Batu Pandang Ratapan Angin merupakan sebuah destinasi wisata berbasis alam yang eksotis dan tidak akan anda temukan di tempat lain. Tempat wisata Wonosobo satu ini menyajikan sebuah spot terbaik untuk menyaksikan berbagai keindahan alam Dieng dari ketinggian.

Wisata Batu Pandang Ratapan Angin Dieng menjadi sebagai spot favorit melihat hamparan luas telaga warna Dieng yang mempesona dari atas. Selain itu perbukitan hijau eksotis dengan ragam tanaman khas pegunungan juga terlihat dari wisata Dieng ini.

Dieng sendiri sejatinya adalah daerah bekas gunung vulkanik yang sudah tak aktif lagi, dan bekas letusannya menyisakan pahatan alam menawan. Seperti halnya dua buah batu besar yang berdampingan dan merupakan efek dari fenomena alam juga menjadi ikon Batu Pandang Dieng

Harga Tiket Masuk Batu Pandang Ratapan Angin

harga tikiet masuk batu pandang ratapan angin
Foto : https://www.instagram.com/havanas.photowork/

Menghabiskan waktu libur dan akhir pekan dengan jalan-jalan ke Dieng dijamin bakalan menyenangkan. Dataran tinggi Dieng menyajikan banyak sekali wisata berbasis alam yang masing-masing punya pemandangan menarik tuk dinikmati.

Sebut saja Telaga Warna, Kawah Sikidang, Bukit Sikunir, Candi Arjuna, Gunung Prau dan juga Batu Pandang Ratapan Angin. Selain yang telah disebutkan, masih banyak lagi wisata di Dieng yang perlu anda coba jelajahi masing-masing keunikannya.

Berwisata ke Dieng maka anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, sebab hampir semua wisata disini mematok tarif yang terjangkau. Tidak terkecuali Batu Pandang Ratapan Angin di Dieng yang juga sangatlah ekonomis.

Harga tiket masuk Batu Pandang Ratapan Angin hanya sebesar Rp10.000 per orangnya, murah sekali bukan? Dengan biaya yang murah meriah ini anda bisa explore Batu Pandang Ratapan Angin sampai puas.

Menjajal setiap spot foto apik dengan latar belakang landscape Telaga Warna dari ketinggian yang mengagumkan. Ditambah dengan sejuknya udara Dieng yang cukup menusuk sanubari bakalan bikin siapapapun merasa betah berlama-lama disini.

Anda bisa datang ke Batu Pandang Ratapan Angin sesuai dengan aturan jam operasional wisata yang di tetapkan. Wisata Batu Pandang Ratapan Angin beroperasi mulai pukul 06.00 – 17.30 WIB dan buka di setiap harinya

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Batu Pandang Ratapan Angin
Foto : https://www.instagram.com/havanas.photowork/

Lokasi Batu Pandang Ratapan Angin cukup strategis dan mudah untuk ditemukan meski anda baru pertama kali ke Dieng. Alamat Batu Pandang Ratapan Angin berada di Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Jarak dari pusat kota/alun-alun Wonosobo untuk menuju ke Batu Pandang sekitar 27 km dengan harus menempuh perjalanan selama 55 menit. Jika dari pusat Diengnya, jaraknya cukup dekat hanya berkisar 2 km saja dengan membutuhkan waktu tempuh 8 menit.

Setibanya di lokasi parkir para wisatawan yang berkunjung diharuskan berjalan kaki untuk mendaki beberapa anak tangga. Karena letaknya berada di ketinggian, jadi anda memerlukan tenaga lebih guna mendaki menuju spot utama Batu Pandang Dieng.

Akses jalurnya sudah sangat baik, dengan sekelilingnya hamparan luas perkebunan kentang dan sayur mayur menjadi pemandangan utamanya. Angin sepoi-sepoi yang sejuk juga turut menemani momen berwisata anda saat di Batu Pandang ini.

Bagi anda yang belum pernah datang ke Batu Pandang atau ke Dieng, tak perlu khawatir jika tak tahu jalannya. Anda bisa menggunakan maps dibawah ini yang akan memudahkan sekaligus mengarahkan anda menuju lokasi destinasi Batu Pandang Ratapan Angin.

Datang juga ke –> Kebun Teh Tambi

Fasilitas

fasilitas batu pandang ratapan angin
Foto : https://www.instagram.com/havanas.photowork/

Berbagai fasilitas sudah cukup memadai untuk penunjang aktivitas dan kegiatan para wisatawan saat liburan disini. Fasilitas Batu Pandang Ratapan Angin diantaranya adalah :

  • Tempat parkir memadai
  • Toilet umum
  • Pusat informasi wisata
  • Flying fox
  • Pemandu wisata profesional
  • Track pejalan kaki
  • Warung aneka kuliner
  • Kios jajanan
  • Mushola
  • Gardu pandang
  • Spot foto instagramable

Kunjungi juga –> Prau

Spot terbaik di Batu Pandang Ratapan Angin

spot terbaik di batu pandang ratapan angin
Foto : https://www.instagram.com/havanas.photowork/

Termasuk ke dalam daftar wisata Dieng paling populer, Batu Pandang Ratapan Angin selalu dipadati pengunjung di setiap harinya. Menikmati indahnya panorama alami kawasan sekitar dan dari ketinggian dengan suguhan banyak pemandangan menarik.

Di ibaratkan dengan sebuah kanvas yang dilukis, landscape Telaga warna dapat dinikmati secara lebih dekat dari atas batu. Dan disinilah menjadi spot terbik di Batu Pandang Ratapan Angin yang menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung.

Selain itu jika ingin menikmatinya secara lebih maskimal, anda bisa naik ke Gardu Pandang yang menjadi spot tertinggi. Rangkum semua kegiatan berlibur anda ke Dieng dengan mengabadikannya melalui selfie, foto rame-rame dan merekam video selama rekreasi.

Dapatkan pengalaman liburan yang berkesan dengan jalan-jalan dan berfoto ria untuk menciptakan momen yang tak akan terlupakan. Maka dari itu, ajak seluruh keluarga dan orang-orang tercinta untuk bersama-sama mencari momen bahagia disini.

Review sebelumnya –> Sikunir

Tips Berkunjung

tips berkunjung batu pandang ratapan angin
Foto : https://www.instagram.com/havanas.photowork/

Dibawah ini dapat anda simak beberapa tips berkunjung untuk menambah informasi atau bisa juga mejadikannya referensi saat rekreasi.

  • Musim panas adalah waktu paling di rekomendasikan untuk wisata Dieng.
  • Hindari berwisata kesini saat cuaca buruk atau bahkan turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang mendukung seluruh aktivitas anda selama liburan.
  • Kenakan pakaian yang hangat, mengingat suasana disini sangat dingin.
  • Antisipasi bila tidak kuat dingin, bawalah sarung tangan dan penutup kepala.
  • Pastikan tubuh anda dalam keadaan sehat, fit dan baik-baik saja.
  • Persiapkan segala sesuatu kebutuhan anda dengan sebaik mungkin.

Itulah tadi ulasan singkat seputar wisata di Dieng hits yakni Batu Pandang Ratapan Angin yang mempesona. Belum ke Dieng namanya kalo tidak mengabadikan momen di Batu Pandang Ratapan Angin yang berlatar belakang indahnya Telaga Warna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 4 =