Benteng Pendem merupakan sebuah bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1861-1879, letaknya berada di pesisir Pantai Teluk Penyu. Sejarahnya, bangunan ini dahulu digunakan sebagai markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang berada diatas lahan seluas 6,5 hektare.

Obyek wisata di Cilacap satu ini memiliki sejarah panjang yang patut untuk di telusuri cerita-cerita menarik didalamnya. Benteng Pendem Cilacap sempat tertutup tanah dan tidak terurus, kemudian mulai digali dan ditemukan kembali pada tahun 1986.

Dan kini wisata Benteng Pendem menjadi salah satu destinasi menarik untuk anda coba kunjungi saat rekreasi. Menyaksikan beberapa bangunan yang ada didalamnya seperti ruang rapat, klinik pengobatan, barak, gudang senjata dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Benteng Pendem

harga tiket masuk benteng pendem
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105748705459550476267

Kustbatterij op de Landtong te Cilacap, merupakan nama asli dari benteng yang sempat dikuasai tentara Jepang pada tahun 1942 ini. Setelah Jepang meninggalkan benteng ini, kemudian diambil alih oleh Tentara Nasional Indonesia sebagai tempat berlatih perang dan pendaratan laut.

Ada banyak sekali kisah dari sejarah Benteng Pendem Cilacap yang menyimpan misteri dan wajib buat anda simak. Menyusuri area benteng yang menyimpan banyak bangunan terdahulu yang masih berdiri kokoh tidak diperlukan biaya yang mahal.

Harga tiket masuk Benteng Pendem yakni hanya sebesar Rp8.000 saja per orangnya, sangat ekonomis sekali bukan? Dengan biaya yang terjangkau ini, para pengunjung sudah bisa berkeliling dan foto-foto sampai puas didalamnya.

Sedangkan untuk parkir kendaraan seperti sepeda motor dipatok biaya sebesar Rp2.000. Untuk kendaraan roda empat berupa mobil pribadi yakni Rp10.000. Sedangkan untuk elf dab bis pariwsata kisaran Rp15.000 sampai dengan Rp25.000.

Nominal yang telah disebutkan tersebut merupakan tarif saat ini, ketika tulisan dimuat. Dan sewaktu-waktu bisa mengalami perubahan harga, mengikuti aturan dari pengelola wisata terkait.

Jam Buka

jam buka benteng pendem
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100064725391722186735

Anda bisa berkunjung ke Benteng Pendem di Cilacap Jawa Tengah sesuai dengan jam operasional wisata yang berlaku. Benteng Pendem Cilacap buka setiap hari dari senin hingga minggu mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore.

Agar lebih puas dalam mengexplore Benteng Pendem Cilacap anda bisa datang pada saat pagi hari. Jika siang hari, suasana Benteng Pendem lumayan panas dan juga terik, jadi perlu untuk mengenakan topi atau penutup kepala.

Pada saat sore hari, cenderung lebih teduh ditemani oleh balutan angin sepoi-sepoi khas daerah pesisir. Hal yang musti benar-benar diperhatikan selain waktu kunjungan adalah cuaca terkini.

Kami sarankan untuk tidak berkunjung pada saat sedang turun hujan atau ketika hari mulai gelap. Mengingat sebagian besar areanya berbasis outdoor, sangat disarankan datang kesini ketika cuaca mendukung.

Selain itu karena jalur di sekitar benteng masih berupa tanah, ketika musim penghujan cenderung becek serta licin. Dan yang terpenting selalu hati-hati dan tidak melakukan tindakan yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat benteng pendem
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106970976179635900616

Lokasi Benteng Pendem berhadapan langsung dengan pantai hits di Cilacap yaitu Teluk Penyu karena masih dalam satu area. Sehingga bagi anda yang merencanakan liburan di Benteng Pendem jangan lupa Teluk Penyunya sekalian, ataupun sebaliknya.

Alamat Benteng Pendem berada di area Pantai Teluk Penyu Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Dari pusat kota Cilacap jaraknya sangatlah dekat, hanya berkisar 4 km saja dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 12 menit.

Akses jalan yang harus di lalui sudah sangat baik dan mudah untuk dilewati berbagai jenis kendaraan yang melintas. Juga sudah terpasang plang di beberapa titik jalan untuk mengarahkan wisatawan menuju lokasi Benteng Pendem.

Jika dirasa masih kesulitan saat dalam perjalanan karena mungkin baru pertama kali akan berkunjung, tak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan maps dibawah ini dengan petunjuk akurat yang akan memudahkan anda dalam perjalanan menuju Benteng Pendem.

Datang juga ke –> Pantai Sodong yang mempesona dan menarik.

Fasilitas

fasilitas benteng pendem
Foto : https://www.instagram.com/puspitasariveny/

Bangunan yang sudah ada sejak abad 19 ini termasuk dalam wisata andalan yang populer di daerah dengan julukan kota bercahaya. Selain karena ke eksotisan bangunannya, sejarah yang tersimpan pun menjadi daya tarik tersendiri dan membuat wisata ini selalu ramai.

Telah di dukung dengan fasilitas memadai dan sarana yang cukup guna memberikan yang terbaik kepada para wisatawan. Fasilitas Benteng Pendem di antaranya adalah :

  • Tempat parkir luas memadai
  • Toilet umum
  • Guide local
  • Gazebo
  • Area bermain anak
  • Perahu bebek air
  • Tempat duduk
  • Warung wisata
  • Dekat dengan pantai
  • Kios oleh-oleh dan cendramata
  • Mushola
  • Spot foto instagenic

Area wisata Benteng Pendem di penuhi oleh aneka tumbuhan dan pepohonan hijau yang membuatnya nampak rimbun. Udara disini cukup sejuk dan bikin betah para pengunjung yang sedang berkeliling meski areanya cukup luas.

Kunjungi juga –> Kemit Forest menjadi sarana bermain dan belajar.

Spot Terbaik di Benteng Pendem

spot terbaik di benteng pendem
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111220716477347223095

Aneka bangunan tua peninggalan sejarah tentara Hindia Belanda menjadi sajian utama dari wisata sejarah Benteng Pendem ini. Dari barak, benteng pengintai, klinik pengobatan, tempat pertahanan, penjara, gudang senjata, peluru, mesiu dan ruang rapat.

Selain itu terowongan-terowongan yang ada pun membuat nuansa di Benteng Pendem ini kental dengan gaya arsitek bangunan Belanda. Kini, benteng yang dahulunya berfungsi sebagai penahan serangan yang datang dari arah laut telah beralih menjadi tujuan wisata yang menarik.

Tiap sudutnya kaya akan spot-spot unik yang bisa anda dan manfaatkan sebagai latar belakang berswafoto. Abadikan momen pada spot terbaik di Benteng Pendem untuk menghasilkan karya fotografi yang instagenic.

Mudah anda temukan berbagai bentuk bangunan peninggalan masa lalu yang bisa di jadikan sebagai backgroundnya. Rekam semua keseruan melalalui selfie atau foto bersama agar momen-momen indanya sulit terlupa.

Review sebelumnya –> Pantai Widarapayung yang eksoti dan rekomended untuk di explore.

Tips Berkunjung

tips berkunjung benteng pendem
Foto : https://www.instagram.com/novian_kuncorohadi/

Berikut beberapa tips untuk anda jadikan referensi atau sekedar tambahan informasi saat ingin eksplorasi Benteng Pendem.

  • Sebaiknya perkirakan waktu berkunjung anda dengan sebaik-baiknya.
  • Jika berkunjung di siang hari, bawalah penutup kepala seperti topi.
  • Apabila dirasa hari mulai gelap, segeralah kembali pulang dan keluar dari benteng.
  • Jaga lisan, tingkah laku, dan perbuatan saat berada di dalam kawasan benteng.
  • Dilarang keras corat-coret pada bangunan benteng.
  • Hati-hati dan juga waspada terhadap segala sesuatu di sekitar anda.
  • Utamakan keselamatan serta kenyamanan saat jalan-jalan dan liburan.
  • Simak dengan seksama tata tertib yang berlaku untuk semua pengunjung.
  • Anda harus dalam keadaan sehat, karena musti berjalan jauh mengitari areanya.
  • Jangan lupa singgah ke Teluk Penyu setelah dari Benteng Pendem.

Demikianlah ulasan singkat seputar wisata sejarah Benteng Pendem yang beradai di kota Cilacap Jawa Tengah. Semoga informasi tadi semakin membuat anda penasaran dengan Benteng Pendem Cilacap yang kaya akan cerita masa lalu para tentara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + six =