Tempat wisata di Kebumen memang sangat luas dan beragam sekali. Mulai dari pantai, bukit, goa, waduk dan sebagainya. Anda yang mungkin sedang berada di Kebumen tidak akan kebingungan dengan wishlist wisata. Mengingat ada banyak destinasi yang bisa Anda kunjungi.

Kebumen sendiri memang terkenal dengan wisata pantainya yang mempesona. Namun, sebenarnya, tempat ini tidak hanya menyediakan sebuah pantai saja. Jadi penasaran kira-kira destinasi wisata apa saja sih yang bisa ditelusuri kalau sudah berada di Kebumen?

Berikut adalah daftar tempat wisata di Kebumen yang bagus dan mempesona untuk dikunjungi ketika masa liburan sudah tiba:

1. Pantai Suwuk

wisata kebumen pantai
Foto : https://www.instagram.com/photo.bytopo/

Pantai Suwuk merupakan wisata Kebumen yang bagus sekali. Pasir pantai Suwuk sangat halus dan suara ombak yang menerjang pantai juga begitu menenangkan. Di pantai ini, Anda bisa berenang di airnya yang jernih.

Pantai Suwuk sendiri adalah salah satu tempat paling santai, mengasyikkan, dan menyenangkan. Pergi ke pantai dengan teman-teman, pasangan, atau sendirian sekalipun akan terasa menyenangkan.

Jika Anda datang bersama anak-anak, halusnya pasir di pantai ini akan membuat sang anak suka membangun istana pasir. Datang bersama keluarga dan menciptakan kenangan bersama anak-anak selama liburan akan menjadi hal yang sangat mengasyikkan.

Kalau Anda bingung untuk mencari wisata di Kebumen, bawalah keluarga Anda berlibur ke pantai Suwuk. Dapatkan pengalaman berlibur yang sangat mengasyikkan di kawasan pantai ini.

2. Bukit Pentulu Indah

wisata kebumen hits
Foto :https://www.instagram.com/danusayogo/

Wisata bukit di Kebumen yang jangan sampai terlewatkan adalah Bukit Pentulu Indah. Wisata eksotis ini berada di Kaligending dan mudah sekali untuk dijangkau dari arah kota Kebumen.

Menghabiskan waktu di ruang alami semacam Bukit Pentulu Indah telah dikaitkan dengan peningkatan energi, peningkatan kognisi. Serta mengurangi kemarahan dan stres, menurunkan tekanan darah dan detak jantung lebih lambat.

Ketika Anda mengunjungi Bukit Pentulu Indah ini, maka ada hamparan pemandangan pohon hijau yang mempesona. Nantinya, Anda harus melakukan perjalanan menanjak sepanjang 2 km untuk bisa mencapai Bukit Pentulu Indah.

Harga tiket masuk yang perlu Anda bayarkan ketika mengunjungi Bukit Pentulu Indah sangat murah, lho! Ya, cukup Rp 5000 saja Anda sudah bisa berjalan-jalan di sekitar Bukit Pentulu Indah yang mempesona ini.

3. Pantai Menganti

Wisata Kebumen selain pantai
Foto : https://www.instagram.com/ayu_vija/

Tempat wisata alam di Kebumen yang sangat terkenal satu ini wajib ada dalam daftar destinasi Anda. Kawasan destinasi satu ini berdekatan dengan tebing yang bernama Keteb Widadari.

Pantai dengan pasirnya yang berwarna putih ini memiliki batu karang yang tinggi. Keindahan pantai sangat terkenal seantero nusantara sehingga banyak orang yang mengunjungi destinasi wisata indah satu ini.

Liburan ke pantai Menganti tidak hanya bagus untuk refreshing. Liburan di pantai dapat membantu memajukan perkembangan otak. Area limbik otak akan aktif seketika ketika menyaksikan sebuah pemandangan yang berbeda dari sehari-harinya.

Otak Anda akan bekerja aktif dan meningkatkan keterampilan kognitif, motorik, dan sosial. Pada akhirnya, bermain ke pantai bisa meningkatkan kreativitas dan imajinasi otak.

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mengajak anak Anda untuk bermain ke pantai Kebumen satu ini. Anda bisa dapatkan banyak manfaat dengan liburan di pantai Menganti.

4. Goa Petruk

Wisata bukit di Kebumen
Foto : https://www.instagram.com/delta_oscardeltaoscar/

Selain pantainya yang banyak, Kebumen juga dikenal memiliki beragam goa yang tersebar, salah satunya ada Goa Petruk. Wisata yang berada di Candirenggo ini memiliki pesona yang begitu menakjubkan untuk disaksikan.

Anda tidak akan bosan mengelilingi wisata di Kebumen Jawa Tengah yang indah ini. Nah, dinamakan dengan “Petruk” sendiri karena memang ada sebuah batu yang bersujud dan hidungnya ini menyerupai Petruk dalam tokoh wayang.

Nah, dikarenakan ada patung yang hampir mirip dengan Petruk inilah, maka penduduk menyebut gua ini dengan sebutan Petruk. Sayangnya,Belanda zaman dahulu merusak patung ikonik tersebut dan hidung dari patung ini hilang.

Akibatnya, hidung yang panjang dan khas dari Petruk itu hilang dan tidak ada hingga saat ini. Meski demikian, gua ini tetaplah indah meski tidak ada patung ikonik tersebut.

5. Pantai Logending

wisata di kebumen jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/explore_2345/

Kawasan Pantai Logending adalah obyek wisata di Kebumen yang berbatasan dengan Cilacap dan sering disebut dengan pantai Ayah. Destinasi wisata satu ini benar-benar memiliki pesona yang membuat Anda terkagum-kagum. Dan otak Anda akan recharge dengan sendiri setelah mengunjungi pantai Logending.

Pergi ke pantai Logending dijamin akan membuat Anda jauh lebih bahagia. Suara ombak mengubah pola gelombang di otak Anda, membuat Anda merasa lebih rileks dan tenang sehingga bahagia.

Magnesium dalam air juga membantu menenangkan saraf dan mengangkat suasana hati Anda. Bersantai di dekat pantai Logending secara alami bisa meningkatkan kesehatan mental.

Bahkan seharian berdiam diri pantai juga bentuk terapi yang direkomendasikan oleh sebuah penelitian.

Jadi jika Anda ingin refresh sejenak dari pekerjaan yang penat, cobalah untuk datang ke pantai Logending.

Datang juga ke –> 11 Tempat Wisata Di Kabupaten Banjarnegara dengan destinasi menawan yang menawarkan panorama memanjakan mata.

6. Wisata Alam Jembangan

wisata di kebumen yang bagus
Foto : https://www.instagram.com/agun.aja/

Kalau Anda sedang mencari wisata Kebumen hits, cobalah untuk datang ke Wisata Alam Jembangan yang berlokasi di Kecamatan Poncoarno. Jadi, kawasan ini menawarkan pemandangan danau yang indah.

Kalau Anda sedang stres dan mencari wisata alam yang mempesona, mungkin Wisata Alam Jembangan adalah tempat paling tepat.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa alam meningkatkan kesehatan mental dan fisik manusia. Manfaatnya meliputi pemulihan energi mental, penglihatan yang lebih baik pada anak-anak, peningkatan konsentrasi, pemikiran yang lebih tajam, dan kreativitas.

Jadi, Anda tidak akan menyesal deh sudah mengunjungi Wisata Alam Jembangan karena view danaunya yang indah dan mempesona.

7. Pantai Karang Bolong

tempat wisata di kebumen yang lagi hits
Foto : https://www.instagram.com/koreksiiiii__/

Objek wisata di Kebumen yang jangan sampai terlewat ketika Anda berada di kota ini adalah Pantai Karang Bolong. Pantai yang berada di desa Karang Bolong ini mempunyai kontur tanah yang landai.

Destinasi kebanggan Kebumen ini memiliki perbatasan batuan sedimen yang sangat unik karena berasal dari sebuah letusan gunung api.

Melarikan diri dari semua stres pekerjaan dan datang ke pantai Karang Bolomg dapat membantu Anda recharge energi, lho! Pantai adalah taman bermain alam yang membuat Anda bisa asyik quality time.

Mulai dari sekedar berjalan-jalan di pasir, berenang, bersantai atau menyaksikan sunset, semuanya sangat menyenangkan untuk dilakukan.

8. Jemur Adventure Park

tempat wisata di kebumen yang belum banyak diketahui
Foto : https://www.instagram.com/jemur_adventure_park/

Tempat wisata keluarga di Kebumen yang jangan sampai terlewat adalah Jemur Adventure Park. Di sini, ada berbagai wahana permainan mengasyikkan yang bisa dinikmati oleh anak-anak.

Untuk bisa menikmati outbond di Jemur Adventure Park juga tergolong murah karena harganya sangat terjangkau. Anda bisa menikmati berbagai wahana yang telah disediakan di sini.

Walaupun mungkin wahana permainan outbound di Jemur Adventure Park masih sederhana. Beberapa wahana yang bisa Anda nikmati ketika datang ke Jemur Adventure Park sendiri adalah :

  • Pelana crossing
  • Sliding rope
  • Elwys walk
  • Traverse net
  • Rail ways
  • Great wall climbing
  • Flying fox

Menariknya adalah, wahana untuk anak dan juga orang dewasa sudah dipisahkan oleh pengelola, jadi bisa memilih mana yang tepat. Nah, satu paket wahana outbound dibanderol murah sekali yakni Rp 15.000 saja.

9. Pantai Lampon

tempat wisata di kebumen terbaru
Foto : https://www.instagram.com/pantailampon/

Pantai Lampon adalah tempat wisata di Kebumen yang tidak seterkenal pantai Loganding atau Meganti. Sehingga jarang sekali untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Meski demikian, Pantai Lampon menawarkan sebuah pemandangan wisata yang tidak kalah indahnya dengan pantai lain.

Banyak spot foto yang bisa dikunjungi dan menjadi background foto menarik. Kalau Anda suka berwisata dan hunting foto terbaik, pergilah ke pantai Lampon.
Menghabiskan banyak waktu di pantai Lampon dapat memberikan efek yang bagus sekali untuk tubuh. Ion yang ada di kawasan pantai dapat membantu memurnikan darah, merevitalisasi metabolisme sel dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Menurut sebuah penelitian, ion yang ditemukan di sekitar pantai telah terbukti membalikkan efek gangguan afektif musiman, yang buruk untuk tubuh. Jadi, kalau Anda ingin sekali berwisata yang menyehatkan dengan pemandangan indah, datanglah ke pantai Lampon. Dan hiruplah udara yang segar di pantai ini karena bagus untuk kesehatan Anda!

10. Goa Barat

tempat wisata di kebumen
Foto : https://www.instagram.com/kebumentravel/

Goa Barat merupakan sebuah tempat wisata di kebumen selain pantai yang tidak kalah bagusnya dengan Goa Jatijajar yang lebih terkenal. Wisata alam ini berlokasi di Kalikarang dan tidak jauh dari Goa Jatijajar.

Mengunjungi Goa Barat akan memberikan Anda informasi sejarah gua dan daerah sekitarnya, serta geologinya. Serta dampak positif kelelawar, dan pentingnya konservasi gua, Ilmu gua sangat menarik pula untuk dipelajari.

Nah, kawasan wisata ini dinamakan dengan “Goa Barat”. Karena menurut penduduk sekitar, selalu ada angin kencang yang datangnya dari arah barat gua ini. Jadi, tidak heran jika akhirnya nama kawasan wisata ini menjadi Goa Barat.

Kunjungi juga –> 14+ Tempat Wisata di Purbalingga yang hits dengan sajian destinasi instagramable dan selalu dipadati traveler.

11. Pantai Bopong

tempat wisata di kebumen selain pantai
Foto : https://www.instagram.com/delta_oscardeltaoscar/

Pantai Bopong merupakan wisata alam Kebumen yang berada di kecamatan Puring dengan pasir putih yang terhampar sangat indah. Wisata ini memiliki sebuah pemandangan sunset yang terkenal dengan pesonanya yang menakjubkan.

Selain menyaksikan keindahan sunset di pantai ini, Anda juga bisa berolahraga kecil dengan berjalan-jalan di tepi pantai. Cobalah merasakan sensasi bertamasya ke pantai dengan berburu kerang.

Apalagi pantai Bopong memiliki pasir yang halus sehingga tidak akan membuat kaki Anda lecet. Berjalan atau berlari di pantai adalah jenis olahraga yang sangat bagus.

Karena pasir pantai bergerak di bawah kaki bisa membakar lebih banyak daripada saat berjalan atau berlari di atas beton. Jadi berolahraga di pantai tidak tampak seperti olahraga sama sekali dan tentunya jauh lebih baik daripada di tempat lain.

Siapa yang tahu berolahraga di pantai Bopong bisa sangat menyenangkan? Jadi, selain menyaksikan pemandangan indah, cobalah berjalan menyusuri kawasan tepi pantai.

12. Goa Jatijajar

wisata kebumen
Foto : https://www.instagram.com/putriamaliy/

Kalau Anda mencari wisata Kebumen selain pantai, mungkin Goa Jatijajar yang terkenal ini bisa menjadi jawabannya. Banyak sekali wisatawan yang mengunjungi Goa Jatijajar ini karena memang destinasi terkenal Kebumen.

Kawasan wisata ini masih terbilang alami dan ada banyak sekali ornamen gua yang bisa disaksikan. Kalau Anda takut menelusuri gua karena gelap, tenang saja!

Jalan yang ada di gua ini sudah dibangun dengan bagus sehingga memudahkan pengunjung untuk menelusuri kawasan ini. Menjelajahi gua dengan anak-anak dapat memicu minat pada sains dan alam yang dapat bertahan seumur hidup.

Apalagi jika Anda mengambil foto dan mengabadikannya. Memungkinkan Anda untuk menghidupkan kembali waktu kenangan liburan yang luar biasa dan menjadi saksi sejarah.

Jadi kalau Anda berkunjung ke gua ini, jangan lupa untuk mengabadikan gambar di gua ini.

13. Pantai Sawangan Kebumen

objek wisata di kebumen
foto : https://www.instagram.com/ridokemal/

Kalau Anda mencari sebuah destinasi laut yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, cobalah untuk datang ke Pantai Sawangan. Tempat wisata di Kebumen, Jawa Tengah ini sangat cocok sekali dijadikan alternatif wisata karena keindahannya.

Hentakan ombak yang lembut dibarengi dengan nyanyian burung camar, dan bahkan suara debur ombak laut. Yang bergerak lembut di pantai Sawangan adalah anugerah yang bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi wisata ini.

Ketika angin menerpa tubuh Anda, maka suara angin yang berhembus kencang ini bukan hal yang mengancam, namun amatlah menenangkan. Suara lembut dari alam yang berirama di sekitar Pantai Sawangan yang berulang ini bisa saja membuat anda tidur nyenyak.

Kalau Anda merasa lelah karena urusan pekerjaan, tetapi sulit untuk tidur di rumah, cobalah camping ke pantai ini. Karena suara ombak di Pantai Sawangan akan membuat Anda merasa sedikit lebih mudah untuk tidur.

14. Alian Butterfly Park

obyek wisata di kebumen
Foto : https://www.instagram.com/oktaoikh/

Tempat wisata anak di Kebumen yang cocok sekali dikunjungi untuk hiburan adalah Alian Butterfly Park. Sesuai dengan namanya, kawasan wisata ini adalah taman yang akan menampilkan banyak sekali koleksi kupu-kupu yang indah.

Lokasi Alian Butterfly Park sendiri berada di depan Pemandian Air Panas Krakal, jadi bisa mengunjungi dua wisata sekaligus. Di sini, anak-anak bisa mengamati ratusan jenis kupu-kupu yang sangat indah.

Uniknya adalah, anak tidak hanya bisa menyaksikan kupu-kupu yang beterbangan dari satu bunga ke bunga lain. Namun juga bisa menyaksikan metamorfosisnya. Anak pasti akan sangat suka jika diajak ke Alian Butterfly Park.

15. Pantai Petanahan

wisata alam di kebumen
Foto : https://www.instagram.com/suryomulyo6/

Kalau Anda sedang bingung untuk menjelajahi pantai atau hutan, maka Pantai Petanahan adalah alternatif yang tepat. Wisata Kebumen pantai ini merupakan sebuah kombinasi wisata yang tepat karena memadukan hutan dan pantai.

Itulah yang membuah Pantai Petanahan merupakan kawasan wisata yang unik dan layak sekali untuk dikunjungi. Terlebih kawasan wisata ini mempunyai bibir pantai dengan lekukan menarik dan selalu ada ombak yang terhempas.

Hutan yang berada di pantai ini juga memiliki berbagai macam pohon cemara yang begitu indah. Tidak heran jika pantai Petanahan ini merupakan primadonanya kota Kebumen.
Anda juga bisa makan seafood olahan khas Kebumen di pinggir pantai Petanahan.

Seafood adalah sumber asam lemak Omega-3 yang sangat baik. Mengkonsumsi seafood terbukti membantu mengurangi risiko penyakit jantung, radang sendi, dan bahkan kanker.

Selain rasanya yang enak, seafood olahan restoran pinggir pantai Petanahan juga membantu fungsi otak. Jadi, setelah berwisata, cobalah untuk mencicipi makanan laut di sekitar pantai, ya!

Baca juga –> 16 Tempat Wisata di Banyumas Terbaru paling rekomended untuk dikunjungi.

16. Waduk Sempor

tempat wisata di kebumen jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/inothersides/

Tempat wisata di Kebumen yang lagi hits dan jangan sampai terlewatkan adalah Waduk Sempor. Terletak di Gombong, waduk satu ini benar-benar satu paket wisata yang benar-benar indah dan menakjubkan untuk dikunjungi.

Di sini, Anda bisa menyaksikan betapa pirusnya air danau, hijaunya perbukitan, dan birunya warna langit. Semua perpaduan tersebut membuat Waduk Sempor menjadi sebuah wisata yang sangat memukau.

Air di waduk Sempor benar-bena masih sangat jernih. Belum lagi warna hijau dari pepohonan sekitar terpantul dengan indah.

17. Pantai Pecaron

tempat wisata anak di kebumen
Foto : https://www.instagram.com/devarazaa/

Pantai Pecaron adalah sebuah wisata terbaru di Kebumen yang memiliki pesona bagus. Meski kawasan wisata yang berada di kecamatan Ayah ini tidak begitu luas, namun pemandangan yang dihasilkan pantai Pecaron amatlah indah.

Pantai Pecaron sendiri lokasinya jauh dari jalan-jalan sibuk, Anda akan merasa lebih tenang ketika berwisata di sini. Pantai ini masih sangat alami.

Anda dapat menyaksikan matahari terbit atau terbenam di kawasan wisata ini. Karena memang Pantai Pecaron terkenal dengan sunrise dan sunsetnya yang indah.

Dengan berwisata di Pantai Pecaron, Anda akan dapat menemukan kedamaian dan relaksasi batin yang memuaskan. Anda akan merasakan tingkat stres Anda turun segera setelah tiba di sini.

18. Benteng Van Der Wijck

tempat wisata keluarga di kebumen
Foto : https://www.instagram.com/muryantoyuli/

Wisata di Kebumen yang bagus untuk Anda kunjungi bersama keluarga adalah Benteng Van Der Wijck. Benteng yang sudah ada sejak abad ke 19 ini merupakan pertahanan pemerintah Belanda dalam menghadapi perlawanan masyarakat Indonesia.

Awalnya, benteng indah ini dinamakan dengan Fort Cochius, diambil dari nama kapten Belanda saat itu. Sampai kemudian, benteng berpindah ke tangan penjajah Jepang dan digunakan untuk berlatih prajurit PETA.

Benteng ini kemudian diberi nama Van Der Wijck oleh pemerintah Jepang. Di sini, ada berbagai spot foto yang begitu instagrammable. Cocok sekali untuk Anda yang memang hobi sekali berburu spot foto bagus.

19. Pantai Bocor

wisata terbaru di kebumen
Foto : https://www.instagram.com/meimnwrh17/

Pantai Bocor merupakan tempat wisata di Kebumen yang belum banyak diketahui. Destinasi tersembunyi di Kebumen ini memiliki pemandangan yang indah sekali dan dijamin akan membuat Anda ketagihan.

Wisata bahari ini sendiri memang jarang sekali dikunjungi karena kalah populer dari pantai menganti ataupun pantai lainnya. Namun, masalah keindahan, sepertinya tidak perlu Anda ragukan lagi.

Selain menyaksikan keindahan Pantai Bocor, ternyata ada manfaat kesehatan lebih jauh dari yang Anda bayangkan. Bermain di pantai terbukti bermanfaat bagi kesehatan emosional, fisik, dan mental Anda.

Bepergian ke pantai, terutama menyusuri pasirnya yang halus bisa menjadi exofiliant untuk kaki Anda. Partikel kecil yang membentuk pasir bertindak sebagai exfoliant alami untuk kulit.

Rata-rata, Anda melepaskan lebih dari 50.000 sel kulit setiap 60 detik, ada sebagian besar yang rontok. Dan beberapa menempel pada kulit, menyumbat pori-pori dan menurunkan kesehatan organ terbesar tubuh Anda.

Jadi, ketika Anda bermain di tepi pantai Bocor dengan pasirnya yang lembut, maka Anda akan melakukan exofilliant alami. Manjakan diri dengan pasir pantai Bocor dengan baik jika Anda benar-benar menginginkan manfaat kesehatan dari laut dan pasir.

Coba juga untuk menggosokkan pasir ke lengan dan kaki Anda untuk mengelupas kulit dengan lembut. Dan kemudian berenang untuk pembersihan yang menyegarkan.

20. Pemandian Air Panas Krakal

wisata anak di kebumen
Foto : https://www.instagram.com/dwiechu/

Tempat wisata di Kebumen terbaru yang jangan sampai terlewatkan kalau sudah berada di kota ini adalah Pemandian Air Panas Krakal. Berada di kecamatan Alian, Anda bisa berendam sejenak di pemandian ini untuk menghilangkan rasa penat.

Apalagi, kolam Pemandian Air Panas Krakal ini dikelilingi oleh pepohonan alami yang tumbuh subur. Anda tidak akan bosan ketika berendam di kolam ini.

Nah, kalau Anda sudah selesai berendam coba saja untuk berkunjung ke Alian Butterfly Park karena keduanya saling berdekatan.

Review sebelumnya –> 18 Tempat Wisata di Cilacap Terbaru yang terbaru dengan suguhan destinasi kekinian yang menarik perhatian para wisatawan.

20 tempat wisata di Kebumen yang sudah dijelaskan di atas sangat cocok untuk Anda kunjungi untuk liburan penuh kesan.

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here