11 Tempat Wisata Di Brebes Yang Di Rekomendasikan – Brebes merupakan sebuah kabupaten di jawa tengah yang berlokasi di pantai utara yang berbatasan langsung dengan prvinsi jawa barat.

Brebes sendiri mempunyai julukan sebagai kota bawang karena brebes sebagai kota penghasil bawang terbesar di indonesia. Mayoritas masyarakat kota tersebut bermata pencaharian sebagai petani bawang.

Salah satu hal uni di kabupaten brebes adalah bahasa yang mereka gunakan.

Di wilayah tertentu mereka menggunakan bahasa sunda dan wialayah yang lain banyak yang menggunakan bahasa jawa ngapak.

oke setelah kita tahu tsekilah tentang kabupaten brebes kini saatnya membahas tentang timpat wisata yang ada di brebes. Berikut 11 tempat wisata yang sangat di rekomendasikan di Brebes versi MyTrip123.com.

1.Wisata Alam Kaligua

Tempat wisata di kabupaten brebes yang pertama adalah wisata alam kaligua. Yang berloaksi di Ds pandansari Kec Pguyangan Brebes. Kawasan wisata tersebut merupakan kawasan pegunungan yang mempunyai udara yang sangat sejuk.

image by : visitjawatengah.com
image by : visitjawatengah.com

Apabila anda berkunjung ke tempat tersebut anda dapat menikmati suasana damai kebun teh. Serta goa jepang, Telaga ranjeng dan juga mata air tuk bening. Jadi tak hanya satu melainkan banyak sekali sajian menarik di Kaligua Brebes Jawa Tengah.

Selain wisata alam tersbut anda juga bisa menikmati aneka wahana permainan seperti fliying dan yang lainya. Anda pasti akan merasa senang ketika berlibur bersama buah hati tercinta ke Wisata alam Kaligua Brebes.

Dan untuk menikmati itu semua, anda perlu mempersiapkan sejumlah uang. Seperti tempat wisata pada umum, kaligua Brebes tentu menerapkan biaya tiket masuk.

Ketika tayangnya tulisan ini, harga tiket masuk Kaligua adalah Rp20.000 per orang. Sedangkan untuk parkir Rp3.000 bagi sepeda motor. Dan kendaraan roda empat seperti mobil dikenakan tarif parkir sebesar Rp10.000.

Dari beberapa biaya yang telah disebutkan diatas, bisa berubah sewaktu-waktu. Namun tenang saja, karena Agrowisata Kaligua ini tak membuat anda musti merogoh kocek dalam-dalam.

2.  Waduk Malahayu Brebes

image by : http://4.bp.blogspot.com/
image by : http://4.bp.blogspot.com/

Objek Wisata di brebes selanjutnya yaitu waduk malahayu yang berlokasi di Ds Malahayu Kec banjarharjo brebes. waduk buatan ini di sudah ada sejak jaman penjajahan belanda.

Selain berfungsi sebagai media persediaan air di brebes kawasan ini juga di manfaatkan. Dan di kelola sebagai tempat wisata yang menarik di kunjungi. Keindahan yang terjadai terbukit ampuh menjadi daya tarik utama yang membawa banyak orang datang kesini.

Selain pemadangan waduk yang indah, waduk malahayu juga di hiasi dengan perbukitan yang di tumbuhi rerimbunan pohon yang hijau. Hal tersebut menjadikan suasana waduk Brebes hits ini teduh dan sepoi-sepoi anginnya bikin siapapun betah.

Ketika anda merasa penat atau banyak pikiran, maka rileksasi di Malahayu Brebes bisa jadi opsi menarik. Sebelum explore wisata Waduk Malahayu, perkirakan dengan baik waktu kunjungan anda.

Meski sejatinya Waduk Malahayu ini selalu buka selama 24 jam penuh. Namun untuk area wisatanya hanya tersedia dari pagi sampai sore hari.

Pada pagi dan sore hari, suasana Waduk Brebes ini sangat pas untuk jalan-jalan dan liburan. Tak perlu uang banyak untuk bisa explore wisata alam Brebes ini.

Saat ini harga tiket masuk Waduk Malahayu adalah Rp8.000 per orangnya, murah sekali bukan? Dengan tiket tersebut, para wisatawan dapat lebih leluasa dan jelajah alam Malahayu sampai puas.

3. Curug Putri

image by : www.wovgo.com
image by : www.wovgo.com

Masih membahas tentang wisata alam, Yaitu curug putri yang berloaksi di Dukuh padanama Ds Mandala, Kec Sirampong Brebes. Keberadaan Curug hits ini bila dijangkau dari pusat kota Brebes yang dalam hal ini Alun-Alun, jaraknya sekitar 50 km.

Membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam 40 menit melalui jalur yang bisa dilintasi semua kendaraan. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi, baik itu motor atau mobil agar sampai di Curug Putri dengan mudah.

Hal tersebut lantaran pada saat ini belum adanya jasa transportasi angkutan umum jurusan ke Curug Putri Brebes. Setibanya di area parkir, para pengunjung harus berjalan kaki menuju spot utama air terjunnya.

Selama dalam perjalanan anda akan ditemani oleh suasana asri dan juga teduh dari pepohonan rimbun disekitar. Tak memakan waktu lama, dalam beberapa menit anda akan langsung menyaksikan air terjun pada curug yang indah ini.

Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 35 meter dari dasar air terjun. Curug ini mempunyai dua air terjun yang hampir sama. Oleh sebab itu banyak yang mengenal curug ini denggan sebutan air terjun kembar.

Untuk bisa liburan kesini anda hanya perlu uang Rp5.000 per orang sebagai tiket masuk Curug Putri Brebes. Masuk dalam deretan wisata Brebes yang low budget dan cocok untuk berwisata hemat.

4. Pemandian Air Panas Tirta Husada

pemandian air panas tirta husada
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112736208353359329498

Tidak hanya wonosobo yang mempunyai pemandian air panas alami, Brebes juga ternyata punya. Yaitu pemandian air panas tirta husada yang berlokasi di Ds Kedungoleng Kec bantarkawung Brebes. Untuk menuju loaksi tersbut anda harus melewati medan yang cukup jauh yaitu 75 kilometer dari pusat kota.

Untuk sampai kesini, kami sarankan bagi anda untuk mengenakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Karena sampai sekarang belum adanya jasa angkutan umum yang bisa sampai ke lokaasi pemandain hits ini.

Menurut cerita masyarakat yang beredar, mandi di pemandian air hangat ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Pemandian berlokasi di daerah pepohonan pinus yang membuat anda semakin nyaman ketika berendam di tempat ini.

Banyaknya khasiat serta manfaat yang bakal didapat, menjadikan Pemandian Air Panas Tirta Husada Brebes sangat rekomended. Tak perlu merogoh dalam-dalam untuk bisa berendam dann merasakan keseruan yang ditawarkan oleh pemandian ini.

Saat ini harga tiket masuk Pemandian Air Panas Tirta Husada Brebes sebesar Rp7.000 per orangnya, ekonomis sekali bukan? Disamping tiket masuk, biaya yang musti anda keluarkan lagi adalah untuk retribusi parkir kendaraan.

Dimana tarif parkir sepeda motor adalah Rp2.000 sedangkan 5-10 ribu untuk kendaraan roda empat seperti mobil. Perlu di ingat bahwa biaya-biaya yang telah disebutkan diatas bisa sewaktu-waktu mengalami perubahan.

baca juga : Inilah 13 Tempat Wisata di Lombok yang Eksotis dan Menarik

5. Ciblon Waterboom

Setelah meriview wisata alam brebes yang menarik untuk di kunjungi. Kini mytrip123.com akan membahas tentang ciblon waterboom yang berupakan wisata air buatan yang ada di brebes. Wisata tersebut berlokasi di Yos Sudarso Kota Brebes.

image by : ceritamu.com
image by : ceritamu.com

Seperti Halnya waterboom di kota kota lain, waterboom ini mempunyai berbagai macam wahana. Yang di sediakan untuk anak anak hingga orang dewasa. Seperti slider yang berketinggian 12 meter, ember tumpah dan masih banyak lagi.

Bermain wahana pada kolam dengan air yang segar ini dapat mmemberikan anda pengalaman berkesan saat liburan. Disamping itu, Ciblon Waterboom Brebes juga menyediakan berbagai jenis kolam dengan masing-masing kedalaman.

Jadi anak-anak maupun orang dewasa dapat bermain serta berenang sampai puas di Waterboom Ciblon. Anda dapat mengunjungi kolam renang Brebes yang populer ini sesuai pada jam wisata yang berlaku.

Jam operasional di Ciblon Waterboom adalah pukul 08.00 sampai dengan 17.00 wib. Buka untuk umum pada setiap harinya, dari Sabtu hingga Jumat. Waktu terbaik berlibur ke waterpark ini adalah pada saat pagi, mengapa demikian?

Karena dengan anda datang lebih awal, tentu bisa explore setiap hal-hal menarik yang ada sampai puas. Ciptakan pengalaman liburan tak terlupakan di Kolam Renang Ciblon Waterboom Brebes yang rekomended.

6. Pantai Randusanga

pantai randusanga
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106153448558950712682

Lokasi brebes yang berada di pesisir pantai tentunya tidak kelewat dengan yang namanya wisata pantai. Yaitu wisata pantai randusanga yang berloaksi di Ds Randusanga Kulon. Dan berjarak sekiatar 7 kilometer dari jalan lintas jawa pantai utara.

Walaupun berada di utara pulau jawa, ternyata brebes juga mempunyai pantai indah seperti halnya yang terdapat di gunungkidul yogyakarta. Tak hanya pemandangan deburan ombak dan pantai pasir yang anda nikmati. Perkebunan bawang juga membuat pantai ini semaikn indah untuk di tatap.

Pantai Randusanga masuk dalam deretan wisata Brebes Jawa Tengah yang populer dan seakan tak pernah sepi dari pengunjung. Terutama ketika musim libur telah tiba, maka Pantai Randusanga Brebes dipadati oleh banyak pelancong dari berbagai daerah.

Berkunjung ke Pantai Brebes hits ini maka siapapun bisa bermain, bersantai dan bermainn-main di tepi pantainya. Ke eksotisan pantai dengan pasir coklat kehitaman bakal menemani waktu rekreasi anda selama disini.

Ditambah dengan semilir angin khas wisata bahari, semakin menambah kenyamanan ketika menghabiskan waktu berlibur. Dan untuk bisa merasakan semua itu, anda hanya perlu membayar Rp10.000 sebagai tiket masuk Pantai Randusanga di Brebes.

Kawasan wisata Pantai Randusanga bisa anda kunjungi setiap hari dari Kamis sampai dengan Rabu. Sebenarnya Pantai Randusanga Jawa Tengah buka selama 24 jam penuh tanpa pernah tutup.

Namun tentu saja jangan datang ke pantai indah ini pada saat hari sudah gelap, atau ketka cuaca buruk. Hari yang cerah dengan cuaca mendukung adalah saat-saat terbaik berlibur di Pantai Randusanga dengan sejumlah pesona alaminya.

7. Candi Pangkuan

image by : wovgo.com
image by : wovgo.com

Brebes juga tidak mau kalah dengan magelang yang mempunyai candi mendhut. Brebes juga mempunyai candi yang bernama Candi pangkuan yang berlokasi di Ds Cilibur Kec paguyangan Brebes.

Keberadaan candi bersejarah ini lumayan jauh jika dari pusat kota atau Alun-Alun Brebes. Yang dimana jarak dari Alun Alun Kota Brebes menuju Candi pangkuan kurang lebih sejauh 61 km.

Akses jalan utama terbilang mudah dan sudah layak untuk semua jenis kendaraan. Bila masih bingung dengan jalannya, dapat menggunakan peta navigasi melalui google maps.

Lokasi tersbut berada di hutan yang sejuk dan membuat anda nyaman ketika berkunjung ke candi tersebut. Selain itu juga terdapat banyak kera yang berkeliaran di kawasan wisata tersebut.

Saat hari masih cerah, anda dapat menyaksikan banyak panorama menajubkan di dekat Candinya. Seperti yang anda dapat lihat pada gambar diatas, hamparan luas pemandangan menawan bakal jadi latar belakang utamanya.

Dan yang lebih menariknya lagi, anda sama sekali tak dipungut biaya apapun ketika datang kesini. Pada saat tulisan ini dimuat, Cagar Alam Candi Pangkuan tidak memberlakukan tiket masuk, alias gratis.

Untuk itu Candi Pangkuan Brebes ini termasuk dalam wisata low budget yang tak boleh anda lewatkan.

8. Desa Wisata Cisereuh

desa wisata brebes
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108771061334617515579

Seperti halnya di bogor yang mempunyai banyak sekali desa wisata, di brebes juga mempunyai desa wisata yaitu Desa Wisata Cisereuh yang beralamat di Padukuhan Jalwastu, Ds Ciseureuh Kec Ketanggungan Brebes.

Lokasinya yang berada di lereng gunung kumbang membuat susana di desa tersbut sejuk dan asri. Pada waktu waktu tertentu di desa ini sering di laksanakan upacara adat. Seperti Upacara ngasa yang di selenggarakan pada hari selasa kliwon. Upacara tersebut bertujuan sebagai symbol syukur kepada sang maha kuasa.

Serta masih banyak lagi hal-hal seru yang dapat anda temukan kala mengisi waktu libur di Desa Wisata Cisereuh Brebes. Karena liburan tak selalu soal pantai ataupun gunung, seperti berkunjung ke desa wisata ini misalnya.

Yang akan membuat momen berwisata anda berbeda, dan pastinya sangat sulit terlupa. Para pengunjung tak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk Desa Wisata Cisereuh ini karena gratis.

Letak persis dari Desa Wisata Brebes populer ini bila dijangkau dari pusat kota kurang lebih jaraknya sekitar 44,2 km. Kalau masih belum tau jalan utama menuju lokasi, dapat anda gunakan petunjuk pada Google Maps.

Desa Wisata Cisereuh atau yang biasa disebut Kampung Budaya Dusun Jalaswatu harus anda masukan ke tujuan liburan selanjutnya. Segudang daya tariknya akan membuat anda penasaran sekaligus betah untuk berlama-lama disini.

9. Waduk Penjalin

image by : mabrurisirampog.files.wordpress.com
image by : mabrurisirampog.files.wordpress.com

Wisata Penjalin merupakan waduk buatan yang berlokasi di Ds Winduaji Kec Paguyangan Brebes. Letak persis dari wisata alam Brebes ini kurang lebih sejauh 66,5 km dari pusat kota Brebes Jawa Tengah.

Waduk ini mempunyai luas sekitar 1.25 kilometer persegi. Waduk ini di buat pada tahun bersama dengan waduk malahayu pada tahun 1930 oleh pemerintahan belanda.

Sejumlah kisah masa lalunnya turut membuat danau buatan ini memiliki banyak daya tarik. Disamping panorama air waduk yang luas dan pastinya mempesona untuk disaksikan.

Suasana sekitar waduk begitu menenangkan, cocok untuk anda yang ingin merileksasi diri ditengah kesibukan sehari-hari. Landscape alam serba hijau menambah keasrian apda waduk Brebes hits ini.

Tak heran apabila udara dan angin yang sepoi-sepoi begitu mendominasi kawasa wisata ini. Apalagi untuk dapat berlibur disini para pengunjung tak akan dikenakan biaya tiket masuk sama sekali.

Saat ini tiket masuk Waduk Penjadlin belum ada atau tidak berlakukan, alias free. Sehingga siapapun dapat mengunjungi Waduk Penjalin Brebes tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Pengunjung yang datang hanya akan dikenakan biaya untuk parkir kendaraan dan saat bermain wahana air disini.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Di Ambarawa Semarang dan Sekitarnya

10. Pemandian Air Panas Cipanas Buaran

Pemandian Air Panas Cipanas Buaran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117574712003807452059

Wisata selanjutnya yaitu pemandian air panas cipanas buaran yang berlokasi di Ds Pengebatan, Kec Bantarkawung brebes. Yang berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat kota Brebes

Seperti halnya pemandian air panas tirta husada, tempat ini juga dikelilingi hutan pinus. Yang membuat anda nyaman untuk sekedar bersantai dan juga berendam.

Umumnya kolam pemandian air panas tentu memiliki khasiat dan juga manfaat untuk tubuh. Sama halnya dengan Pemandian Air Panas Cipanas Buaran Brebes yang dipercaya mampu mengobati penyakit.

Khususnya penyakit-penyakit kulit, seperti gatal yang seketika akan hilang setelah berendamm disini. Tak hanya untuk kulit, berendam air panas juga memiliki manfaat lainnya yang tak kalah menarik.

Seperti membuat sendi dan otot rileks, menyehatkan jantung, mempercepat penyembuhan luka, melembapkan kulit, meredakan gejala flu dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi, segera rencanakan momen liburan anda ke Air Panas Cipanas Buaran tanpa harus keluar banyak biaya. Bukitnya pada harga tiket masuk Pemandian Air Panas Cipanas Buaran hanya memasang tarif sebesar Rp8,000 per orang.

11. Telaga Ranjeng

imge by : blogspot.com
imge by : blogspot.com

Selain mempunyai waduk buatan. Brebes juga mempunyai telaga alami yaitu telaga ranjeng yang berlokasi di Ds pandansari Kec Paguyangan Brebes.

Tempat ini masih sangat alami dengan pepohanan hijau yang tumbuh di sekitaran telaga dan juga air yang jernih. Hal tersebut menjadikan suasana Cagar Alam Telaga Ranjeng bakal membuat siapa saja merasa betah.

Jadi destinasi yang pas untuk anda bersantai sembari merileksasi diri dibalik padatnya aktivitas sehari-hari. Serta beragam panorama menakjubkan membuat waduk yang dibangun pada tahuyn 1924 begitu memukau.

Anda bisa kapanpun sesuai keinginan datang ke wisata alam Brebes satu ini. Karena terbuka untk umum selama 24 jam penuh pada setiap harinya tanpa pernah tutup.

Namun selayaknya berwisata ke alam terbuka, hari yang cerah merupakan syarat mutlak liburan agar lebih maksimal. Perkirakan waktu berlibur anda ke Waduk Ranjeng Brebes dengan sebaik-baiknya.

Datanglah pada saat hari cerah untuk dapatkan view alam yang memikat, seperti pagi hingga sore. Lihat dan perkirakan cuaca pada saat anda berencana untuk datang mengisi waktu senggang di Telaga Ranjeng.

Selain itu, wisata Brebes ini juga tak memberatkan para pengunjungnya dengan murahnya tarif tiket masuk. Tiket masuk Telaga Ranjeng yang berlaku saat ini adalah 5.000 rupiah per orangnya.

12. Hutan Mangrove Brebes

Hutan Mangrove Brebes
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104808319826753654088

Selanjutnya merupakan wisata yang menyimpan sejumlah daya tarik melimpah, yakni Hutan Mangrove Brebes. Atau yang biasa dikenal dengan Hutan Mangrove Kaliwlingi, dan bisa jadi tujuan liburan anda selanjutnya.

Tujuan utama dari adanya Hutan Mangrove ini adalah untuk keperluan pencegahan abrasi di areal pesisir Kabupaten Brebes. Namun berkat keindahan serta keunikan yang ada, menjadikan hutan mangrove ini kerap dikunjungi oleh banyak orang.

Melihat tersebut, pada akhirnya pemerintah setempat merubah konsep pada hutam mangrove yang eksotis ini. Yang awalnya hanya sebagai penangkal abrasi saja ditambah jadi lokasi daya tarik wisata.

Guna mengunjungi tempat menarik ini, anda harus membayar uang Rp20.000 sebagai tiket masuk Hutan Mangrove Brebes. Dan juga biaya parkir kendaraan, kisaran Rp3.000 sampai dengan Rp10.000 tergantung dari jenis kendaraannya.

Keberadaan destinasi Hutan Mangrove cukup mudah dan tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Alamat Hutan Mangrove Brebes berada di Desa Kaliwlingi, Kecamatam Brebes, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

Jarak dari pusat kota Brebes menuju Hutan Mangrove Kaliwlingi kurang lebih sejauh 14 km. Dengan waktu tempuh perjalanan selama 32 menit melalui jalur darat dengan jalan yang tidak macet.

13. Kalibaya Park

Kalibaya Park
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111900723339310264231

Yang satu ini juga tak kalah menarik sebagai tujuan berwisata bersama orang-orang tercinta, yakni kalibaya Park. Sebuah taman rekreasi yang berbasis di puncak sebuah perbukitan dengan aneka panorama menakjubkan.

Selain itu disini juga menyuguhkan beragam aktivitas menarik tuk ciptakan liburan yang menyenangkan. Seperti bermain ayunan melayang yang lumayan menantang adrenalin para pengunjung.

Namun satu yang cukup ikonik di Kalibaya Park Brebes adalah gardu pandangnya. Pengunjung yang datang kesini pasti akan berdiri atau duduk santai di gardu pandang dan melihat banyak sekali pemandangan.

Alam luas yang membentang bakal membuat banyak pasang mata terpukau akan keindahannya. Aktivitas menarik semacam ini wajib di abadikan ke dalam foto ataupun video pada spot terbaik di Kalibaya Park.

Apalagi untuk dapat explore Kalibaya Park Brebes anda tak perlu merogoh banyak biaya. Harga tiket masuk Kalibaya Park pada saat ini sebesar Rp.5000 per orangnya.

Untuk lokasinya, Kalibaya Park berada di Desa Bandungsari, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Jarak dari Alun-Alun atau pusat Kota Brebes ke Kalibaya Park kurang lebih sejauh 51 km dengan waktu tempuh 90 menit.

14. Bukit Panenjoan

bukit panenjoan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111160275585305905810

Masih dengan tema yang sama dengan sebelumnya, Bukit Panenjoan juga menyimpan sejumlah view alam memikat. Wisata alam Bukit Panenjoan masuk dalam daftar destinasi hits di Brebes yang selalu ramai pengunjung.

Bukit Panenjoan menyuguhkan sebuah area perkebunan teh dengan jalan setapak dari kayu. Disini anda bisa jalan-jalan, bersantai, melihat banyak pemandangan dan lain-lain.

Berswafoto menjadi salah satu aktivitas utama yang biasa wisatawan lakukan disini. Apalagi untuk dapat berlibur di Bukit Panenjoan Brebes tak memerlukan banyak biaya.

Sekarang ini, tiket masuk Bukit Panenjoan hanya sebesar Rp5.000/orang, sangat terjangkau sekali bukan? Jadi anda tak perlu berfikir dua kali tuk menjadikan Wisata Bukit Panenjoan sebagai tujuan jalan-jalan menyenangkan selanjutnya.

15. Pantai Losari Brebes

pantai losari brebes
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100038668040549546310

Brebes menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang termasuk daerah pesisir. Sehingga tak heran bila Brebes punya banyak pantai-pantai cantik sebagai tujuan berlibur.

Seperti halnya Pantai Pasir Putih Losari dengan sejumlah pesona dan daya tarik melimpah di dalamnya. Bagi anda yang ingin bermain di pantai tanpa harus keluar banyak biaya, maka Losari Beach ini bisa jadi solusi.

Tiket masuk Pantai Losari Brebes sangatlah terjangkau, hanya sekitar Rp5.000 per orangnya. Bahkan dalam beberpa kesempatan, pengunjung bisa bebas keluar masuk area pantai tanpa harus membayar

Karena petugas penjaga loket tiket Pantai Losari di Brebes tidak selalu standby berjaga. Namun bila ada petugas, maka bayarlah tiket masuk sebagai bentuk dukungan keberlangsungan Pantai Losari ini.

Pantai dengan pasir berwarna coklat ini belum banyak diketahui oleh wisatawan. Jadi tak heran kalo suasana Pantai Losari ini begitu menenangkan.

Kalau anda tengah merasa penat atau banyak pikiran, maka cobalah untuk berlibur di Pantai Pasir Losari Brebes yang menawan.

16. Pabrik Gula Jatibarang

pabrik gula jatibarang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103587844817963899201

Dan yang terakhir adalah sebuah bangunan bersejarah peninggalan hindia belanda yakni Pabrik Gula Jatibarang. Tempat wisata Brebes satu ini menyuguhkan sebuah kawasan bekas pabrik gula yang dahulu dibangun pada tahun 1842.

Kini, bangunan pabrik gula tersebut masih berdiri kokoh dan dimanfaaatkan menjadi salah satu ikon wisata kota Brebes. Pabrik Gula Jatibarang Brebes termasuk destinasi wisata edukasi dan juga rekreasi.

Demikian tadi informasi beserta ulasan-ulasan singkat mengenai wisata Brebes yang rekomended tuk anda jelajahi beragam daya tariknya. Maka dari itu, ketika akan liburan ke Brebes, anda jadi tak perlu bingung mau berwisata kemana.

Baca Juga :

  1. Daftar Rekomendasi Hotel dan Penginapan Murah di Brebes
  2. Daftar Hotel Terbaik di Brebes Yang Patut Anda Coba
  3. Booking Hotel Murah di Bumiayu Brebes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 + three =