Pantai Nusakambangan memiliki panorama ekstois dengan banyaknya pilihan wisata bahari yang dapat anda jumpai di dalamnya. Nusakambangan sendiri merupakan sebuah pulau yang menjadi lokasi beberapa Lapas (Lembaga Permasyarakatan) dengan tingkat keamanan paling tinggi di Indonesia.

Pulau Nusakambangan menjadi tempat berkumpulnya para penjahat kelas kakap Indonesia yang berada di dalam sebuah penjara. Bukan soal kejahatan yang akan kita bahas, melainkan destinasi menarik wisata Nusakambangan Cilacap yang patut untuk anda explore.

Selain terkenal dengan tempat para tahanan dengan kasus besar, Nusakambangan juga memiliki daya tarik wisata bahari mempesona. Seperti Pantai Karang Pandan, Rancah Babakan, Kalipat, Permisan, dan Kali Kencana untuk anda nikmati saat musim liburan dan akhir pekan.

Daya Tarik Pantai Nusakambangan

daya tarik pantai nusakambangan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103670772017084942682

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita ulas secara singkat masing-masing pantai yang ada di Pulau Nusakambangan Cilacap Jawa Tengah ini. Pertama adalah Karang Pandan, pantai ini berada di ujung timur pulau nusakambangan dengan pasirnya berwarna puith.

Kedua Rancah Babakan, bisa dibilang pantai ini yang letaknya cukup jauh karena berada di ujung barat pulau nusakambangan. Selanjutnya adalah Kalipat dan permisan, pantai ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di sebelah selatan pulau nusakambangan.

Yang terkahir adalah Pantai Kali Kencana, untuk bisa menuju kesini para wisatawan harus menyeberang, berjalan kaki dan menelusuri hutan Nusakambangan. Dari kelima pantai yang berada di kawasan Pulau Nusakambangan ini bisa anda singgahi dengan menyebrang melalui dermaga Teluk Penyu.

Masing-masing pantai yang ada di Pulau Nusakambangan tersebut memiliki pasir putih. Dan kondisi alamnya benar-benar terjaga karena belum ada campur tangan manusia.

Disamping itu Pantai-pantai Nusakambangan tersebut berada di wilayah yang tidak ada kehidupan manusia di dalamnya. Jadi tak heran apabila suasana yang disuguhkan kelima pantai Nusakambangan Cilacap tersebut benar-benar menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Nusakambangan

harga tiket masuk pantai nusakambangan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102113921262448690463

Sehingga untuk harga tiket masuk Pantai Nusakambangan, pertama anda harus membayar HTM Teluk Penyu terlebih dahulu. Setelah itu anda wajib menyewa perahu dengan biaya tertentu untuk digunakan menyebrang menuju salah satu pantai yang akan dituju.

Pada saat tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Teluk Penyu adalah Rp10.000 per orangnya. Sedangkan untuk biaya penyebrangan menggunakan perahu milik nelayan setempat, tarif per orangnya adalah Rp35,000.

Tarif perahu sebesar Rp35.000 tersebut dengan syarat jumlah penumpang minimal lebih 4 orang. Jika kurang dari 4 orang maka tarifnya berbeda, dan sedikit lebih mahal.

Namun perlu di ingat juga bahwa ketentuan tiket masuk dan biaya penyebrangan sewaktu-waktu dapat mengalami perubahan. Untuk itu ada baiknya bagi wisatawan yang hendak eksplorasi Pantai Nusakambangan agar menyiapkan uang lebih supaya liburan berlangsung lancar.

Jam Buka

jam buka pantai nusakambangan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112355149962498698499

Anda bisa singgah di salah satu Pantai Nusakambangan Cilacap yang mempesona ini pada saat pagi hingga sore hari. Saat malam hari tentu sudah tidak ada jasa persewaan perahu untuk digunakan menyeberang ke salah satu pantai pilihan anda.

Disamping itu juga ketika hari sudah gelap pemandangan yang tersaji tak begitu terlihat jelas dan cenderung berbahaya. Anda wajib memperhatikan cuaca sebelum memutuskan untuk liburan kesini.

Sewajarnya wisata pantai yang paling cocok di explore pada saat hari benar-benar cerah dan tidak sedang hujan. Maka dari itu persiapkan segala sesuatunya dengan matang sebelum rekreasi di Pantai Pulau Nusakambngan.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat pantai nusakambangan
Foto : https://www.instagram.com/awunz/

Lokasi Pantai Nusakambangan berada di pulau yang berstatus sebagai cagar alam dan menjadi habitat pohon-pohon langka. Pulau Nusakambangan masuk dalam wilayah Cilacap Selatan yang dipisahkan oleh selat segara anakan dengan daratan Pulau Jawa.

Alamat Pantai Nusakambangan berada di Pulau Nusa Kambangan, Kelurahan Tambakreja Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Masih cukup dekat dari jantung kota Cilacap dengan akses jalan yang mudah untuk dilalui berbagai kendaraan wisatawan.

Telah disinggung diatas, bahwasannya untuk menuju salah satu pantai di Nusakambangan ini para pengunjung harus menuju Teluk Penyu terlebih dulu. Karena pantai Cilacap paling populer ini memiliki dermaga yang menjadi tempat awal mula keberangkatan perahu/kapal menuju Nusakambangan.

Momen berlibur anda kali ini akan berbeda dari biasanya, menyusuri lautan dengan perahu menuju Pantai Nusakambangan dijamin lebih berkesan. Sembari bermain air saat diatas perahu dengan memasukan jari-jari kita sedikit menyentuh lautan.

Jika anda merasa kesulitan dalam perjalanan saat akan menuju ke wisata di Cilacap yang hits ini gunakan saja maps berikut. Dengan petunjuk arah yang cukup akurat guna memudahkan perjalanan menuju Pantai Nusakambangan Cilacap.

Datang juga ke –> Pantai Widarapayung yang bisa jadi alternatif anda dalam mengisi waktu libur bersama orang-orang tercinta.

Fasilitas

fasilitas pantai nusakambangan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100630350990734386179

Termasuk dalam salah satu tujuan destinasi liburan menyenangkan di Kabupaten Cilacap. Wisata Nusakambangan tak boleh anda lewatkan berbagai keseruannya saat rekreasi bersama keluarga.

Sudah di dukung dengan sarana dan fasilitas yang cukup memadai untuk menunjang berbagai aktivitas wisatawan disini. Fasilitas yang bisa anda gunakan, semuanya berada di Teluk Penyu, karena di masing-masing pantai Nusakambangan hanya ada sedikit aktivitas manusia.

Sebaiknya sebelum menyebrang anda sudah dalam kondisi tidak ingin ke kamar mandi, sedia bekal, dan lain sebagainya. Khusus bagi anda yang mabuk laut, ada baiknya persiapkan fisik secara baik sebelum memutuskan untuk naik perahu.

Kunjungi juga –> Benteng Pendem wisata Cilacap paling bersejarah dengan segudang kisah menariknya.

Spot Terbaik di Pantai Nusakambangan

spot terbaik di pantai nusakambangan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114425332788611161059

Rangkum semua kegiatan seru saat berlibur di Pantai Nusakambangan dengan berswafoto, selfie dan juga merekam video. Dengan menjadikan aneka ragam spot terbaik di Pantai Nusakambangan yang menakjubkan sebagai latar belakangnya.

Pemandangan menawan khas wisata bahari yang memikat terbukti mampu menghipnotis mata siapa saja yang memandangnya. Di dukung dengan alam yang masih asli karena sangat terjaga membuatnya semakin bikin betah dan enggan untuk pergi meninggalkannya.

Udara sejuk nan asri turut menemani kegiatan menarik anda selama berlibur di beberapa pantai yang ada di Nusakambangan ini. Manfaatkan beragam pesona alam cantik yang dihadirkan untuk dijadikan background kala mengabadikan setiap momennya.

Datang juga ke –> Curug Mandala yang mempesona dengan sajian pemandangan alam luar biasa.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pantai nusakambangan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112176946816975627531

Berikut ini tips dari Mytrip123 yang bisa anda simak sekaligus menambah referensi sebelum rekreasi.

  • Atur waktu kunjungan wisata anda sebaik mungkin.
  • Tidak di sarankan berwisata ke Nusakambangan saat curuk buruk.
  • Segera kembali ke daratan jika dirasa hari mulai gelap dan akan turun hujan.
  • Persiapkan fisiik secara prima agar liburan terasa lebih bahagia.
  • Bawalah topi/penutup kepala lainnya jika anda berkunjung saat siang hari.
  • Utamakan keselamatan dan keamanan saat berada di alam bebas.
  • Dilarang merusak alam dengan tindakan yang berpotensi merugikan lingkungan.

Demikian tadi ulasan singkat tentang Pantai Nusakambngan dengan panorama elok, eksotis dan tiada duanya. Wisata bahari Cilacap satu ini sangatlah rekomended untuk anda jadikan tujuan berwisata selanjutnya bersama orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 19 =