Telaga merdada merupakan sebuah danau dengan sejuta daya tarik mempesona yang bisa wisatawan nikmati ketika berada di Dieng. Wisata Dieng satu ini awalnya sebuah kawah gunung berapi yang kemudian terisi air dan tidak pernah surut meskipun musim kemarau.

Merdada sejatinya merupakan telaga terluas yang ada di dataran tinggi Dieng dengan luas areanya mencapai 25 hektare. Dengan kedalaman air mencapai 2 – 10 meter dan bisa anda nikmati dengan berkeliling naik perahu di Telaga Merdada Dieng.

Hingga kini Telaga Merdada Banjarnegara juga berfungsi sebagai pengairan untuk ladang pertanian warga setempat. Berbagai jenis tanaman sayuran dan ikan-ikan air tawar yang melimpah menjadi salah satu daya tarik di Telaga Merdada Jawa Tengah.

Harga Tiket Masuk Telaga Merdada

harga tiket masuk telaga merdada
Foto : https://www.instagram.com/qaesar_andrianus/

Dieng sendiri merupakan sebuah kawasan dataran tinggi yang menjadi incaran banyak pelancong dari berbagai daerah untuk liburan. Di Dieng Jawa Tengah ini memang memiliki banyak sekali tempat wisata berbasis alam yang menakjubkan dan sayang bila anda lewatkan.

Salah satunya adalah wisata alam berupa Telaga yang jika dihitung maka ada cukup banyak di Dieng. Sebut saja Telaga Warna, Menjer, Cebong, Merdada dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan Telaga Merdada sendiri menjadi yang terluas di Dieng dengan sajian hamparan luas pemandangan menakjubkan. Untuk bisa berlibur dan bersantai di tempat wisata Dieng satu ini maka para pengunjung tak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Harga tiket masuk Telaga Merdada sangatlah ekonomis, yakni hanya 5.000 rupiah saja per orangnya. Sedangkan bagi anda yang ingin naik perahu untuk berkeliling sekitaran area telaga maka dikenakan biaya sebesar Rp10.000 saja.

Selain itu pengunjung juga bisa memancing guna mengisi waktu libur agar lebih berwarna dan berbeda dari biasanya. Sampai saat ini belum ada jam operasional yang pasti mengenai Telaga Merdada, namun sebaiknya datang ketika pagi sampai sore hari.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat telaga merdada
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110938325239556176370

Lokasi Telaga Merdada berada di kawasan yang terbilang cukup strategis, mudah dijangkau dari berbagai arah. Luas Telaga Merdada Dieng mencapai 25 hektare dengan kedalamannya mencapai 2 hingga 10 meter.

Di tepi-tepi Telaga Merdada Banjarnegara dapat anda jumpai aneka jenis tanaman sayuran yang dibudidaya oleh masyarakat setempat. Dan menariknya di Telaga Dieng satu ini menyimpan ikan-ikan air tawar yang cukup melimpah.

Sehingga tak heran apabila di Telaga Merdada Dieng Banajrnegara dapat anda jumpai banyak orang yang memancing. Alamat Telaga Merdada sendiri terletak di Dusun Pauan, Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Udara di Telaga Merdada sangatlah sejuk dan akan membuat siapapun merasa betah meski harus berlama-lama. Berada di ketinggian 2.045 meter diatas permukaan laut dengan perbukitan menjadi latar belakang yang mengelilingi seluruh area telaga.

Jalan menuju wisata Dieng satu ini sudah cukup baik meski didominasi oleh jalur yang terus menanjak, jadi perlu berhati-hati ya. Jika anda masih bingung dengan jalannya, maka bisa mengakses maps dibawah ini agar perjalanan menjadi bebas hambatan.

Datang juga ke –> Kawah Candradimuka memiliki sumber air yang konon bikin awet muda.

Fasilitas

fasilitas Telaga Merdada
Foto : https://www.instagram.com/imawan_/

Menjadi salah satu wisata di Dieng yang populer dan kerap dipadati oleh pengunjung, apalagi pada saat akhir pekan. Telah di dukung dengan berbagai sarana memadai sebagai pendukung guna menunjang setiap aktivitas wisatawan.

Dan berikut ini fasilitas Telaga Meradada yang antara lain meliputi :

  • Lahan parkir memadai
  • Toilet umum / mck
  • Fasilitas air bersih
  • Tempat duduk
  • Area memancing
  • Perahu wisata
  • Gazebo
  • Warung wisata
  • Spot foto menarik

Buang semua kepenatan yang tengah melanda dengan berwisata bahagia di Telaga Merdada bersama orang tercinta dan keluarga. Duduk santai sekaligus bercengkrama sembari memandang banyak panorama mengagumkan dijamin akan menjadi pengalaman yang berharga.

Kunjungi juga –> Sumur Jalatunda yang bisa mengabulkan keinginan anda setelah melempar batu.

Spot Terbaik di Telaga Merdada

spot terbaik di telaga merdada
Foto : https://www.instagram.com/yenicawa/

Wisata Telaga Merdada di Dieng sangat cocok bagi anda yang ingin mencari ketenangan guna merileksasi diri. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan bebas polusi sehingga akan membuat siapapun merasa nyaman dan enggan untuk pulang.

Sejauh memandang, mata anda akan dimanjakan oleh ragam landscape alam khas dataran tinggi yang begitu memukau. Hamparan luas telaga dengan air yang tenang menggenangi turut menjadi hidangan utama ketika tengah liburan disini.

Bukit-bukit yang mengelilingi juga tak luput membuat Telaga Merdada semkain nampak cantik. Dan kecantikan ini bisa anda manfaatkan untuk menjadikannya latar berlakang ketika berfoto-foto ria guna merekam setiap momennya.

Abadikan liburan menyenangkan kali ini melalui selfie, groufie (foto bersama) dan merekam beberapa video menggunakan kamera/smartphone anda. Memanfaatkan aneka pemandangan menarik sebagai spot terbaik di Telaga Merdada untuk hasilkan foto yang ciamik.

Review sebelumnya –> Kawah Sileri yang terus meletup-letup dengan asap putih mengepul di udara.

Tips Berkunjung

tips berkunjung telaga merdada
Foto : https://www.instagram.com/qaesar_andrianus/

Berikut ini sebagai tambahan referensi anda beberapa tips berkunjung ke Telaga Merdada di Dieng Banjarnegara Jawa Tengah.

  • Perkirakan waktu terbaik anda untuk datang ke Telaga Merdada dalam rangka mengisi waktu santai.
  • Cuaca bersahabat dengan awan yang cerah adalah waktu terbaik singgah dan berlibur di Telaga Merdada Dieng.
  • Wahana wisata telaga berupa perahu biasanya hanya beroperasi ketika akhir pekan dan musim liburan saja.
  • Anda bisa datang saat pagi atau sore hari untuk merasakan suasana sekitaran telaga yang lebih maksimal.
  • Dilarang keras mengotori area wisata telaga dengan sampah yang anda buang tidak pada tempatnya.

Jadi itulah tadi ulasan singkat seputar wisata alam Dieng Telaga Merdada yang mempesona dan tiada duanya. Tunggu apalagi, ketika anda tengah berada di Dieng maka wisata rekomended satu ini jangan sampai terlewatkan ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × three =