Keren 11 Tempat Wisata Di Kabupaten Banjarnegara – Banjarnegara merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi jawa tengah yang banyak menyimpan tempat wisata menarik. Banjarnegara sendiri berbatasan langsung dengan kota wisata wonosobo wonosobo. Dan kebanyakan orang melewatkan banjarnegara sebagai tempat tujuan wisatawan. Mereka lebih memilih Wonosobo ataupun magelang sebagai tempat untuk berwisata.

Namun ternyata kota ini juga mempiliki obyek wisata yang tak kalah indahnya dengan wisata wonosobo ataupun magelang. Banjarnegara mempunyai beragam tempat wisata, mulai dari wisata buatan hingga wisata alam yang sungguh mempesona. Oke langsung saja simak dafatr 11 tempat wisata di kabupaten banjarnegara berikut ini :

1. Candi Dieng

candi dieng, obyek wisata banjarnegara

Kebanyakan orang mengira bahwa komplek candi yang ada di dieng merupakan objek wisata di wonosobo. Namun sebenarnya komplek candi tersebut merupakan wilayah wisata dieng yang sudah masuk dalam kabupaten banjarnegara.

Candi dieng sendiri terdiri dari 9 candi yang ada diantaranya yaitu Candi arjuna, Candi gatotkaca, Candi Bima. Serta Candi Semar, Candi Sembadra, Candi styaki, candi Srikandi, Candi Dwarawati dan juga candi Gangsiran aswatama. Namun hanya beberapa candi saja yang masih berdiri kokoh.

Untuk harga tiket masuk kawasan candi ini yaitu hanya 20.000 rupiah. Tiket tersebut juga satu paket dengan tiket masuk kawah sikidang banjarnegara.

Atau biasa dikenal dengan naman Komplek Candi Arjuna yang termasuk wisata Dieng populer. Destinasi ini selalu ramai akan kehadiran banyak wisatawan disetiap harinya, khususnya ketika hari libur.

Candi Arjuan Dieng jangan sampai anda lewatkan keseruan serta daya tarik alaminya. Keberadaannya mudah digapai, dan anda dijamin tak akan bersusah payah.

Saat ini pintu masuk wisata Candi Dieng bisa dilalui melalui 2 pintu. Yakni pintu masuk pertama ada didekat museum kailasa. Sedangkan pintu utamanya berada di area wisata Candi Arjuna.

Lokasi Candi Dieng Arjuna berada di Desa Karangsari, Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Wisata Candi Arjuna beroperasi pada pukul 07.00 sampa dengan 16.30 wib disetiap harinya.

Sebagai salah satu destinasi populer, Candi Arjuna sudah dilengkapi sarana memadai. Fasilitas Candi Dieng ini antara lain toilet bersih, mushola, naik kuda, keliling pake jeep, guide local, warung wisata dan lain-lain.

2. Kawah Sikidang Banjarnegara

kawah-sikidang-dieng

Setelah berkunjung ke Komplek candi arjuna di dieng alangkah baiknya untuk melanjutkan kunjungan anda ke kawah sikidang. Kawah sikidang ini merupakan obyek wisata di banjarnegara yang masih berada di kawasan dataran tinggi dieng.

Obyek wisata ini menyuguhkan pemandangan kawah. Di tempat anda bisa melihat semburan air kawah dari perut bumi secara dekat, tapi jangan terlalu dekat lo ya.

Selain menyuguhkan pemandangan kawah, anda juga dapat menyewa kuda, motor trail hingga ATV untuk mengelilingi kawah. Di tempat ini juga terdapat banyak kios kios. Yang menjajakan oleh khas dieng yang tidak bisa di jumpai di daerah lain.

Kawah Sikidang termasuk destinasi wisata Dieng ikonik yang jadi buruan para pelancong dari luar daerah. Pesona kawah yang meletup-letup bakal menjadi hidangan utama untuk wisatawan saksikan disini.

Jembatan kayu yang membentang akan membawa setiap wisatawan jalan-jalan mengitari area wisata Kawah Sikidang. Ditambah dengan adanya spot-spot foto menarik dari kayu yang wajib anda manfaatkan sebagai background kala berswafoto.

Untuk tiket masuk Kawah Sikidang adalag Rp20.000, dan sudah termasuk wisata Candi Arjuna. Seperti yang telah disebutkan juga bahwa tiket Candi dan Kawah ini menjadi satu kesatuan.

Sangat murah sekali bukan, karena hanya dengan Rp20.000 per orang anda sudah bisa explore dua wisata Banjarngera hits ini. Alamat Kawah Sikidang berada di Bakal Buntu, Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Mengenai jam operasional wisatanya, mirip dengan Candi Arjuna, yakni 07.00 – 16.30 wib.

3. Telaga Merdada

telaga merdada, wisata banjarnegara

Wisata selanjutnya masih membahas tentang wislayah yang ada di dataran tinggi dieng. Yaitu telaga merdada yang belum banyak diketahui orang.

Ketika Tim MyTrip123 berkunjung ke tempat tersbut tidak satu orang pun yang berkunjung ke danau merdada. Yang di jumpai hanyalah para petani yang berlalu lalang. Padahal danau tersebut tak kalah indahnya dengan telaga warna dieng yang populer.

Untuk berkunjung ke tempat ini pun tidak di pungut biaya tiket masuk. Tempat ini cocok bagi anda yang suka dengan wisata alam yang jarang diketahui orang.

Wisata ini menyuguhkan pemandangan danau yang indah dan dikelilingi bukit ala pegunungan dieng yang begitu sempurna. Karena tergolong sepi, maka wisata alam Banjarnegara satu ini dapat jadi piliha anda dalam relaksasi diri.

Buat diri anda setenang mungkin dengan hamparan luas air danau sebagai pemandangan utamanya. Telaga Dieng satu ini juga memiliki udara sangat sejuk, mengingat berada d pegunungan.

Lokasi Telaga Merdada berada di Dusun Pauan, Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Letak persis dari Telaga Merdada Banjarnegara ini cukup jauh dari poros Dieng.

Membutuhkan waktu tempuh sekitar 15 menit untuk perjalanan dari Dieng ke Telaga Merdada. Jaraknya sekitar 5,2 km, yang dimana telaga ini berada di tengah-tengah area perkampungan.

Sebelum datang kesini, sebaiknya anda sudah membawa bekal sendiri. Karena minimnya warung atau kios pedagang disini, apalagi saat weekdays.

Baca Juga : Rekomendasi 23 Tempat Wisata Di Banyuwangi Jawa Timur

4. Telaga Dringo

telaga dringo, wisata tersembunyi dieng

Wisata selanjutnya yaitu masih membahas tentang wisata tersembunyi di dieng yang jarang di ketahui orang. Yaitu Telaga dringo yang merupakan rano kumbolonya dieng, karena danau ini mirip sekali dengan rano kumbolo yang ada gunung sumeru.

Tempat ini masih begitu alami karena belum begitu banyak di kunjungi oleh wisatawan. Dan juga belum di kelola pemerintah secara serius.

Untuk Mencapai ke tempat ini pun anda harus berjuang menyusuri jalan setapak khas pegunungan. Pokoknya tempat ini cocok sekali bagi anda yang suka ngetrip.

Pada saat tulisan dimuat, kondisi jalan utama menuju Sedringo benar-benar akan membuat anda harus memiliki kesabaran lebih. Sempit dan bukan jalanan aspal yang halus, butuh ekstra hati-hati dan waspada selama berkendara.

Namun setibanya disini, semua cobaan selama perjalanan akan langsung terbayar seketika. Panorama indah Telaga Dringo akan membuat anda seketika tajkub dan seolah terhipnotis.

Masih sangat-sangat alami dan belum banyak tercampur tangan manusia, sehingga mempesona. Ditambah dengan udara dingin khas dataran tinggi yang membuat anda betah serta nyaman untuk berlama-lama.

Lokasi Telaga Dringo berada di Sidomulyo, Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Apabila anda melakukan perjalanan dari pusat Dieng, kira-kira waktu perjalanan selama 27 menit untuk sampai ke Sedringo.

Sedangkan untuk jarak tempuhnya kurang lebih sekitar 11 km, Telaga Dringo ke poros Dieng. Karena belum terkelola dengan baik, Telaga Sedringo belum mempunyai fasilitas memadai.

5. Serulingmas Banjarnegara

serulingmas banjarnegara
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113200405597025219738

Setelah membahas tentang wisata dieng yang begitu mempesona. Kini selanjutnya tim kami akan membahas tentang wisata kebun binatang serulingmas yang ada di banjarnegara.

Siapa sangka sih ternyata banjarnegara juga mempunyai kebun binatang yang patut anda kunjungi. Yakni Serulingmas, yang merupakan wisata Keluarga Banjarngeara yang rekomended tuk dikunjungi saat hari libur.

Tempat wisata ini menyuguhkan berbagai macam satwa dan tempat yang sejuk nan rindang. Bagi anda anggota keluarga yang bingung mau berwisata kemana, mungkin tempat ini bisa kami rekomendasikan untuk anda.

Serulingmas bisa jadi pilihan anda untuk wisata edukasi bagi anak-anak dan si kecil. Tak hanya kebun binatang, di dalam Serulingmas Banjarnegara juga terdapat kolam renang.

Tiket masuk Serulingmas Banjarnegara saat tulisan ini dimuat adalah Rp20.000 pada saat senin-jum’at. Sedangkan tiket masuk saat akhir pekan dan hari libur adalah Rp25.000 per orangnya.

Untuk harga tiket masuk berlaku pada anak yang memiliki tinggi diatas 80cm. Memperkenalkan aneka satwa kepada si kecil untuk menambah wawasannya dengan langusng berinteraksi.

Satwa di Serulingmas Zoo meliputi elang, kakak tua, macan, singa, hewan melata, unta, primata, rusa dan lain-lain. Lokasi Serulingmas Banjarnegara sendiri berada di Kutabanjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Kebun Binatang Serulingmass beroperasi pada 09.00 sampai dengan 16.00 wib dan buka setiap hari. Posisinya lumayan dekat dari pusat Kota Banjarnegara, hanya sekitar 1,3 km dengan waktu perjalanan 4 menit.

6. Rafting Banjarnegara

rafting serayu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102438001154677055576

 

Obyek wisata banjarnegara selanjutnya yaitu arung jeram serayu. Wisata ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan tantangan. Dengan mengikuti kegiatan arung jeram di sungai serayu ini anda dapat menyusuri sungai serayu. Yang berhulu di dataran tinggi dieng dan berhilir di laut pantau selatan.

Kegiatan arum jeram ini biasa di laksanakan ketika weekend dan ramai dipenuhi anak muda hingga orang dewasa. Ternyata tidak hanya magelang yang mempunyai arum jeram elo, banjarnegara juga punya arum jeram serayu yang tak kalah menariknya.

Agar bisa bermain Rafting di Serayu, anda bisa mendapatkan melalui beberapa jasa rekomended. Berikut beberapa layanan yang menawarkan aktivitas bermain perahu untuk menelusuri di sungai Serayu Banjarnegara.

The Pikas Artventure Resort

Yang berlokasi di Jl. Raya Madukara, Kutayasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Untuk informasi lebih lengkap di The Pikas, anda bisa menghubungi nomor ini 082324674544.

The Pikas Artventure menawarkan beragam keseruan untuk mengisi waktu liburan. Seperti Rafting, Outbound Trainning, Traditional Cottage, Restaurant, Pikas Hotel and School Education, Jeep Tour, Paintball dan River Camp.

Rafting atau Arung Jeram adalah Olahraga air yang menjadi Andalan dari The Pikas Banjarnegara. Jika anda ingin explore keseruan disini, sebaiknya untuk booking jauh-jauh hari.

Arung Jeram Serayu

Selanjutnya ada Arung Jeram Serayu yang dapat menjadi pilihana anda ketika ingin rafting. Tak berbeda jauh dengan The Pikas, layanan ini juga menyuguhkan beberapa aktivitas liburan menyenangkan.

Seperti Rafting, wisata Dieng, Paintball, Outbound, Penginapan, Family Gathering dan lain sebagainya. Untuk lokasinya sendiri berada Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara.

Jadikan momen liburan anda semakin berkesan dengan bermain bersama Arung Jeram Serayu.

Informasi lebih lanjut terkait Arung Jeram Serayu Banjarnegara anda dapat menghubungi nomor +6285247097777.

Banyu Woong

Dan layanan Rafting Banjarnegara selanjutnya adalah Banyu Woong yang siap mengajak anda untuk mengarungi Sungai Serayu. Banyu Woong Banjarnegara juga menawarkan aktivitas arung jeram di Sungai Serayu.

Serayu sendiri disebut-sebut sebagai sungai terbaik di Jawa Tengah, dan bertaraf Internasional untuk arung jeram. Lokasi Kantor Banyu Woong sendiri berada di Desa Kutayasa, Kecamatan Madukara, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia.

Informasi lebih lanjut seputar kegiatan menarik dari Banyu Woong, anda bisa menghubungi nomor 0823-2467-4544.

7. Bendungan Panglima Besar Jendral Sudirman

obyek wisata di kabupaten banjarnegara

Tidak kalah dengan Wonogiri, Banjarnegara juga ternyata mempunyai bendungan yang sekaligus bisa di manfaatkan sebagai tempat wisata. Yaitu Bendungan Panglima Besar Jendral Sudirman yang berada di banjarnegara.

Apabila anda berkunjung ke tempat ini anda bisa menikmati pemadangan waduk yang luas. Sambil bersantai di pinggiran waduk yang mempunyai suasana yang begitu tenang.

Destinasi memikat ini biasanya menjadi tempat favorit bagi penduduk sekitar untuk sekedar bersantai. Mulai dari anak-anak muda sampai dengan orang dewasa kerap memadati area santai Bendungan ini.

Ketika bulan ramadhan tiba, maka banyak sekali pengunjung yang ngabuburit disini. Menikmati pemandangan hamparan luas air danau yang memikat dan bisa membuat kita lebih rileks.

Suasananya benar-benar alami, dan mampu membuat siapa saja betah untuk berlama-lama disini. Semilir angin membuat setiap aktivitas disini jadi lebih berkesan dan terasa nyaman.

Lokasi Bendungan Panglima Besar Jendral Sudirman berada di Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Keberadaan wisata alam Banjarnegara satu ini bila dijangkau dari pusat kota kurang lebih sejauh 14 km.

Dan memerlukan waktu selama sekitar 28 menit untuk perjalanan ke Bendungan ini dari alun-alun Banjarnegara. Waktu favorit yang biasa menjadi favorit para pengunjung ke bendungan Banjar ini adalah pada saat sore hari.

8. Curug Pitu

obyek wisata alam kabupaten banjarnegara

Curug Pitu, merupakan wisata air terjun yang berada di bajarnegara dengan sajian panorama mempesona. Yang tak kalah indahnya dengan wisata air terjun yang ada di bogor ataupun wonoosbo.

Wisata ini menyuguhkan pemandangan air terjun yang begitu alami dan juga pemandangan rimbunya pohon. Di sekitaran dan jalan menuju air terjun ala hutan tropis. Untuk dapat sampai ke tempat ini anda harus menyusuri jalan setapak yang agak sulit.

Tapi tenang saja, sebab untuk kendaraannya sendiri bisa melintasi hingga mendekati area air terjunnya. Jalannya sudah beraspal halus meski lumayan sempit, jadi untuk bisa tidak bisa lewat.

Sedangkan untuk motor ataupun mobil bisa dengan mudah melintasinya tanpa harus bersusah payah. Warga sekitar curug ini sangat ramah dan antusias kepada semua wisatawan yang datang.

Jadi tak heran apabila hal tersebut menjadi salah satu daya tarik dari Curug Banjarnegara satu ini. Keindahan Curug Pitu membawa banyak orang datang kesini, baik untuk bersantai ataupun bermain.

Airnya yang bersih, serta jernih menjadikan momen bermain air disini semakin seru. Kesegaran dari air terjunnya seakan mampu membuang semua kepenatan dalam diri kita.

Untuk dapat merasakan setiap hal-hal menarik disini tak memerlukan terlalu banyak biaya. Pada saat tulisan ini dimuat, tiket masuk Curug Pitu Banjarnegara sekitar Rp4.000 per orang.

Retribusi parkir kendaraan sebesar Rp2.000 untuk motor, dan mobil Rp4.000. Sangat murah sekali bukan bila dijumlah semua biaya untuk dapat berwisata bahagia disini.

Lokasi Air Terjun Curug Pitu berada di Sigaluh, Kemiri, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Jarak dari alun-alun Banjarnegara sendiri untuk sampai ke Curug Pitu jauhnya sekitar 9,5 km.

9. Surya Yudha Park

surya yudha park
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106692196266658913926

Setelah membahas begitu beragamnya wisata alam banjarnegara. Kini selanjutnya tim kami akan membahas tentang wisata buatan bernuansa air yang ada di banjarnegara. Yaitu Surya Yudha Park Banjarnegara, wisata ini merupakan wisata air andalan yang ada di banjarnegara.

Tempat wisata ini selalu ramai pengunjung, apalagi kalau weekend dan hari libur. Wisata ini selalu dipilih oleh masyarakat sebagai tempat wisata keluarga karena harga tiket yang murah dan juga fasilitas lengkap.

Di tempat menyediakan wahan air mulai dari untuk anak anak hingga orang dewasa. Selain itu di tempat ini tersedia rest area dan juga tempat untuk berisitirahat.

Kolam renang khusus anak tentu saja dibuat dangkal, sehingga aman untuk si kecil bermain. Sedangkan untuk kolam dewasa, yang paling dalam adalah sekitar 2 meter.

Ditambah dengan banyaknya wahana bermain air untuk memberikan keseruan lebih kepada para wisatawan. Seperti misalnya perosotan, dari yang pendek hingga lumayan tinggi.

Berenang di Surya Yudha Park kurang lengkap kalau anda tidak menyewa pelampung ban. Terdapat pelampung ban untuk satu orang maupun berdua.

Yang dimana dengan pelampung ban ini anda bisa bermain pada perosotannya. Atau menelusuri ber arus sungai yang menyenangkan.

Tak perlu khawatir soal biaya, sebab tiket masuk Surya Yudha Park saat ini sebesar Rp25.000 per orang. Untuk sewa lokernya sendiri biayanya adalah Rp10.000, agar barang-barang anda lebih aman.

Lokasi Surya Yudha Park terletak di Jl. Raya Rejasa No.KM, RW.1, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Di Tamanggung Jawa Tengah Keren !!!!

10. Serayu park Banjarnegara

serayu park banjarnegara

Selain Surya Yudha Park di banjarnegara juga mempunyai wisata yang menyuguhkan rest area. Yang di padukan dengan wisata air, selain itu juga tersedia tempat karoke yang nyaman.

Yang paling ikonik dari Serayu Park ini tentu saja adalah kolam renangnya. Kolam renang Serayu Park kerap dimanfaatkan para pengunjung untuk bersenang-senang.

Anak-anak kecil sampai orang dewasa bisa bermian serta berenang di Serayu Park Banjarnegara. Lengkap dengan perosotan yang akan membuat momen liburan disini semakin seru.

Dukungan sarana memadi menjadikan Serayu Park di Banjarnegara sangat rekomended untuk liburan bersama keluarga tercinta. Datang pada saat musim liburan atau akhir pekan, jangan heran bila ramai.

Maka dari itu, apabila ingin mendapatkan suasana yang lebih santai, datanglah diluar hari libur. Dan jangan lupa juga untuk datang lebih awal agar anda bisa rasakan semua hal-hal menarik di wisata Serayu Park.

Lokasi Serayu Park berada di Kutabanjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Letak persis Serayu Park sangat dekat dengan Alun-Alun Banjarnegara, yang dimana jaraknya hanya 1,7 km saja.

Bisa ditempuh dengan waktu singkat, yakni 4 menit kurang lebihnya. Sedangkan untuk akses jalan utamanya juga tergolong baik dan mudah dilintasi berbagai kendaraan.

11. Curug Muncar Banjarnegara

curug muncar banjarnegara
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115682276445552319221

Tempat wisata yang terakhir yaitu curug muncar. Menurut penulis curug ini merupakan curug yang paling bagus di bandingan curug yang lain di banjarnegara.

Dari namanya, mungkin sekilas mirip dengan Curug Purwoerjo. Sebab namanya sama-sama Curug Muncar, tapi tetap saja soal keindahan sudah pasti berbeda.

Apabila anda berkunjung di air terjun ini maka anda akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang begitu indah. Dengan perpaduan suasana alam pegunungan yang begitu sejuk.

Seperti halnya air terjun yang lain, untuk menuju curug ini dibutuhkan perjuangan dengan menyusuri jalan setapak ala pegunungan. Tapi anda tak perlu khawatir, sebab nantinya setelah sampai ke air terjun, semua rasa lelah terbayar tuntas.

Pesona air terjun Curug Muncar begitu menakjubkan dan seperti anda semua bakal takjub saat melihatnya. Meski curug Banjarnegara satu ini tak begitu populer, namun masih banyak yang datang kesini.

Kebanyakan dari mereka yang datang tentu saja karena ingin mencari ketenangan lebih. Gemuruh suara air terjun, semilir angin dan pemandangan alam serba hijau, menjadi suguhan yang membuat anda betah disini.

Lokasi Curug Muncar Banjarnegara berada di Dusun Menggora, Desa Tanjung Tirta, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara. Bila anda melakukan perjalanan dari pusat kota Banjarnegara atau Alun-Alun, maka musti menempuh jarak sekitar 20 km.

Dan waktu perjalanan yang diperlukan untuk sampai ke Curug Muncar Purbalingga kurang lebih selama 40 menit. Datanglah pada saat hari benar-benar cerah serta cuaca mendukung untuk beraktivitas di alam terbuka.

Video Travel Vlog Wisata Banjarnegara

Baca Juga :

    1. Tips Traveling Ke banjarnegara
    2. Promo Wisata Banjarnegara
    3. Daftar Hotel Murah di Banjarnegara
    4. Daftar Hotel terbaik di Banjarnegara

Rekomendasi Kuliner Banjarnegara

kuliner banjarnegara
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106480297309068828393

Dalam mengisi momen liburan ke Banjarnegara tentu saja akan jadi lengkap bila ditambah dengan berburu kuliner. Sebagai salah satu kota populer di Jawa Tengah, Banjarnegara punya kuliner rekomended tuk dijajal.

Berikut beberapa rekomendasi kuliner Banjarnegara yang patut anda cicipi. Mulai dari camilan, makanan berat, sampai minuman-minuman yang mampu mengusir dahaga anda.

1. Dawet Banjarnegara

Bukan suatu hal yang asing lagi ditelinga anda menenai Dawet Banjarnegara. Dawet merupakan minuman khas yang begitu populer di Banjarnegara dengan cita rasa khasnya.

Minuman yang biasanya disajikan dingin ini mempunyai rasa manis dan juga menyegarkan. Terbuat dari tepung ketan ataupun beras, yang kemudian dihidangkan bersama santan serta gula merah cair.

Ada banyak sekali penjual Dawet di Banjarnegara yang bisa anda explore. Dibawah ini beberapa lokasi penjaja Dawet Banjarnegara yang favorit, diantaranya :

  • Dawet Ayu Asli Hj. Munardjo, yang berlokasi Jl. M.T. Haryono No.12-22, Krandegan, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.
  • Dawet Ayu Kang Jamil, beralamat lengkap di Jl. Raya Timur Wanadadi, Tapen Krajan, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Serta masih banyak lagi penjual dawet, baik yang berupa kios ataupun geroobak didorong.

2. Soto Krandegan

Kudapan satu ini jangan sampai anda lewatkan ketika tengah berada di Banjarnegara. Soto Krandegan Pak Aping, termasuk kuliner Banjarnegara yang ikonik dan memiliki banyak penggemar.

Lokasi Soto Krandegan Pak Aping terletak di Jl. Mayjend Soetojo No.35, Krandegan, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

3. Kuliner Banjarnegara

Destinasi kuliner satu ini merupakan food court paling favorit di kota Dawet Banjarnegara. Selauyaknya tempat kulineran, disini anda dapat menemukan banyak sekali hidagan menggugah selera.

Seperti pecel lele, ayam goreng, kupat tahu, sop, bakso, mie ayam, dawet, aneka jus, es buah, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menemukan penjaja jajanan kekinian sampai tradisional dengan harga terjangkau.

Lokasi Kuliner Banjarnegara berada di Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara, Kelurahan Krandegan, Kecamatan Kabupatem Banjarnegara, Provinsi  Jawa Tengah.

4. Dapoer Central

Dapoer Central merupakan salah satu restoran Banjarnegara yang menyuguhkan beragam menu rekomended. Kuliner khas Indonesia, Jepang, Chinese hingga Western tersedia disini.

Tempat makannya terbilang luas, begitupun dengan area parkir yang memuat banyak kendaraan. Dapoer Central siap memanjakan lidah dari setiap pengunjung dengan hidangan lezatnya.

Menu Dapoer Central sangatlah melimpah, aneka olahan ayam, cumi, ikan, udang, sapi tersaji dalam beberapa olahan. Ada juga macam-macam sushi, udon, ramen, burger, spaghetti dan lain sebagainya.

Untuk lokasi Dapoer Central sendiri berada di Jl. Mayjend Panjaitan No.24, Krandegan, Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

5. Rm Saung Bu Mansur

Wisata Kuliner Banjarnegara selanjutnya adalah RM Saung Bu Mansur. Yang dimana rumah makan Banjar ini menawarkan menu berupa hidangan bebek dan ikan tradisional.

Disajikan pada sebuah tempat makan santai yang memiliki taman serta paviliun, sehingga pasti akan nyaman. Destinasi kuliner Banjarnegara satu inisangat rekomended untuk bersantap bersama orang-orang tercinta.

Lokasi RM Saung Bu Mansur berada di Parakancanggah, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Saung Bu mansur Banjarnegara buka setiap hari pada pukul 09.00 sampai dengan 21.30 wib.

Mungkin cukup sekian tentang review tempat wisata di banjarnegara yang ternyata gak kalah indahnya dengan kota kota tujuan wisata di jawa tengah lainya.

Bagikan artikel ini biar semuanya tahu bahwa sebenarnya banjarnegara ternyata mempunyai tempat wisata yang tidak bisa di pandang remeh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − 5 =