Berbicara tentang tempat wisata di wonosobo emang gak ada habisnya, mulai dari wisata alam yang sungguh eksotic yang di kenal hingga ke mancanegara dan keunikan budaya lokal yang ada. Wonosobo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di tengah pulau jawa yang dikelilingi oleh beberapa kabupaten seperti magelang, temanggung, banjarnegara, kebumen, batang dan pekalongan.

Wisata di wonosobo tidak hanya dieng, melainkan masih banyak tempat wisata selain dieng yang ada di wonosobo. Seperti waduk wadaslintang, Telaga menjer, perkebunan teh tambi, air terjun sikarim dan masih banyak lagi.

telaga menjer

Nah disini MyTrip123 akan mebahas salah satu surga tersembunyi yang ada di wonosobo yaitu Telaga Menjer. Telaga menjer emang sudah terkenal di masyarakat lokal namun belum banyak dikenal oleh wisatawan dari luar kota maupun mancanegara.

Kebanyakan dari mereka ketika berkunjung ke wonosobo, fokus destinasi wisata langsung tertuju ke dieng. Padahal sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata yang jarang dikunjungi wisatawan yang menyuguhkan pemandangan begitu indah seperti telaga menjer.

Telaga menjer merupakan sebuah telaga buatan yang di fungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air oleh PLTA Garung. Seiring dengan dengan perkembangan waktu telaga menjer mulai di manfaat kan menjadi tempat wisata yang menarik.

Sejarah Telaga Menjer

Telaga menjer merupakan sebuah telaga yang terbentuk dari sebuah letusan kaki gunung pakuwaja yang dulunya aktif. Sebelum terjadi letusan tersebut telaga menjer hanyalah mata air kecil dan sewaktu waktu airnya bisa meluas ketika terjadi hujan.

Foto telaga menjer dari berbagai macam sudut pandang

Lokasi Telaga Menjer Wonosbo

Telaga menjer berloksi di Kecamatan garung yang berjarak sekitar 8 km dari pusat kota wonosbo. Rute yang di lalui yaitu hampir sama dengan rute menuju ke dieng. Dari alun-alun wonosbo anda cukup berjalan menuju ke arah utara mengikuti arah jalan dieng. Sesampai di pasar garung yang berjarak sekitar 7 km dari alun-alun wonosbo terdapat gapura yang bertuliskan PLTA Garung yang berada di kiri jalan sekitar pasar. selanjutnya ikuti jalan dari gapura tersebut hingga terlihat telaga menjer yang berada di kiri jalan. Untuk harga tiket di telaga menjer yaitu 3000 rupiah per orang.

Cek juga: Paket tour dieng murah yang rekomended.

telaga menjer
jalan manuju ke tlaga

Apa Sih Yang Bisa Di lakukan Di Telaga Menjer?

Di telaga ini anda dapat menikmati hamparan air telaga menjer yang jernih dan merasakan segarnya udara khas pegunungan. Selain itu anda dapat menyusuri telaga menjer dengan menaiki prahu yang di sewakan oleh warga sekitar. Hanya dengan membayar sebesar 10.000 rupiah anda sudah bisa berkeliling telaga menjer serta melihat bentangan gunung sindoro yang mempesona selam +- 30 menit.

Tidak Hanya itu, anda yang hobi memancing alangkah baiknya membawa juga peralatan memancing anda. Karena di telaga ini banyak orang yang menghabiskan waktunya dengan bersantai sambil memancing. Ikan-ikan yang didapat pun cukup berfariasi, mulai dari ikan yang berukuran mungil hingga berukuran jumbo.

Harga Tiket Masuk Telaga Menjer

harga tiket masuk telaga menjer
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104432695130220969436

Berlibur ke Kota Wonosobo yang asri maka wajib rasanya untuk singgah wisata paling ikonik satu ini. Berkunjung ke Telaga Menjer bakal menjadi pengalaman liburan yang istimewa dan sulit terlupa.

Apalagi untuk dapat menjalahi indahnya Telaga Menjer Wonosobo anda sama sekali tak perlu biaya yang banyak. Pada saat in harga tiket masuk Telaga Menjer hanya sebesar Rp3.000 per orangnya, murah sekali bukan?

Disamping itu para pengunjung juga jangan lupa untuk membayar retribusi parkir kendaraan kepada petugas yang berjaga. Parkir sepeda motor di Telaga Menjer dikenakan tarif sebesar Rp.10.000 sudah termasuk dengan pentipan helm.

Sedangkan untuk parkir kendaraan roda empat seperti mobil atau bis maka tarifnya berkisar antara Rp10.000 hingga Rp20.000. Mengisi hari libur disini maka tak perlu khawatir soal biaya, karena sangat terjangkau.

Perlu di ingat juga bahwasannya biaya-biaya yang ada pada wisata alam Telaga Menjer Wonosobo bisa berubah sewaktu-waktu.

Jam Buka

jam buka telaga menjer
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116273883849087758406

Rencanakan liburan anda ke Telaga Menjer dengan memperhatikan waktu kunjungan dengan baik. Jam operasional wisata yang berlaku di Telaga Menjer adalah pukul 08.00 – sampai dengan 16.00 WIB di setiap harinya.

Anda bisa rekreasi kesini kapan saja sesuka hati sesuai keinginan. Asalkan berkunjung pada saat hari cerah, tidak mendung apalagi hujan.

Dalam beberapa situasi, telaga menjer ini juga kerap ditutup oleh kabut tebal, terutama saat sore hari. Maka dari itu penting bagi anda untuk memperkirakan waktu terbaik untuk berkunjung agar lebih maksimal.

Sebaiknya datang lebih awal agar liburan di Telaga Menjer bisa lebih puas dengan menelusuri setiap sudutnya.

Fasilitas

fasilitas Telaga Menjer
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112747923781271442014

Termasuk dalam list wisata Wonosobo paling populer, Telaga Menjer kerap jadi incaran banyak wisatawan. Para tamu dari luar kota yang tengah berada di Wonosobo, pasti akan berwisata ke Telaga Menjer..

Disini sudah ditunjang dengan beragam sarana prasarana yang tentu memadai. Berikut fasilitas Telaga Menjer yang diantaranya :

  • Area parkir luas
  • Pusat informasi
  • Kamar mandi
  • Toilet
  • Warung wisata
  • Mushola
  • Fasilitas air bersih
  • Rumah makan
  • Wahana bermain
  • Area memancing
  • Gazebo
  • Spot foto kekinian

Nikmati banyak keseruan di Telaga Menjer Wonosobo untuk memberikan anda kesan liburan menyenangkan. Salah satu yang paling ikonik disini adalah menyusuri seluruh area telaga dengan menaiki perahu.

Kalau ke Telaga Menjer Dieng belum lengkap rasanya jika tidak mencoba berkeliling naik perahu. Untuk biaya sewa perahu Telaga Menjer mematok tarif sebesar Rp15.000 per orangnya. Dengan minimal berjumlah 8 orang untuk satu kali keberangkatan.

Namun bila kurang dari 8 orang bisa juga tetap menyewa perahu akan tetapi biayanya sebesar Rp100.000. Selain perahu, disini juga tersedia sebuah spot foto kekinian yang berada di atas air, dengan mematok tarif hanya Rp5.000.

Tips Berkunjung

tips berkunjung telaga menjer
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102897864831996299028

Sebagai tambahan informasi dan juga referensi, bisa anda simak tips-tips berkunjung ke Telaga Menjer berikut ini.

  • Sangat disarankan untuk datang kesini pada saat musim panas, selain tidak hujan, minimnya juga datangnya kabut.
  • Ketika kabut menyelimuti seluruh area telaga, justru anda bakal mendapatkan sebuah pemandangan yang lebih menakjubkan.
  • Di Telaga Menjer, terdapat dua pintu masuk area wisata, sehingga anda tak perlu bingung, karena keduanya sama saja.
  • Wajib untuk anda membuang sampah ke tempatnya, jangan sembarangan karena akan merusak alam.
  • Cobalah untuk menikmati keseruan naik perahu telaga menjer bersama orang-orang tercinta.
  • Hati-hati dalam setiap aktivitas selama liburan agar dapat kembali pulang dengan nyaman.
  • Jika datang pada saat sore hari ada baiknya anda mengenakan pakaian yang membuat tubuh hangat.

 Baca Juga : Daftar Tempat Wisata di Blitar Paling indah dan Menarik

Video Indahnya Pemandangan Telaga Menjer dari Prahu

 Informasi wisata lainya 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 4 =