Sedang berlibur ke Magelang? Tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi beberapa tempat wisata di Magelang yang hits dan terpopuler berikut ini. Kota Magelang menjadi salah satu daerah yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Mengingat kota yang berada di Jawa Tengah ini memiliki berbagai tempat wisata, mulai dari wisata alam, sejarah, hingga religi. Apalagi sebagian besar tempat wisata yang tersedia masih terjaga kelestariannya sehingga membuat liburan Anda semakin seru.

Nah, bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di Magelang, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik yang wajib Anda kunjungi. Berikut daftar tempat wisata di Magelang yang wajib dikunjungi untuk menghabiskan liburan bersama orang-orang tercinta:

1. Kedung Kayang

wisata magelang terbaru
Foto : https://www.instagram.com/lubielab/

Kedung Kayang menjadi salah satu objek wisata di Magelang yang lagi hits, karena pengunjung selalu penasaran untuk berpetualang di sana. Wisata ini sangat cocok di kunjungi terutama bagi Anda yang berjiwa-jiwa adventure.

Kedung Kayang sendiri berlokasi di Jalan Ketep Pass, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang. Untuk menuju lokasi air terjun ini memang cukup sulit yakni berjalan kaki sekitar 20 menit.

Walaupun melelahkan, usaha Anda akan terbayar dengan suguhan pemandangan alam yang begitu asri dan memanjakan mata. Selain itu, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang begitu indah, membuat Anda ingin menikmati kesegarannya.

Dari kawasan wisata air terjun di Kedung Kayang ini Anda dapat menyaksikan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Untuk mengunjungi objek wisata di Magelang ini Anda hanya perlu membayar Rp 6.000 saja per orang.

Dengan biaya yang murah Anda bisa berwisata dengan nyaman dengan fasilitas kebersihan yang cukup lengkap.

2. Telaga Bleder

wisata magelang muntilan
Foto : https://www.instagram.com/officialwisatamagelang/

Objek Wisata di Magelang ini merupakan wisata danau yang lokasinya berada di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Perlu diketahui, Telaga Bleder terbentuk secara alami dari sumber mata air yang membentuk sebuah cekungan.

Jarak tempat wisata keluarga di Magelang ini hanya sekitar 23 km dari alun-alun kota Magelang dengan waktu tempuh 40 menit. Selain terkenal sebagai wisata keluarga Magelang, Telaga Bleder juga terkenal sebagai wisata budaya.

Telaga Bleder ini merupakan tempat wisata yang mengusung beberapa konsep atau teman wisata. Sehingga tidak heran jika tempat wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai tujuan liburan bersama keluarga saat akhir pekan.

Untuk mengunjungi Telaga Bleder ini Anda hanya perlu membayar Rp 6.000 untuk anak kecil dan Rp 7.000 untuk orang dewasa. Selain itu, ada biaya tambahan lain seperti menyewa becak air, sewa perahu, dan tiket parkir.

3. Candi Borobudur

Wisata keluarga Magelang
Foto : https://www.instagram.com/ervinerwin/

Anda pasti sudah tidak asing dengan Candi Borobudur yang mana merupakan sebuah Candi Budha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur menjadi bangunan historis yang banyak di kunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Candi Borobudur menjadi tempat wisata di Magelang terdekat yang wajib Anda kunjungi. Daya tarik dari candi ini yaitu memiliki relief terbesar dan terlengkap di dunia. Bahkan kemegahannya dikenal lebih dari 75 tahun lamanya.

Selain itu, Candi Borobudur menjadi mahakarya leluhur yang mendapat pengakuan dari UNESCO sehingga masuk ke dalam 7 keajaiban dunia. Candi ini menyimpang berbagai misteri dalam arsitekturnya, misalnya misteri jumlah anak tangga, jumlah stupa, dan jumlah patung candi.

Dahulu kala candi ini berada di tengah-tengah danau, sehingga bentuknya menyerupai bunga teratai yang mekar. Namun saat ini danaunya sudah tidak tampak lagi, bahkan tidak ada jejak keberadaan danau.

Untuk berlibur ke Candi Borobudur ini, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 25.000 untuk anak kecil dan Rp. 50.000 untuk orang dewasa. Perlu Anda ketahui, Candi Borobudur hanya buka pukul 16.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

4. Nepal Van Java

wisata di magelang yang lagi hits
Foto : https://www.instagram.com/ervinerwin/

Anda ingin berlibur ke tempat wisata di Magelang selain candi? Nepal Van Java bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini merupakan sebuah tempat wisata yang identik dengan pedesaan di Nepal.

Tempat wisata yang sedang hits ini berada di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Dusun Butuh menjadi dusun tertinggi di Magelang, dengan ketinggian mencapai 1.600 mdpl.

Nepal Van Java, julukan untuk desa wisata di lereng Gunung Sumbing karena rumah penduduknya bertumpuk seperti perumahan di Negeri Nepal. Anda akan disuguhkan keindahan Gunung Sumbing saat cuaca cerah dan juga udara yang bersih, asri, serta sejuk.

Nepal Van Jawa ini juga menjadi pintu gerbang pendakian Gunung Sumbing. Jadi jika Anda ingin mendaki Gunung Sumbing sekaligus berwisata ke Nepal Van Java, maka Anda harus membayar sebesar Rp. 15.000 saja.

5. Candi Selogriyo

tempat wisata di magelang yang sedang hits
Foto : https://www.instagram.com/deniassusanto/

Candi Selogriyo sendiri merupakan sebuah candi di Magelang yang diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi pada masa Mataram Kuno. Destinasi ini berlokasi di Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang.

Candi Selogriyo terletak di lereng timur antara kumpulan tiga bukit, yaitu Bukit Giyanti, Bukit Condong, dan Bukit Malang. Tempat wisata di Magelang, Jawa tengah ini terbilang “nyempil”, karena lokasinya yang diapit oleh 3 bukit.

Walaupun nyempil, namun candi ini juga banyak dikunjungi wisatawan, karena pemandangan alam yang asri di sekitarnya. Keistimewaan candi yang berlatar belakang arsitektur Hindu ini adalah pada kemuncak yang berbentuk buah keben disebut malaka.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke candi ini, tak perlu khawatir dengan biayanya. Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000 saja per orang, beroperasi pukul 08.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB.

6. Ketep Pass

tempat wisata di magelang terdekat
Foto : https://www.instagram.com/ngesti.wuryantoro/

Ketep Pass merupakan sebuah tempat wisata alam di Magelang yang menyuguhkan pemandangan mengagumkan dari Gunung Merapi. Anda bisa melihat ke arah puncak Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, karena Ketep Pass berada di tengah-tenganya.

Ketep Pass berada di ketinggian 1200 meter mdpl dengan luas 8000 meter. Objek wisata ini bisa dijangkau dengan bus, mobil, dan motor karena lokasinya strategis yaitu di Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Saat Anda berkunjung ke Ketep Pass, selain pemandangan Alam ada juga fasilitas lain yang akan membuat liburan semakin menarik. Fasilitas lain yang bisa Anda nikmati seperti Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Teropong, Peralatan Pancaragam, dan sebuah gazebo bernama Gardu Panjang.

Bagi Anda yang ingin berwisata di Ketep Pass, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 10.500 di hari Senin sampai Sabtu. Untuk hari minggu dan hari libur tiket masuk Ketep Pass ini menjadi seharga Rp 12.500.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Wonosobo yang memiliki suguhan alam asri dengan panorama memukau dan menawan.

7. Candi Mendut

tempat wisata di magelang selain candi
Foto : https://www.instagram.com/kustanto_kustanto/

Candi Mendut sendiri adalah candi bercorak Budha yang lokasinya bearada di Desa Mendut, Magelang. Wisata ini hanya berjarak 3 km dari Candi Borobudur dan Candi Pawon. Bahkan diperkirakan ketiga candi ini memiliki hubungan yang erat.

Candi Mendut memiliki keunikan yaitu terdapat sebuah pohon Bodhi besar tumbuh dengan rindang dan kokoh di halaman candi. Pohon ini diyakini oleh umat budha sebagai tempat Siddharta Gautama untuk mencari penerangan sempurna.

Candi ini juga menjadi tempat untuk merayakan hari Waisak oleh umat Budha. Dalam catatan sejarah candi ini didirikan oleh Raja dari dinasti Syailendra yaitu Raja Indra pada tahun 824 M.

Candi ini memang bisa Anda lihat dari luar melalui area parkir yang hanya di batasi pagar besi. Namun bagi Anda yang ingin memasuki kompleks Candi Mendut, harus membayar terlebih dahulu sebesar Rp 3.500.

8. Silancur Highland

wisata magelang
Foto : https://www.instagram.com/__tryynn/

Siluancur Highland menjadi tempat wisata Magelang terbaru yang menyuguhkan pemandangan matahari terbit dari puncak di atas pegunungan. Wisata terbaru di Magelang ini tengah naik daun sehingga hampir setiap hari ramai dikunjungi wisatawan.

Wisata Silancur Highland ini berada di Desa Mangli, Kecamatan Kaliankrik, Magelang. Silancur Highland terletak di lereng Gunung Sumbing ini menawarkan pemandangan alam yang sangat Indah.

Objek wisata ini merupakan sebuah bukit yang dilengkapi dengan cafe, taman bunga. Yang cocok sekali untuk spot foto berlatar belakang pegunungan. Selain itu, Anda juga bisa berkemah atau bercamping sebari menikmati gemerlap lampu di malam hari.

Untuk menikmati pesona matahari terbit dan pemandangan alam di Silancur Highland ini Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Tiket masuknya cukup terjangkau, hanya sebesar Rp 10.000 per orang.

9. Candi Pawon

wisata di magelang
Foto : https://www.instagram.com/berandajogja/

Candi Pawon merupakan salah satu candi peninggalan Budha yang terkenal. Dimana objek wisata ini berada di Dusun Brojonalan, Desa Wanurejo, Magelang.

Candi Pawon yang ditemukan tahun 1903 ini juga di sebuah dengan nama Bajranala oleh masyarakat sekitar. Kata ini berasal dari bahasa Sansekerta, Vajra yang berarti ‘Halilintar’ dan Anala yang mempunyai arti ‘api’.

Candi ini memiliki daya tarik tersendiri, yaitu dinding-dinding luar candi yang dihiasi dengan relief kalpataru. Atau yang biasa di sebuah pohon hayati. Selain itu, ada juga hiasan kanara-kinari dan pundi-pundi atau makhluk setengah manusia dengan kepala burung.

Harga tiket masuk Candi Pawon ini tergolong murah, yaitu sekitar Rp 10.000 per orang untuk wisatawan domestik, belum termasuk parkir. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara harus mengeluarkan bujet sekitar Rp20.000 per orang.

10. Air Terjun Sekar Langit

objek wisata alam di magelang
Foto : https://www.instagram.com/_ganniali_/

Jika Anda ingin mengunjungi wisata alam Magelang, maka pastikan untuk mengunjungi Air terjun Sekar Langit. Sekar Langit sendiri merupakan sebuah air terjun yang memiliki tinggi mencapai 25 meter dari permukaan telaga di bawahnya.

Air Terjun Sekar Langit yang berada di desa Telorejo, Magelang ini memang cukup populer dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Untuk lokasi tepatnya yaitu di bawah lereng Gunung Telomoyo, yang menjadi perbatasan antara Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, dan Kota Salatiga.

Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Anda memerlukan perjalanan yang cukup jauh yakni berjalan kaki 400 meter dari jalan besar. Namun lelah Anda tentunya akan terbayar dengan suguhan pemandangan alam yang masih alami, sangat asri, serta terjaga.

Air Terjun Sekar Langit ini menjadi terkenal karena legenda kisah Jaka Tarub bertemu dengan 7 bidadari. Di air terjun ini terdapat sebuah petilasan, yang dipercayai banyak orang dapat menemukan jodoh jika mandi di air terjun ini.

11. Puntuk Setumbu

obyek wisata di ameglang
Foto : https://www.instagram.com/travelling_vwsafari_borobudur/

Punthuk Setumbu menjadi wisata Magelang Muntilan yang menjadi wisata yang memiliki keindahan menawan. Punthuk sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti perbukitan, dimana Anda bisa melihat Candi Borobudur dari sini.

Destinasi indah ini berlokasi di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang, tak jauh dari Candi Borobudur. Lokasinya yang berada di ketinggian 400 mdpl ini mempunyai pemandangan alam yang elok, asri, sejuk, dan teduh.

Pemandangan alam yang disuguhkan oleh Puntuk Setumbu ini bahkan mirip dengan pemandangan di Myanmar. Wisata terbaru di Magelang ini cocok dijadikan objek berfoto Anda dengan pemandangan alam yang mempesona dan spot kece yang keren.

Nah, untuk Anda yang ingin menikmati kawan ini Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 15.000 saja per orang. Ada tambahan biaya jika Anda menggunakan mobil yakni sebesar Rp 10.000 harga yang cukup murah, bukan?

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Purworejo dengan sajian destinasi indah nan mempesona.

12. Curug Silawe

wisata alam magelang
Foto : https://www.instagram.com/oeding.ding/

Saat berwisata ke Curung Silawe ini Anda akan di sambut dengan Kicauan burung dan suara deru air dari air terjun. Curung Silawe merupakan air terjun yang menawan dibalik rindangnya dedaunan perbukitan hijau dan dikelilingi oleh tebing.

Curung Silawe ini terletak di Dusun Kopeng, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Waktu tempuhnya cukup lama sekitar 45 menit dari pusat kota Magelang yang berjarak sekitar 20 kilometer.

Perjalanan yang ditempuh untuk mencapai lokasi wisata ini cukup sulit karena jalan yang menanjak dan tidak terlalu lebar. Sepanjang perjalanan Anda akan ditemani dengan perbukitan hijau yang asri, dan saat sampai Anda akan merasakan kesegaran air terjun ini.

Setelah melalui perjalanan yang panjang, Anda tidak perlu membayar mahal untuk masuk ke lokasi air terjun Curung Silawe ini. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000 saja dengan tambahan ongkos parkir Rp 2.500

13. Puntuk Mongkrong

tempat wisata keluarga di magelang
Foto : https://www.instagram.com/setyo_watie/

Punthuk Mongkrong ini berada di sekitar Candi Borobudur yang menyajikan pemandangan indah Candi serta pesona matahari terbit. Jadi bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan terbuka dari sisi timur candi, Punthuk Mangkrong ini cocok untuk dijadikan pilihan.

Punthuk Mongkrong ini hanya berjarak 8 Km dari Candi Borobudur dengan waktu tempuh hanya 30 menit. Lokasinya berada di Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Selain menyajikan pemandangan stupa candi, tempat wisata di Magelang, Jawa Tengah ini juga menyajikan hamparan pemandangan pegunungan. Saat berada di Punthuk Mongkrong dengan ketinggian 624 mdpl ini Anda bisa melihat hamparan Perbukitan Menoreh.

Perbukitan Monerah ini yang membatasi Kabupaten Magelang, Kabupaten Kulon Progo dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Biaya yang Anda keluarkan untuk menikmati pesona Sunrise di Punthuk Mongkron hanya sebesar Rp 10.000 saja.

14. Air Terjun Grenjengan Kembar

tempat wisata anak di magelang
Foto : https://www.instagram.com/samuyab/

 

Air Terjun ini merupakan sebuah objek wisata air terjun yang memiliki aliran ganda dari lereng Gunung Merbabu. Aliran air ini sangat menawan di tengah-tengah hutan pinus yang asri dan sejuk.

Bagi yang belum tahu, air terjun Grenjengan Kembar ini berada di Desa Muneng Warangan, Kabupaten Magelang. Untuk lokasi tepatnya sendiri yaitu tengah hutan pinus lereng Gunung Merbabu yang mempunyai jarak 24 km dari Kota Magelang.

Untuk menuju wisata alam di Magelang Anda pelu berjalan kaki dari jalan utama sekitar 5 menit. Setelah lelah berjalan Anda akan sangat lega melihat air terjun dengan aliran kembar yang sangat menawan dikelilingi hutan pinus ini.

Untuk menikmati aliran air terjun ganda yang terbilang unik ini, Anda hanya perlu membayar tarif masuk sekitar Rp 10.000 saja. Anda juga bisa ber foto ria dengan latar belakang hutan pinus atau air terjun tanpa perlu membayar.

15. Gereja Ayam

tempat wisata di magelang
Foto : https://www.instagram.com/iamfernandoreza/

Gereja Ayam adalah sebuah tempat ibadah sekaligus wisata religi yang terletak di Desa Karangrejo, Kabupaten Magelang, Jawa tengah. Letak bangunan ini tak jauh dari Candi Borobudur, sekitar 2,5 Km dari sebelah barat candi.

Bangunan Gereja Ayam didirikan Danieal Alamsyah sekitar tahun 1990an. Bentuk tampak seperti bangunan di Pesisir Atlantida, Uruguay, Amerika Selatan. Uniknya bangunannya tidak berbentuk seperti ayam melainkan burung merpati.

Gereja Ayam ini juga memiliki sebuah Kafe dan Kedai Rakyat W’dank yang berada di ekor gedung Gereja Ayam ini. Saat berada di Kafe dan Kedai itu Anda bisa melihat beberapa pemandangan alam di bawahnya seperti wisata Punthuk Setumbu.

Uniknya lagi Gereja Ayam bukit Rehma ini pernah dijadikan lokasi pembuatan film Ada Apa Dengan Cinta (AADC). Mengunjungi Gereja Ayam di Bukit Rehma hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000 per orang.

16. Taman Ramadanu

tempat wisata di magelang terbaru
Foto : https://www.instagram.com/wisataindonesia._/

Taman Ramadanu sebuah taman bunga menjadi tempat wisata di Magelang terbaru yang dibuka pada tahun 2018 lalu. Wisata ini menyajikan hamparan bunga bermekaran sangat indah, cocok untuk dijadikan spot foto yang menghiasi media sosial Anda.

Salah satu taman yang populer di Magelang ini berada di Dusun Danurojo, Desa Jamuskauman, Kecamatan Ngluwar. Lokasinya yang strategis sehingga membuatnya bisa dijangkau baik dari kota Magelang ataupun dari Yogyakarta.

Taman Ramandanu memiliki daya tarik tersendiri, dimana ada Kincir Angin, jadi bagaikan Negeri Belanda ada di Indonesia. Nah, Taman Ramandanu ini bisa dijadikan pilihan sebagai tempat wisata anak di Magelang serasa berwisata di negeri Belanda.

Saat mengunjungi Taman Ramandanu yang bagaikan Negeri Belanda di Indonesia ini, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 8.000 saja per orang. Terdapat juga lokasi parkir untuk kendaraan bermotor ataupun roda empat.

17. Top Selfie Pinusan Kragilan

wisata terbaru di magelang
Foto : https://www.instagram.com/buruhphoto/

Top Selfie Pinusan Kragilan adalah sebuah hutan pohon pinus tinggi dengan pemandangan alam yang unik cocok dijadikan objek foto selfie. Wisata terbaru di Magelang ini menjadi perhatian wisatawan untuk hunting foto atau sekadar foto untuk di uploud di media sosial.

Area hutan Top Selfie Pinusan Kragilan ini berlokasi di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Tempat ini sangatlah ramai dikunjungi terutama saat ramadhan karena cocok untuk “ngabuburit” sambil menunggu buka puasa.

Selain tempat berfoto, Pinusan Kragilan ini cocok untuk tempat nongkrong yang nyaman sambil menikmati udara segar yang menyejukkan. Fasilitas yang ada di Pinusan Kragihan ini juga dapat menunjang aktivitas berfoto selfie Anda, dan juga bisa melihat Gunung Merbabu.

Saat adan menikmati udara sejuk yang berada di Top Pinusan Kragilan, juga ada fasilitas pelengkap seperti Toilet dan warung makan. Untuk itu, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 10.000 untuk hari biasa dan untuk hari libur sebesar Rp. 12.500 per orang.

Itulah 17 beragam tempat wisata di Magelang, dengan beragam keunikan dan ciri khasnya yang mampu menarik pengunjung. Selain itu, beberapa objek wisata yang telah disebutkan di atas tadi, belum tentu bisa temukan di kota lain. Sehingga kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjunginya saat di Magelang.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Kebumen terbaru dan juga kekinian hits banget.

Jadi selagi Anda mempunyai kesempatan, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata hits di Magelang ya. Semoga informasi tentang tempat wisata di Magelang ini bisa menjadikan liburan Anda semakin asyik, seru, dan menyenangkan.

Travel Vlog Honeymoon Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here