Museum Batik Danar Hadi bisa menjadi alternatif liburan bersama dengan orang-orang tercinta ketika tengah berada di Kota Solo Jawa Tengah. Juga biasa disebut dengan HDH atau House Of Danar Hadi yang merupakan sebuah kompleks wisata heritage terpadu tentang batik.

Danar Hadi sendiri merupakan industri batik rumahan yang didirikan sejak tahun 1967 dan hingga kini sudah turun temurun. Museum di Surakarta satu ini didirikan pada tahun 2008 dengan mengkhususkan Batik beserta aspek-aspek budayanya sebagai objek wisata utamanya.

Wisata Museum Batik Danar Hadi Solo dapat anda jelajahi lebih dalam untuk menemukan berbagai daya tarik menariknya. Melihat berbagai koleksi batik sembari berbelanja di wisata Solo Jawa Tengah ini yang akan memberikan anda pengalaman tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk Museum Batik Danar Hadi

harga tiket masuk museum batik danar hadi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116932535056748454209

House of Danar Hadi atau HDH sangat cocok bagi anda pengagum sebuah karya seni batik yang luar biasa. Di Museum Batik Danar Hadi Solo para pengunjung bisa melihat koleksi-koleksi kain batik yang jumlahnya mencapai 10,000 helai.

Dan hal tersebut membuat HDH Solo ini diakui oleh MURI sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak. Kain batik yang terpajang di Museum Danar Hadi ini berasal dari pengaruh kultur serta lingkungan yang beragam dan berbeda-beda.

Salah satu koleksi terpenting di HDH Museum ini adalah sebuah batik belanda, yang dipengaruhi akan budaya-budaya Eropa. Dibuat oleh orang-orang Belanda yang kala itu menetap di Indonesia pada saat zaman kolonial.

Itu tadi baru sebagian kecil saja daya tarik yang dimiliki wisata bersejarah Solo satu ini. Dan untuk bisa menikmati setiap keseruannya, para pengunjung tak harus merogoh kocek terlalu dalam.

Karena harga tiket masuk Museum Batik Danar Hadi sejauh ini cukup terjangkau, Rp35.000 untuk umum dan Rp15.000 bagi pelajar. Adapun untuk jam operasional wisata yang ditetapkan di HDH / Museum Batik Danar Hadi yakni pukul 09.00 – 16.30 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Museum Batik Danar Hadi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117040892827567846389

Lokasi Museum Batik Danar Hadi sangat mudah ditemukan keberadaannya meski anda sama sekali belum pernah datang. Persis berada di tepi jalan dan ditandai dengan tulisan House of Danar Hadi yang besar terpasang didepan bangunan utamanya.

Untuk Alamat Museum Batik Danar Hadi sendiri berada di Jl. Slamet Riyadi No.261, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Jika dari Alun-Alun Kidul Surakarta maka jaraknya hanya 3,4 km dan membutuhkan waktu perjalanan selama 11 menit saja.

HDH Solo ini juga sangat dekat dengan beberapa wisata museum di Solo yang terkenal dan populer. Seperti Tumurun Private Museum yang dari sini jaraknya hanya 400 meter dengan waktu berjalan kaki hanya 5 menit.

Sedangkan jika dari Museum Radya Pustaka hanya berjarak 200 meter dengan berjalan kaki sekitar 2 menit. Dengan akses jalan utama yang harus dilalui sangatlah baik, selayaknya kawasan kota beraspal bagus.

Jika anda sama sekali belum pernah datang kesini maka tak perlu khawatir meski belum tau jalannya. Maps dibawah ini bisa menjadi pegangan anda untuk perjalanan lebih mudah ketika akan berlibur ke HDH.

Datang juga ke –> Benteng Vastenburg

Fasilitas

fasilitas museum batik danar hadi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100545854479225400186

Salah satu Museum hits di Kota Surakarta ini telah dilengkapi oleh sarana prasarana pendukung yang cukup memadai. Dan dibawah ini beberapa fasilitas Museum Batik Danar Hadi yang bisa anda jumpai, diantaranya adalah :

  • Tempat parkir memadai
  • Pusat informasi museum
  • Jasa pemandu museum
  • Kamar mandi / toilet
  • Fasilitas air bersih
  • Tempat duduk
  • Museum batik kuno
  • Kantin
  • Restaurant
  • Toko batik
  • Spot foto menarik

Museum batik kuno di House Of Danar Hadi ini sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2002. Museum batik kuno ini menyimpan aneka koleksi kain batik yang jumlahnya mencapai 10,000 helai lebih.

Kunjungi juga –> Tumurun Private Museum

Spot Terbaik di Museum Batik Danar Hadi

spot terbaik di museum batik danar hadi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115697522045918677013

Singgah di Museum Batik Danar Hadi tentu anda akan menyaksikan koleksi-koleksi menarik di setiap sisinya. Batik Danar Hadi sendiri menghadirkan desain serta gaya yang bervariatif sehingga bisa anda sesuikan dengan preferensi masing-masing.

Berkunjung kesini akan lebih lengkap jika anda membeli batik Danar Hadi untuk dijadikan cenderamata ketika pulang ke kediaman. Selain itu satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah berfoto-foto ria dengan latar belakang bangunan unik serta koleksi batik ciamik.

Desain kompleks bangunan kuno pada Museum Danar Hadi yang juga merupakan cagar budaya kental akan konsep Jawa. Bangunan Museum ini dahulunya merupakan sebuah kediaman dari seorang pangeran, cucu Raja Solo.

Jadi tak heran jika tiap sudut bangunannya kaya ornamen-ornamen menarik yang bisa anda jadikan latar belakang berswafoto. Rekam setiap momen seru selama berwisata bahagia pada spot terbaik di Museum Batik Danar Hadi yang memikat.

Review sebelumnya –> Museum Radya Pustaka

Tips Berkunjung

tips berkunjung museum batik danar hadi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104421813497450949712
  • Atur dengan baik waktu berkunjung anda agar momen berlibur di Museum Batik Danar Hadi lebih maksimal.
  • Bawalah uang lebih untuk bisa membawa pulang beberapa koleksi menarik dari Batik Danar Hadi yang bisa anda miliki.
  • Simak dengan seksama tata tertib serta aturan bagi para pengunjung Museum Batik Danar Hadi demi kebaikan bersama.
  • Bersama-sama untuk selalu menjaga kebersihan area museum dan wajib membuang sampah pada tempatnya.

Jadi itulah tadi informasi mengenai Museum Solo populer yakni Batik Danar Hadi yang melegenda hingga kini. Sekian dulu ulasan singkat yang membahas tentang Museum Batik Danar Hadi Solo di Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 + seven =