Benteng Van Der Wijck merupakan bangunan cagar budaya nasional yang termasuk dalam salah satu wisata bersejarah di Kebumen Jawa Tengah. Bangunan ini dahulunya merupakan sebuah benteng pertahanan oleh tentara Hindia Belanda yang digunakan saat melawan para pahlawan kita.

Sehingga disini para pengunjung dapat menemukan seperti penjara, kompleks makam Belanda, garasi, bangunan logistik perkantoran, barak prajurit dan rumah sakit. Benteng Van Der Wijck Kebumen berbentuk segi delapan, berlantai 2 dan tinggi bangunan mencapai 10 meter.

Tempat wisata Kebumen satu ini menjadi salah satu tujuan favorit para pelancong saat singgah di Kota Beriman ini. Dan kini hanya menyisakan sisa-sisa peninggalan masa lalu yang unik dan patut untuk kita telusuri cerita dan sejarahnya.

Harga Tiket Masuk Benteng Van Der Wijck

harga tiket masuk Benteng Van Der Wijck
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118256126521298612397

Mengunjungi beragam cagar budaya yang ada di Indonesia bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu libur bersama orang tercinta. Menyaksikan aneka peninggalan masa lampau dan tentunya kaya akan histori yang wajib kita telusuri.

Datang ke Benteng Van Der Wijck di Kebumen ini misalnya, dijamin tidak akan membuat anda khawatir dengan biaya yang dibutuhkan. Sebab wisata sejarah satu ini sangatlah ekonomis dan ramah dikantong para wisatawan.

Harga tiket Benteng Van Der Wijck yakni sebesar Rp25.000 per orangnya, dan berlaku untuk hari biasa maupun high season. Selain untuk biaya tiket masuk, anda juga perlu menyiapkan uang lebih untuk bermain di wahana yang seru dan pastinya asyik.

Seperti halnya naik perahu angsa, mobil-mobilan, waterpark, becak air, dan masih banyak lagi dengan harga yang pasti terjangkau. Jika anda ingin bermalam, taman sejarah ini juga menyediakan hotel wisata untuk anda menginap, tentu dengan biaya yang tak mahal.

Jam operasional wisata Benteng Van Der Wijck buka dari Rabu hingga Selasa pada pukul 08.00 – 17.00 WIB. Jika anda membawa rombongan orang banyak maka nanti akan mendapatkan harga spesial lho.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat benteng van der wijck
Foto : https://www.instagram.com/gombongkebumen/

Lokasi Benteng Van Der Wijck sangat mudah untuk ditemukan, karena dari kejauhan pun bangunan ikoniknya cukup terlihat. Alamat Benteng Van Der Wijck berada di Desa Sidayu, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Jarak dari pusat kota Kebumen untuk menuju Benteng ini diperkirakan mencapai 19 km dengan menempuh perjalanan sekitar 36 menit. Benteng Hindia Belanda ini punya empat pintu masuk yang letaknya tepat pada tiap penjuru mata angin.

Dengan pintu utama wisata Benteng yang letaknya berada di sisi barat daya, dan bangunannya memiliki dua lantai. Lantai pertama area Benteng VanDerWijck memiliki pintu masuk dan belasan ruangan cukup besar dengan ukuran masing-masing 18mx6,5m.

Pada lantai pertama juga memiliki 72 jendela dengan 63 pintu penghubung, serta 8 tangga untuk menuju ke lantai 2. Dan di lantai dua sendiri terdapat belasan ruangan berukuran besar, 84 jendela serta 70 pintu penghubung.

Atap dari Benteng VanDerWijck berbentuk piramid yang terbuat dari bata merah, sekilas bentuknya seperti bertingkat membuatnya lebih eksotis. Area bangunan benteng di dominasi oleh warna merah yang menyerupai batu bata.

Akses maps dibawah ini untuk memudahkan perjalanan wisata anda menuju Benteng Van Der Wijck untuk rekreasi yang mengesankan.

Datang juga ke –> Pantai Suwuk

Fasilitas

fasilitas benteng van der wijck
Foto : https://www.instagram.com/idatulfitriyah88/

Untuk menunjang berbagai kegiatan dan aktivitas wisatawan disini, wisata hits Kebumen ini telah di dukung sarana dan fasilitas yang memadai. Fasilitas Benteng Van Der Wijck di antaranya adalah :

  • Lahan parkir kendaraan
  • Pemandu wisata benteng
  • Kamar mandi / toilet umum
  • Mushola
  • Warung wisata
  • Becak air
  • Waterpark
  • Perahu angsa
  • Ayunan
  • Kereta mini berkeliling
  • Roda putar
  • Mobil-mobilan
  • Seluncuran
  • Kincir putar
  • Spot foto menarik

Nikmati berbagai keseruan yang Benteng Van Der Wijck sajikan agar momen rekreasi anda kali ini lebih berkesan. Jalan-jalan ke seluruh area benteng kemudian bermain pada wahana yang disediakan bikin liburan semakin tak terlupakan.

Kunjungi juga –> Pantai Menganti

Spot Terbaik di Benteng Van Der Wijck

spot terbaik di benteng van der wijck
Foto : https://www.instagram.com/puspita_nagari_/

Berdiri dengan gagahnya sebuah bangunan benteng peninggalan tentara Hindia Belanda kala itu bisa anda ekspolorasi dengan mudah. Memiliki dua lantai dengan di dalamnya terdapat puluhan ruangan dengan gaya arsitektur Belanda era tahun 1800an.

Unsur-unsur pendukung yang menambah menkjubakannya benteng ini adalah adanya bangunan seperti penjara, garasi, barak prajurit. Juga bangunan logistik perkantoran, rumah sakit dan kompleks makam Belanda yang pastinya dulu digunakan oleh para tentara.

Itu semua bisa anda temui dan memanfaatkannya sebagai latar belakang untuk berswafoto ataupun selfie. Jadikan spot terbaik di Benteng Van Der Wijck sebagai background dan hasilkan foto yang instagenic sekaligus menarik.

Review sebelumnya –> Pantai Karang Bolong

Tips Berkunjung

tips berkunjung benteng van der wijck
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112580207923628112935

Berikut ini beberapa tips berkunjung ke Benteng Van Der Wijck di Kebumen Jawa Tengah yang bisa anda simak.

  • Sebaiknya berkunjung ke Benteng pada saat hari cerah dan cuaca mendukung.
  • Anda bisa menyewa guide setempat untuk mengetahui sejarahnya dengan lengkap.
  • Gunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman untuk liburan dan jalan-jalan.
  • Ikut serta menjaga kebersihan serta kelangsung wisata cagar budaya.
  • Dilarang keras melakukan/berbuat tindakan yang berpotensi bisa merugikan.
  • Selalu mengutamakan keselamatan saat berwisata dan liburan.
  • Anak-anak yang sedang bermain di wahana harus dalam pengawasan orang tua.

Demikian tadi ulasan yang cukup singkat tentang taman wisata sejarah Benteng Van Der Wijck yang rekomended banget untuk di kunjungi. Bentuk bangunan yang eksotis seolah-olah membawa kita berada pada masa dimana Belanda menempati benteng ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − 13 =