Pulau Kelapa menjadi salah satu tempat liburan menarik di Kota Bima Nusa Tenggara yang bisa anda jelajahi lebih dalam. Wisata di Bima satu ini menyuguhkan sebuah perbukitan dengan aneka pemandangan menakjubkan yang dilihat dari ketinggian.

Kelapa Island sangat cocok bagi anda yang suka dengan view-view alam menawan menanjakan mata. Sejauh mata memandang terhampar luas banyak sekali landscape alam memikat dan akan membuat anda takjub.

Ketika anda tengah dirundung rasa suntuk dan stres yang berlebihan, maka cobalah untuk berkunjung Pulau Kelapa Bima. Karena belum banyak yang datang kesini, sehingga sangat cocok digunakan untuk bersantai merileksasikan diri.

Daya Tarik Pulau Kelapa

daya tarik pulau kelapa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112654348292581185532

Banyak orang mengatakan, kalau wisata Pulau Kelapa NTB ini sekilas terlihat seperti Raja Ampat di Papua Barat. Karena sama-sama memiliki beberapa gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Adanya sebuah bukit karang besar yang tak jauh dari bibir pantai inilah yang membuat Pulau Kelapa sekilas mirip Raja Ampat. Disini menyuguhkan banyak sekali keindahan-keindahan alam yang tak biasa.

Pemandangan yang dapat anda saksikan di Pulau Kelapan ini adalah berupa bukit hijau. Serta garis pantai berkelok dengan berpasir putih yang begitu menakjubkan.

Tak hanya itu saja, dari atas Pulau Kelapa ini anda juga bisa menikmati hamparan laut biru yang begitu menawan. Disini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam yang begitu memukau.

Yang jelas, bila anda ingin benar-benar melihat banyak view alam ciamik, maka Pulau Kelapa Bima wajib jadi pilihan. Siapapun dijamin akan merasa nyaman sekaligus betah untuk berlama-lama singgah di Pulau Kelapa NTB.

Harga Tiket Masuk Pulau Kelapa

harga tiket masuk pulau kelapa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103800345561230840166

Bawalah sejumlah uang yang memadai agar momen liburan anda ke Pulau Kelapa berlangsung lancar sesuai rencana. Meski untuk bisa berlibur di wisata Bima paling ikonik ini anda tak harus mengeluarkan banyak biaya.

Ketika tulisan ini tayang, harga tiket masuk Pulau Kelapa itu tidak diberlakukan sama sekali. Para pengunjung hanya perlu mengeluarkan sejumlah biaya untuk membayar sewa kapal menuju Pulau Kelapa.

Karena letak pulau ini berada jauh di sebrang, sehingga para wisatawan diharuskan menyewa kapal/perahu terlebih dahulu. Dan untuk biaya sewa kapal menuju Pulau Kepala berkisar antara Rp300.000an.

Harga tersebut sudah termasuk transportasi laut pergi dan juga pulang, sehingga anda tak perlu khawatir. Bagaimana? Cukup terjangkau bukan biaya yang musti anda keluarkan apabila ingin explore Pulau Kelapa Bima.

Jam Buka

jam buka pulau kelapa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116829788325487272633

Sejatinya Pulau Kelapa ini bukanlah berbentuk tempat wisata yang dikelola secara profesional. Hanya sebuah pulau di sebrang lautan namun ternyata banyak sekali daya tarik yang dimiliki.

Belum ada aturan baku mengenai jam operasional yang baku pada wisata Pulau Kelapa NTB sampai saat ini. Hanya saja yang menerapkan jam operasional adalah untuk sewa kapalnya.

Kapal-kapal yang membawa banyak pengunjung ke Pulau Kelapa beroperasi dari pagi sampai sore hari saja. Tidak sampai larut malam, karena tentu berbahaya.

Kami sarankan untuk anda datang kesini pada saat sore hari, untuk menikmati indahnya sunset. Atau saat pagi hari, untuk merasakan kealamian sesungguhnya dari Kelapa Island.

Rute Lokasi dan Alamat

alamat dan rute lokasi pulau kelapa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112654348292581185532

Lokasi Pulau Kelapa ini berada di sebelah timur Pulau Sumbawa tepat pada pesisir selatan Kecamatan Lambu. Keberadaannya termasuk mudah untuk dijangkau, meski harus ekstra tenaga untuk mencapai spot utamanya.

Langkah pertama untuk menuju kesini, tentu saja anda perlu mencari tempat awal melakukan penyebrangan. Pelabuhan Sape misalnya yang bisa jadi langkah pertama anda untuk melakukan penyebrangan ke Pulau Kelapa.

Yang dimana alamat Pelabuhan Sape terletak di Pangkalan Desa Bugis. Kecamatan Sape Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sedangkan untuk alamat Pulau Kelapa sendiri berada di Desa Nggelu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.

Apabila anda start dari Pelabuhan Sape, maka waktu yang ditempuh untuk sampai ke Pulau Kelapa kurang lebih selama 90 menit. Sebenarnya ada beberpa opsi perjalanan awal ke Pulau Kelapa, dan Pelabuhan Sape ini menjadi salah satunya.

Anda bisa mengakses maps dibawah ini saat akan menuju Pelabuhan Sape dalam rencana kunjungan ke Kelapa Island.

Fasilitas

fasilitas pulau kelapa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112654348292581185532

Kerap disebut sebagai surga yang tersembunyi, dan hingga hari ini belum banyak orang datang kesini. Menjadikan kawasan wisata Pulau Kelapa NTB masih sangat terjaga keasliannya.

Bisa disebut juga sebagai Hidden Gem karena tempat ini pernah tidak terduga sebelumnya. Karena berada jauh dari kehidupan manusia juga membuat di Pulau Kelapa Bima ini belum dilengkapi sarana apapun.

Jadi jika ditanya, apa fasilitas Pulau Kelapa? maka jawabannya adalah, hanya ada perahu penyebrangan. Namun meski begitu, kenyatannya hal tersebut tidak menyurutkan niat para pecinta petualang untuk datang kesini.

Maka dari itu, untuk anda yang berencana liburan kesini, harus mempersiapkan semuanya dengan lebih matang. Seperti halnya bekal, yang dalam hal ini minum, makan atau jajajan.

Wajib sudah membawanya dari rumah atau paling tidak membeli semua keperluan sebelum menyebrang naik perahu/kapal. Dan jangan lupa juga, anda dilarang keras untuk nyampah atau membuat kotor area Pulau Kelapa Labuan Bajo.

Karena belum ada tempat sampah yang layak, ada baiknya anda tidak meninggalkan kotoran apaun. Sampah apapun harus anda kemas sendiri, dan membawanya kembali sampai menemukan tempat sampah.

Spot Terbaik di Pulau Kepala

spot terbaik pulau kelapa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103800345561230840166

Bagi anda pecinta aktivitas fotografi, sepertinya wisata alam satu ini pasti akan sangat cocok. Berbagai macam pemandangan akan dengan mudah anda temukan disini.

Panorama gugusan pulau kecil, garis pantai berkelok dengan pasir putihnya, hamparan laut biru yang menawan dan banyak lagi. Sama halnya dengan Pulau Kelapa Lombok, itu semua bisa anda manfaatkan sebagai background berfoto-foto ria.

Latar belakang Pulau Kelapa yang super mengagumkan akan membuat hasil foto anda semakin keren. Abadikan momen liburan anda di Kelapa Island melalui selfie, foto bersama dan juga merekam video sebanyak-banyaknya.

Review sebelumnya –> Pantai Lariti dengan suguhan menariknya.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pulau kelapa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112654348292581185532

Sebagai tambahan informasi sekaligus referensi anda sebelum ke Pulau Kelapa di Bima, simak dulu tips-tips berikut ini.

  • Hari yang cerah dengan cuaca mendukung merupakan waktu terbaik untuk jelajah indahnya alam Pulau Kelapa.
  • Jangan datang kesini apabila hari dimana anda akan berkunjung sedang turun hujan, karena tentu menjadi kurang maksimal.
  • Jangan lupa bawa bekal sendiri, untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum anda selama berada di Pulau Kepala.
  • Dilarang keras nyampah atau membuat kotor area wisata Pulau Kelapa Bima NTB.
  • Persiapkan diri anda benar-benar dalam keadaan sehat dan fit 100% agar selama explore Pulau Kelapa berjalan lancar.

Demikian tadi salah satu daya tarik wisata di Bima yang bisa jadi alternatif untuk anda melepas kepentanan dalam diri. Sekian dulu ulasan singkat seputar Pulau Kelapa yang mempesona dengan sejuta pemandangan memanjakan mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 2 =