Wisata Lubang Sewu Erorejo – Belum lama ini mytrip123.com membahas tentang destinasi wisata Candi Dieng yang terletak di Kawasan Wisata Dieng Wonosobo, kali ini akan kita ketahui lagi wisata baru di kota tersebut yaitu lubang sewu Erorejo. Kota Wonosobo yang terkenal akan keindahan alamnya. Sehingga tidak sedikit dari mereka mengunjungi kota nan sejuk ini untuk destinasi wisata. Mulai dari Kawasan Dieng yang terkenal hingga yang terbaru adalah wisata Lubang Sewu Erorejo.

Banyak yang mencari info tentang wisata alam lubang sewu mulai dari lokasi hingga harga tiket masuk ke tempat wisata tersebut. Wisata lubang sewu Erorejo merupakan salah satu destinasi baru di Kota Wonosobo. Karena baru diresmikan tahun 2015 dan masih belum terkenal seperti Dataran Tinggi Dieng. Namun pemandangan yang ditawarkan sungguh luar biasa.

Wisata Lubang Sewu Erorejo

wisata lubang sewu erorejo

Lokasi Lubang Sewu Erorejo

Lubang Sewu terletak di Desa Erorejo Kecamatan Wadaslintang Wonosobo. Tepatnya di area sekitar waduk Wadaslintang, Untuk menuju ke destinasi ini kalian pergi ke area perbatasan antara Wonosobo dan Kebumen.

Untuk perjalanan dari Kota Wonosobo melewati arah Banjarnegara hingga sampai perempatan Sawangan. Lalu melewati Kaliwiro dan menuju ke Wadaslintang, sudah terpampang jelas tulisan Desa Wisata Erorejo Lubang Sewu. Jarak yang ditempuh jika melalui Wonosobo sekitar 43 km.

Cek juga: Paket wisata dieng wonosobo yang rekomended

Sejarah Wisata Lubang Sewu Erorejo

lubang sewu wonosobo

Sejarah adanya lubang sewu di Erorejo memang belum diketahui, namun tempat ini sudah ada sejak jaman dahulu. Sebagai tempat untuk memancing ikan dari warga setempat. Lubang sewu juga belum banyak diliput oleh media karena baru diresmikan pada tahun 2015.

Antusias warga mulai ada ketika pengunjung Lubang Sewu Erorejo semakin banyak apalagi mendekati hari libur. Ribuan wisatawan datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan batu karangnya dan pemandangan waduk wadaslintang.

Tidak sedikit dari mereka berfoto ria dan menyebarkan keindahan lubang sewu ke media sosial. Asal muasal nama lubang sewu berasal dari cerita masyarakat sekitar saat keadaan air surut kadang terlihat ribuan lubang dan batu.

Yang terjadi karena terkikis oleh air seperti karang atau seperti grand canyon berukuran kecil dan indah. Tempat wisata ini dikatakan destinasi musiman karena kadang bebatuan tersebut tenggelam saat musim hujan.

Di Desa Erorejo juga terdapat sekumpulan nelayan air tawar yang memiliki anggota sekitar 40 kepala keluarga. Yang biasa berpenghasilan dari ikan di Waduk Wadaslintang. Saat musim ikan melimpah dalam satu hari bisa menghasilakan 1 Kwt ikan segar.

Tidak heran jika banyak orang yang memiliki hobi memancing berkunjung ke tempat ini hanya untuk menikmati indahnya Erorejo. Sekaligus menyalurkan hobi memancingnya. Baca Juga : Wisata Malang Yang Banyak dikunjungi

Apa Saja yang Ada di Lubang Sewu Erorejo?

yang bisa dilakukan lubang sewu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117260395538513994136

Wisata Lubang Sewu Erorejo memang tergolong baru dan dikenal karena banyaknya foto pengunjung. Yang datang ke tempat tersebut dan disebar ke media sosial maupun dari mulut ke mulut.

Banyak kalangan muda yang datang ke destinasi wisata Erorejo karena keindahan batu karangnya. Yang kadang terlihat seperti grand canyon mini cantik berwarna putih.

Bebatuan yang membentuk seribu lubang cantik inilah yang banyak dicari oleh pemburu destinasi wisata. Apalagi ditambah saat pemandangan matahari tenggelam di sore hari membuat wisata Erorejo lebih cantik nan indah. Beberapa fasilitas yang di dapat adalah :

  • Keindahan Waduk Wadaslintang
  • Bebatuan lubang sewu
  • Pemandangan matahari tenggelam di atas Waduk
  • Lokasi pemancingan
  • Gazebo
  • Bukit Hijau
  • kuliner warung makan khas Wonosobo
  • mushola
  • WC

Keindahan Lubang Sewu Dijaga Ketat Warga Melalui Perdes

lubang sewu erorejo Batu karang yang tersusun rapi membentuk jajaran batu dengan pemandangan indah ini perlu dijaga. Karena jika ada tangan yang tidak bertanggung jawab mencoret batu bukan hanya merusak batu karangnya. Namun juga merusak keindahan alam batu Erorejo.

Melalui perdes yang didukung oleh pemerintah Wonosobo Lubang Sewu dijaga ketat oleh warga. Dan sudah diresmikan menjadi Destinasi wisata baru di Wonosobo. Setidaknya ribuan orang datang setiap hari libur untuk menikmati keindahan tempat ini. Bagi kalian para penggemar wisata alam, jangan lupa kunjungi lubang sewu Erorejo. Tempat terindah bagi pencinta wisata alam di Kota Wonosobo.

Harga Tiket Masuk Lubang Sewu

harga tiket masuk lubang sewu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117155203652914800648

Memilih Lubang Sewu Erorejo sebagai tujuan liburan, maka anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Seperti halnya tiket masuk Lubang Sewu yang hanya sebesar Rp5.000 per orangnya, murah sekali bukan?

Bahkan dalam beberapa kesempatan, tiket masuk Lubang Sewu tidak ada alias gratis. Sehingga siapapun bisa menghabiskan waktu disini tanpa keluar biaya sepeserpun.

Meski demikian, jika kebetulan waktu dimana anda datang kesini tidak dikenakan biaya tiket masuk, jangan nyampah sembarangan. Bila ada kotak, bisa anda isi seikhlasnya sebagai bentuk dukungan agar wisata alam Wonosobo hits ini selalalu terjaga.

Jam Buka

jam buka lubang sewu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109688037060152273733

Perkirakan waktu berkunjung anda ke wisata alam Lubang Sewu bersama orang-orang tercinta agar lebih maksimal. Destinasi menawan ini bisa anda explore kapan saja, karena Lubang Sewu Erorejo terbuka untuk umum selama 24 jam penuh.

Namun meski begitu, kami tidak menyarankan anda datang kesini ketika hari sudah gelap atau malam hari. Karena minim lampu penerangan dan juga suasanya begitu sepi sehingga cenderung berbahaya.

Sebaiknya datang pada saat hari masih benar-benar cerah, mulai dari pagi sampai dengan sore. Untuk nuansa yang lebih teduh dan bikin nyaman, anda bisa datang pagi atau sore hari.

Pada saat siang hari, kawasan wisata alam ini cukup terik dan matahari lumayan menyengat. Jadi tak ada salahnya untuk anda sedia topi, payung atau penutup lainnya guna melindungi diri dari terik matahari.

Tips Berkunjung

tips berkunjung Lubang Sewu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117464715281841476007

Dapat anda simak tips-tips berkunjung dibawah ini sebagai informasi sekaligus referensi anda saat akan ke Lubang Sewu Wonosobo.

  • Perkirakan dengan baik waktu berkunjung, cuaca terkini dan hal-hal lain pendukung liburan bebas hambatan.
  • Jangan datang kesini apabila sedang turun hujan, mengingat kawasan Lubang Sewu berada di alam terbuka.
  • Hati-hati dan waspada dalam setiap langkah menelusuri lubang-lubang eksotis agar semunya baik-baik saja.
  • Sebaknya anda sedia bekal sendiri, karena pada area wisata Lubang Sewu minim warung, bahkan kebanyakan selalu tutup.
  • Jangan lupa bawa kamera, agar bisa merekam setiap momen-momen indah melalui berswafoto dan rekam video.
  • Bersama-sama menjaga kebersihan area wisata Erorejo dengaan selalu buang sampah ke tempat yang ada.

Jadi itu tadi ulasan singkat seputar wisata Wonosobo populer yakni Lubang Sewu Erorejo Wadaslintang yang menakjubkan. Anda tak membutuhkan apapun agar dapat explore Luban Sewu, cukup dengan niat dan juga sehat.

Video Erorejo

Baca Juga :

  1. Daftar Hotel dan Penginapan Murah di Wonosobo
  2. Daftar Lengkap Hotel di wonosobo
  3. Ini Informasi Lengkap Tentang Tempat Wisata di Wonosobo
  4. Berikut Rekomendasi Paket Wisata Murah ke Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven − 4 =