Museum Radya Pustaka bisa menjadi pilihan anda bersama keluarga sebagai tujuan berwisata untuk mengisi waktu libur. Radya Pusataka di nobatkan sebagai museum tertua di Indonesia yang didirikan pada Oktober 1890 oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV.

Bangunan Museum Radya Pustaka Solo berkonsep Eropa klasik di masa lalu yang menarik bila disaksikan secara lebih dekat. Awalnya Museum Radya Pustaka Surakarta berfungsi untuk menyimpan dokumen-dokumen serta berkas penting pada masa kolonial Belanda.

Destinasi Museum Solo tertua di Indonesia ini menyimpan berbagai koleksi menarik seperti arca, pusaka adat, wayang kulit hingga buku-buku kuno. Saat anda ingin berwisata yang lebih bermakna, maka tempat bersejarah di Solo satu ini wajib untuk dikunjungi.

Harga Tiket Masuk Museum Radya Pustaka

harga tiket masuk Museum Radya Pustaka
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108689699470324140821

Berwisata tidak melulu soal pantai ataupun gunung, berkunjung ke museum misalnya bisa menjadi alternatif mengisi waktu senggang anda. Di dalam museum tentu anda dapat menjumpai banyak peninggalan-peninggalan bersejarah yang mengandung banyak cerita di dalamnya.

Sama halnya ketika anda explore Museum Radya Pustaka untuk dijadikan tujuan wisata edukasi bersama dengan orang-orang tercinta. Disini para pengunjung bisa jalan-jalan sambil belajar guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan baru.

Memanfaatkan waktu akhir pekan anda dengan mengunjungi wisata Museum Radya Pustaka yang tak akan membuat dompet jebol. Sebab sampai saat ini harga tiket masuk Museum Radya Pustaka hanya mematok tarif sebesar Rp5.000 per orangnya.

Dengan biaya yang amat sangat terjangkau ini para wisatawan bisa berlibur di Museum tertua Indonesia ini sampai puas. Menelusuri lebih dalam kisah-kisah hidup dari banyak tokoh kenamaan melalui gambar atau foto beserta informasi lengkap yang tertera.

Rencanakan dengan baik waktu berkunjung ke ketika berencana wisata edukasi di Museum Solo hits satu ini. Jam operasional wisata yang berlaku di Museum Radya Pustaka adalah sebagai berikut :

  • Senin : Tutup / libur
  • Jum’at : 09.00 – 11.00 wib
  • Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu : 09.00 – 15.00 wib.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat museum radya pustaka
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109353841741384965022

Lokasi Museum Radya Pustaka berada di kawasan yang mudah untuk dijangkau dari berbagai arah kedatangan pengunjung. Museum Surakarta satu ini berdiri diatas lahan seluas 523,24 meter persegi dengan tujuh ruangan di dalamnya.

Yang dimana pada setiap ruangannya menyimpan beragam barang-barang dan koleksi peninggalan masa lalu penuh sejarah. Seperti yang telah disebut sebelumnya yakni koleksi berbagai macam arca, wayang kulit, buku-buku kuno hingga pusaka adat.

Sedangkan untuk alamat Museum Radya Pustaka sendiri berada di Jl. Slamet Riyadi No.275, Kel. Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 4 km dari Alun-Alun Kidul Kota Surakarta dengan waktu tempuh sekitar 10 menit perjalanan saja.

Anda bisa menjadikan Taman Sriwedari sebagai patokan ketika akan berkunjung ke museum ini. Karena jarak dari Museum Radya Pustaka ke Taman Sriwedari hanya sejauh 78meter dan membutuhkan waktu 1 menit untuk berjalan kaki.

Akses jalan utama yang harus dilalui sudah sangat baik, dan keberadaan museum ini pun tepat di tepi jalan. Bila anda belum tau jalannya bisa dengan menggunakan maps peta navigasi akurat dibawah ini untuk memudahkan perjalanan.

Datang juga ke –> De Tjolomadoe

Fasilitas

fasilitas museum radya pustaka
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111940566188911218102

Keberadaan Museum Radya Pusataka ini cukup menarik perhatian banyak pelancong dari berbagai daerah. Aneka daya tarik yang dimiliki tentu menjadi faktor utama selain dukungan sarana prasana yang memadai.

Berikut fasilitas Museum Radya Pustaka di Solo Jawa Tengah yang antara lain adalah :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Layanan informasi museum
  • Toilet umum / MCK
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Kantin
  • Bangku/tempat duduk
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya berkunjung ke Museum Radya Pusataka Surakarta yang akan membawa kita seolah-olah kembali ke masa lalu. Menelisik secara keseluruhan apa yang terjadi dikala itu melalui ragam peninggalan disini.

Kunjungi juga –> Benteng Vastenburg

Spot Terbaik di Museum Radya Pustaka

spot terbaik di museum radya pustaka
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100757123450738625215

Berwisata edukasi ke Museum sangat cocok sebagai tujuan liburan untuk merasakan suasana yang berbeda dari biasanya. Bangunan eropa klasik pada Museum Radya Pustaka Solo akan membuat siapapun merasa takjub dengan keunikannya.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu latar belakang yang bisa anda manfaatkan pada saat berfoto-foto ria bersama keluarga. Menjadikan aneka spot-spot menarik di Museum Solo ini sebagai background ketika selfie ataupun foto bersama-sama.

Tak hanya bangunannya saja, anda juga bisa berswafoto di depan koleksi-koleksi bersejarah yang terpajang disini. Setidaknya ada 7 ruangan pada Museum Radya Pustaka Jawa Tengah yang menyimpan benda-benda bersejarah, antara lain :

  • Ruang yang menyimpan koleksi-koleksi wayang.
  • Koleksi benda-benda yang terbuat dari logam.
  • Ruang karya-karya patung bersejarah.
  • Perpustakaan dengan koleksi buku-buku kuno Jawa Belanda.
  • Senjata perang yang letaknya di serambi museum.

Serta masih banyak lagi keunikan disini yang bisa anda manfaatkan sebagai spot terbaik di Museum Radya Pustaka saat mengabadikan momen.

Review sebelumnya –> Tumurun Private Museum

Tips Berkunjung

tips berkunjung museum radya pustaka
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110989327442490937536
  • Datanglah ke museum lebih awal agar bisa merasakan sensasi liburan yang lebih maksimal.
  • Pahami dengan baik aturan-aturan serta tata tertib yang ditujukan kepada wisatawan saat berkunjung.
  • Dilarang keras merusak apalagi sampai mengambil apapun yang ada pada museum tertua di Indonesia ini.
  • Perhatikan dengan baik berbagai informasi yang tertera pada setiap benda-benda guna menambah wawasan anda.

Ketika anda tengah berada di Kota Solo, maka Museum Radya Pustaka ini bisa menjadi pilihan untuk tujuan menghabiskan waktu libur. Sekian ulasan singkat mengenai wisata Solo rekomended yakni Museum Radya Pustaka yang unik dan juga menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 2 =