Tempat Wisata di Salatiga bisa dijadikan salah satu destinasi wisata pilihan ketika ingin menghabiskan liburan di dalam negeri. Salatiga memiliki banyak tempat wisata menarik yang tidak kalah dengan tempat-tempat lainnya. Salah satu wilayah yang ada di provinsi Jawa Tengah, Salatiga menjadi salah satu tempat yang dianugerahi dengan banyak keindahan.

Tempat wisata yang hadir di Salatiga juga sangat beragam sehingga memberi bagi para wisatawan untuk memilih. Mulai dari destinasi wisata alam hingga destinasi wisata yang berbau sejarah ada di Salatiga. Agar bisa menentukan tempat mana yang ingin dikunjungi maka akan dijelaskan beberapa tempat wisata yang ada di Salatiga.

Berikut daftar tempat wisata di Salatiga yang cocok untuk mengisi keseruan saat liburan:

1. Lapangan Pancasila Salatiga

Wisata Kopeng Salatiga
Foto : https://www.instagram.com/ysrnmhd/

Tempat wisata di Salatiga yang satu ini menjadi salah satu rekomendasi untuk dikunjungi. Lapangan Pancasila ini sarat akan sejarah karena pembangunannya dimaksudkan untuk mengenang tiga pahlawan yang berasal dari Salatiga. Yaitu Brigjen Sudiarto Adisucipto dan Yos Sudarso.

Mengenang pahlawan pahlawan tersebut menjadi salah satu daya tarik ketika datang ke wisata ini. Para pengunjung bisa melihat keberadaan monumen di alun-alun kota Salatiga tentunya bisa dijadikan tempat untuk mengembalikan foto.

Di sana juga terdapat patung Garuda Pancasila yang ada di atas Monumen sehingga penampakannya begitu keren. Apabila dilihat secara kasat mata, lapangan Pancasila ini menjadi Bundaran yang mempertemukan titik Jalan.

Seperti jalan Sukowati, Jalan Brigjen Sudiarto, Jalan Tentara Pelajar dan Jalan Adi Sucipto.

Di tempat ini menyebabkan pemandangan yang rindang sehingga sangat mendukung untuk dijadikan lokasi bersantai. Di lapangan Pancasila ini juga sering digelar acara-acara keagamaan, politik, upacara hari-hari besar dan juga hiburan.

Pada hari besar seperti Idul Adha, lapangan Pancasila ini juga sering dijadikan sebagai lokasi salat Ied. Di bagian barat nya terdapat Masjid Darul amal yang juga dikenal sebagai Masjid Raya Salatiga.

Untuk itu bagi para pengunjung yang datang dan ingin melaksanakan ibadah salat tidak perlu khawatir. Karena lokasi masjid tidak jauh dari tempat indah ini.

Biasanya akan ditemukan juga penjual makanan di sekitar lapangan Pancasila. Sehingga bisa sekaligus menikmati wisata kuliner saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Bagi yang ingin merasakan keseruan lainnya, disini bisa menyewa kendaraan kecil seperti motor mini, ATV dan mobil mini. Tentu hal ini akan bertambah seru apabila ikut serta membawa keluarga untuk berlibur bersama menikmati setiap keseruan yang ada disini.

2. Sendang Senjoyo Salatiga

wisata salatiga terbaru
Foto : https://www.instagram.com/aimieenelnelan69/

Selanjutnya ada Sendang Senjoyo Salatiga yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi ketika berada di Salatiga. Tempat wisata ini merupakan sumber mata air yang jernih dan menyegarkan sehingga berhasil menarik perhatian para pengunjung yang datang.

Tempat wisata ini berada di ketinggian lebih tepatnya berada di kawasan pegunungan Jawa Tengah. Apabila dilihat secara detail, lokasinya ada di ujung Kota Salatiga dan memiliki suasana yang tenang dan udara yang menyejukkan.

Tempat ini berada di kecamatan Tingkir tepatnya di desa Gedongan Salatiga. Meskipun bukan tempat wisata di salatiga terbaru, tempat ini selalu menyegarkan dan cocok untuk melepas penat dan lelah.

Bermain air sembari menikmati suasana yang begitu indah di sekitar lokasi wisata tentu akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Tidak sampai di situ saja, pengunjung yang menyukai fotografi bisa mengambil kesempatan untuk memburu foto-foto ciamik di lokasi ini.

Biasanya momen yang indah untuk dijadikan objek fotografi yaitu momen sunrise dan sunset yang begitu menarik. Suasana kehangatan tergambar jelas untuk dapat diabadikan dan menjadi kenangan kunjungan ke Sendang Senjoyo Salatiga.

Ketika musim hujan tiba tempat ini biasanya akan menjadi daerah resapan porus dengan luasnya yang mencapai 40 km2. Hasil resapan kemudian akan keluar melalui Sendang Senjoyo sehingga dapat dipastikan air tersebut benar-benar memiliki ketegaran dan kejernihan yang alami.

Warga setempat biasanya memanfaatkan sandal Sancu ini untuk berbagai macam keperluan seperti mandi, minum dan keperluan keperluan lainnya. Sementara itu fasilitas yang ada berupa area parkir yang luas, mushola, kamar mandi dan warung makan yang ada di sekitarnya.

3. Kolam Renang Kalitaman

wisata salatiga jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/saungamba/

Bagi pengunjung yang menyukai tempat wisata berupa air beserta olahraga renang. Maka kolam renang Kalimantan ini bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk dikunjungi.

Kolam renang ini cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga di Salatiga karena menawarkan keseruan yang begitu mengasyikkan.

Tempat ini juga dikenal dengan nama lain berupa kolam renang kali gedong. Cocok dijadikan tempat wisata anak di Salatiga.

Secara lokasi tempat wisata ini tidak begitu jauh dari keramaian sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Usut punya usut ternyata kolam renang ini sudah pernah digunakan untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional bentuk cabang olahraga renang.

Kolam renangnya juga sudah standar internasional sehingga surat itu layak untuk dijadikan lokasi Pekan Olahraga Nasional. Biaya tiket yang dibebankan untuk para pengunjung juga cukup terjangkau yaitu Rp.2.000.

Dengan harga tiket demikian, pengunjung sudah bisa menikmati berbagai aktivitas yang dilakukan selama berada di kolam renang Kalitaman ini. Kolam renang ini dibuka mulai pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore dan biasanya pada hari Kamis Akan dibersihkan.

Sehingga disarankan menghindari hari Kamis untuk berkunjung ke kolam renang ini. Fasilitas yang tersedia di kolam renang ini juga cukup lengkap sehingga m emudahkan dan membuat pengunjung merasa nyaman.

Adapun beberapa fasilitas yang dimaksud yaitu area parkir, kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, mushola. Serta ruang ganti, papan loncat indah, tempat istirahat, kantin, air panas, terapi ikan dan ruang bilas.

Bagi yang ingin mengabadikan momen tentu juga bisa memilih spot foto menarik untuk dijadikan background foto di lokasi ini.

4. Tlogo Plantation

wisata di salatiga terbaru
Foto : https://www.instagram.com/triepujiat/

Tempat wisata bernama Tlogo Plantation ini berada di Kecamatan Tuntang tepatnya di Desa Delik Salatiga Jawa Tengah. Biasanya tempat wisata ini ramai oleh pengunjung baik itu pada hari biasa maupun momen liburan.

Tempat ini memiliki pesona keindahan yang membuat para pengunjung betah berlama-lama. Untuk itu bagi yang ingin melepas penat dari hiruk-pikuk perkotaan, maka lokasi ini bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk dikunjungi.

Sebagai objek wisata alam Salatiga, Tlogo Plantation ini menawarkan suasana alam yang begitu menenangkan. Bagi penikmat wisata alam, tentu saja hal ini bisa menjadi alasan untuk berkunjung ke tempat ini.

Daya tarik tempat wisata ini selain keindahan alamnya adalah arsitektur bangunan yang khas Belanda ratusan tahun lalu. Bangunan yang berdiri kokoh khas Belanda begitu memikat mata siapa saja yang melihatnya.

Udara sejuk dan asri siap memanjakan setiap pengunjung yang datang ke tempat wisata ini. Di lokasi ini juga terdapat perkebunan dengan luas 414 hektar di mana jenis tanaman yang bisa ditemukan. Seperti karet, cengkeh, kopi, pala, kapuk randu dan kayu manis.

Bahkan ternyata perkebunan ini bisa menghasilkan kurang lebih 25 hingga 30 ton Kapuk gelondongan. Aktivitas seru yang bisa dilakukan sambil dari lokasi wisata ini selain menikmati suasana adalah mengikuti Plantation Tour.

Melalui kegiatan Plantation Tour, pengunjung akan dipandu untuk diberi pengetahuan mengenai budidaya karet dan kopi. Pengunjung juga akan diajak menyaksikan proses pengolahan karet hingga menjadi lembaran latex yang siap untuk diekspor.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Tegal

5. Prasasti Plumpungan

tempat wisata di salatiga terbaru
Foto : https://www.instagram.com/workartholic/

Objek wisata Salatiga berupa prasasti plumpungan ini menjadi salah satu situs bersejarah. Yang tentunya tidak kalah menarik dengan wisata salatiga terbaru untuk dikunjungi. Lokasinya berada di desa plumpungan dan bisa dicapai menggunakan angkutan kota ataupun kendaraan pribadi.

Tempat ini juga tidak memiliki batasan waktu untuk berkunjung sehingga bisa datang kapan saja. Tidak hanya itu tempat ini juga tidak memungut biaya masuk sehingga lebih terjangkau untuk liburan.

6. Agrowisata Salib Putih

tempat wisata di salatiga dan sekitarnya
Foto : https://www.instagram.com/andre.widianto/

Obyek wisata di Salatiga selanjutnya adalah agrowisata Salib Putih. Sekilas dari namanya memang terdengar seperti suatu tempat keagamaan.

Namun faktanya agrowisata Salib Putih adalah sebuah nama desa yang berada di Salatiga. Kini nama tersebut ikan menjadi agrowisata Salatiga Eco Park Hotel convention and camping ground.

Tempat ini sering dijadikan lokasi melakukan seminar, pelatihan dan juga retreat. Disini telah tersedia berbagai fasilitas yang terbilang cukup lengkap yakni tempat bisnis, wedding party outdoor dan penginapan.

Tidak hanya mengusung konsep resort, di sini juga bisa ditemukan tanaman hijau dan rindang. Dari berbagai macam tumbuhan seperti randu, kebun teh, cengkeh dan lain-lain.

Suasana yang ada di tempat ini terasa alami namun tetap bisa merasakan nuansa modern dari konsep desain bangunan yang ada.

Di tiap penginapannya juga disertai dengan berbagai fasilitas lagi yakni berupa kolam renang. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan para pengunjung untuk bisa merasakan suasana liburan yang menyenangkan.

Para pengunjung juga tidak lupa untuk memberikan momen selama di sana dengan berburu foto-foto ciamik. Seperti berfoto dengan background alam dan juga bangunan kincir angin. Bagi yang ingin menikmati lebih dekat nuansa yang ada di sana bisa memilih untuk camping.

7. Saloka Park

wisata salatiga
Foto : https://www.instagram.com/salokapark/

Tahukah kamu bahwa salokapark ini menjadi taman bermain terbesar yang ada di Jawa Tengah. Hal inilah yang membuat Saloka Park selalu menarik perhatian siapa saja yang ingin menghabiskan waktu liburan.

Mengusung konsep taman bermain, tempat ini bisa dijadikan destinasi yang tepat untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Ada berbagai pilihan zona yaitu pesisir, balalantara, kamayayi, ararya dan segara prada.

Masing-masing zona menawarkan keseruan yang akan menarik minat pengunjung. Misalnya saja zona pesisir yang menawarkan dekorasi dan juga interior bernuansa pantai.

Berbagai wahana dan atraksi seperti Cakrawala, lumbung Galileo, arena jejogedan dan kapal tinju dan cafe Jenju siap menanti di pesisir. Sementara itu zona-zona lainnya juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi karena menawarkan wahana dan atraksi yang tidak kalah seru juga.

Berbagai hiburan juga telah tersedia di tempat wisata ini seperti air mancur menari, parade, musik. Bahkan permainan laser dan juga jahit di panggung jejogedan. Untuk jejogedan sendiri memiliki jadwal yang berbeda untuk tiap momentum ataupun hari.

Pada hari Senin sampai Jumat buka mulai pukul 2 siang hingga pukul 5 sore. Dan hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah buka mulai pukul 2 siang hingga pukul 7 malam.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan nuansa berlibur sembari mencicipi kuliner tidak perlu khawatir. Karena di tempat ini sudah tersedia berbagai jenis makanan.

Makanan tersebut bisa ditemukan di beberapa tempat. Seperti RIMBA Resto, DAIMAMI, JENJU Cafe, TUK CIO Cafe, SRENGENGE Cafe dan ICE CREAM Shop.

8. Selasar Kartini Salatiga

wisata alam salatiga
Foto : https://www.instagram.com/wwjdsport/

Ingin bersantai melepas penat tempat yang mendukung? Jika ya maka selasar Kartini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Tempat wisata di Salatiga ini berlokasi tidak jauh dari perpustakaan kota Salatiga.

Bersantai sembari menikmati suasana yang dihadirkan tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Sembari bersantai para pengunjung juga bisa menikmati berpakai jajanan dan kuliner yang ada di sekitar tempat wisata ini.

Selain menikmati wisata kuliner yang ada di sekitar tempat wisata, pengunjung juga bisa merasakan keseruan lainnya. Beberapa permainan yang dimaksud adalah seperti sepatu roda dan juga skateboard.

Tidak hanya itu, wisata di Salatiga ini juga bisa mencari tempat yang pas untuk memberikan momen. Dengan foto-foto ciamik berlatarkan pemandangan keren. Di sini ada boneka boneka raksasa yang bisa diajak berfoto bersama.

Selasar Kartini sendiri Berada di kecamatan Sidorejo tepatnya di Kelurahan Salatiga Jawa Tengah. Selain dijadikan tempat wisata tujuan utama dari lokasinya adalah sebagai ruang terbuka hijau Kota Salatiga.

Biasanya objek wisata di Salatiga ini juga menjadi salah satu titik keramaian di kota Salatiga. Sehingga sudah tidak asing lagi untuk dikunjungi. Biasanya pada akhir pekan di sore hari tempat ini akan ramai oleh pengunjung.

9. Kopeng Treetop

wisata di salatiga
Foto : https://www.instagram.com/diass.diass/

Tempat wisata bernama Kopeng treetop yang ada di Salatiga ini juga tidak kalah menarik. Hadir sebagai tempat wisata alam di Salatiga, Kopeng treetop menawarkan udara sejuk pegunungan disertai berbagai wahana permainan yang seru.

Kopeng treetop sendiri berlokasi di Jalan Raya Kopeng Kecamatan Getasan Jawa Tengah. Ada banyak hal seru yang bisa ditemukan di Kopeng treetop di antaranya aktivitas camping dan treetop Sky Resto.

Sesuai dengan namanya aktivitas camping di sini memungkinkan para pengunjung untuk menikmati lebih dekat suasana yang ada di lokasi wisata. Uniknya camping di sini bisa merasakan penginapan namun dengan konsep camping bersama fasilitas seperti di hotel.

Ada 3 tipe camp yang disediakan di sini yaitu family camp, star camp dan glam camp. Untuk treetop sky resto sendiri merupakan rumah pohon yang nyaman untuk dijadikan lokasi bersantap bersama teman ataupun orang-orang yang terkasih.

Perlu diketahui bahwa wisata Kopeng Salatiga sendiri buka setiap hari Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional. Beropeerasi mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore.

Secara garis besarnya, aktivitas-aktivitas yang bisa ditemukan di lokasi ini yaitu. Outbound treetop, zip coaster, skiban, caving, ATV,pottery dan tim building.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Brebes

10. Air Terjun Umbul Songo

objek wisata di salatiga
Foto : https://www.instagram.com/suryo_dwi_prasetyo_/

Untuk para pengunjung yang memiliki ketertarikan dengan wisata alam. Maka air terjun Umbul Songo ini bisa dijadikan salah satu destinasi wisata ketika berkunjung ke Salatiga.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan air yang tidak terlalu deras dan kolamnya juga tidak terlalu dalam.

Panorama yang ada di sekitar wisata Salatiga ini begitu memikat. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk datang berwisata.

Tidak jauh dari lokasi Air Terjun terdapat kolam renang yang telah dilengkapi dengan berbagai wahana. Seperti seluncuran, kamar bilas, gazebo dan kamar ganti.

Lokasinya yang berada di tengah hutan membuat suasana dan sensasi yang dirasakan ketika berendam mencari lebih unik dan berkesan. Meskipun di siang hari, air yang ada di kolam ini cukup dingin.

Di wisata Salatiga jawa tengah ini, bisa menemukan jembatan kayu yang terhubung antara satu pohon dengan pohon yang lainnya. Seperti inilah yang kemudian dijadikan para pengunjung untuk mengabadikan momen-momen ciamik selama berada di lokasi wisata.

Pemandangan hutan yang asri menjadi suasana yang bersahabat untuk bersantai dan melepas lelah. Untuk tiket masuk sendiri dikenakan biaya sekitar Rp.10 ribu per orang dan biaya tambahan apabila ingin menikmati berbagai wahana lainnya.

11. Goa Rong Salatiga

tempat wisata di salatiga terbaru
Foto : https://www.instagram.com/dyahmutiarra/

Tempat wisata bernama Goa rong Salatiga ini berada di Jalan lerak lopait delik Kecamatan Tuntang, Jawa Tengah. Meskipun bukan wisata di Salatiga terbaru, tempat ini punya daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Gardu pandang inilah yang kemudian menjadi tempat favorit para wisatawan untuk melihat pemandangan indah dari atas bukit.

Adapun pemandangan alam yang bisa dilihat dari lokasi gardu pandang. Adalah Danau Rawa Pening, Gunung Telomoyo, jajaran pegunungan, the Ungaran dan pemandangan sekitar yang begitu indah.

Tidak sampai di situ saja, keramaian Kota Salatiga juga bisa disaksikan dari gardu pandang ini. Apabila ingin memasuki gua maka para pengunjung bisa mengaksesnya dengan mengikuti jalan setapak serta menaiki puluhan anak tangga yang tersedia.

Semakin dekat dengan lokasi maka jalanannya akan semakin berliku-liku dan menanjak. Adapun biaya tiket masuk ke lokasi wisata ini yakni Rp. 3.000 per orang untuk hari biasa dan untuk hari libur ataupun weekend dikenakan Rp. 5.000.

Di tempat wisata di Salatiga dan sekitarnya ini juga tersedia area bermain untuk anak-anak. Dan juga rumah makan di atas bukit.

Tidak sampai di situ saja terdapat pula hewan lucu-lucu seperti burung parkit dan kelinci. Yang akan semakin menambah kesan berwisata yang menyenangkan.

12. Bukit Cinta Salatiga

tempat wisata di salatiga
Foto : https://www.instagram.com/se_mycantk/

Tempat wisata bernama Bukit Cinta Salatiga ini juga menjadi salah satu rekomendasi untuk dikunjungi. Tempat wisata di Salatiga Jawa Tengah ini menawarkan nuansa taman rekreasi yang begitu asri.

Lokasinya berada di kawasan Rawa Pening. Meskipun bukan wisata terbaru di Salatiga, tempat ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Lokasi wisata ini pengunjung bisa menyewa perahu yang berkapasitas 6 penumpang. Untuk bisa menikmati suasana yang ada disana dengan menaiki perahu diatas danau.

Di tengah danau pengunjung bisa melihat keindahan bukit cinta latar belakang pemandangan yang indah. Yakni perbukitan Gajah Mungkur, gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo.

Rute menuju Bukit Cinta Salatiga ini juga tidak terlalu sulit. Pengunjung bisa memilih menggunakan kendaraan berupa mobil ataupun motor. Jam operasional sendiri buka mulai pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore.

Sementara itu harga tiket masuk adalah Rp6.000 per orang pada hari biasa dan Rp7.500 pada hari libur. Dengan biaya tersebut, tempat wisata ini bisa dikatakan sebagai salah satu lokasi wisata dengan harga terjangkau.

13. Candi Klero

tempat wisata keluarga di salatiga
Foto : https://www.instagram.com/destiar1/

Wisata ini berada di kecamatan Tengaran tepatnya di Desa Klero, Jawa Tengah. Pemandangan yang ada di sekitar tempat wisata ini begitu indah sehingga memberikan sensasi tentang bagi siapa saja yang datang berkunjung.

Meskipun bukan tempat wisata di Salatiga terbaru, tempat wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Seperti mushola, kamar mandi, tempat istirahat, area parkir, warung makan dan lainnya.

Tempat ini menjadi salah satu wisata secara yang menarik. Karena selain pemandangan di sekitarnya yang indah juga bisa menambah ilmu pengetahuan tentang sejarah.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Solo

Demikian informasi mengenai tempat wisata di Salatiga. Deretan tempat wisata diatas bisa dijadikan pilihan untuk menghabiskan masa liburan atau akhir pekan.

Travel Vlog Jeep Adventure Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here