Prau merupakan sebuah gunung yang berada di dataran tinggi Dieng Jawa Tengah, memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl. Gunung Prau Dieng menjadi salah satu tujuan favorit para pendaki yang datang dari berbagai daerah, baik pemula maupun profesional.

Puncak Gunung Prau Wonosobo berupa hamparan padang rumput luas menakjubkan yang memanjang dari timur ke barat. Dan juga bukit-bukit kecil serta sabana dengan beberapa pepohonan yang mengelilingi kawasan puncak.

Termasuk dalam wisata Dieng paling populer yang tak pernah sepi dari pengunjung saat akhir pekan maupun musim liburan. Keindahan yang dimiliki destinasi paling tinggi di kawasan Dieng satu ini begitu menawan dan sayang jika anda lewatkan.

Harga Tiket Masuk Prau

harga tiket masuk prau
Foto : https://www.instagram.com/havanas.photowork/

Wisata Prau sangat cocok bagi anda yang tidak hobi atau bahkan belum pernah naik gunung namun ingin mencoba mendaki. Jalur pendakian Prau tergolong landai dan cukup mudah untuk ditaklukan melalui beberapa rute yang tersedia.

Kini telah dibuka 6 jalur pendakian gunung Prau yang resmi dan tersedia untuk umum. Sebenarnya tidak hanya 6 melainkan 8, akan tetapi yang 2 ini dijadikan untuk rute konservasi dan bukan jalur pendakian umum.

Berikut 6 jalur pendakian Prau yang patut untuk anda ketahui terlebih dahulu sebelum naik gunung. Jalur Patak Banteng, Kali Lembu, Dieng Wetan, Dieng Kulon (Dwarawati), via Campurejo dan Wates Temanggung.

Setiap pos / jalur pendakian Prau memiliki ketentuan biaya tiket masuk yang berbeda-beda. Kisaran harga tiket masuk Prau antara 10.000 – 30.000 rupiah saja per orangnya, cukup terjangkau bukan?

Bagi anda yang hobi mendaki tentu sudah paham bahwa gunung-gunung khususnya area Jawa Tengah pasti mematok biaya htm yang ekonomis. Maka dari itu, mengisi waktu libur dengan mendaki Gunung Prau di Dieng tidak akan membuat anda mengeluarkan banyak biaya.

Kami rekomendasikan untuk waktu kunjungan mendaki dan menjelajahi indahnya gunung Prau yaitu pada saat musim panas. Karena saat musim hujan/cuaca buruk tentu sangat tidak di sarankan naik gunung yang berpotensi membahayakan si pendaki.

Dan juga biasanya pada awal tahun seluruh pos pendakian Prau di tutup untuk sementara waktu. Guna dilakukannya perbaikan jalur, pemulihan ekosistem Prau dan konservasi yang rutin diadakan setiap tahun.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat prau
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101083341131230695083

Lokasi Prau menjadi tapal batas / pemisah dari sedikitnya 4 Kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Yakni Kabupaten Wonosobo, Temanggung, Batang dan juga Kendal.

Kami akan memberikan beberapa alamat lengkap basecamp untuk jalur pendakian Gunung Prau.

  • Via Kalilembu -> Desa Kalilembu, Dieng Wetan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
  • Jalur Wates -> Jl. Candiroto-Kejajar, KM.11, Gejungan, Wates, Wonoboyo, Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.
  • Via Patak Banteng -> Jl. Dieng No.KM. 24, Desa Patak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Pilihlah lokasi bascemap yang sekiranya mudah untuk dijangkau oleh anda, baik itu soal jarak ataupun akses jalannya. Akan tetapi yang menjadi andalan para mendaki untuk naik ke gunung Prau biasanya melalui jalur Patak Banteng Dieng.

Maps yang ada dibawah ini merupakan petunjuk akurat untuk mencapai basecamp gunung Prau via patak banteng Dieng. Jika anda ingin menuju kesana, silahkan gunakan saja petunjuk dibawah ini agar perjalanan ke basecamp lebih mudah.

Datang juga ke –> Telaga Cebong

Fasilitas

fasilitas prau
Foto : https://www.instagram.com/ryanf_jr/

Telah tersedia berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang semua kegiatan pendaki selama akan naik gunung. Ragam fasilitas yang tersedia pun tentu kebanyakan berada di bawah/basecamp ya, bukan di atas gunung.

Fasilitas Prau antara lain :

  • Basecamp pendakian
  • Pusat infromasi pendakian
  • Area parkir kendaraan
  • Asuransi mendaki
  • Jasa porter
  • Persewaan kebutuhan mendaki
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Warung di area basecamp
  • Spot foto menarik

Sebelum mendaki, ada baiknya persiapkan segala sesuatunya dengan sebaik dan semaksimal mungkin. Mulai dari fisik yang sehat, peralatan pendakian sesuai SOP, dan yang paling penting adalah bekal, baik makanan maupun pendanaan.

Kunjungi juga –> Gardu Pandang Tieng

Spot Terbaik di Prau

spot terbaik di prau
Foto : https://www.instagram.com/novemlawalata/

Dari atas puncak gunung Prau, para pendaki bisa menikmati banyak sekali pilihan pemandangan mengagumkan dari ketinggian. Landscape wilayah karesidenan Kedu seperti Kabupaten Wonosobo dan Temanggung cukup terlihat nyata dari atas Prau.

Selain itu, gunung-gunung lain pun turut menjadi pemandangan cantik, sebut saja Sumbing, Sindoro dan juga gunung Kembang di Wonosobo. Dan masih banyak lagi panorama menawan dari ketinggian yang wajib tuk anda saksikan lebih dekat.

Abadikan momen serunya mendaki anda bersama kerabat dan sahabat di Gunung melalui spot terbaik di Prau sebagai latar belakangnya. Dengan seflie, foto bersama dan juga merekam beberapa momen selama mendaki dan saat berada di puncak yang luar biasa ini.

Nuansa menyejukkan dari Prau bisa membuat siapa saja merasa nyaman dan betah singgah berlama-lama disini.

Review sebelumnya –> Kebun Teh Tambi

Tips Berkunjung

tips berkunjung prau
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103817729524733748419

Berikut ini tips-tips yang bisa anda simak sekaligus menjadkannya tambahan informasi dan referensi ketika akan mendaki Prau.

  • Update cuaca terkini sebelum memutuskan untuk naik gunung.
  • Pastikan kondisi tubuh dalam keadan sehat dan siap untuk berpetualang.
  • Pilihlah jalur pendakian terdekat dari lokasi keberangkatan anda.
  • Sebaiknya lakukan pemanasan agar tubuh menjadi lebih siap untuk mendaki.
  • Tetap waspada dan selaiu berhati-hati selama berada di alam bebas.
  • Patuhi seluruh aturan yang sudah menjadi ketentuan bagi para pendaki.
  • Bawa turun sampahmu sepulang dari puncak Prau.

Demikian tadi informasi seputar wisata gunung Prau Dieng yang telah kita ulas meski cukup singkat. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang berencana untuk liburan dengan berpetualang mendaki Prau yang mempesona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 + 16 =