Tempat wisata di wonosobo merupakan destinasi yang menyajikan keindahan luar biasa dan sungguh menarik. Banyak sekali wisatawan yang memilih untuk menghabiskan akhir pekan mengunjungi tempat wisata di wonosobo jawa tengah. Sejuta pesona yang dimiliki alamnya ada di tanah Indonesia, salah satunya ada di jawa tengah.

Tempat Wisata wonosobo dieng, tidak hanya dieng saja, tetapi masih banyak sekali wisata lainnya yang masih bisa memanjakan mata. Banyak objek wisata wonosobo yang bisa membuat diri anda menjadi lebih rileks selama berlibur dan melupakan pekerjaan sementara. Jadi jangan lupa untuk memasukkan salah satu daftar tempat liburan anda di kabupaten jawa tengah, wonosobo.

Berikut daftar tempat wisata di wonosobo yang bisa dikunjungi pada saat liburan tiba:

1. Padang Savana Dieng

Wisata Wonosobo Dieng
Foto : https://www.instagram.com/lilinandorani96/

Wisata wonosobo terbaru di padang savana dieng ini mampu memikat hari dengan kekaguman bentang alam dieng. Setiap Langkah yang anda saksikan di padang savana dieng ini mampu memanjakan mata akrena keindahannya.

Wisatawan juga bisa menyaksikan seluruh area dengan ketinggian tampak indah dan mempesona. Dengan view pertanian yang indah dari atas padang savana dieng.

Dari jalur pendakian, padang savana dieng ini memiliki jalur terpendek. Hanya sekitar 20 menit saja dan jika mengikuti jalur terpanjang bisa sekitar 2 jam di perjalanan.

2. Telaga Warna

wisata wonosobo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/novemlawalata/

Wisata wonosobo selain dieng salah satunya adalah telaga warna yang sangat popular di daerah wonosobo, jawa tengah. Telaga warna menawarkan keindahan dan spot yang pastinya tidak boleh dilewatkan untuk siapapun yang berkunjung.

Nikmati pesona dan spot yang digunakan untuk menemani perjalanan anda dengan keluarga maupun teman di akhir pekan maupun liburan Panjang. Telaga warna ada di desa dieng wetan, kecamatan kejajar, kabupaten wonosobo, jawa tengah.

Anda bisa mengunjungi keindahan alam wonosobo kapan saja, karena telaga warna ini akan buka setiap hari untuk para wisatawan. Tetapi untuk jam operasionalnya buka dari jam 8 hingga 4 sore.

Liburan yang seru mengunjungi sebuah tempat pasti membutuhkan fasilitas yang harus lengkap pulau untuk liburan lebih terasa. Fasilitas yang ada di telaga warna ini tebilang cukup lengkap. Ada area parkir yang luas, terdapat mushola, toilet, dan berbagai macam wahana di dalamnya.

3. Batu Pandang Ratapan Angin

wisata wonosobo selain dieng
Foto : https://www.instagram.com/okakurnia/

Wisata wonosobo kota dan merupakan ikon wisata di dataran tinggi dieng ini dapat dinikmati di batu pandang ratapan angin. Pengunjung bisa mengunjungi tempat ini dengan menyajikan panorama telaga warna dari atas.

Telaga warna dapat terlihat dari atas kerap berubah warna dengan seiring perubahan musim dari kemarau ke hujan atau sebaliknya. Selain menyajikan panorama ini bati pandang ini merupakan menjadi salah satu tempat berfoto yang memiliki tempat terbaik dan terkeren.

4. Telaga Menjer

wisata wonosobo kota
Foto : https://www.instagram.com/telaga_menjer/

Tempat wisata di wonosobo selain dieng salah satunya adalah telaga menjer, yang merupakan tempat wisata populer dan sangat direkomendasikan. Telaga menjer menyajikan alam yang sangat indah dan bisa membuat anda rileks selama perjalanan di liburan anda.

Sensasi yang akan didapatkan jika anda mengunjungi telaga menjer ini adalah dapat menikmati seluruh spot yang ada di sana. Untuk lokasinya sendiri, telaga menjer ada di desa menjer, kecamatan garung, kabupaten wonosobo, jawa tengah.

Fasilitas yang akan dapat digunakan untuk pengunjung telaga menjer sangat lengkap. Yaitu adanya warung makan, tempat duduk santai di telaga, area bermain anak, dan spot foto. Adanya perahu dan spot memancing juga biasanya yang paling ramai digunakan untuk para pengunjung telaga warna.

5. Lubang Sewu

Tempat wisata di Wonosobo selain Dieng
Foto : https://www.instagram.com/ridho_wullu_2/

Tempat wisata di wonosobo terbaru yang berada di wonosobo, jawa tengah sebenarnya sangat banyak sekali. Wonosobo merupakan surga kecil yang berada di tanah jawa tepatnya di jawa tengah dengan menawarkan segala keindahan yang luar biasa.

Tempat wisata hits yang viral ini menyajikan keindahan spot sangat menarik perhatian seluruhnya yang akan berkunjung. Wisatawan selalu di buat rileks dan menikmati perjalanan selama menuju ke wonosobo serta begitu sampai tempat wisata nya pula.

Lokasi lubang sewu ini berada di desa erorejo, kecamatan wadaslintang, kabupaten wonosobo, jawa tengah. Untuk operasionalnya wisata lubang sewu erorejo ini juga buka tidak setiap hari. Hanya dibuka musim kemarau dengan tujuan agar mendapatkan keindahan yang luar biasa.

Banyak sekali wisatawan yang datang di pagi buta atau di sore hari untuk bisa mendapatkan sunrise atau sunset. Warna langit yang cerah pada musim kemarau, membuat mata telanjang dapat terdiam dan ternganga melihatnya.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Purworejo Terbaru kaya akan panorama alam menawan yang mampu menghipnotis mata.

6. Bukit Seroja

tempat wisata di wonosobo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/idhikers/

Wisata wonosobo salah satunya yang hits ini adalah bukit seroja, bukit yang sangat menarik dan masuk kedalam kategori terbaru. Menikmati bukit seroja dengan berbagai panorama alam yang menakjubkan dengan menyajikan pula telaga menjer yang ada di bawahnya.

Banyak sekali spot foto yang sangat keren untuk anda nikmati saat wisata wonosobo yang akan menyenangkan. Lokasi wisata alam bukit seroja ada di maron, kecamatan garung, kabupaten wonosobo, jawa tengah, Indonesia.

Wisata bukit seroja sendiri dimulai jam 7 pagi hingga pukul 5 sore dan dibuka setiap hari untuk menikmati liburan disana. Wisatawan yang datang dari jauh jauh tidak perlu khawatir akan fasilitas yang diberikan oleh bukit seroja.

Bukit seroja ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan bisa digunakan bersama keluarga tersayang anda. Adanya area parkir yang luas, tempat makan dan saung, spot selfie yang sangat luar biasa, dan toilet.

Ada pula tempat yang digunakan untuk menginap seperti tempat camping are atau homestay. Jalan menuju bukit seroja juga termasuk aman dan sangat baik sekali. Karena tidak melalui jalan yang curam baik tanjakan, turunan, maupun belokan.

7. Prau

wisata dieng wonosobo
Foto : https://www.instagram.com/falisha.journey/

Wisata di wonosobo prau merupakan keindahan dan pesona alam yang menyajikan pemandangan luar biasa dari gunung prau. Pemandangan yang tidak ada habisnya ini dapat dinikmati dari dekat dan pastinya akan sangat dingin serta sejuk sekali.

spot yang digunakan untuk pendakian ini bisa dengan keindahan alam yang sangat luar biasa dan merupakan track yang menyenangkan. Sunrise dan sunset yang kece untuk berada di atas gunung prau ini dapat menjadi primadona para pendaki seluruh wisatawan.

Untuk anda yang memiliki hobi mendaki gunung, rasakan nikmat mendaki gunung prau dengan sejuta pesonanya. Pendakian yang digunakan untuk ke gunung prau tidak akan lengkap jika tidak bertemu dengan sunrise atau sunset.

Atmosfer liburan untuk mendaki gunung merupakan liburan yang anti mainstream salah satunya mendaki gunung prau. Gunung prau sendiri berada di dieng, kecamatan kejajar, kabupaten wonosobo, jawa tengah, Indonesia.

8. Telaga Pengilon

wisata alam wonosobo
Foto : https://www.instagram.com/riyanto_rkf/

Objek wisata di wonosobo yang satu ini merupakan wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Telaga ini merupakan wisata air yang dekat dengan pegunungan dan masih banyak lagi telaga lainnya yang berada di dieng.

Telaga ini memiliki daya Tarik sendiri yaitu air nya yangs angat jernih karena berada di lokasi perbukitan. Letaknya yang berada dekat telaga warna ini tidak kalah jauh dengan telaga tersebut karena termasuk dalam telaga kembar.

Telaga pengilon bisa dikunjungi dengan berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 300 meter dan menyusuri jalan setapak. Lebih tepatnya gunung ini hanya berjarak 1 km dari candi dieng dengan membayar 10 ribu rupiah saja untuk masuk kedalam.

9. Dieng

wisata wonosobo
Foto : https://www.instagram.com/explore.wonosobo/

Wisata dieng wonosobo merupakan dataran tertinggi yang ada di kota asri ini. Dengan panorama pegunungan dieng yang ada di pusat jawa tengah. Dataran yang diapit oleh jajaran perbukitan di sisi utara maupun selatannya dan berasal dari aktivitas vulkanik yang ada.

Secara administrasi, dieng berada di kecamatan batur dan berbagai kecamatan lainnya. Yang berada di ketinggian 1600 hingga 2100 dari permukaan laut. Suhu udara yang berkisar hingga 6 derajat celcius ini ada di malam hari dan siang hingga 15 celsius.

Penduduk Kawasan ini ada di pengaruh kerajaan sunda galuh kuno dengan dikuasai oleh medang. Dieng menjadi Kawasan pemukiman yang cukup terpencil dengan peninggalan angunan pada abad ke 8 masehi.

10. Sikunir

wisata di wonosobo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/candra.setywn/

Obyek wisata di wonosobo yang wajib dikunjungi adalah mendatangi pemandangan yang paling menarik berada di bukit sikunir. Bukit sikunir menjadi tempat favorit untuk menikmati sensasi golden sunrise yang berada di sikunir.

Pemandangan yang dapat anda saksikan, tidak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya yang berada di wonosobo, jawa tengah. Anda dapat terhipnotis jika mengunjungi tempat wisata bukit sikunir dengan terdiam dan ternganga.

Panorama yang disajikan untuk bukit sikunir ini adalah pemandangan yang menakjubkan dan bisa mendapatkan spot yang sungguh luar biasa. Bukit sikunir sendiri berada di desa sembungan, kecamatan kejajar, kabupaten wonosobo, jawa tengah, Indonesia.

Anda juga bisa menikmati dieng dan bukit sikunir kapan saja, karena terbuka setiap hari selama 24 jam tidak pernah tutup. Tidak heran banyak sekali yang ingin berkunjung ke wonosobo, jawa tengah dengan persiapan yang sangat keren bahkan dari jauh-jauh hari.

11. Agrowisata Tambi

tempat wisata keluarga di wonosobo
Foto : https://www.instagram.com/nrfarid_/

Tempat wisata di wonosobo yang wajib dikunjungi dan masuk dalam ke daftar list liburan di akhir pekan maupun libur Panjang. Liburan di wonosobo anda tidak akan kesulitan jika menemukan tempat wisata yang sangat direkomendasikan.

salah satu tempat wisata alam yang wajib dikunjungi bersama teman maupun keluarga salah satunya adalah agrowisata tambi. Tempat wisata ini merupakan hamparan tanaman teh yang dapat dinikmati dengan suasana sejuk dan dingin.

Pastinya jika anda berlibur ke tempat ini, anda bisa melakukan foto banyak karena spot yang sudah terjamin bagus. Liburan yang menyenangkan ke agrowisata tambi merupakan liburan yang tidak akan terlupakan sambal menikmati pesona alam wonosobo, jawa tengah.

Tempat wisata ini merupakan, tempat wisata yang direkomendasikan dan bisa digunakan untuk merelaksasikan diri dari penatnya pekerjaan selama 24 jam. Agrowisata tambi atau kebun teh ini buka setiap hari selama 24 jam dan bisa dieksplor hingga masuk.

12. Telaga Merdada

tempat wisata alam di wonosobo
Foto : https://www.instagram.com/13ackpack/

Tempat wisata di wonosobo terbaru yang merupakan telaga terluas yang ada di dieng disebut dengan telaga merdada. Talaga ini merupakan tampungan air hujan yang pada musim kemarau akan terlihat kering.

Bagian tengah pada telaga ini akan terlihat begitu jelas dan juga memukau. Tidak diperbolehkan untuk berjalan kaki di atas telaga ini sebab memiliki lumpur yang berbahaya. Telaga merdada ini berlokasi di desa karang tengah, kecamatan batur, kabupaten banjarnegara.

Telaga merdada memiliki luas sekitar 25 hektar dengan dikelilingi dua bukit seperti bukit pangonan dan bukit semurup. Merdada diambil dari kata dada yang artinya lapang atau luas seperti menggambarkan telaga yang luas ini.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Kebumen yang menyuguhkan destinasi indah nan mempesona tiada tara wajib anda untuk telusuri.

13. Curug Sikarim

tempat wisata di wonosobo jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/itsmeinr_/

Tempat wisata alam di wonosobo yang menarik salah satunya adalah mengunjungi air terjun. Dan termasuk objek wisata terindah yang ada di wonosobo.

Salah satu air terjun yang dimiliki daerah wonosobo adalah curug sikarim. Yang menawarkan pesona air yang sangat jernih, udara sejuk, dna pemandangan luar biasa.

Tempat wisata alam di wonosobo ini merupakan tempat yang dapat digunakan untuk merelaksasikan jiwa dan juga pikiran. Curug sikarim merupakan air terjun yang memiliki ketinggian hingga 30 meter kurang lebih.

Lokasi air terjun atau curug sikarim ini ada di sembungan, kecamatan kejajar, kabupaten wonosobo, jawa tengah. Kalian bisa mengunjungi tempat wisata yang ada di wonosobo kali ini bisa menggunakan mobil ataupun motor.

Curug sikarim dibuka setiap hari dimulai pukul 7 pagi hingga 5 sore untuk bisa menikmati air segar dari gunung langsung. Aliran spot dan keindahan curug sikarim membuat senang hati, pikiran, maupun raga dalam tubuh.

Liburan yang tidak ada duanya ini patut harus kamu coba dan akan semakin terasa lebih menyenangkan. Adanya berbagai fasilitas yang lengkap menambah ketertarikan bagi siapapun yang akan datang ke curug sikarim.

Fasilitas yang disediakan di curug sikarim adalah akses jalan yang baik, area parkir yang sangat luar, dan adapula toilet. Tersedia pula warung makan, gardu pandang, dna juga taman lainnya yang bisa dijadikan sebagai spot foto.

14. Telaga Cebong

wisata di wonosobo
Foto : https://www.instagram.com/s.r.hidayat/

Wisata terbaru di wonosobo yaitu telaga cebong, yang berada di desa tertinggi yaitu desa sembungan, telaga cebong. Telaga ini berada di baratnya gunung sikunir dan menyerupai berudu atau cebong yang menjadi sebutan untuk telaga ini.

air pada telaga ini dipagi hari akan tampak berkilau seperti ada minyak yang didalamnya dan bisa menjadi momen terbaik. Wisatawan dapat dengan bebas berfoto maupun selfie untuk spot foto yang sudah disediakan oleh telaga cebong.

Telaga cebong memiliki kisahnya sendiri yang membuat keindahan pada telaga tersebut tercetak secara alami dan neutral. Tidak heran banyak sekali yang berkunjung dan akan berkunjung ke telaga cebong.

15. Curug Winong

objek wisata di wonosobo
Foto : https://www.instagram.com/utykookii/

Tempat wisata keluarga di wonosobo yang wajib harus kamu datangi baik dengan saudara maupun teman sebaya. Wisata air terjun atau curug winong ini menjadi daya Tarik tersendiri dan tidak ada duanya dengan keindahan alam manapun.

Air terjun atau curug winong ini berada di desa winongsari, kecamatan kaliwiro, kabupaten wonosobo, jawa tengah. Banyak sekali keindahan alam yang bisa disaksikan melalui mata telanjang dan membuat anda pastinya terhipnotis serta terdiam.

Curug winong buka setiap hari dimulai jam 7 pagi hingga 4 sore dengan sangat baik sekali. Adanya kesegaran alam yang bisa mendamaikan jiwa dengan sajian tempat ini bisa digunakan dan didapatkan hanya dengan harga murah saja.

Banyak sekali yang datang ke curug winong hanya untuk menikmati sensasi dinginnya air asli yang turun dari gunung. Udara yang segar juga membuat semua wisatawan akan ingin berlama-lama di curug winong tersebut.

16. Gardu Pandang Tieng

obyek wisata di wonosobo
Foto : https://www.instagram.com/handans_photos/

Wisata alam wonosobo yang disajikan di tempat wisata gardu pandang tieng ini memiliki panorama yang mempesona. Sangat luar biasa jika dinikmati dengan pesona lainnya yang ada di gardu pandang tieng, objek wisata khas wonosobo, jawa tengah.

Gardu pandang tieng ini memiliki tempat yang dapat digunakan untuk beristirahat sejenak sambal digunakan untuk menikmati pemandangan. Tempat wisata kali ini berada di jalan dieng desa tieng, kecamatan kejajar, kabupaten wonosobo, jawa tengah.

Adanya berbagai fasilitas yang ada di gardu pandang tieng ini yaitu area parkir luas, toilet, dan musholla. Ada pula warung makan, café diatas awan, spot foto yang sangat kece, dan terdapat pula pusat oleh-oleh.

17. Alun Alun Wonosobo

tempat wisata anak di wonosobo
Foto : https://www.instagram.com/de_sas_53/

Tempat wisata anak di wonosobo ini merupakan alun-alun wonosobo yang sangat cocok. Sangat cocok untuk bermain semua kalangan umur baik orang tua, dewasa, maupun anak-anak.

Yang membuat daya Tarik dari alun-alun ini merupakan titik nol kota wonosobo yang menjadi hampa jika tidak ada alun-alun ini. Sebagai jantung kota wonosobo, tempat ini juga sebagai ruang publik dan pusat pemerintahan yang berada di kabupaten wonosobo, jawa tengah.

Alun-alun wonosobo merupakan alun-alun terindah yang berada di jawa tengah dengan menjadikan ruang publik dengan keasriannya. Banyak sekali kegiatan menarik yang diadakan di atas alun-alun wonosobo. Salah satunya adalah bisa digunakan untuk pergelaran music dan acara ceremonial memperingati wonosobo.

18. Gunung Kembang

tempat wisata di wonosobo
Foto : https://www.instagram.com/saiffel_muneef/

Tempat wisata di wonosobo jawa tengah salah satunya adalah gunung kembang. Yang terletak di blembem, desa kaliurip, kecamatan kretek, kabupaten wonosobo, jawa tengah.

Destinasi wisata kali ini menyajikan panorama paling indah yang bisa dinikmati dari berbagai sudut pandang manapun tetap terbaik.

Bagi pecinta alam dan pendakian, akan terasa lengkap jika sudah merasakan sendiri sensasi perjalanan mendaki gunung kembang. Gunung kembang merupakan gunung yang dapat membuat mata tidak berkedip dan mulut terdiam selama perjalanan pendakian.

Untuk yang mempunyai hobi mendaki, silahkan coba untuk mendaki gunung kembang yang tidak terlalu mempunyai ketinggian sekali. Gunung kembang sangat direkomendasikan untuk anda yang suka mendaki dan dijamin menjadi momen yang paling tidak terlupakan.

Tempat wisata di wonosobo menawarkan berbagai keindahan yang dimulai dengan gunung, air, dan juga udara yang masih segar. Tidak heran banyak orang yang mengunjungi tempat wisata wonosobo dengan ramai-ramai bersama keluarga maupun teman tersayang. Sangat cocok juga digunakan untuk anak-anak karena adanya tempat wisata yang bisa dipelajari seperti agrowisata.

Review Sebelumnya –> Keren 11 Tempat Wisata Di Kabupaten Banjarnegara

Berikut merupakan rekomendasi Tempat wisata di wonosobo yang sangat menakjubkan dan sungguh menarik. Wonosobo merupakan surga kecil yang berada di tanah Indonesia dengan keindahan alam yang masih sangat asri dan segar.

Segera masukkan salah satu tempat wisata wonosobo diatas kedalam daftar liburan akhir pekan atau liburan Panjang anda nantinya.

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here