De Tjolomadoe merupakan sebuah bangunan bekas pabrik gula yang didirikan tahun 1861 namun kini telah beralih menjadi sebuah tempat wisata. Wisata di Solo satu ini bisa menjadi alternatif anda bersama keluarga untuk mengisi waktu libur agar lebih berwarna dan bahagia.

Di dalam De Tjolomadoe Solo anda bisa menemukan sebuah museum, aula serbaguna, panggung konser, kafe, ritel dan masih banyak lagi. Berlibur sembari berbelanja bisa anda lakukan ketika berkunjung ke wisata De Tjolomadoe yang kini semakin menarik.

Kompleks pabrik gula tua yang diubah menjadi daya tarik wisata ini jangan sampai anda lewatkan ketika tengah berada di Solo. Beragam sajian seru di De Tjolomadoe Surakarta akan membuat pengalaman rekreasi kali ini semakin mengesankan.

Harga Tiket Masuk De Tjolomadoe

harga tiket masuk de tjolomadoe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108905635799747794363

Kota Solo menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang sampai hari ini masih menyimpan banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah. Seperti halnya bangunan kompleks pabrik gula yang kemudian dimanfaatkan menjadi sesuatu yang baru, jadi tempat wisata misalnya.

Pabrik gula yang kemudian beralih menjadi obyek wisata tidak hanya De Tjolomadoe saja lho, ada juga The Heritage Palace. Kawasan bekas pabrik gula ini melakukan revitalisasi pada 2017 dan kemudian mulai dibuka untuk wisata kepada khalayak sekitar tahun 2018.

Dan kini, De Tjolomadoe Solo menjadi salah satu tujuan wisata populer yang selalu ramai akan pengunjung dari berbagai daerah. Tidak hanya masyarakat sekitaran Solo Raya saja, melainkan dari luar Jawa Tengah banyak yang datang untuk liburan disini.

Siapkan dana anda saat akan berkunjung, harga tiket masuk De Tjolomadoe sejauh ini hanya sekitar Rp35.000 saja per orangnya. Datang ke Tjolomadoe akan kurang lengkap jika anda tidak mencicipi aneka sajian menguggah selera di Besali Cafe.

Selain itu anda juga bisa berbelanja aneka kerajian dan souvenir pada toko ritel yang ada di area De Tjolomadoe. Jam operasional yang berlaku di De Tjolomade, yakni pukul 10.00-17.00 WIB pada hari Selasa sampai dengan Minggu, Senin tutup ya.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat de tjolomadoe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115405533952341071870

Lokasi De Tjolomadoe terbilang strategis dan mudah ditemukan, berdiri di atas lahan dengan luas wilayah mencapai 6,4 hektare. Kompleks bekas pabrik gula tua yang diubah menjadi landmark bersejarah dan juga pusat konvensi.

Alamat De Tjolomadoe berada di Jl. Adi Sucipto No.1 Desa Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Letak wisata Solo hits ini hanya berjarak kurang lebih 5 menit saja dari Bandara Internasional Adi Sumarmo.

Sedangkan jika dari Alun-Alun Kidul Surakarta ke Tjolomadoe maka jaraknya 12 km dengan waktu tempuh 30 menit perjalanan. Dengan melewati jalan yang aksesnya sangat mudah dilintasi oleh berbagai jenis kendaraan wisatawan.

Terdapat beberapa plang petunjuk yang terpasang untuk memudahkan anda yang mungkin baru petama kali akan datang. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah sampai di De Tjolomadoe.

Maps dibawah bisa juga anda gunakan dalam rangka menjadi petunjuk arah ketika perjalanan ke wisata De Tjolomadoe.

Datang juga ke –> Taman Sriwedari

Fasilitas

fasilitas de tjolomadoe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115235831666907096244

Sudah dilengkapi oleh sarana prasarana pendukung yang memadai dan bisa pengunjung manfaatkan dengan baik. Dan berikut fasilitas De Tjolomadoe di Solo Jawa Tengah yang diantaranya meliputi :

  • Tempat parkir luas memadai
  • Layanan informasi wisata
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Area museum
  • Aula konser
  • Aula serbaguna sakara
  • Restaurant & cafe
  • Toko ritel
  • Spot foto instagenic

Aula konser atau concert hall di De Tjolomaode kerap mengadakan event-evnet besar yang mengundang artis ibu kota. Ruangan aula ini memiliki kapasitas 3.000 orang dan setiap acara selalu ramai berbondong-bondong orang untuk menonton.

Selain itu ruang pertemuan dan pameran di De Tjolomadoe juga sangat nyaman karena memiliki kapasitas pengunjung sekitar 1.000 orang. Nikmati aneka macam hal-hal menyenangkan yang di wisata De Tjolomadoe tawarkan kepada para wisatawan.

Kunjungi juga –> Kebun Strawberry Tawangmangu

Spot Terbaik di De Tjolomadoe

spot terbaik di de tjolomadoe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104670087262772984247

Berswafoto tentu menjadi hal yang wajib ketika anda tengah menghabiskan waktu libur dengan explore De Tjolomadoe. Bangunan tua dengan arsitektur kuno di Pabrik Gula Colomadu ini akan memberikan anda suasana seperti kembali ke masa lalu.

Ditambah dengan ornamen-ornamen segala pernak pernik yang ada di pabrik gula nampak sangat ciamik serta instagenic. Serta hadirnya beberapa spot-spot baru dengan dekorasi unik untuk memberikan nuansa kekinian pada wisata Solo satu ini.

Jadikan setiap sudut-sudut cantik di De Tjolomadoe Solo sebagai background ketika anda selfie, foto bersama sampai merekam video. Hasilkan gambar instagramable pada spot terbaik di De Tjolomadoe yang tak boleh anda lewatkan.

Review sebelumnya –> Heritage Palace

Tips Berkunjung

tips berkunjung de tjolomadoe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108464263396557711157

Dibawah ini bisa anda simak tips berkunjung ke wisata De Tjolomadoe di Karanganyar sebagai tambahan referensi berwisata anda.

  • Perkirakan dengan baik waktu berwisata besama keluarga anda agar bisa menjelajahinya lebih maksimal.
  • Datang lebih awal untuk mencoba semua keseruan yang wisata Solo satu ini tawarkan kepada para wisatawan.
  • Pastikan anda dalam keadaan sehat supaya momen liburan berlangsung lancar dan tanpa halangan.
  • Ikut serta dalam menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan sekitar agar tetap indah dan enak dipandang.
  • Pahami dengan baik tata tertib beserta aturan yang berlaku di De Tjolomadoe untuk semua pengunjung demi kebaikan bersama.

Demikianlah ulasan singkat mengenai wisata De Tjolomadoe yang rekomended untuk anda jadikan tujuan melepas penat dengan berlibur. Tunggu apalagi, segera masukan De Tjolomadoe ke dalam tujuan liburan anda untuk ciptakan momen yang berkesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve + 3 =