Selain terkenal dengan tempat wisata menarik yang lumayan banyak, Tegal dikenal dengan banyak warung-warung kecil yang dibangun di berbagai tempat. Ketenaran warteg itu dapat menarik banyak wisatawan untuk berkunjung dan mencicipi makanan yang terkenal lezat dan murah. Bagi Anda yang berkunjung ke Tegal hanya mencoba aneka kulinernya saja pasti akan sangat rugi besar.

Sebab, Tegal juga memiliki banyak tempat wisata yang keren, memiliki panorama alam yang bernuansa asri dan alami. Setiap wisata Tegal di Jawa Tengah yang Anda kunjungi bakal memberikan hasil foto dengan latar belakang yang indah. Supaya Anda dapat bersiap-siap untuk mengunjunginya, berikut beberapa rekomendasi wisata di Tegal yang wajib untuk dikunjungi.

Berikut daftar tempat wisata di Tegal yang lagi hits tawarkan view dan fasilitas yang dijamin memuaskan:

1. Bukit Baper

tempat wisata di tegal
Foto : https://www.instagram.com/irmansyach_/

Lokasi Bukit Baper (Batursari Perkemahan) terletak di perbatasan Brebes dan Tegal, tepatnya di Srampog (Brebes) dan Bumijawa (Tegal). Berada di ketinggian 1200 mdpl akan memanjakan setiap pengunjungnya dengan pemandangan Bumijawa Tegal yang eksotis.

Di Bukit Baper Anda tidak hanya sekedar menikmati pemandangan dengan bersantai sebari menikmati semilirnya angin. Selain itu, Anda yang instagramer bisa berfoto-foto di berbagai spot yang dilengkapi dengan tulisan-tulisan unik.

Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya seperti camping, trekking untuk pecinta hiking. Jika tertarik liburan ke sana, Anda hanya perlu membayar Rp. 6000 saja per orang dan ongkos parkir Rp. 2000 saja.

Dengan harga tiket yang lumayan terjangkau tersebut Anda bisa bebas menikmati suasana yang disuguhkan. Nah, bagi Anda yang ingin ngehits, jangan lupa untuk singgah ke Bukit Baper saat akhir pekan nanti.

2. Wisata Guci

wisata tegal
Foto : https://kumparan.com/

Wisata Tegal yang lagi hits ini menawarkan pesona keindahan alam khas daerah pegunungan tropis. Lokasinya sendiri berada di Jalan Objek Wisata Guci, Kalengan, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah.

Objek wisata di Tegal yang disebut Guci ini dikenal sebagai ikon wisata yang terdapat di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Jadi bagi Anda yang pergi ke Tegal namun tidak mampir di tempat satu ini maka rasanya akan terasa kurang.

Wisata Guci sendiri merupakan wisata pemandian air panas ini yang bersumber langsung dari kaki Gunung Slamet. Panorama alam yang diberikan akan membuat pandangan mata Anda akan semakin jernih dan pikiran menjadi lebih segar.

Para pengunjung wajib membar tiket masuk seharga Rp. 5000 orang dewasa, dan anak-anak Rp. 4.500 saat weekday. Sedangkan saat sedang weekend harga tiket masukkanya menjadi Rp, 7000 untuk orang dewasa dan Rp. 6.500 untuk anak-anak.

3. Taman Poci Tegal

taman poci tegal
Foto : https://www.instagram.com/alphainto_soeparman/

Wisata Tegal terbaru berlokasi di Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kabupaten Tegal. Taman poci memberikan pemandangan indah yang tiada duanya. Di dalamnya terdapat ikon yang berupa ceret dan cangkir teh poci dan tentunya memberikan daya tarik tersendiri.

Banyak pohon rindang sehingga udaranya sangat sejuk membuat Anda betah berlama-lama. Biaya masuk ke objek wisata di Tegal yaitu taman poci sangat terjangkau yaitu Rp. 3000 per orang.

Fasilitas yang disediakan juga terbilang cukup lengkap meski masih tergolong objek wisata baru di Tegal. Beberapa failitas tersebut diantaranya yaitu area parkir, tempat ibadah, kamar mandi, warung makan.

4. Curug Putri

wisata di tegal
Foto : https://seringjalan.com/

Objek wisata selanjutnya yaitu Curug Putri yang berada di Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Brebes, Jawa Tengah. Di sana Anda akan disambut dengan curug atau air terjun setinggi 35m dan semburannya yang begitu deras.

Keindahan alam yang diberikan oleh Curug Putri dijamin akan membuat Anda betah menghabiskan waktu di sana bersama keluarga tercinta. Jam bukanya selama 24 jam mulai dari hari senin sampai minggu dengan biaya masuk sebesar Rp. 3000 per orang.

5. Pantai Purwahamba Indah

objek wisata di tegal
Foto : https://www.instagram.com/kikky_mlna/

Dikenal dengan nama Purin, pantai ini menawarkan pemandangan indah mulai dari hamparan pasir hitam hingga deburan ombak mempesona. Kondisi pantainya sangat bersih membuat Anda nyaman dan betah berlama-lama di sana.

Lokasinya sendiri berada di Purwahamba, Suradadi, Tegal, Jawa Tengah. Tiket masuknya Rp. 2000-Rp. 4000 (untuk weekend dan holiday + Rp 500). Sementara untuk jam bukanya yaitu 24 jam setiap hari senin sampai minggu.

6. Curug Luhur

obyek wisata di tegal
Foto : https://www.instagram.com/raihanhibatullah__/

Curug Luhur adalah wisata di Tegal yang terletak di Sawah, Tuwel, Bojong, Tegal, memberikan panorama alam yang beda dari lainnya. Daya tarik yang ditawarkannya yaitu air terjunnya seperti berada di mangkuk kolam raksasa yang tingginya hanya semata kaki orang dewasa.

Tempat wisata di Tegal Curug Luhur ini sangat menarik dikunjungi karena memiliki air yang jernih dan suasananya masih sangat asri. Nantinya para pengunjung akan dikenakan tiket masuk seharga Rp. 5000 dengan jam buka mulai 08.00 hingga 18.00 WIB.

7. Danau Beko

tempat wisata di tegal terbaru
Foto : https://www.instagram.com/azmee_andreawan/

Di Tegal juga memiliki destinasi wisata berupa danau yang lokasinya di Jatilaba, Margasari, Tegal. Wisata ini adalah bekas penambangan batu kapur yang digenangi oleh air hujan dan terbentuklah danau sangat indah dan menakjubkan.

Bagi Anda yang suka berselfie akan mendapatkan hasil yang ciamik di lokasi ini. Tidak hanya memiliki satu danau saja, melainkan lima danau dengan tatanan yang mengagumkan.

Jam operasional atau jam buka objek wisata Danau Beko ini mulai dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore. Tidak perlu khawatir dengan harga tiketnya karena masih ramah di kantong yakni Rp 5 ribuan saja per orang.

8. Prabalintang

tempat wisata alam di tegal
Foto : https://www.instagram.com/asidiqardany_29/

Prabalintang merupakan destinasi wisata yang berlokasi di Jl. Raya Danasari, Ladang, Tegal, Jawa Tengah. Menawarkan pemandangan sejuk karena di sana dipenuhi dengan pohon pinus yang dijamin memanjakan mata.

Selain itu, terdapat rawa atau kolam alami membuat objek wisata ini terkesan begitu tenang dan eksotis. Di Prabalintang juga banyak spot foto instagramable seperti rumah pohon, hammock, ayunan, jembatan kayu, dan lain sebagainya.

Untuk yang ingin liburan ke sana, para pengunjung wajib membayar tiket masuk seharga Rp 5 ribuan per orang. Dengan harga tersebut sudah termasuk dengan biaya parkirnya ya!

9. Agrowisata Loco Antik Pangkah

Agrowisata Loco Antik Pangkah
Foto : https://www.instagram.com/tguuuh/

Agrowisata Loco Antik destinasi wisata selanjutnya yang berada di Jalan Raya Slawi-Pangkah, Bogares Kidul, Pangkah, Area Sawah/Kebun, Tega, Jateng. Wisata ini menawarkan pengunjung berupa hamparan kebun tebu dengan lokomotif tempo dulu.

Anda bisa berkeliling menikmati pemandangan kebun tebu dengan menggunakan kereta jadul yang dikelola oleh PG Pangkah di Tegal. Jam bukanya mulai dari 8 pagi sampai dengan jam 5 sore dengan biaya masuk per orangnya Rp. 5000.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Batang memiliki alam yang masih hijau asri dan udaranya yang sejuk.

10. Alun-Alun Tegal

wisata tegal terbaru
Foto : https://panturapost.com/

Berkunjung ke Tegal kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi alun-alunnya. Untuk menemukan lokasi dari Alun-alun Tegal ini sendiri sangat mudah yakni di desa Tegal, Kecamatan Tegal, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga apalagi yang memiliki anak kecil, sebab di dalamnya terdapat taman bermain. Di Alun-Alun kota Tegal Anda juga bisa bersantai sambil menikmati keindahan pusat kota.

Tidak kalah dengan alun-alun di daerah lainnya, fasilitas yang tersedia juga lumayan lengkap. Fasilitas tersebut seperti area parkir, mushola, penginapan, kamar mandi, dsb. Untuk masuk ke Alun-Alun kota Tegal Anda tidak akan dikenai biaya.

11. Curug Cantel

curug cantel
Foto : https://www.instagram.com/maudivayf/

Curug selanjutnya yang ada di Tegal yaitu Curug Cantel, terletak di Jl. Raya Kalipedes, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jateng. Menuju ke lokasi sepanjang perjalanan Anda akan melewati tracking yang asik untuk menemani perjalanan menuju Curug Cantel.

Sesampainya di lokasi akan disuguhi pemandangan air terjun yang deras setinggi 60meter dengan embun yang tiada habisnya menyambut kedatangan Anda. Curug cantel buka setiap hari selama 24 jam dan untuk biaya masuknya sebesar Rp 15.000 per orang.

12. Adiwerna City Walk

Adiwerna City Walk
Foto : https://www.instagram.com/azmee_andreawan/

Adiwerna City walk merupakan kawasan belanja yang berada di jalan Raya Utara Adiwerna Nomor 46, Banjaran, Kec, Adiwerna, Tegal. Ciri khas dari tempat wisata iniyaitu terlihat dari bangunan yang unik, klasik, dan futuristic menjadi tongkrongan bagi para kawula muda.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke tempat ini yaitu berbelanja di pasar tradisional dan hangout dengan kawan-kawan. Selain itu, Anda juga bisa berfoto-foto ria dengan spot-spot menarik dan indah bergaya Eropa di Adiwerna City Walk ini.

13. Pantai Murareja

tempat wisata di tegal terbaru
Foto : https://www.beritasatu.com/

Tahukah Anda Tegal juga memiliki pantai lagi yang Bernama Murareja dengan lokasi di Jl. Brawijaya, Muarareja, Tegal Barat, Kota Tegal, Jateng. Untuk mengunjungi pantai di Tegal ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5000 dilengkapi fasilitas parkir yang luas, MCK, dan mushola.

Objek wisata ini masik belum banyak diketahui orang sehingga masih terjaga dengan baik. Anda dapat menikmati hamparan pasir hitam, barisan pohon cemara dan berkuliner ria di warung-warung yang tersedia di sana.

14. Bahari Waterpark Tegal

tempat wisata di tegal yang sedang hits
Foto : https://www.instagram.com/bahari_wp/

Bahari Waterpark adalah wisata keluarga dengan suguhan permainan air terbesar yang ada di Tegal. Banyak wahana air yang seru di wisata ini seperti kiddy pool, wave pool, river pool, dan masih banyak lagi.

Waterpark seluas 5 hektar ini berlokasi di daerah Sumurpanggung, Margadana, Tegal, Jawa Tengah. Harga tiket masuk ke objek wisata ini yaitu sebesar Rp 25.000 per orang, beroperasi mulai jam 08.000-16.00 WIB.

15. Pantai Alam Indah

tempat wisata di tegal
Foto : https://www.instagram.com/virginia_arums/

Selain pantai Murareja, destinasi wisata lainnya di Tegal yaitu Pantai Alam Indah yang berlokasialamat Jl. Bali, Martoloyo, Mintaragen, Tegal, Jawa Tengah. Untuk HTM pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 per-orang saja dan buka selama 24 jam.

Anda akan disuguhi indahnya pemandangan laut yang biru dengan hamparan pasir berwarna hitam lengkap dengan ombak yang besar. Bagi Anda yang ingin berkeliling pantai bisa memanfaatkan perahu yang disediakan oleh pihak pengelola.

16. Rita Park

Rita Park
Foto : https://www.instagram.com/dolanmendibae.id/

Rita Park menyediakan wahana seru untuk keluarga, tidak usah jauh-jauh ke Bandung melainkan Tegal juga memiliki wisata asik untuk dikunjungi. Tidak hanya wahana anak-anak, di Rita Park juga terdapat wahana yang menantang adrenalin.

Untuk lokasinya sendiri berada di Jl. Kolonel Sugiono No. 155, Pesurungan Kidul, Tegal Barat, Tegal. Jam operasionalnya yaitu Senin-Jumat (11.00-20.00), Sabtu (11.00-21.00), Minggu (9.30-21.00).

Harga tiket yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau yakni Rp. 25.000 /orang + Rp 10.000 as deposit belum termasuk dengan wahana yang tersedia. Jika tidak ingin ribet beli saja tiket terusan seharga Rp. 75.000.

17. Taman Rakyat Slawi

wisata di tegal jawa tengah
Foto : https://beritabersamasite.wordpress.com/

Taman Rakyat Slawi menjadi objek wisata selnjutnya di Tegal yang berlokasi di Mingkrik, Slawi Wetan, Slawi, Tegal, Jawa Tengah. Untuk jam operasionalnya yaitu buka selama 24 jam di hari senin hingga minggu.

Tempat ini didirikan sebagai tempat interaksi antar masyarakat Tegal dalam berbagai aktivitas.. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari bermain bola, sepeda ataupun hanya sekadar bersantai-santai menikmati kuliner yang ada.

18. Sulaku

sulaku bumijawa park
Foto : https://ihategreenjello.com/

Objek wisata Sulaku destinasi wajib selanjutnya yang harus dikunjungi dimana Sulaku sendiri terletak di Jl. Raya Wredameta Bumijawa, Kabupaten Tegal. Banyak fasilitas menarik yang tersedia seperti playground, flying fox, waterpark, mengendarai ATV sambil berkeliling kebun strawberry, dan masih banyak lagi.

Untuk tarif tiket masuknya sekitar Rp. 2000 per orang, waterboom Rp. 15.000 per orang, flying fox Rp. 25.000 /orang. Sedangkan untuk tiket masuk green house Rp. 10.000 /orang dan play ground Rp. 15.000 per anak.

19. Bukit Cepu

Bukit Cepu
Foto : https://id.pinterest.com/

Jika Anda yang ingin berlibur ke wisata alam bisa menjadikan Bukit Cepu sebagai pilihan. Bukit yang berada di Sawah, Batumirah, Bumijawa, Tegal ini buka selama 24 jam setiap hari senin dan minggu.

Untuk mencapai puncak Anda harus melewati sebanyak 950 anak tangga yang dikelilingi pohon cemara dan pinus. Dijamin rasa lelah Anda akan terbayar saat di puncak karena disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan udara segar.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Pekalongan menyajikan beragam destinasi menarik anti mainstream.

20. Guciku Hot Waterboom

wisata di tegal yang lagi hits
Foto : https://www.instagram.com/ita_yk1401/

Guciku Hot Waterboom ini adalah tempat wisata di Tegal terbaru yang sekarang ini banyak dikunjungi wisatawan. Sesuai dengan Namanya, wisata wahana air ini memiliki banyak pilihan yang bisa memanjakan para pengunjungnya.

Diantaranya yaitu kolam opal untuk anak, kolam badan Guci untuk remaja, kolam rendam yang dilengkapi dengan 8 pancuran air panas. Aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana yaitu outbound bermain di waterboom, dan lain sebagainya.

Lokasinya sendiri berada di Jl. Lingkar Barat, Desa Guci, Bumijawa, Tegal. Untuk tiket masuknya Senin-Jumat (Rp. 40.000), Sabtu-Minggu (Rp. 45.000), dan paket PAUD (Rp. 50.000).

21. Rumah Wayang Tegal

tempat wisata di tegal jawa tengah
Foto : https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id

Selain wisata alam dan sejarah, tempat wisata di Tegal, Jawa Tengah juga banyak wisata budaya salah satunya di Rumah Wayang. Di dalamnya menyimpan ribuan wayang gaya tradisi hingga gaya kontemporer, mulai dari wayang kulit, golek, santri, dll.

Tempat milik dalang Ki Enthus Susmono ini berlokasi di dekat jembatan Lemah Duwur-Talang, Desa Bengle, Tegal. Jam operasional mulai 08.00-15.00 WIB. Untuk masuk ke dalamnya Anda perlu merogoh kocek Rp. 3.000 saja untuk per orangnya.

22. Waterboom Yogya Slawi

wisata di tegal jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/dheawidyasariputri/

Tempat wisata anak di Tegal yang juga recommended untuk dikunjungi yaitu Waterboom Yogya Slawi yang ada di Procot, Slawi, Tegal. Hari weekdays biaya masuk di banderol sebesar Rp. 12.500 per orang dan saat holiday Rp. 15.000 per orang
Di Wisata ini terdapat 4 kolam dengan varian berbeda mulai dari anak-anak/balita hingga dewasa.

Fasilitas yang ditawarkan diantaranya yaitu sewa ban, sewa loker, mushola, café dan gazebo.

23. Waduk Cacaban

wisata alam tegal
Foto : https://www.instagram.com/setyogallery/

Waduk Cacaban di Penujah, Kedung Banteng, Tegal, Jawa Tengah ini beroperasi setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam. Untuk harga tiket masuknya weekdays (Rp. 3.500), weekend dan holiday (Rp. 4.500) per orang.

Anda bisa menikmati keindahan waduk yang mempunyai beberapa pulau kecil ditengah-tengah danau yang masih menyebul. Apabila ingin lebih puas mengexplore waduk Anda bisa menyewa perahu yang disediakan oleh pihak pengelola selama 25 menit.

24. Goa Lawa Tegal

Goa lawa Tegal
Foto : https://www.instagram.com/kangtriatmojo/

Jika Anda ingin berekreasi alam sekaligus berwisata dengan menikmati sensasi petualangan, maka Goa Lawa bisa menjadi alternatifnya. Letak Goa Lawa berada di desa Harjawinangun, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

Goa lawa di Tegal ini adalah tumpukan batu yang seperti sengaja dibuat dan lama kelamaan ditempati kelelawar. Di Goa ini Anda bisa menikmati view gunung slamet yang terletak di sebelah selatan bukit lengkap dengan hutan rimba.

Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 7.000 per orang untuk masuk ke dalam goa dan Rp 5000 biaya parkir. Anda bisa berkunjung pada jam 12.00 WIB – 18.00 WIB saat weekdays, dan saat weekend & holiday jam 08.00WIB -1 8.00 WIB

25. Curug Pitu Margasari

Curug Pitu Margasari
Foto : https://www.instagram.com/bolang_bocah_ilang/

Curug ini adalah rangkaian air terjun yang berada di Kecamatan Margasari, Tegal dan dikelilingi oleh hutan yang masih alami. Sesuai dengan Namanya, air terjun ini mempunyai tujuh curug bertingkat yang setiap tingkatnya mempunyai daya tarik tersendiri.

Untuk menuju ke lokasi terbilang susah-susah gampang, Anda akan membutuhkan waktu selama 1 jam berjalan kaki dari pasar Margasari. Namun kepenatan akan terbayar sesampainya di lokasi karena Anda akan disambut pepohonan jati yang eksotis.

26. Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung

Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung
Foto : https://www.javatravel.net/

Jika ingin mencari sebuah edu-wisata di Tegal untuk menambah pengetahuan maka direkomendasikan untuk berkunjung ke WKJ Kalibakung. Berbeda dengan wisata lainnya, di WKJ Anda akan belajar mengenal aneka jenis jamu sekaligus disuguhi pemandangan sawah dan sungai kecil.

Selain itu, tempat wisata keluarga di Tegal ini akan mengajak Anda belajar tentang berbagai jenis tanaman yang dapat dijadikan jamu. Wisata tersebut berada di Jl. Raya Moga-Guci, Kec. Balapulang dan buka mulai dari 08.00 WIB – 16.00 WIB.

27. Situs Semedo

tempat wisata di tegal jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/zarkasi58/

Kini saatnya Anda berwisata sejarah di situs Manusia Purba Semedo yang berlamatkan di Desa Semedo, Kec, Kedungbanteng, Kabupaten Tegal. Anda bisa melihat berbagai artefak prasejarah, aneka fosil, serta peninggalan manusia purba lainnya.

Untuk belajar sejarah di sini Anda hanya perlu menyiapkan bujet sebesar Rp. 5000. Selain itu, Anda juga bisa berziarah ke makam Mbah Semedo yang merupakan tokoh berjasa pada pendirian Kabupaten Tegal.

28. Bukit Rangkok Pagerwangi

tempat wisata di tegal
Foto : https://www.youtube.com/watch?v=xWwPj67wNtk

Wisata alam di Tegal lainnya yang tak kalah indah yaitu Bukit Rangkok Pagerwangi yang berlokasi di desa Pagerwangi, Tegal. Bukit bebatuan yang ditumbuhi banyak ilalang ini akan menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa bagi Anda.

Dari ketinggian Anda bisa menikmati pemandangan hamparan sawah, hingga gunung slamet dengan jelas. Wisata ini buka selama 24 jam setiap hari Senin dan Minggu dengan harga tiket Rp. 5.000. Jadi Anda dapat menikmati keindahannya kapan pun.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Pemalang yang asyik untuk anda jadikan tempat liburan.

Nah itulah 28 wisata di Tegal yang sedang hits saat ini dan sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Selain terkenal akan warteg dan tehnya yang mendunia, daerah ini menyimpan banyak potensi wisata terbaru di Tegal yang menakjubkan.

Berbagai macam wisata tersedia di sini mulai dari wisata alam Tegal, wisata bersejarah hingga wisata budaya dan eduwisata. Menariknya lagi, wisata yang disebutkan terjangkau untuk harga tiket masuknya bahkan ada yang tanpa dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Satu hal yang perlu untuk diingat yaitu apabila Anda berkunjung ke tempat wisata, perhatikan apa yang perlu dipersiapkan. Dan ketika berkunjung ke wisata alam ataupun bersejarah maka usahakanlah untuk ikut melestarikannya supaya kebersihannya tetap terjaga.

Travel Vlog Jeep Adventure Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here