Tempat wisata di Purbalingga – Purbalingga merupakan sebuah kabupaten yang berlokasi di provinsi jawa tengah dengan luas daerah kurang lebih 777 km persegi. Purbalingga juga berbatasan langsung dengan daerah tujuan tempat wisata lainya seperti pekalongan, banjarjenaga, banyumas dan juga Pemalang.

Purbalingga ini mempunyai berbagai macam tempat wisata mulai dari wisata alam purbalingga, wisata budaya hingga wisata kulinernya yang sangat menggoda. Dan ternyata purbalingga ini terkenal dengan julukan kota curug. Dengan julukan tersebut pastinya banyak banget dong air terjun yang indah di purbalingga ini.

Penasaran kayak apasih objek wisata purbalingga ini?? Oke simak riview dari MyTrip123.com berikut ini :

1. Mencoba Derasnya Air Sungai Klawing

wisata-air-sungai-klawing-purbalingga
image by @nur_qolichah

Sungai klawi merupakan sungai yang terletak di dua kecamatan yaitu kecamatan Bobotsari dan Mrebet Purbalingga. Bagi anda yang suka dengan tantangan mungkin sungai ini cocok bagi anda.

Di sungai ini anda bisa melakukan berbagai aktifitas seperti arum jeram dan dan juga river boarding. Mengisi waktu liburan dengan kegiatan susur sungai akan jadi pengalaman yang sangat berkesan.

Jadi sebelum datang kesini, pastikan anda dalam keadaan sehat dan sedang tidak sakit. Disamping itu pastikan juga, anda tidak takut berlama-lama di dalam air.

Meski tak lihai berenang, anda tak perlu khawatir karena perlengkapan river sudah sesuai standarnya. Disamping itu anda juga pemandu wisata yang akan mengarahkan dari awal sampai akhir aktivitas seru ini.

Beberapa waktu yang lalu sungai klawing menjadi tumah rumah kejuaraan river boarding tingkat nasional. Kegiatan tersebut juga sekaligus menjadi ajang promosi soal potensi wisata Purbalingga satu ini.

Yang pasti ketika akan berlibur disini, anda wajib membawa baju ganti. Dan juga ajaklah beberapa orang-orang terdekat disekitar anda untuk merasakan bahagia bersama disini.

Jam operasional pada wisata Klawing Adventure dimulai pada pukul 8 pagi sampai dengan 4 sore. Karena aktivitas susur sungai dilakukan di alam terbuka, maka sebaiknya datang kesini ketika musim panas.

2. Curug Nini

objek wisata air terjun di purbalingga
image by @ucax_ungsat

Tahukah anda, purbalingga ternyata di juluki sebagai kota seribu curug. Banyak sekali air terjun yang bisa anda jelajahi di purbalingga. Salah satunya adalah curug nini yang berlokasi di cipaku dan pagerandong.

Lokasinya yang berada di kedua desa karena curug nini merupakan pemisah antara kedua desa tersebut. Keberadaannya yang berada di dalam hutan mengharuskan para traveler yang ingin berkunjung ke curug ini harus berjalan kaki terlebih dahulu. Sebelum sampai ke curug yang indah ini.

Dengan ketinggian curug yang tidak terlalu tinggi curug ini sangat bersahabat dan tidak berbahaya untuk bermain air. Di situ anda dapat berenang dan melompat dari atas tebing ke dasar air.

Untuk anda pecinta alam, pasti akan cocok mengisi waktu libur di Curug Nini Purbalingga yang mempesona. Rasakan kesejukan alam Curug Nini yang keasliannya masih begitu terjaga.

Bawa diri anda senyaman mungkin ketika berada di wisata curug Purbalingga satu ini. Datanglah pada saat cuaca mendukung, agar semua keseruan yang anda lakukan disini lebih maksimal.

Perhatikan cuaca dihari anda akan datang tuk bermain-main disini. Tidak disarankan datang kesini pada saat cuaca kurang mendukung atau sedang turun hujan.

Jangan lupa juga bahwa anda harus sedia bekal sendiri sebelum tiba di spot utama air terjunnya. Mengingat fasilitas Curug Nini belum terlalu lengkap, namun tak akan menjadi penghalang liburan anda.

Sebagaian besar curug di purbalingga berada di kecamatan mrebet. Jadi untuk menemukan banyak curug anda bisa lasngung mengnjungi kecamatan tersebut.

3. Curug Tempuran

wisata curug di purbalingga
image by @saynoaja

Tempat wisata curug di purbalingga selanjutnya adalah curug tempuran yang mempunyai air yang sangat jernih. Dan cocok sakali di gunakan untuk mandi. Curug tempuran sendiri belokasi di binangun kecamatan mrebet.

Air terjun yang satu ini tidak kalah indahnya dengan air terjun nini yang sudah dibahas di bagian sebelumnya. Air terjun tempuran terdapat kolam dengan air yang jernih yang dapat di gunakan mandi atau sekedar untuk bermain air.

Kala anda merasa penat atau stres, maka cobalah berkunjung kesini bersama teman-teman. Rasakan kesegaran airnya dengan berenang serta menyelam pada area yang disediakan.

Tetap hati-hati dan waspada agar momen berwisata kali ini baik-baik saja dan sesuai rencana. Jangan lupa juga tuk ikut serta dalam menjaga kebersihan serta keberlangungan alam Curug Tempuran Purbalingga.

Suasana di Curug Tempuran terlihat lebih menakjubkan ketika hari benar-benar sedang cerah. Untuk itu penting melihat kondisi cuaca sebelum anda datang kemudian liburan disini.

Apalagi untuk bisa explore semua keindahannya, anda sama sekali tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk Curug Tempuran sampai hari ini belum diberlakukan secara resmi alias masih gratis.

Jadi tunggu apalagi, ingin liburan yang low budget? Maka Curug Tempuran adalah jawaban tepatnya.

4. Curug Tuntung

curug tuntung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118376328935868279814

Masih membahas tentang curug yang ada di purbalingga, yaitu curug tuntung yang berlokasi di desa binangun. Lokasinya yang berada dalam satu desa dengan curug tempuran rugi.

Jika anda berkunjung ke curug tempuran tapi tidak sekaligus berkunjung ke curug tuntung maka kurang lengkap. Sebab suasana yang ditawarkan masih sepi dan jarang orang yang tahu.

Pilihan yang tepat apabila anda ingin merileksasikan diri dengan duduk santai sembari melihat banyak panorama. Landscape alam Curug Tuntung Laut bakal membuat setiap pasang terpana akan keindahannya.

Di sekeliling curugnya, mudah anda jumpai pemandangan alam serba hijau. Dari pepohonan rimbun dan juga tumbuhan-tumbuhan subur disekitarnya. Dan juga nuansanya begitu sejuk, semilir angin begitu mendominasi area wisata Curug Tuntung Laut Purbalingga.

Untuk menuju curug ini anda pertama akan melewati perkampungan penduduk. Dan selanjutnya anda di suguhkan dengan rute perkebunan coklat dan kopi sebelum sampai di curug tuntung.

Persiapkan diri anda untuk jelajah dan jalan-jalan mencapai spot utama air terjun Curug Tuntung yang menakjubkan. Anda tak perlu takut bila belum tau jalannya, sebab bisa mengakses peta pada Google Maps.

5. Curug Ciputut

curug ciputut
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104970760588818203009

Lengkapi perjalanan menyusuri curug di purbalingga dengan mengunjungi curug ciputut yang eksotik ini. Curug ciputut sendiri berlokasi di serayu layangan, kec mrebet purbalingga.

Letak persis dari curug Purbalingga yang menawan ini bila dijangkau dari alun-alun kota jaraknya sekitar 15 km. Membutuhkan waktu selama kurang lebih setengah jam untuk sampai ke curug dari pusat kota Purbalingga.

Untuk menjangkau air terjun ini anda harus melewati rute yang cukup sulit. Bagi anda pelancong sejati pastinya rute yang sulit akan menjadi sangat menarik ntuk di jelajahi.

Gunakan alas kaki yang mendukung untuk jelajah alam, agar perjalanan lebih nyaman dan bebas halangan. Anda juga harus dalam kondisi fit dan sehat, agar setiap momennya bisa berlangsung sesuai rencana.

Sesampainya di curug ini anda dapat langsung menyeburkan diri ke air yang segar dan bersih. Untuk sekedar menghilangkan rasa lelah saat perjalanan menuju curug.

Selama berenang tetap harus berhati-hati, dan jangan sampai lengah agar semua baik-baik saja. Agar lebih maksimal, kami rekomendasikan untuk anda berlibur ke Curug Ciputut Purbalingga pada saat hari cerah.

Datang di pagi hari untuk mendapatkan view elok dan udara yang benar-benar segar.

6. Agrowisata Lembah Asri Purbalingga

lembah asri
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104094581693751560522

Objek wisata alam purbalingga slenjutnya adalah argowisata lembah asri yang berlokasi di Ds Serang, kec Karangreja Purbalingga. Loaksinya yang berada di pegunungan membuat daerah ini mempunyai hawa yang sangat sejuk. Dan dilengkapi dengan view gunung slamet yang instagramable.

Obyek wisata alam purbalingga ini berjarak sekitar 23 kilometer dari jantung kota purbalingga. Wisata alam ini juga yang menghubungkan beberapa objek wisata di sekitar purbalingga seperti Wisata air wabong, goa lawang dan lainya.

Untuk lebih lengkapnya, wisata Lembah Asri berlokasi di Jl. Raya Serang, Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

Apa sih yang bisa anda dapat di tempat ini??? Banyak kok, di tempat ini anda dapat menikmati paket outbound dengan harga terjangkau. Berwisata di kebun stroberi dan juga sayur, selain itu juga sebenarnya masih banyak yang bisa anda lakukan di tempat itu.

Jalan-jalan menelusuri setiap sudut Lembah Asri yang mempesona untuk ciptakan kesan lebih bahagia. Mata kita akan benar-benar dibuat terbelalak dengan sajian pemandangan mengagumkan.

Suasanya bikin nyaman dan betah untuk berlama-lama berkat sejuknya udara sekitar. Sehingga destinasi ini wajib jadi pilihan anda liburan bersama orang-orang tercinta.

Agrowisata lembah asri ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga di purbalingga dengan biaya terjangkau.

7. Igir Wringin

igir wringin
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111982103906842602628

Bagi anda yang suka dengan naik gunung mungkin salah satu destinasi di purbalingga ini bisa anda kunjungi. Namanya puncak wringin yang berlokasi di Ds panususpan, Kec Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Ternyata wisata ini sempat ngehits di kalangan traveler karena keindahan pemandangannya. Di puncak tersebut anda dapat menikmati pemandangan kabupaten purbalingga dari atas gunung. Puncak wingir ini hampir seperti yang ada di kulonprogo yogyakarta yang juga gak kalah ngehitsnya.

Disaat anda dilanda kepenatan karena banyaknya pikiran, maka tenangkan sejenak di Bukit Igir Wringin Purbalingga ini. Anda akan dihadapkan pada panorama luas sejauh mata memandang dengan pesona tiada batasnya.

Sewajarnya area puncak bukit, udara disini sangatlah sejuk dan pastinya bikin betah liburan. Anda bisa mengajak teman dan orang-orang tercinta kesini untuk sama-sama melihat banyak view mengagumkan.

Penasaran dengan pemadangannya??? Daripada cuma pensaran mending cek langsung wisata indah ini. Owh iya di tempat tersebut juga terdapat rumah yang membuat wisata tersebut semakan menarik untuk di kunjungi.

8. Curug Sumba

tempat wisata di purbalingga
image by @arvin_av

Ada satu lagi nih spot wisata air terjun di purbalingga yang sangat menarik untuk di kunjungi. Yaitu curug sumba yang berlokasi di Desa Tlahab, Keamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga.

Curug ini mempunyai genangan air yang cukup luas sehingga memungkinkan anda bisa berenang di curug ini. Ataupun sekedar untuk bermain air bersama kerabat.

Untuk yang ada lihai berenang, pasti akan sangat suka explore air terjun Curug Sumba yang memikat ini. Airnya begitu jernih, bersih dan pastinya menyegarkan, sehingga kepenatan seketika akan pergi menghilang.

Owh iya, sekedar rekomendasi dari  MyTrip123 sebaiknya mengunjungi curug ini pada saat musim kemarau. Karena warna air di curug ini berwarna biru dan yang pastinya sangat jernih.

Disamping itu ketika musim panas pun, view sekitar air terjunnya benar-benar mempesona. Beda ketika musim hujan, yang dimana debit air terjun cenderung jadi lebih deras sehingga lumayan berbahaya.

Di curug ini juga sering di jadikan area memancing oleh warga sekitar. Bagi anda yang suka mancing, maka cobalah isi waktu senggang anda disini dan rasakan keseruannya.

9. Situ Tirta Marta

destinasi wisata pubalingga
image by @ifan.black

Bagi anda traveler pastinya tahu dong dengan wisata umbul ponggok di klaten??? Ya umbul ponggok merupakan wisata air di klaten. Di situ anda dapat mencoba sensasi snorkling air tawar.

Owh iya kita kan sekarang sedang membahas wisata di purbalingga. Di kota ini juga terdapat wisata air seperti halnya wisata ponggok, yaitu pemandian situ tirta mata. Yang berlokasi di Ds Karangcegak Kec Kutasari Purbalingga.

Situ Tirta Marta menyuguhkan kepada para wisatawan, kolam pemandian yang airnya begitu alami. Bahkan saking jernihnya air, dari permukaan, dasar kolam terlihat begitu nyata.

Di wisata air tirta mata anda bisa merasakan asyiknya bermain air sambil mengabadikan foto bawah air yang pastinya keren. Lebih seru rasanya jika anda ke pemandian tersebut mengajak orang-orang terdekat untuk menikmati serunya mengambl foto underwater.

Apalagi untuk dapat jelajah eloknya alam di Wisata Situ Tirta Marta tak memerlukan banyak biaya. Saat ini tiket masuk Situ Tirta Marta hanyalah Rp5.000 dan sudah termasuk dengan retribusi parkir kendaraan.

Murahnya biaya tersebut juga menjadi salah satu daya tarik sehingga wisata alam Purbalingga satu ini kerap dikunjungi. Anda bisa berkunjung kesini sesuai pada jam operasional wisata yang berlaku.

Kolam pemandian Situ Tirta Marta beroperasi pada pukul 07.00 – 17.00 WIB di setiap harinya. Dari Sabtu sampai dengan Jum’at pemandian hits ini selalu terbuka untuk umum.

10. Owabong

owabong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100857617928832786644

Purbalingga tenyata juga mempunyai wisata air buatan yang tak kalah indahnya dengan yang ada di kota-kota besar lainya lo. Namanya Bojongsari waterpark yang berlokasi di owabong.

Perlu anda ketahui, water park bojongsari ini pada tahun 2013 pernah mendapat penghargaan dari gubernur Jawa Tengah. Karena menjadi tempat wisata yang paling banyak di kunjungi. Wow keren ya.

Kini taman wisata air tersebut lebih dikenal dengan nama Owabong, yang seakan tak pernah sepi dari pengunjung. Owabong Purbalingga cocok sekali anda jadikan tujuan mengisi waktu liburan bersama orang-orang tersayang.

Di tempat wisata tersebut terdapat banyak sekali wahana air yang sangat menarik untuk anda coba. Di antaranya yaitu kolam sesat, ember tumpah, ombak buatan dan masih banyak lagi.

Wahana Ombak buatan di tempat itu di beri nama pantai bebas tsunami. Gimana tertarik datang ke Owabong Waterpark?

Disini anda bakal merasakan kesenangan yang tak terbatas mengingat melimpahnya keseruan di dalamnya. Ada berbagai jenis kolam dengan kedalaman yang bervariasi, untuk anak-anak dan orang dewasa.

Persiapkan segala sesuatunya sebelum rekreasi di kolam renang Owabong, baik fisik ataupun dana. Ketika tulisan ini dimuat, tiket masuk Owabong adalah Rp35.000 per orangnya.

11. Gunung Slamet

gunung slamet
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111180667536572453660

Bagi anda pendaki pastinya tidak asing dong dengan nama gunung yang satu ini. Gunung slamet terkenal dengan medan yang sangat berat dan memerlukan tenaga yang cukup ekstra untuk dapat mencapai puncak gunung slamet.

Banyak para pendaki yang ingin muncak di Gunung Slamet ini ketika memiliki waktu luang. Untuk bisa mendaki kesini, anda bisa melalui beberapa basecamp sebagai langkah awalnya.

Basecamp Gunung Slamet terdapat di beberapa lokasi, alamat lengkapnya adalah sebagai berikut :

  • Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.
  • Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Tidak hanya dua itu, sebenarnya untuk basecamp pendakian Gunung Slamet Jawa Tengah bisa dilalui diluar kota Purbalingga. Seperti misalnya basecamp Gunung Slamet di Tegal, lokasinya berada di Desa Rembul, Kecamatan Bojong.

Sedangkan via Kota Pemalang, maka alamat basecampnya berada di Jl. Cemara Indah II, Desa, Batursari, Kecamatan Pulosari. Dan juga di Desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tenga.

Dari beberapa lokasi start pendakian, anda dapat memilih mana saja yang paling terdekat. Namun dari beberapa basecamp tersebut, yang paling populer adalah di Desa Serang Kabupaten Purbalingga.

Beberapa pendakian yang baru akan naik ke Slamet, biasanya melalui basecamp Desa Serang.

Baca juga : 9 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Ketahui Bagi Pemula

onjek wisata di purbalingga
image by @masrere21

Gunung slamet ini mempunyai ketinggian 3428 Mdpl dan berada di 5 kabupaten yaitu purbalingga, brebes, pemalang dan juga banyumas.

Saran dari MyTrip Persiapkan semua terlebih dahulu sebeleum mendaki gunung slamet seperti tubuh yang fit, perbekalan, obat-obatan dll. Mengingat track gunung slamet yang bukan main mian. Gunung ini tidak di sarankan bagi pemula.

12. Museum Uang

objek wisata purbalingga
image via instagram

Berwisata sambil belajar, mungkin bisa anda lakukan ketika berwissata ke kabupaten purbalingga. Di kabupaten ini terdapat museum uang yang bisa anda kunjungi bersama keluarga taupun kerabat.

Dengan mengunjungi museum ini anda bisa menambah wawasan akan amat uang jaman dahulu. Yang di gunakan oleh nenek moyang kita untuk kegiatan jual beli.

Di museum uang ini tidak hanya mata uang jadul dari indonesia saja lo. Ternyata di museum ini juga menyimpan uang jadul dari berbagai macam negara.

Jadi tak hanya bersenang-senang, di Museum Purbalingga hits ini anda juga akan mendapat banyak pengetahuan. Sehingga liburan kali ini bisa jadi lebih maksimal dengan datang ke Museum Uang Purbalingga.

Ajak anak-anak atau keponakan anda untuk bersama-sama jelajah setiap sudut museum yang kaya akan sejarah ini. Untuk tiket masuknya pun cukup terjangkau, hanya sekitar Rp20.000 saja per orangnya.

Untuk lokasi museum ini sendiri berada di Jalan Raya Taman Reptile, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. Dari pusat kota Purbalingga, untuk sampai kesini hanya membutuhkan waktu perjalanan selama 12 menit saja.

13. Goa Lawa

tempat wisata di purblingga
image via instagram

Tempat wisata di purbalingga selanjutnya adalah wisata alam goa lawa yang sangat menarik sekali untuk di jelajahi. Goa ini di namakan goa lawa karena di goa tersebut banyak di huni kelelawar. Dalam bahasa indonesia lawa berati kelelawar. lawa sendiri merupakan bahasa jawa.

Berbeda dengan goa yang berada di kabupaten pacitan, gua lawa ini tidak mempunyai stalakmit dan stalakmit. Karena goa lawa ini terbentuk dari hasil pendinginan lava.

Dan kini Goa Lawa telah di desain menjadi sangat menarik, lengkap dengan fasilitas yang memadai. Jadi tempat yang cocok untuk anda rekreasi bersama keluarga atau orang tercinta.

Wisata Goa Lawa selalu ramai akan pengunjung, terlebih ketika musim liburan dan akhir pekan. Tidak hanya susur goa menjadi aktivitas utamanya, disini anda juga bisa bermain-main.

Terdapat area khusus permainan anak yang bisa bapak ibu manfaatkan untuk si kecil explore semua keseruannya. Ada juga area khusus untuk duduk santai, dengan bangku-bangku disekitar Golaga.

Alam serba hijau mendominasi area wisata Purbalingga hits ini. Jadi tak heran apabila suasana yang disuguhkan begitu asri dan membuat siapapun merasa nyaman.

Apalagi anda sebagai pengunjung tak perlu keluar banyak uang, karena HTM Goa Lawa Purbalingga cukup terjangkau. Pada saat ini, tiket masuk Goa Lawa di Purbalingga adalah Rp20.000 per orangnya.

Lokasi Goa Lawa berada di Desa Siwarak RT. 01/07, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. Letak persisnya dari pusat kota Purbalingga kurang lebih sejauh 24 km.

14. Desa Wisata Panusupan

desa wisata di purbalingga
image via facebook.com/DesawisataPanusupan

Wisata purbalingga yang terakhir adalah desa wisata panusupan yang berlokasi di Ds Panusupan Kec Rembang Purbalingga. Banyak sekali kegaiatan Outbound yang bisa di lakukan di tempat ini.

Tempat ini cocok di gunakan sebagai tempat rekreasi keluarga di purbalingga. Disini anda bisa jalan-jalan, melihat banyak pemandangan, bercengkrama dengan penduduk setempat dan masih banyak lagi.

Suasana di Desa Panusupan begitu asri, berkat banyaknya pepohonan rimbun yang bikin siapapun merasa betah. Warga Desa Panusupan Purbalingga pun sangat ramah-ramah, begitu antusias kepada para wisatawan yang datang.

Keberadaan desa wisata di Purbalingga Jawa Tengah ini dapat anda jangkau dari pusat kota dengan menempuh jarak 27,4 km. Jika bingung ketika mencari letak persisnya, anda bisa mengakses maps via google maps.

15. Bukit Mertelu

bukit mertelu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104970760588818203009

Dan yang terakhir adalah wisata alam Bukit Mertelu dengan suguhan pemandangan menawan dari ketinggian. Disini diri anda akan dibuat tenang berkat suguhan menarik yang memanjakan mata.

Bukit Mertelu Purbalingga masuk dalam deretan destinasi menarik yang bisa jadi tujuan mengisi waktu libur anda selanjutnya. Jalan-jalan, melihat banyak pemandangan, merasakan kesejukan udara bakal membuat anda nyaman berlama-lama disini.

Jadi tunggu apalagi, saat anda berada di Purbalingga Jawa Tengah, cobalah explore wisata memikat satu ini. Waktu terbaik tuk mendapatkan view maksimal disini adalah ketika hari cerah dan tidak hujan.

Maka melihat cuaca adalah syarat mutlak agar momen berwisata anda ke Bukit Mertelu jadi pengalaman yang berkesan. Pagi atau sore hari, adalah saat-saat dimana wisata Purbalingga hits ini mulai dipadati pengunjung.

Mengingat berada di area yang terbuka, maka hindari datang kesini pada saat cuaca buruk. Pada siang hari, suasana wisata bukit Purbalingga ini cenderung panas dan mataharinya lumayan terik.

Untuk itu bagi anda yang datang pada saat siang hari, bisa dengan sedia atay membawa penutup kepala. Anda bisa kapanpun singgah dan bersenang-senang disini sesuai pada jam operasional wisatanya.

Ketika tulisan ini dimuat, Bukit Mertelu beroperasi pada pukul 08.00 – 16.00 wib dan selalu buka setiap harinya. Sedangkan untuk alamat Bukit Mertelu lokasinya berada di Desa Sangkanayu, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Wisata sebelumnya :

  1. Tempat Wisata di Probolinggo Terbaik Untuk di Kunjungi
  2. Daftar Tempat Wisata Kuliner di Malang dan Oleh – Oleh Lengkap

Jadi itu tadi sudah anda simak ulasan singkat dari beberapa wisata di Purbalingga Jawa Tengah yang menarik sebagai tujuan berlibur. Ajak keluarga, teman, dan orang-orang tercinta sekitar anda untuk berbahagia bersama di wisata Purbalingga yang mempesona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen + eighteen =