Benteng Vastenburg merupakan bangunan bersejarah yang dahulunya digunakan Belanda untuk mengawasi Keraton Kasunanan Surakarta. Diperkirakan Benteng Vastenburg ini dibangun pada abad ke 17 yang awalnya memiliki nama Grootmoedigheid.

Namun pada 1750, tempat bersejarah di Solo satu ini berubah nama menjadi Benteng Vastenburg hingga sekarang. Setelah Indonesia merdeka, Benteng Vastenburg Surakarta sempat mengalami alih fungsi bangunan, hingga pada abad ke-20 sempat terbengkalai.

Sampai pada akhirnya tahun 2010 benteng Solo ini akhirnya ditetapkan sebagai Situs Cagar Budaya yang bisa menjadi tujuan berwisata. Tempat wisata di Solo hits ini wajib tuk anda kunjungi sebagai alternatif mengisi waktu senggang di hari libur.

Harga Tiket Masuk Benteng Vastenburg

harga tiket masuk benteng vastenburg
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104743851826726145425

Bentuk bangunan pada Benteng Vastenburg di Solo ini sangatlah unik, memiliki gaya arsitektur Eropa tempo dulu. Dengan dinding batu bata setinggi 6 meter dan bentuknya berupa bujur sangkar serta setiap sudutnya terdapat penonjolan ruangan/bastion.

Di tengah Benteng Vastenburg terdapat tanah lapang yang cukup luas bisa untuk anda coba berjalan-jalan dan berlarian disini. Lapangan luas dalam Benteng Belanda ini konon dahulunya digunakan sebagai tempat apel bendera.

Setelah ditetapkan sebagai salah satu Situs Cagar Budaya hingga akhirnya dilakukanlah restorasi guna memperbaiki bangunannya. Dan kini sudah sangat baik, sehingga bisa anda jelajahi dalam rangkaian menghabiskan hari liburan bersama keluarga maupun orang tercinta.

Para pengunjung tak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk bisa rekreasi dan berwisata edukasi disini. Karena harga tiket masuk Benteng Vastenburg sangat terjangkau untuk semua kalangan lho, hanya 5.000 saja per orangnya.

Anda pun bisa kapan saja sesuka hati berkunjung ke salah satu bangunan bersejarah di Kota Surakarta ini. Terbuka untuk umum mulai dari pagi hingga sore hari, maka dari itu perlu bagi anda memperkirakan waktu terbaik berlibur disini.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Benteng Vastenburg
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100807801754711305445

Lokasi Benteng Vastenburg terletak pada area yang cukup strategis dan mudah untuk ditemukan meski anda belum pernah datang. Bangunan benteng bekas Belanda memiliki luas wilayah sekitar 7 hektar dan berbentuk segi empat.

Parit yang dangkal seolah-olah menjadi tembok-tembok dan mengelilingi seluruh kawasan Benteng Vastenburg. Sementara di dalam benteng terdapat bangunan petak-petak bekas rumah tinggal untuk para prajurit dan keluarganya.

Ada juga asrama yang mengelilingi benteng dan jumlahnya sekitar ada 7 bangunan digunakan sebagai rumah tinggal para perwira kala itu. Di benteng ini dahulunya sempat tersedia senjata meriam yang mengarah langsung ke arah keraton.

Sedangkan untuk alamat Benteng Vastenburg sendiri berada di Kelurahan Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Hanya berjarak 2,6 km saja dari Alun-Alun Kidul Surakarta untuk sampai di Benteng Vastenburg.

Bagi anda yang mungkin sama sekali belum pernah datang kesini, mungkin agak sedikit merasa bingung dengan jalannya. Tapi tenang saja, karena maps dibawah ini bisa anda gunakan guna menjadi petunjuk agar perjalanan semakin mudah.

Datang juga ke –> Kebun Strawberry Tawangmangu

Fasilitas

fasilitas benteng vastenburg
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104250928979654291194

Destinasi benteng menarik ini termasuk dalam daftar wisata Surakarta yang populer dan selalu ramai akan wisatawan. Aneka daya tarik yang dimiliki tentu menjadi penyebab utamanya, disamping dukungan sarana prasarana memadai.

Dan berikut fasilitas Benteng Vastenburg yang bisa menunjang setiap kegiatan para pengunjung selama berlibur, antara lain adalah :

  • Area parkir kendaraan
  • Pusat informasi benteng
  • Kamar mandi / mck
  • Mushola
  • Fasilitas air bersih
  • Panggung pertunjukan
  • Kantin / warung wisata
  • Spot foto menarik

Saat ini Benteng Vastenburg beberapa kali kerap mengadakan event-event menarik, seperti festival, seni pertunjukan hingga konser. Nikmati berbagai keseruan yang wisata Solo hits ini tawarkan untuk anda jadikan sebuah pengalaman berkesan sehingga sulit dilupakan.

Kunjungi juga –> Heritage Palace

Spot Terbaik di Benteng Vastenburg

spot terbaik di benteng vastenburg
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115494222783305428556

Dapatkan liburan yang lebih berkualitas dengan explore wisata Benteng Vastenburg pada saat akhir pekan maupun musim liburan. Bangunan benteng dengan gaya arsitektur tempo dulu akan membawa suasana yang berbeda dari pada biasanya.

Lengkap dengan berbagai ornamen dan penghias di setiap-setiap sudut benteng yang semakin menguatkan nuansa negeri kincir angin disini. Pemandangan yang dihadirkan pada benteng ini pun sangat menakjubkan dan bisa anda manfaatkan dengan baik.

Salah satunya adalah dengan menjadikan bangunan benteng ini sebagai latar belakang saat berselfie ria, foto bersama sampai merekam video. Abadikan momen sebanyak-banyaknya melalui berswafoto pada spot terbaik di Benteng Vastenburg yang anti mainstream.

Ada banyak sekali spot-spot ciamik yang bisa pengunjung jadikan background dalam lawatan ke Benteng Vastenburg ketika rekreasi. Jangan lupa membawa kamera ya, agar semua momen-momen bahagia selama berwisata dapat terekam jelas semuanya.

Review sebelumnya –> De Tjolomadoe

Tips Berkunjung

tips berkunjung benteng vastenburg
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103888956590391794534

Bisa anda simak beberapa tips berkunjung dibawah ini sebagai tambahan informasi dan juga referensi ketika akan datang kesini.

  • Waktu terbaik berlibur ke Benteng Vastenburg adalah ketika hari cerah dengan cuaca yang mendukung.
  • Untuk merasakan nuansa yang lebih teduh maka anda bisa datang saat pagi ataupun sore hari.
  • Jika berkunjung di siang hari maka sebaiknya membawa penutup kepala untuk melindungi dari terik matahari.
  • Ketahuilah tata tertib dan juga aturan yang sudah ditetapkan agar pengunjung bisa memahaminya dengan baik.
  • Bersama-sama ikut menjaga keberlangsungan sebuah Situs Cagar Budaya Benteng Vastenburg agar tetap istimewa.

Mengisi hari libur tak melulu soal berwisata ke gunung ataupun pantai, benteng kaya akan sejarah ini misalnya bisa menjadi pilihan. Sekian ulasan singkat mengenai Benteng Vastenburg di Surakarta yang rekomended untuk anda kunjungi ketika liburan menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 1 =