Goa Jatijajar adalah wisata Kebumen selain pantai yang rekomended untuk anda jadikan tujuan rekreasi selanjutnya saat musim liburan telah tiba. Tempatnya terbentuk dari proses alamiah dan menjadi situs geologi yang dimana keseluruhannya terbentuk dari kapur.

Gua Jatijajar memiliki panjang area sekitar 250m, lebar rata-rata 15m, dan tinggi yang mencapai 12 meter. Menjadi salah satu wisata paling populer di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah yang selalu menjadi incaran para pelancong untuk dijelajahi.

Di dalam Goa Jatijajar Kebumen memiliki banyak tiang kapur atau pilar, yaitu bertemunya antara stalagmit dan stalaktit. Sejarah Goa Jatijajar patut untuk anda explore dengan menyaksikan ragam ke eksotisan bangunan yang pertama kali ditemukan pada tahun 1802.

Harga Tiket Masuk Goa Jatijajar

harga tiket masuk Goa Jatijajar
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101277120141574083959

Misteri Goa Jatijajar terus berkembang dari masa ke masa, dan membuatnya semakin digandrungi karena rasa penasaran dari para wisatawan. Bagi anda yang ingin melihat dan mencari tahu secara langsung dengan semua yang ada di Goa, segera datang kesini.

Tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk bisa eksplorasi keunikan yang ada di Goa Jatijajar Kebumen Jawa Tengah. Harga tiket masuk Goa Jatijajar adalah sebagai berikut :

  • Tiket Masuk Anak : Rp5.000 (hari biasa) & Rp6.000 (hari libur)
  • Tiket Masuk Dewasa : Rp12.000 (hari biasa & Rp13.000 (hari libur)

Degan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau tentu tidak akan memberatkan para wisatawan yang datang dari berbagai penjuru daerah. Setelah membayar htm, wisatawan bisa masuk kawasan wisata gua dan selanjutnya di sambut oleh patung dinosaurus.

Patung dinosaurus ini tidaklah menyeramkan, dan hanya menjadi tanda saja bahwa goa ini memang sudah benar-benar tua. Setelah melewati patung tersebut, dapat dipastikan anda bisa berkeliling dan ke eksotisan goa Kebumen hits ini sampai puas.

Jika dilihat-lihat mengenai tiket masuknya, maka terbilang ekonomis dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Meskipun tiket masuk tersebut pastinya bisa sewaktu-waktu mengalami perubahan harga.

Jam Buka

goa jatijajar
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102439327972842838246

Sebelum berkunjung, ada baiknya ketahui terlebih dahulu jam operasional wisata yang berlaku di Goa Jatiajar Jawa Tengah ini. Wisata Goa Jatijajar beroperasi mulai pukul 07.30 – 16.00 WIB dan buka di setiap harinya.

Selalu terbuka untuk umum dari Kamis sampai dengan Rabu, jadi anda bisa kapan saja singgah disini. Sebaiknya datang dari awal, mengingat banyaknya keseruan yang musti anda explore.

Jangan datang terlalu mendekati jam tutup, karena anda jadi tidak bisa leluasa dalam berwisata ke Goa Jatijajar. Anda musti memperkirakan dengan sebaik mungkin waktu kunjungan, agar semuanya bisa berjalan sesuai keinginan.

Satu yang harus menjadi pertimbangan adalah kondis cuaca, mengingat sebagai area dari wisata ini berbasis outdoor. Sehingga saat disarankan untuk datang kesini pada saat hari cerah dan cuaca mendukung.

Apabila cuaca sedang kurang bersahabat, seperti misalnya awan mendung atau turun hujan tak ada salah untuk menunda dulu.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat goa jatijajar
Foto : https://www.instagram.com/putriamaliy/

Lokasi Goa Jatijajar di Kebumen ini berada pada ketinggian 50 meter di atas permukaan laut. Dan tahukah anda bahwa tempat ini juga menjadi sebuah situs geologi yang terbentuk dari proses alamiah.

Alamat Goa Jatijajar berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Dari pusat kota Kebumen untuk menuju Goa ini dibutuhkan waktu selama 60 menit dan menempuh jarak 32 km.

Akses jalan yang harus di lalui terbilang cukup baik untuk berbagai jenis kendaraan yang melintas. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum jurusan Goa Jatijajar yang tersedia.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, tak ada salahnya untuk mengecek terlebih dahulu kesiapan kendaraan anda. Agar perjalanan liburan berlangsung aman dan nyaman menerjang semua medan.

Apabila anda mengalami kesulitan saat dalam perjalanan menuju goa menawan ini, bisa bertanya pada warga sekitar. Atau, anda juga bisa menggunakan maps dibawah ini untuk memudahkan perjalanan dalam mencari letak Goa Jatijajar.

Datang juga ke –> Pantai Menganti memiliki pemandangan wisata bahari yang mempesona sebagai tujuan berwisata.

Fasilitas

fasilitas goa jatijajar
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105164668923329944232

Termasuk ke dalam daftar wisata populer di Kebumen yang tak pernah sepi dari pengunjung saat musim liburan telah tiba. Goa Jatijajar telah di dukung dengan sarana memadai dan fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang para wisatawan.

Fasilitas Goa Jatijajar di antaranya adalah :

  • Lahan parkir memadai
  • Pusat informasi wisata
  • Toilet umum
  • Warung aneka kuliner
  • Kios aksesoris & oleh-oleh
  • Permainan labirin
  • Taman yang asri
  • Spot foto instagrambale

Nikmati berbagai keseruan yang Goa Jatijajar tawarkan untuk sensasi liburan yang lebih berkesan dan pastinya tak akan terlupakan. Dapatkan pengalaman berwisata yang berbeda dari biasanya dengan menelusuri, melihat sekaligus menyimak ragam sejarah yang terjadi di dalamnya.

Kunjungi juga –> Pantai Karang Bolong dengan suguhan panorama menakjubkan sehingga menarik minat banyak wisatawan.

Spot Terbaik di Goa Jatijajar

spot terbaik di goa jatijajar
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114380355922824588072

Bangunan goa yang di temukan pertama kali pada tahun 1802 ini mulai dikembangkan sejak 1975 dan menjadi tempat wisata. Disini para pengunjung dapat menemukan banyak sekali spot-spot apik untuk berswafoto.

Diorama, menjadi salah satu spot favorit wisatawan yang tak boleh dilewatkan. Terdapat 8 diorama dan patung-patungnya berjumlah kurang lebih 32 buah.

Dari patung dan diorama ini sebagai gambaran atas kisah yang terkandung dalam cerita sejarah goa di masa lalu. Diorama dan patungnya sangatlah unik dan semakin menambah kesan cantik dari Goa Jatijajar.

Selain itu, berpetualang dan melihat stalagmit serta stalaktit yang diperkirakan berusia ribuan tahun juga wajib di coba. Bentuk goa yang masih sangat alami ini bisa anda jadikan latar belakang / background saat merekam video dan ambil foto.

Abadikan momen pada spot terbaik di Goa Jatijajar untuk hasilkan foto dan video yang menarik sekaligus instagenic.

Review sebelumnya –> Benteng Van Der Wijck tempat bersejarah yang menyimpan sejumlah daya tarik untuk di telisik.

Tips Berkunjung

tips berkunjung goa jatijajar
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118366175135237764767

Berikut ada beberapa tips sebelum anda singgah dan berkunjung ke Goa Jatijajar pada saat akhir pekan maupun musim liburan.

  • Perkirakan dan atur waktu kunjungan wisata anda ke Goa Jatijajar dengan baik.
  • Tidak di sarankan berwisata Goa saat cuaca buruk dan tidak mendukung.
  • Pastikan tubuh dalam keadaan sehat demi liburan yang lebih maksimal.
  • Gunakan ootd terbaik dan tentu nyaman di kenakan untuk semua aktivitas.
  • Pakai alas kaki yang bisa menerjang semua medan dan tidak licin.
  • Berhati-hatilah dan selalu utamakan keselamatan selama prosesi liburan.
  • Dilarang keras membuat kotor atau merusak sarana prasarana di area wisata.
  • Selalu jaga kebersihan, kerapian serta ke aslian lingkungan tempat wisata.

Demikian tadi ulasan singkat seputar wisata hits Kebumen yaitu Goa Jatijajar yang tak pernah sepi dari peminatnya. Keindahan alami dari goa yang terpancar begitu memikat dan mampu menghipnotis banyak pasang mata yang memandangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × two =