Goa Petruk merupakan wisata alam dengan suguhan sebuah situs geologi yang terbentuk dari proses alamiah yang berada di Kabupaten Kebumen. Tempat wisata Kebumen satu ini adalah sebuah gua yang keseluruhannya terbentuk dari kapur membuatnya terlihat begitu eksotis.

Nama Petruk sendiri berasal dari sebuah stalaktit/stalagmit dalam gua yang bentuknya menyerupai hidung dari tokoh Ponokawan berbadan tinggi ini. Batu yang ada di dalam gua ini biasa disebut stalagmit atau stalaktit, bentuknya pun sangatlah unik dan begitu memikat.

Bagi wisatawan Gua Petruk maka akan disediakan alat-alat seperti headlamp, sepatuboot, baju tahan air, helm pelindung kepala dan pemandu. Yang bakal bikin liburan anda di wisata hits ini semakin berkesan dengan menelusuri indahnya Goa Petruk Kebumen.

Harga Tiket Masuk Goa Petruk

harga tiket masuk goa petruk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106893830953828281668

Mendengar nama Petruk, tentu banyak orang akan langsung teringat dengan salah satu tokoh pewayangan punokawan yang banyak akal. Hidungnya yang mancung dan sifat humorisnya selalu berhasil membuat banyak penikmat wayang tertawa dengan cerita-cerita dagelan si petruk.

Kita tinggalkan dulu cerita singkat petruk dalam pewayangan, kembali ke wisata Kebumen yang cukup populer dan selalu dipadati wisatawan ini. Untuk bisa menjelajahinya pun para pengunjung tak perlu mengeluarkan banyak uang, karena sangat ekonomis.

Harga tiket masuk Goa Petruk hanya sebesar Rp7.500 untuk orang dewasa dan Rp4.000 anak-anak dibawah 5 tahun. Biaya lain yang perlu dipersiapkan adalah untuk menyewa perlengkapan telusur goa dengan bermacam-macam perlengkapannya.

Mulai helm pelindung, senter, baju tahan air, septu boot dan masih banyak lagi jenis yang bisa anda sewa. Itu semua bisa anda dapatkan dengan harga sewa yang sangatlah terjangkau untuk semua kalangan wisatawan yang datang.

Sebagai bentuk menjaga kelestarian Goa Petruk Kebumen, area ini tidak diperkenankan menggunakan listrik untuk menerangi kawasannya. Sehingga memang cukup gelap dan diperlukan alat penerang tambahan jika anda ingin menelusuri Goa ini.

Bisa dengan membawa sendiri atau bisa juga sewa alat disini. Perhatikan jam operasional wisata Goa Petruk lebih dulu sebelum berkunjung ya, buka setiap hari dari pukul 07.30 – 16.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Goa Petruk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103893069362812963226

Lokasi Goa Petruk cukup mudah untuk di temukan oleh para wisatawan meski letak wisatanya tidak terlalu strategis. Goa dengan panjang mencapai 2 km ini memiliki area jelajah 100-600m, dengan tinggi rata-rata 32m dan lebar kurang lebih 14m.

Alamat Goa Petruk berada diDusun Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Dari alun-alun Kebumen untuk menuju wisata goa ini diharuskan menempuh perjalanan dengan jarak 38 km.

Beda hal jika perjalanan dari alun-alun Kota Gombong, jaraknya hanya sekitar 25 km dengan waktu tempuh 39 menit berkendara. Akses jalan yang harus di lalui sudah cukup baik dengan aspal yang layak di lalui oleh berbagai jenis kendaraan wisatawan.

Jika anda mengalami kendala atau kesulitan selama dalam perjalanan karena tak tahu jalan, tak perlu khawatir. Silahkan maps dibawah ini bisa anda gunakan untuk melihat petunjuk akurat yang akan memudahkan jalan-jalan anda ke Goa Petruk.

Datang juga ke –> Bukit Pentulu Indah

Fasilitas

fasilitas goa petruk
Foto : https://www.instagram.com/goapetruk/

Datang ke Goa bersama keluarga dan orang-orang tercinta bakal bikin momen liburan kali ini semakin bahagia dan tak akan terlupa. Berbagai fasilitas dan sarana pendukung yang cukup memadai dapat anda temukan disini selama rekreasi.

Fasilitas Goa Petruk di antaranya adalah :

  • Tempat parkir kendaraan memadai
  • Pusat informasi wisata Goa
  • Kamar mandi / MCK
  • Mushola
  • Persewaan alat telusur Goa
  • Tempat duduk / kursi
  • Warung wisata sederhana
  • Jasa pemandu wisata
  • Wisata panjat tebing Goa Petruk
  • Spot foto menarik

Dengan ragam fasilitas yang ada, tentu mampu menunjang berbagai aktivitas dan kegiatan dari para pengunjung selama liburan di Goa Petruk. Dapatkan liburan yang lebih bermakna sekaligus berkualitas dengan eksplorasi Goa Petruk yang memukau dan menakjubkan.

Kunjungi juga –> Pantai Pecaron

Spot Terbaik di Goa Petruk

spot terbaik di goa petruk
Foto : https://www.instagram.com/novian_kuncorohadi/

Wisata Goa Petruk sebenarnya terbagi ke dalam tiga bagian yang bisa anda temukan di dalamnya. Pada bagian pertama atau lebih tepatnya di lantai 1 hanya ada kelelawar dan aroma yang kurang sedap di sekitarnya.

Sedangkan bagian ke dua diberi nama Gua Semar, yang disajikan berupa pemandangan dari bebatuan yang cukup indah dan mempesona. Pada bagian terkahir, namanya Gua Petruk, karena disinilah terdapat batu dengan wujud hidung milik tokoh punakawan jenaka ini.

Stalaktit dan stalagmit bisa kita saksikan di tiap sudut kawasan wisata Goa Petruk yang masih sangat alami dan terjaga keasliannya. Ada beragam bentuk unik dari stalaktit dan stalagmit yang masih asli, seperti menyerupai tugu pancuran, payudara, semar dan baju putih.

Itu semua dapat anda jadikan latar belakang dan background ketika anda mengabadikan momen melalui aktivitas fotografi. Swafoto, selfie hingga merekam video pada spot terbaik di Goa Petruk wajib di lakukan dan jangan sampai di lewatkan.

Review sebelumnya –> Pantai Bocor

Tips Berkunjung

tips berkunjung goa petruk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107406358738609713358
  • Gunakan alas kaki yang tidak licin.
  • Persiapkan fisik dengan baik sebelum memutuskan untuk masuk Goa.
  • Goa Petruk tidak di sarankan bagi anda yang punya phobia tempat gelap.
  • Sedia senter sendiri untuk penerangan ketika di susur Goa.
  • Bawa baju ganti untuk anda kenakan setelah menjelajahi Goa Petruk

Demikian tadi ulasan yang cukup singkat seputar wisata Goa Petruk yang rekomended untuk anda jadikan tempat mengisi waktu libur selanjutnya. Bagi anda yang sedang mencari wisata anti maisntream di Kebumen, maka Goa Petruk adalah jawabannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + ten =