Wisata Telaga Pengilon – Bukit Dieng, atau kawasan Dieng Plateu merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi di daerah Jawa Tengah dan terletak di antara dua kabupaten yakni Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

Karena selain lokasinya yang adem seperti halnya di puncak Bogor, atau kawasan perbukitan lainnya. Dieng Plateu juga menawarkan beragam destinasi wisata dengan beragam fasilitas yang memadai.

Selain wisata pegunungan, di kawasan ini juga banyak terdapat wisata air misalnya telaga. Beberapa telaga yang populer di antaranya, wisata telaga Menjer, wisata telaga Warna, telaga Pengilon, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Masing-masing telaga memiliki daya tarik sendiri untuk dikunjungi, misalnya jila telaga Menjer terkenal karena airnya yang hijau, telaga pengilon ini terkenal karena memiliki air yang sangat jernih dengan lokasi yang dikelilingi perbukitan.

Dibandingkan dengan telaga Warna yang mengandung banyak belerang, air di telaga Pengilon sangat jernih sehingga memungkinkan tumbuhnya beragam ikan dan banyak dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai tempat memancing dan sumber mata air untuk pertanian.

Baca Juga >> 13 Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng

Asal Usul Nama Telaga Pengilon

asal usul nama telaga pengilon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100582067852366030917

Setiap tempat yang bernama tentu memiliki asal susul sejarah bagaimana bermula, termauk juga Telaga Pengilon Dieng yang diambil dari kata telaga yang berarti danau, sedangkan kata pengilon diambil dari Bahasa Jawa yang memiliki arti cermin atau kaca sebagai kata benda, dan ngilo atau bercermin sebagai kata kerja.

Hal ini dikarenakan telaga Pengilon ini memiliki air yang sangat jernih dan tidak mengandung berbagai zat kimia seperti belerang misalnya. Karena itulah kemudian diberi nama sebagai telaga pengilon, yang artinya yakni telaga cermin.

Sejarah Telaga Pengilon

sejarah telaga pengilon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116507498130817095304

Dan sebagaimana lokasi-lokasi wisata lainnya, wisata Telaga Pengilon ini pun memiliki sejarah sendiri, atau katakanlah mitos yang muncul dan dipercayai sebagai kebenaran di masyarakat.

Di ceritakan, pada zaman dahulu kala terdapat Ratu Penguasa Samudera yang memiliki puteri cantik. Namun suatu ketika, terdapat ada dua ksatria yang memperebutkannya. Kemudian Ratu memberikan syarat berupa sayembara dimana siapa yang bisa membuat danau cantik, dialah yang berhak memperistri sang putri.

Dalam sayembara itu kedua ksatria berhasil membuat danau. Ada yang membuat danau dengan cepat, dan ada juga yang lambat namun hasilnya bagus dengan air yang sangat jernih.

Mulanya, Ratu memilih ksatria pertama, namun kemudian karena si putri terpesona dengan keindahan danau yang dibuat oleh ksatria kedua, maka keputusan Ratu pun dicabut.

Danau yang mampu membuat putri terpesona inilah yang kini kita kenal sebagai danau Pengilon.

Kemudian keduanya mandi di sana, dan seluruh pakaiannya ditanggalkan di ranting pepohonan dan tertiup angin. Seluruh pakaian tersebut melayang hingga terbentuknya warna hijau.

Telaga yang berwarna hijau itu yang kemudian diberi nama sebagai Telaga Warna. Namun tentu, sejarah di sini hanya sebatas legenda yang hadir di masyarakat dan belum terbukti keasliannya.

Letak Telaga Pengilon

letak telaga pengilon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108776703937577447768

Dua telaga yang disbeut juga sebagai telaga kembar ini snagat berdekatan, wisata Telaga Pengilon sendiri letaknya berada di sebelah selatan telaga Warna dan juga bersebalahn dengan Situs Gia Dieng.

Baca Juga >> Oleh Oleh Khas Wonosobo dan Dieng yang Terkenal

Dari pintu masuk menuju Telaga Pengilon ini hanya berjarak sekitar 300 meter dengan menyusuri jalan setapak. Lebih tepatnya, teaga ini berlokasi di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo Jawa Tengah dan hanya berjarak sekitar 1 Km dari kawasan wisata Candi Dieng.

Harga Tiket Masuk Telaga Pengilon

harga tiket masuk telaga pengilon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106753052863841331401

Saat anda berada di dataran tinggi Dieng, maka wisata telaga cantik satu ini jangan sampai terlewatkan. Dengan segudang pesona alam yang dimilikinya bisa anda nikmati tanpa harus keluar banyak biaya.

Ketika tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Telaga Pengilon adalah sebesar Rp22.000 per orangnya. Tarif tersebut sudah termasuk dengan tiket masuk Telaga Warna, mengingat kedua destinasi berada di area yang sama.

Dengan biaya tersebut, dapat dipastikan setiap pengunjung bisa jalan-jalan dan menyaksikan berbagai pemandangan menakjubkan sampai puas. Anda bisa membawa uang lebih, sebab disini tersedia beberapa fasiitas menarik.

Seperti halnya berfoto dengan latar belakang telaga, yang dimana tarifnya mulai Rp5.000 sudah termasuk dengan cetak. Disini anda juga bisa jajan, seperti misalnya menyantap kentang rebus / goreng untuk menghangatkan suasana ditengah dinginnya Dieng.

Aturan mengenai tiket masuk pada sebuah tempat wisata, khususnya Telaga Pengilon bsa berubah sewaktu-waktu.

Jam Buka

jam buka telaga pengilon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105501322538125981591

Wisata alam satu ini bisa anda explore kapanpun sesuka hati, karena terbuka untuk umum disetiap harinya. Jam operasioal Telaga Pengilon dimulai dari pukul 7 pagi sampai dengan 4 sore.

Ketentuan jam operasional wisata tersebut, sama seperti yang di Telaga Warna Dieng. Sehingga anda bisa datang di pagi hari untuk merasakan kealamian yang sesungguhnya.

Atau bisa juga berkunjung saat sore hari untuk melihat kabut-kabut yang menyelimuti di area telaga. Mengunjungi destinasi ini wajib dilakukan pada saat hari cerah, cuaca mendukung dan tidak hujan.

Fasilitas

fasilitas telaga pengilon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111127942719545007868

Masuk dalam deretan wisata Dieng populer. Telaga Pengilon seperti tak pernah sepi dari kunjungan para pelancong. Dukungan sarana memadai turut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Berikut ini adalah fasilitas Telaga Pengilon yang meliputi :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Pusat informasi
  • Jasa pemandu wisata
  • Jalur pejalan kaki
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Warung-warung wisata
  • Aula / meeting room
  • Taman
  • Spot foto kekinian
  • Jasa foto
  • Dan masih banyaj lagi

Nikmati beragam keseruan yang disuguhkan oleh wisata alam Telaga Pengilon guna memberikan anda pengalaman liburan berkesan. Dengan jalan-jalan menelusuri setiap sudut indahnya bakal memanjakan banyak pasang mata karena panorama istimewanya.

Spot Terbaik di Telaga Pengilon

spot terbaik di telaga pengilon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111127942719545007868

Selama mengisi waktu libur disini, satu hal yang tak boleh anda lewatkan yakni befoto-foto ria. Kegiatan swafoto tentu saja bertujuan untuk merekam sekaligus mengabadikan semua momennya agar tak terlupakan.

Menjadikan berbagai view menakjubkannya sebagai background foto dan video anda selama berwisata. Berbicara mengenai spot terbaik di Telaga Pengilon, sudah pasti ya telaganya itu sendiri.

Telaga dengan luas mencapai 39,6 hektar yang dikelilingi perbukitan serta pepohonan endemik akasia nampak begitu luar biasa. Abadikan momen sebanyak-banyaknya agar liburan bersama orang-orang tercinta kali ini terasa lebih berwarna.

Tips Berkunjung

tips berkunjung telaga pengilon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118408704302137308801
  • Perkirakan dengan sebaik-baiknya waktu kunjungan anda kesini agar semunya bisa lebih maksimal.
  • Sebaiknya jangan dulu liburan kesini apabila cuaca kurang mendukung, mengingat telaga ini berada di alam terbuka.
  • Ikut serta dalam menjaga kebersihan di area wisata dengan selalu buang sampah ke tempat yang disediakan.
  • Hati-hati dan selalu waspada agar liburan kali ini berlangsung sebagaimana mestinya dan baik-baik saja.

Demikian ulasan singkat mengenai salah satu wisata di Dieng yang rekomended untuk anda jelajahi saat akhir pekan. Telaga Pengilon Dieng dengan sejumlah daya tarik menawannya harus ada dalam daftar tujuan berlibur anda berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × three =