Tempat wisata di purworejo merupakan destinasi yang tidak boleh dilewatkan, hanya berjarak satu jam dari kota Yogyakarta. Seluruh tempat wisata yang berada di purworejo tidak kalah dengan tempat wisata lainnya, karena dianugerahi keindahan yang istimewa.  Tidak salah sekali untuk siapapun yang akan datang ke purworejo karena spot wisata yang baru dapat dijelajahi.

Tempat wisata yang anti-mainstream ini berada di purworejo dengan spot yang pastinya sangat instagrammable. Bentang alam yang berada di purworejo memiliki keindahan menawan yang membuat potensi perkembangan terhadap tempat wisata. Pastikan setiap tempat wisata di purworejo sudah masuk ke daftar list liburan anda di hari libur nanti.

Berikut daftar tempat wisata di purworejo jawa tengah yang sangat memiliki pesona keindahan alam natural:

1. Curug Muncar

wisata purworejo terdekat
Foto : https://www.instagram.com/kangbejo__/

Tempat wisata anak di purworejo, yakni Curug muncar merupakan keindahan nomor satu. Yang masuk kedalam keindahan tempat wisata alam di purworejo. Tempat ini menyimpan berbagai sumber daya alam yang sangat mempesona dan buat mulut terpaku diam.

Pemandangan lanskap yang berbentuk perbukitan ini disebut dengan air terjun alias curug muncar. Curug ini masih menjadi tempat yang tersembunyi dan masih sangat alami untuk dinikmati keindahannya. Serta memberikan sihir terdiam bagi yang melihatnya.

Air yang diturunkan dari atas masih sangat segar dan jernih sekali, begitu pula dengan debit air yang melimpah ruah. Kawasan curug ini bernuansa alami khas curug yaitu berbatu dan memiliki warna dominan hijau.

Akses yang digunakan untuk bisa masuk ke curug ini juga masih sulit dan bisa digunakan untuk keseruan selama perjalanan. Bagi yang jiwanya penjelajah dan petualang, silahkan untuk coba dan rasakan mengunjungi curug mancur.

Curug muncar terletak di Kalibalang, Kaliwungu, Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia. Ini merupakan tempat wisata purworejo yang sangat terkenal dengan keindahan alam naturalnya.

2. Pantai Jatimalang

wisata purworejo pantai
Foto : https://www.instagram.com/aritsantoso/

Pantai jatimalang Wisata pantai purworejo merupakan tempat wisata yang paling dekat dengan bandara internasional Yogyakarta yang berada di kulon progo. Wisata ini disebut juga dengan pantai dewaruci jatimalang yang diambil dari penggambaran dewa laut dalam pewayangan jawa.

Pantai yang bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata ini tidak kalah menarik dari pantai lainnya yang sangat indah. Dan anda bisa berfoto dekat di spot favorit dengan tulisan dewaruci.

Tulisan dewaruci akan terpampang jelas Ketika masuk ke Kawasan pantai yang ada di depan. Harga tiket masuknya yaitu sekitar 3 ribu saja setiap orangnya ditambah dengan biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah saja.

Pengunjung bisa juga berfoto di patung besar dewa ruci yang sedang bertarung dengan seekor ular. Kawasan yang indah ini diperindah untuk meningkatkan wisatawan nusantara dan juga berbagai wisatawan mancanegara.

3. Curug Lumbung

wisata purworejo hits
Foto : https://www.instagram.com/evvaant/

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi lainnya ini memiliki kemenarikan tersendiri yang dimiliki purworejo. Tempat ini bernama curug lumbung, menyediakan pemandangan tebing disertai dengan aliran sungai berada di bawahnya.

Curug ini memiliki daya Tarik yang tidak boleh dilewatkan bagi siapapun karena air yang masih sangat bersih dan segar. Batuan yang tersusun juga cukup unik terlihat pada dinding tebing yang pastinya tidak ada nomor dua selain di curug lumbung.

Nuansa yang berada di Tempat wisata keluarga di purworejo ini sangatlah sejuk. Membuat siapapun merasakan udara segar dan asri sejak berada di tempat ini.

Lokasinya berada di Jalan Krandon, Random, Karang Sari, Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Datang juga ke –> 20 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru dengan sajian destinasi memukau dan kekinian selalu ramai oleh wisatawan.

4. Alun Alun Purworejo

Wisata Pantai Purworejo
Foto : https://www.instagram.com/ridwantaufiq_/

Alun-alun merupakan Wisata alam purworejo yang direnovasi beberapa tahun lalu mampu memberikan perubahan yang sangat menarik dan lebih tertata rapi. Alun alun yang biasanya didatangi oleh wisatawan ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi jika sedang berada di purworejo.

Purworejo yang berada di jawa tengah ini merupakan alun-alun yang sangat bagus dan juga ditambahkan beberapa fasilitas lainnya juga. Alun-alun purworejo ini dijadikan sebagai tempat wisata dan beberapa fasilitas seperti lainnya untuk melengkapi.

Adanya tempat bermain anak, ruang olahraga, gazebo dengan fasilitas wifi dan lainnya juga masih banyak lagi. Ada berbagai spot foto yang menarik digunakan untuk mengabadikan kegiatan selama berada disana dan menjadi kenang-kenangan.

Beberapa lampu lampion ikut menghiasi dan digunakan untuk mempercantik keindahan alun-alun purworejo tersebut. Adanya banyak hiasan lampion ini, alun-alun ini menjadi Kawasan yang paling diminati saat malam oleh para wisatawan.

Untuk Tempat wisata di Purworejo jawa tengah, jika anda lelah setelah berkeliling menggunakan kaki, jangan khawatir. Disana disediakan becak lampu atau delman yang bisa digunakan untuk mengelilingi seputaran alun-alun purworejo.

Selain nuansa keindahan lampion, ada pula romansa kuliner untuk melengkapi traveler para pencari makanan.

5. Curug Silangit

wisata di purworejo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/vaadillaaa/

Curug silangit merupakan Wisata terbaru di purworejo salah satu tempat wisata yang selalu dikunjungi oleh berbagai traveller dan juga wisatawan. Wisata ini terletak di desa somongari yang terletak di kecamatan kaligesing dengan pesona air terjunnya sangat unik.

Air terjun ini bernama curug silangit yang sangat menjulang tinggi dan memiliki aliran air diantara pohon yang rindang. Curug silangit ini memiliki jalur trekking tersendiri yang mudah dilalui ada pula dna harus melewati medan yang berat.

Trekking yang ada di curug silangit ini terbilang mudah dan tidak perlu mengeluarkan tenaga yang super ekstra. Perjalanan yang akan dilakukan tidak jauh hanya 100 meter saja dan jalanan yang sudah dicor.

Ditengah perjalanan kamu akan melewati jembatan yang berada di atas air dan terbuat dari bambu. Ditempat ini kamu akan mendapatkan pemandangan di pinggiran sungai yang mengalirkan air dari curug silangit tersebut.

Hawa yang masih sangat sejuk dan asri ini mampu membuat kamu menghirup udara bersih dengan suara serangga yang bersahutan. Pesona curug ini terdiri dari 3 tingkatan dan memiliki tinggi sekitar 10 meter.

Curug yang letaknya di tengah dengan ketinggian sekitar tinggi pohon kelapa dna berada paling atas dengan ketinggian sekitar 30 meter. Air yang mengalir ini berasal dari sebuah bukit dusun sijanur dengan airnya yang menyebar penjuru tebing dengan sangat jernih sekali.

Kolam curug ini memiliki kedalaman sekitar 5 meter. Sehingga untuk yang kurang mahir dalam berenang, dipersilahkan untuk tetap berada di pinggir saja.

6. Museum Tosan Aji

wisata di purworejo jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/arum_wahyu/

Tosan aji merupakan keindahan natural Tempat wisata di purworejo salah satu museum hasil budaya bangsa. Pada masa nenek moyang dan perundagian yang menjadi identitas budaya saat ini.

Museum ini diprakarsai oleh kementerian dalam negeri bapak soepardjo Rustam. Dan sudah diresmikan oleh gubernur jawa tengah pada 13 april 1987.

Museum tosan aji berada di pendopo kawedanan kutoarjo pada saat itu. Namun pada tanggal 10 juni 2001 sudah dipindahkan ke purworejo. Hal tersebut digunakan untuk lokasi terpadu beberapa bangunan yang memiliki budaya sejarahnya.

Contohnya saja masjid agung darul muttaqin yang berada di sebelah barat alun-alun bedug pendowonya. Tosan aji sendiri ada di sebelah selatann dari bedug pendowonya tersebut.

Museum ini menempati bangunan bekas pengadilan pada masa belanda yang berisi keris, pedang, tombak, dan lain sebagainya. Benda benda tersebut dikoleksi di dalam tosan aji dan merupakan cagar budaya. Seperti patung, lingam batu pipisan, batu gong, menhir, dan lainnya.

Koleksi museum tosan aji juga sangat disimpan rapi dan berasal mulai dari masa kerajaan majapahit. Sementara cagar budaya ini ada masa pra sejarah yang masa klasik. Ada pula koleksinya hingga saat ini memiliki jumlah kurang lebih sekitar 1.024 bilah koleksi yang ada.

Museum ini juga terdapat gamelan kuno kyai cokronegoro yang disebut sebagai hadian dari sri susuhunan pakubuwono 6. Untuk diberikan kepada bupati purworejo 1, cokronegoro 1. Tempat wisata sejarah yang harus dikunjungi untuk yang berkunjung ke purworejo dan sekitarnya.

7. Curug Kaliurip

wisata alam purworejo
Foto : https://www.instagram.com/ametrebbel/

Curug kaliurip ini merupakan destinasi wisata alam dan Obyek wisata di purworejo yang masih banyak dikunjungi di purworejo, jawa tengah. Wisata ini menyajikan tempat wisata yang digunakan untuk melepas penat bagi yang suka berpetualang dengan perjalanan menuju curug.

Destinasi mempesona ini letaknya berada di dukuh krajan, desa kaliurip, kecamatan kemiri. Sekitar 20 km dari pusat kota purworejo dan menuju arah barat daya. Lokasi yang berada di 2 km dari pasar kemiri ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa dan sungguh menawan.

Lokasi parkir mobil yang ada di Tempat wisata di purworejo terbaru ini cukup terbatas, hanya sekitar 2-3 mobil saja. Dan membutuhkan tenaga ekstra untuk memutar balik arah kendaraan. Sangat disarankan sekali, untuk yang mengunjungi curug kaliurip ini menggunakan kendaraan motor saja.

Nantinya anda akan menemui gazebo yang digunakan untuk beristirahat dan barulah anda berjalan menuju curug ke 100 meter. Tiketnya hanya membayar 3 ribu hingga 5 ribu saja untuk hari libur.

Perjalanan ini menuju air terjun ditemani pepohonan dan semilir angin yang berada ditengah hutan curug. Terdapat banyak anak tangga dijumpai saat menuruni lokasi curug dan hanya membutuhkan waktu 5 menit saja.

Air terjun yang memang eksotis ini memiliki hanya satu garis vertikal air yang mengalir setinggi 20 meter di lingkup terpancar. Air terjun ini diperbolehkan untuk mandi di Kawasan air terjun bagi pengunjung yang datang.

8. Goa Seplawan

tempat wisata anak di purworejo
Foto : https://www.instagram.com/zezen_arifin/

Goa seplawan merupakan Wisata purworejo hits panorama yang sangat luar biasa sangat menawan dan sungguh eksotis. Pemandangannya yang sangat luar biasa ini tidak boleh dilewatkan dan pernah ditemukan patung emas dewa siwa dan dewi parwati.

Destinasi wisata ini dijadikan sebagai tempat bernilai sejarah yang sangat tinggi di sekitar daerah purworejo. Panorama bawah tanahnya yang keren ini sangat membuat mata tersihir sehingga akan segar jika melihatnya.

Lokasinya yang berada di Katerban, Donorejo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ini mampu menarik banyak perhatian banyak orang. Selain keindahannya yang alam natural tetapi sejarahnya cukup kental terasa bagi siapapun yang akan datang ke goa seplawan ini.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata Di Kabupaten Banjarnegara dengan suguhan pesona keindahan alam menawan dan tiada lawan.

9. Pantai Ketawang

wisata purworejo
Foto : https://www.instagram.com/journey_traveling/

Pantai ketawang merupakan Tempat wisata di purworejo wajib yang harus didatangi karena keindahannya yang berada di deretan pohon cemara. Berlibur ke pantai ini merupakan wisatawan tak perlu membawa budget yang banyak sekali.

Lokasinya yang berada di pedesaan ini memiliki keindahan pemandangan yang asri dan memiliki fasilitas lengkap membuat liburan anda lebih menyenangkan. Lokasi lengkapnya berada di desa sengoro wetan, tawangrejo, kecamatan grabag, kabupaten purworejo, jawa tengah.

Sesuai dengan Namanya, wisatawan mencari pantai ini sangat mudah karena berada dekat dengan pantai lainnya. Harga tiket masuk hanya 2-5 ribu saja untuk bisa mengambil foto dari Menara atau mercusuar pantai yang sangat tinggi.

Pemandangan yang ada di pantai ketawang ini memiliki pesona pegunungan yang berada di sebelah timur sebagai spot foto instagramable. Ada pula pesona laut yang memiliki pemandangan panorama laut yang masih sangat jernih dan rileks dan serta bersih.

Keindahan karst gombong ini merupakan pantai ketawang yang melihat keindahan untuk menawan dari kejauhan. Keindahan karst ini betah sangat dinikmati sekitar pantai untuk spot foto view alam yang luar biasa indah sekali.

Adanya mercusuar untuk melihat ketinggian ini merupakan salah satu ikon pantai ketawang yang dibangun di tengah rawa. Mercusuar ini juga menggunakan peralatan pengaman yang canggih dan bisa diakses jalan hingga puncaknya.

View pohon cemara juga makin sangat indah untuk memberikan keteduhan bagi para wisatawan dengan pantai dari pinggir. Adanya wadah yang digunakan untuk diisi ikan dengan air tawar dan air payau sehingga terlihat menarik.

10. Geger Menjangan

objek wisata di purworejo
Foto : https://www.instagram.com/singgihpratama/

Keindahan Wisata purworejo pantai puncak geger menjangan yang berada di desa trirejo, kecamatan loano, kabupaten purworejo, jawa tengah. Wisata puncak geger menjangan ini merupakan tempat wisata yang sangat ramai di hari biasa maupun pada hari liburan. Dengan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas sehari-hari.

Wisata ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda di akhir pekan maupun liburan Panjang. Keindahan wisata ini sangatlah baik untuk anda yang berada di dekat maupun jauh untuk mengunjungi tempat ini.

Wisata puncak geger menjangan ini merupakan sebuah hamparan bukit ini jika dilihat dari kejauhan ini merupakan mengenalnya dengan geger. Wisata ini memiliki ketinggian 125 hingga 200 mdpl.

Fasilitas yang berada di geger menjangan ini sangat lengkap dengan adanya fasilitas pendukung. Seperti area parkir kendaraan, penginapan, warung makan, tempat istirahat, kamar mandi, dan masih banyak lagi. Fasilitas ini dilengkapi digunakan untuk menunjang kebutuhan para pengunjung geger menjangan.

Sebelum anda menuju ke tempat wisata geger menjangan ini perlu mempersiapkan keperluan yang akan dibutuhkan untuk segala kebutuhan. Perlu menyediakan kamera yang digunakan untuk mengabadikan momen tersebut.

11. Sumber Adventure Center

wisata di purworejo
Foto : https://www.instagram.com/mayang_puspitarini/

Sumber adventure center Wisata purworejo merupakan tempat wisata yang terpadu, terletak di jalan kutoarjo menuju kebumen km 3.5. Lokasinya di desa andong, kecamatan butuh, kabupaten purworejo. Dan termasuk di Kawasan terpadu khusus untuk publik.

Disediakan rest area digunakan untuk menu kuliner dengan berbagai coffee shop dan parkiran luas. Adanya water park ini juga bisa digunakan untuk wisata rekreasi seperti road race dan siplay arena, serta games lainnya.

Ada pula tourist transit terminal digunakan untuk berbagai paket wisata, lokal, dan domestic serta regional. Sumber adventure center ini merupakan Wisata di purworejo museum dengan pembangunan fisik.

12. Hutan Pinus Kalilo

wisata purworejo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/galihbinkuper/

Salah satu tempat Wisata di purworejo terbaru yang sangat dekat dengan kota Yogyakarta. Ini tidak kalah menarik dari pusat kota Yogyakarta. Banyak sekali keindahan alam natural yang bisa dilihat dan dinikmati baik pemandangannya maupun udaranya.

Lingkungan yang masih bersih membuat seluruh pengunjung pasti akan terdiam melihat tempat wisata ini. Tempat wisata ini merupakan hutan pinus yang dinamai dengan hutan pinus kalilo.

Hutan pinus kalilo merupakan destinasi yang sangat hits dalam beberapa waktu terakhir ini. Tidak hanya menyuguhkan panorama hutan pinus menarik, tetapi ada pula spot foto alam yang sangat membuat daya Tarik sedniri.

Layaknya hutan pinus lainnya, tempat wisata ini menawarkan kesejukan udara dan alam untuk bersantai sambil minum the atau kopi. Hal yang tidak boleh dilewatkan adalah anda mengabadikan pemandangan melalui foto maupun selfie.

Banyak sekali Wisata purworejo yang bisa menjadi titik untuk foto, karena sangat luar biasa pemandangan yang ditawarkan. Hutan pinus kalilo ini berada di Kalilo, Tlogo Uwo, Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah.

Reveiw Sebelumnya –> 14+ Tempat Wisata di Purbalingga Paling Menarik di Kunjungi

Berikut merupakan keindahan Tempat wisata di purworejo yang wajib berada di daftar liburan anda pada hari pekan tiba. Jangan lupa untuk selalu menjaga ucapan dan kebersihan selama berada di tempat wisata. Hal itu berguna agar tempat wisata selalu terlihat natural untuk dilihat setiap akan kalian kunjungi nantinya.

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here