Museum Soesilo Soedarman adalah sebuah tempat wisata Cilacap dan sekitarnya yang menyimpan barang-barang peninggalan salah satu menteri era orba ini. Soesilo Soedarman merupakan salah satu lulusan terbaik Akademi Militer Yogyakarta angkatan pertama dan berkarir sebagai TNI.

Selain itu Jendral TNI (Purn) Soesilo Soedarman juga pernah menjabat sebagai menteri dari tahun 1988 hingga 1993. Dan juga ia sempat menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat dari Februari 1986 hingga April 1988.

Bangunan museum bersejarah di Kabupaten Cilacap ini menyimpan peninggalan-peninggalan dan foto perjalanan hidup beliau sebagai seorang prajurit TNI. Sehingga di Museum Soesilo Soedarman Cilacap ini anda bisa menyaksikan ragam benda-benda dari dunia militer, foto, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Museum Soesilo Soedarman

harga tiket masuk Museum Soesilo Soedarman
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109956038409945801424

Apa saja yang bisa anda saksikan disini? Bangunan utama museum berupa rumah joglo khas jawa dengan teras luas dan banyak tiang dari kayu jati. Rumah joglo ini merupakan sebuah Pendopo Wisma Mbah Ageng yang dibangun oleh Eyang Dipakarsa pada tahun 1988.

Berbagai macam koleksi berciri khas militer dapat wisatawan saksikan disini seperti panser, miniatur tank, pistol semi otomatik, pesawat Patroli Maritim. Serta senjata lainnya seperti aneka senapan yang dahulu digunakan untuk alat perang dunia II.

Tak hanya itu, patung badak cula satu, replika boeing, pesawat tempur dan masih banyak lagi menambah keeksotisan museum ini. Benda benda pribadi milik Sesilo Soedarman pun masih ada, meliputi tempat tidur, baju dinas, penghargaan-penghargaan hingga kendaraan lapis baja.

Untuk itu Museum Soesilo Soedarman bisa menjadi alternatif tujuan wisata edukasi guna mengisi waktu libur di akhir pekan. Tak perlu merogoh saku terlalu dalam, wisata museum Cilacap satu ini sangatlah ramah dikantong wisatawan.

Harga tiket masuk Museum Soesilo Soedarman hanya sebesar Rp5.000 saja per orangnya. Dengan biaya tiket masuk yang terjangkau ini, para pengunjung bisa berkeliling, bermain dan menyaksikan peninggalan bersejarah sampai puas.

Anda dapat berkunjung ke Museum Soesilo Soedarman kapanpun, sesuai dengan jam operasional wisata yang berlaku. Buka setiap hari mulai dari rabu hingga selasa pada pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat museum soesilo soedarman
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116649249677217554389

Lokasi Museum Soesilo Soedarman cocok sekali untuk anda jadikan tujuan rekreasi bersama orang tercinta agar lebih maksimal. Bangunan ikonik, barang-barang masa lampau, serta ragam peninggalan sejarah patut untuk di telusuri.

Alamat Museum Soesilo Soedarman berada di Dusun Tinggarjati Lor, Desa Gentasari, Kec. Kroya, Kab. Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Dari alun-alun kota Cilacap untuk menuju museum, jaraknya mencapai 30 km dengan membutuhkan waktu berkendara selama 55 menit.

Keterbatasan dari letak museum ini adalah aksesnya yang jauh dari jalan protokol meski akses jalan sudah beraspal. Dan terdapat beberapa penunjuk jalan yang mudah ditemukan disepanjang jalur menuju Soesilo Soedarman.

Atau anda juga bisa menggunakan maps dibawah ini untuk memudahkan perjalanan wisata menuju Museum Soesilo Soedarman.

Datang juga ke –> Pantai Srandil yang rekomended untuk diukunjungi pada saat hari libur anda.

Fasilitas

fasilitas museum soesilo soedarman
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108581103642380606684

Selain untuk wisata edukasi, sejak 2013 Muesum Soesilo Soedarman di Cilacap telah menambahkan wahana seru dan asyik untuk bermain. Itulah mengapa Museum Soesilo Soedarman selalu di kunjungi dan tak pernah sepi dari pengunjung.

Fasilitas Museum Soesilo Soedarman di antaranya adalah :

  • Tempat parkir kendaraan luas
  • Toilet & Kamar mandi
  • Mushola
  • Kolam renang
  • Perpustakaan
  • Kantin
  • Pendopo gamelan
  • Ayunan
  • Kereta putar
  • Spot foto menarik

Nikmati berbagai suguhan yang diberikan Museum Soesilo Soedarman untuk memberikan sensasi liburan lebih berkesan. Dengan explore tiap sudut museum unik ini akan membuat momen berlibur kali ini terasa lebih istimewa.

Kunjungi juga –> Pemandian Air Panas Cipari untuk merileksasi dan menenangkan diri dibalik sibuknya sehari-hari.

Spot Terbaik di Museum Soesilo Soedarman

spot terbaik museum soesilo soedarman
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112079080637251563020

Kegiatan liburan seru akan menjadi lebih berarti jika ada bukti dalam bentuk foto ataupun video selama rekreasi. Maka dari itu, saat explore Museum Soesilo Soedarman jangan sampai lupa untuk foto-foto ya.

Memanfaatkan berbagai ragam spot menarik untuk menghasilkan foto yang instagenic. Seperti bangunan rumah joglo, pesawat, senjata perang dan masih banyak lagi background apik sebagai spot terbaik di Museum Soesilo Soedarman.

Seperti halnya di halaman museum ini, terpajang rapi pesawat, tank, dan peluru kendali peninggalan bersejarah. Koleksi senjata api, gamelan dan wayang, terpajang pula foto-foto kegiatan Soesilo dalam mengembangkan budaya jawa.

Senapan mesin RPD, Pelontar Granat, Pistol Mitraliur, Peluncur Granat Roket RPG-7 juga menjadi salah satu spot favorit. Abadikan momen sebanyak-banyak dengan selfie, foto rame-rame hingga merekam video untuk nantinya menjadi kenangan di kemudian hari.

Sedia kamera sedari rumah ya, untuk nantinya anda gunakan segala macam kegiatan fotografi disini.

Review sebelumnya –> Pantai Permisan yang berada dekat dengan lapas di Pulau Nusakambangan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung museum soesilo soedarman
Foto : https://www.instagram.com/dimasbimaaaa/

Berikut beberapa tips berkunjung dari mytrip123.com yang bisa anda simak dan menjadikannya referensi berlibur di Museum Soesilo Soedarman.

  • Perhatikan waktu kunjungan wisata anda ke Museum Soesilo Soedarman.
  • Sebaiknya hindari berkunjung saat cuaca kurang bersahabat.
  • Ikut serta menjaga kerapihan dan kebersihan area museum.
  • Dilarang keras mengambil, merusak, dan melakukan tindakan yang merugikan.
  • Utamakan keselamatan selama wisata dan jalan-jalan dimanapun.

Demikian tadi ulasan singkat tentang Museum Soesilo Soedarman yang rekomended untuk anda kunjungi ketika rekreasi. Semoga informasi ini bermanfaat dan masuk dalam tujuan wisata anda selanjutnya bersama orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 5 =