Goa Barat menyajikan sebuah destinasi wisata yang unik dan cukup menantang adrenalin bagi anda yang hobi berpetualang. Uniknya adalah, Goa Barat Kebumen memiliki banyak air terjun di dalamnya, tidak hanya satu ataupun dua tapi bahkan ratusan.

Ketinggian air terjun Goa Barat ini pun cukup bervariasi, mulai dari 5, 8 hingga puluhan meter lho. Dan letaknya bisa anda jangkau dengan susur gua terlebih dulu dengan mengenakan perlengkapan seperti senter, ropi, sepatu dan lainnya.

Wisata alam di Kebumen satu ini dikenal sebagai zona gelap, karena yang terang hanya di bagian mulut goa saja. Pokoknya di jamin deh, liburan dan eksplorasi wisata Goa Barat bakal bikin momen anda istimewa dan berbeda dari biasanya.

Harga Tiket Masuk Goa Barat

harga tiket masuk goa barat
Foto : https://www.instagram.com/smartrip.id/

Asal usul nama Goa Barat diambil dari bahasa jawa, “barat” yang artinya angin. Karena di Goa Barat memiliki angin yang cukup kencang hingga menimbulkan suara keras seolah tiada henti menuju bibir gua.

Tempat wisata Kebumen berikut ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang mengingkan liburan anti mainstream. Ada baiknya untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik ya, mulai dari kendaraan hingga keuangan.

Destinasi ini bisa anda jelajahi dengan biaya yang tidak terlalu murah, harga tiket masuk Goa Barat sebesar Rp50.000 per orangnya. Biaya tersebut sudah mencakup sewa perlengkapan susur gua seperti helm, pelampung, sepatu caving, senter, rompi hingga pemandu wisata.

Areanya yang gelap dan ekstrim membuat para wisatawan yang hendak menjelajahi kawasan Goa Barat untuk selalu berhati-hati dan utamakan keselamatan. Di temani oleh seorang pemandu susur goa yang berpengalaman untuk membawa anda kepada sensasi liburan yang menyenangkan.

Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Goa Barat, yuk ketahui lebih dulu jam operasional wisata yang berlaku di Goa Barat. Wisata Goa Barat buka pada setiap hari dari senin hingga minggu mulai pukul 06.00 -17.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat goa barat
Foto : https://www.instagram.com/septiyanindianto/

Lokasi Goa Barat cukup strategis dan mudah untuk ditemukan dari berbagai arah datangnya wisatawan. Letaknya juga berdekatan dengan salah satu wisata di Kebumen paling hits yakni Goa Jatijajar pada sisi timur.

Alamat Goa Barat berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Jarak dari pusat kota/alun-alun Kebumen ditaksir mencapai 32 km dengan menempuh perjalanan selama 60 menit.

Akan lebih dekat jika anda menjangkaunya dari alun-alun kota Gombong, jaraknya hanya sekitar 19 km dengan 36 menit berkendara. Akses jalan sudah cukup baik untuk di lalui semua kendaraan wisatawan yang melintas.

Meski di beberapa titik akan menemui jalan menanjak juga berkelok kelok, hal tersebut tidak akan menjadi masalah yang berarti. Namun tak ada salahnya bagi anda yang hendak jalan-jalan, untuk mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi siap disemua medan.

Dengan harapan agar proses perjalanan untuk liburan berlangsung lancar tanpa adanya suatu hambatan. Apabila anda tidak mengetahui jalan atau rute mana yang harus di lewati, gunakan saja maps dibawah ini.

Petunjuk akurat siap memudahkan perjalanan wisata anda menuju Goa Barat pada saat akhir pekan ataupun musim liburan.

Datang juga ke –> Pemandian Air Panas Krakal

Fasilitas

fasilitas Goa Barat
Foto : https://www.instagram.com/goabarat/

Berbagai fasilitas pendukung sudah tersedia, yang bertujuan untuk menunjang semua kegiatan dan aktivitas wisatawan disini. Fasilitas Goa Barat di antaranya adalah :

  • Area parkir kendaraan
  • Pusat informasi wisata
  • Pemandu berpengalaman
  • Sewa perlengkapan
  • Kamar mandi air bersih
  • Ruang ganti
  • Warung / kios wisata
  • Spot foto menarik

Temukan dan nikmati berbagai keseruan yang Goa Barat tawarkan untuk momen liburan yang lebih berkesan dan sulit terlupakan.

Kunjungi juga –> Jembangan Kebumen

Spot Terbaik di Goa Barat

spot terbaik di goa barat
Foto : https://www.instagram.com/smartrip.id/

Termasuk ke dalam wisata Kebumen yang rekomended untuk anda coba bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Mengunjungi sekaligus menjelajahi area Goa Barat dengan ratusan air terjun di dalamnya yang menakjubkan.

Setibanya di air terjun menawan di Goa Barat jangan lupa untuk mengabadikan momen melalui swafoto ya. Adapun nama air terjun Goa Barat, antara lain Superman’s Big Sister, Jump Ulysess, Takatsavone, dan Sister Morphine, keren-keren namanya ya.

Selain itu, namanya juga wisata goa tentu memiliki stalaktit dan stalagmit di berbagai sudutnya. Usianya yang di perkirakan mencapai ribuan tahun ini membuat siapapun yang melihatnya akan merasa takjub.

Itu semua bisa termasuk dalam spot terbaik di Goa Barat dan wajib tuk anda manfaatkan dan menjadikannya sebagai background berswafoto. Abadikan momen sebanyak-banyaknya melalui selfie, foto rame-rame hingga merekem beberapa video menarik.

Hasilkan foto instagenic dari spot menarik di Goa Barat untuk merangkum semua aktivitas seru selama liburan.

Review sebelumnya –> Alian Butterfly Park

Tips Berkunjung

tips berkunjung goa barat
Foto : https://www.instagram.com/smartrip.id/

Berikut ini tips-tips sebelum / saat berkunjung ke wisata alam Goa Barat dengan panorama indah, menawan sekaligus mengagumkan.

  • Perkirakan waktu kunjungan anda dengan sebaik mungkin agar lebih maksimal.
  • Sangat tidak disarankan berwisata Goa saat turun hujan dan menjelang malam.
  • Cari info terkini seputar tiket masuk, jam operasional, jasa guide / pemandu.
  • Selalu hati-hati dan utamakan keselamatan selama proses liburan.
  • Bila anda takut kegelapan sebaiknya untuk tetap tenang dan tidak panik.
  • Perhatikan rekan-rekan sekitar anda selama susur goa agar tetap terjaga.

Daya tarik wisata Goa Barat dengan ratusan air terjunnya serta stalaktit dan stalagmit di berbagai sudut membuatnya nampak cantik. Demikian ulasan singkat mengenai Goa Barat di Kebumen dengan suguhan kegiatan menarik untuk mengisi waktu libur anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 + one =