bisa anda kunjungi sesuai dengan jam operasional wisata yang berlaku yakni pukul 08.00-16.00 wib.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat sangiran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109415087933117647225

Tahukah anda bahwa lokasi Sangiran berada pada kawasan yang dipercaya menjadi salah satu pusat kehidupan manusia purba di masa lalu. Sejatinya Museum Sangiran ini secara terletak di kawasan yang terbagi antara 2 Kabupaten, yaitu Solo dan juga Sragen.

Alamat Sangiran yang di Kabupaten Sragen berada di Kecamatan Gemolong. Kecamatan Kalijambe, dan Plupuh. Sedangkan yang di Solo letaknya berada di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar.

Untuk yang berada di Solo, maka jarak dari Alun-Alun Karanganyar / pusat kota kurang lebih sejauh 26,6 km. Dan yang di Sragen, jika dari Alun-Alun Kota maka jaraknya diperkirakan mencapai 28 km.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai di Museum hits ini atau juga memakai jasa angkutan umum yang tersedia. Di sudut-sudut jalan telah terpasang plang petunjuk yang akan memudahkan laju kendaraan anda.

Akan menjadi semakin mudah apabila anda menggunakan maps dibawah ini yang akan mengarahkan perjalanan liburan menyenangkan ke Sangiran.

Datang juga ke –> Museum Radya Pustaka

Fasilitas

fasilitas sangiran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103606354322672124274

Museum Sangiran ini termasuk dalam daftar wisata Solo populer yang selalu menjadi incaran para pelancong dari berbagai daerah. Segala sesuatu mengenai kehidupan dunia manusia purba tentu menjadi daya tarik utamanya, disamping lengkapnya sarana yang memadai.

Dan berikut ini fasilitas Sangiran yang antara lain meliputi :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Pusat informasi museum
  • Pemandu museum profesional
  • Toilet umum / mck
  • Mushola
  • Fasilitas air bersih
  • Ruang audio visual
  • Kios souvenir
  • Tempat duduk
  • Warung makanan
  • Area satwa-satwa cantik
  • Mess peneliti
  • Gardu pandang
  • Ruang pameran
  • Spot foto instagenic

Nikmati ragam keseruan yang wisata museum Solo ini tawarkan untuk memberikan anda pengalaman berharga yang sulit terlupa. Explore lebih dalam setiap sudut Situs Sangiran yang kaya akan ilmu dan wawasan seputar manusia purba yang berharga.

Kunjungi juga –> Museum Batik Danar Hadi

Spot Terbaik di Sangiran

spot terbaik di sangiran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102318306919833722394

Mengahabiskan waktu libur di akhir pekan dengan menjelajahi Museum Manusia Purba Sangiran dijamin akan sangat menyenangkan. Menjadi sesuatu yang baru dan sangat kami rekomendasikan untuk anda jadikan tujuan berlibur bersama keluarga tercinta.

Saat berwisata bahagia di Situs Sangiran satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah berfoto-foto pada spot terbaiknya. Sejumlah diorama dan juga fosil mengenai kehidupan manusia purba di masa lalu nampak sangat luar biasa.

Bentuk unik yang lengkap dengan ornamen-ornamen penghiasnya semakin membuat nuansa manusia purba pada museum ini sangat kental. Hal tersebut bisa anda manfaatkan sebagai latar belakang ketika selfie maupun foto bersama-sama.

Abadikan setiap momen berharga agar momen-momen menarik selama di Sangiran sulit untuk terlupa. Menjadikan aneka background yang eksotis sebagai spot terbaik di Sangiran untuk hasilkan foto instagenic.

Review sebelumnya –> Kebun Binatang Jurug

Tips Berkunjung

tips berkunjung sangiran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101793288657775644557

Dibawah ini dapat anda simak beberapa tips berkunjung ke Museum Sangiran manusia purba yang juga merupakan situs cagar budaya.

  • Anda bisa sampai di museum ini melalui Kabupaten Sragen ataupun Karanganyar yang mudah dijangkau.
  • Datang lebih awal untuk bisa menemukan setiap keseruan pada museum Sangiran ini untuk dapatkan liburan berkualitas.
  • Momen berlibur di Sangiran akan menjadi lebih maksimal sembari mempelajari hal-hal baru seputar manusia purba.
  • Pahami dengan baik tata tertib pengunjung yang telah ditetapkan demi untuk kebaikan bersama.
  • Dilarang keras merusak apalagi sampai mengambil apapun yang ada pada Museum Sangiran ini.
  • Utamakan selalu keselamatan demi terciptanya liburan impian berkesan dan berjalan sesuai harapan.

Cagar Budaya museum Sangiran bisa menjadi pilihan liburan anda ketika berada di Solo maupun Sragen. Demikian ulasan singkat seputar Situs Sangiran yang merupakan salah satu warisan budaya terbesar dan terpenting di dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 − 5 =