Curug Mandala di Cilacap Jawa Tengah merupakan wisata alam dengan suguhan air terjun yang luar biasa dan begitu mempesona. Tempat ini cocok sekali bagi anda yang ingin melepas penat dan mencari ketenangan setelah lelahnya aktivitas keseharian.

Wisata alam Cilacap satu ini letaknya sedikit menjorok ke dalam hutan dan dibutuhkan tenaga ekstra untuk bisa menjangkaunya. Meski begitu, jalur tracking untuk berjalan ke area air terjun terbilang mudah untuk dilalui para pejalan kaki dan pesepeda.

Wisata Curug Mandala Cilacap memiliki air terjun bertingkat dan aliran airnya sungguh jernih, bersih dan begitu menyegarkan. Sebelum explore Curug Mandala Jawa Tengah, yuk simak dulu ulasan menarik dibawah ini.

Harga Tiket Masuk Curug Mandala

harga tiket masuk Curug Mandala
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102472515019474624405

Untuk anda yang ingin menyegarkan pikiran, Curug Mandala harus menjadi pilihan. Karena lokasi yang berada di dalam hutan, itu artinya, aneka tumbuhan dan tanaman hijau menjadi penghias curug ini.

Udara yang dimiliki pun cukup sejuk dan jauh dari hiruk pikuk serta bisingnya kawasan perkotaan. Hanya ada kedamaian dan ketenangan yang bisa pengunjung rasakan saat liburan dan rekreasi disini.

Yang lebih menarik lagi, air terjun Curug Mandala ini bisa anda jelajahi dengan biaya yang sangatlah terjangkau. Harga tiket masuk Curug Mandala hanya Rp5.000 saja per orangnya, murah meriah sekali bukan?

Berkunjung ke Curug Mandala di Cilacap dijamin tidak akan membuat kantong anda jebol terlalu dalam. Dan yang terpenting jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan ya.

Harga tiket masuk Curug Mandala yang telah disebutkan diatas tentu bisa mengalami perbubahan sewaktu-waktu.

Jam Buka

jam buka curug mandala
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108671054646955996893

Para pengunjung bisa datang ke Curug Mandala sesuai dengan ketentuan jam operasional wisata yang ditetapkan. Curug Mandala beroperasi pada setiap harinya, mulai senin hingga minggu pada pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Hal utama untuk liburan lebih maksimal disini adalah, wajib dilakukan pada saat hari cerah. Seperti curug kebanyakan, yang lebih di rekomended untuk dijelajahi pada saat musim kemarau.

Karena biasanya, pada saat musin hujan air terjun pada curug cenderung berwarna coklat dan debitnya semakin besar. Selain itu cukup berbahaya apabila berwisata ke alam terbuka dilakukan pada saat cuaca buruk.

Anda bisa datang ketika pagi, saat suasana Curug Mandala benar-benar asri dan bebas polusi. Begitupun pada saat sore hari, dimana udara sekitar air terjuannya begitu sejuk dan nuansanya bikin nyaman.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat curug mandala
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113225486737983982874

Lokasi Curug Mandala agak jauh dan masuk ke dalam hutan, dan hal tersebut tidak membuatnya sepi lho. Tiap akhir pekan dan musim liburan, curug indah ini selalu dipadati wisatawan lokal bahkan mancanegara.

Alamat Curug Mandala berada di Hutan Desa Mendala, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Dari pusat kota Cilacap tak begitu jauh, jarak yang harus di tempuh sekitar 20 km dengan perjalanan selama 45 menit.

Datang ke Curug Mandala itu artinya para wisatawan diharuskan menyiapkan fisik yang kuat untuk berjalan menuju air terjunnya. Ratusan anak tangga pada jalur setapak yang cukup lebar ini ternyata lumayan menguras tenaga.

Dari area parkir pengunjung harus berjalan kaki sejauh 1 km pada jalan setapak yang telah disediakan. Sehingga bagi anda pecinta aktivitas fisik dan pencari adrenalin, Curug Mandala sepertinya akan menjadi pilihan yang pas untuk liburan.

Akses jalan raya untuk menuju Curug Mandala Cilacap cukup baik untuk dilalui oleh berbagai jenis kendaraan yang digunakan wisatawan. Maka dari itu sebaiknya untuk menyiapkan kendaraan dalam kondisi siap tempur di semua medan agar liburan berlangsung lancar.

Jika anda mengalami kesulitan saat dalam perjalanan wisata ke Curug Mandala tak ada salahnya bertanya pada warga sekitar yang antusias. Atau anda juga bisa menggunakan maps dibawah ini untuk memudahkan perjalanan liburan anda menuju Curug Mandala yang eksotis.

Datang juga ke –> Kemit Forest tempat rekreasi kekinian yang tengah diburu oleh para penikmati spot-spot instagramable.

Fasilitas

fasilitas curug mandala
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102472515019474624405

Telah di dukung sarana dan fasilitas yang cukup guna menambah rasa nyaman para wisatawan yang sedang liburan di Curug Mandala. Fasilitas Curug Mandala di antaranya adalah :

  • Tempat parkir memadai
  • Jalur tracking yang landai
  • Toilet / kamar mandi
  • Gazebo
  • Ruang ganti
  • Penyewaan ban dan pelampung
  • Spot foto menarik

Kolam yang dimiliki air terjun Curug Mandala tergolong dangkal untuk semua usia, menyelam dan berenang jangan sampai terlewat ya. Nikmati kesegaran alami dari mata air yang mengalir untuk memberikan kesegeran yang luar biasa.

Tak perlu khawatir apabila anda tidak pandai berenang, terdapat jasa persewaan ban dan juga pelampung yang bisa anda coba. Namun jika memang takut, sebaiknya tidak bermain air.

Karena tak cuma itu, disini anda tetap bisa dudu santai sembari melihat banyak pemandangan menawan.

Kunjungi juga –> Pantai Widarapayung wisata Cilacap yang eksotis dengan suguhan menarik tuk anda telisik lebih dalam.

Spot Terbaik di Curug Mandala

spot terbaik di curug mandala
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110950760523796084241

Daya tarik wisata alam pasti menyimpan banyak sekali panorama mengagumkan untuk disaksikan saat liburan agar lebih berkesan. Dapatkan momen rekreasi spesial dengan merangkumnya ke dalam foto yang menarik dan video unik.

Tiap sudut Curug Mandala memiliki banyak sekali spot untuk anda manfaatkan sebagai latar belakang saat mengabadikan momen. Berswafoto, selfie hingga merekam video pada spot terbaik di Curug Mandala akan menghasilkan suatu karya visual yang instagenic.

Landscape hamparan alam hijau yang memikat atau pesona air terjun yang menawan bisa menjadi alternatif spot untuk anda nikmati. Untuk itu abadikan momen sebanyak-banyaknya untuk menciptakan liburan lebih berkesan dan pastinya tak akan terlupakan.

Air terjun tentu menjadi spot favorit pada wisata Curug Cilacap paling hits ini sebagai background foto-fotonya. Rekam setiap keseruan selama liburan menyenangkan agar jadi pengalaman berkesan yang susah terlupakan.

Review sebelumnya –> Benteng Pendem tempat bersejarah yang kini menjadi wisata Cilacap paling ikonik dan menarik tuk di jelajahi.

Tips Berkunjung

tips berkunjung curug mandala
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117435014916512220609

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda simak atau menjadikannya referensi saat akan eksplorasi ke Curug Mandala di Cilacap.

  • Perkirakan waktu kunjungan wisata anda ke curug dengan sebaik mungkin.
  • Pagi atau sore hari adalah waktu terbaik untuk sensasi yang lebih maksimal.
  • Selalu utamakan keselamatan pada saat liburan.
  • Jika diperkirakan akan turun hujan sebaiknya segera mencari tempat berteduh.
  • Gunakan alas kaki yang mendukung aktivitas anda di alam bebas.
  • Bila perlu bawa dan sedia bekal sendiri seperti air mineral dan makanan ringan.

Demikian tadi ulasan singkat seputar wisata alam rekomended Curug Mandala di Cilacap yang wajib untuk anda telusuri pesonanya. Ajak serta orang-orang tercinta untuk berwisata bersama agar liburan kali ini lebih istimewa dan sulit terlupa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × two =