Gardu Pandang Tieng merupakan sebuah tempat terbaik untuk menyaksikan banyaknya pemandangan apik yang ada dataran tinggi dieng Wonosobo. Sesuai dengan namanya, spot menawan ini berada di Desa Tieng yang memiliki ketinggian sekitar 1800 meter diatas permukaan laut.

Letaknya sangat mudah di temukan karena berada tepat di pinggir jalan utama menuju Dieng dengan suguhan wisata alamnya yang menakjubkan. Sejatinya Gardu Pandang ini bukanlah wisata Wonosobo dieng, namun nyatanya tempat ini justru selalu ramai wisatawan dari luar daerah.

Ada banyak sekali pemandangan memanjakan pasang mata yang dapat anda saksikan dari atas Gardu Pandang Tieng Wonosobo. Hamparan luas lahan pertanian berundak-undak, ragam gunung, perbukitan, rumah penduduk, dan potret aktivitas warga Dieng yang berprofesi sebagai petani.

Harga Tiket Masuk Gardu Pandang Tieng

harga tiket masuk gardu pandang tieng
Foto : https://www.instagram.com/dhian_hardjodisastro/

Dieng sendiri menjadi tujuan wisata paling rekomended khususnya di Jawa Tengah dengan suguhan panorama yang memikat. Wisata berbasis alam pun sangat melimpah di Dieng Wonosobo, sebut saja Telaga Warna, Batu Ratapan Angin dan masih banyak lagi.

Meski Gardu Pandang Tieng bukanlah sebuah tempat destinasi untuk berwisata akan tetapi keseruan yang disuguhkan begitu luar biasa. Melihatnya banyak pemandangan yang berselimut awan dengan ditambah udara sejuk khas dataran tinggi yang bikin betah untuk berlama-lama.

Sebenarnya untuk bisa singgah di Gardu Pandang Tieng Dieng tidak dikenakan biaya apapun. Hanya saja perlu membayar retribusi parkir kendaraan yang anda bawa saja.

Sehingga harga tiket masuk Gardu Pandang Tieng pun adalah 0 rupiah alias gratis tis, menarik sekali bukan? Untuk itu tunggu apalagi, saat berencana liburan di Dieng, cobalah mampir sebentar ke Gardu Pandang paling populer ini.

Anda bisa kapanpun berkunjung ke Gardu Pandang Tieng, buka selama 24 jam dan selalu buka di setiap harinya lho. Meski begitu, perlu kami rekomendasikan waktu terbaik untuk datang kesini adalah saat menjelang pagi hari untuk melihat sunrise yang cantik.

Mulai pukul setengah 5 pagi, Gardu Pandang Tieng selalu sudah dipadati oleh banyak wisatawan yang sengaja ingin melihat terbitnya matahari. Awan dan kabut turut menghiasi perjalanan naiknya matahari untuk terbit dan menerangi jagat alam semesta.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat gardu pandang tieng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103272163042818866995

Lokasi Gardu Pandang Tieng mudah ditemukan dan tidak akan menyulitkan siapapun yang ingin datang. Karena berada tepat di pinggir jalan menuju Dieng dan letaknya disebelah kanan jika dari arah kota Wonosobo.

Alamat Gardu Pandang Tieng berada di Desa Tieng, kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Jarak dari pusat kota Wonosobo/alun-alun kurang lebih sejauh 18 km dengan waktu tempuh 39 menit berkendara.

Akses jalan sudah beraspal baik meskipun terus menanjak dan sedikit berkelok. Bagi anda yang mungkin baru pertama kali ke Dieng perlu untuk selalu berhati-hati juga waspada ya.

Dan pastikan gunakan kendaraan yang kuat untuk jalanan menanjak karena kalau sampai tidak kuat saat dijalan, wah itu bahaya banget. Jadi sebelum berangkat untuk liburan dan jalan-jalan ke Dieng selalu cek n ricek segala kesiapan baik dari fisik maupun kendaraan.

Maps yang anda lihat dibawah ini bisa mengarahkan untuk memudahkan perjalanan saat akan liburan ke Gardu Pandang Tieng.

Datang juga ke –> Curug Sikarim

Fasilitas

fasilitas gardu pandang tieng
Foto : https://www.instagram.com/alfakei7/

Aktivitas seru menyaksikan ragam pemandangan mengagumkan dari ketinggian bisa menjadi alternatif dalam mengisi waktu luang. Baik itu saat akhir pekan, musim liburan atau saat lagi ga ada kerjaan aja hehe.

Udara dingin khas Dieng yang cukup menusuk tak jarang membuat para wisatawan sering merasa ingin buang air. Untuk itu telah tersedia kamar mandi dengan air bersih di Gardu Pandang Tieng yang bisa anda gunakan.

Area parkir pun cukup untuk menampung banyak kendaraan, mulai dari sepeda motor, mobil hingga shuttle, elf dan sejenisnya. Tak ketinggalan, rumah makan yang berada persis di kawasan Gardu Tieng punya banyak menu menggiurkan untuk menambah suasana semakin istimewa.

Mulai dari oleh-oleh khas dieng seperti carica, purwaceng, tempe kemul, sampai ayam bakar, nasi goreng, aneka seafood dan lain-lain.

Kunjungi juga –> Bukit Seroja

Spot Terbaik di Gardu Pandang Tieng

spot terbaik gardu pandang tieng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110239219672983761664

Kegiatan fotografi wajib di lakukan dan tak boleh dilewatkan saat berada di Gardu Pandang di Tieng Wonosobo. Banyaknya sajian pemandangan yang dimiliki bisa menjadi spot terbaik di Gardu Pandang Tieng sebagai latar belakangnya.

Landscape menarik bak lukisan tersaji disini, yang diantaranya seperti perbukitan hijau, ladang pertanian, gunung-gunung. Juga hamparan rumah penduduk dan potret aktivitas dari para petani saat pagi hari.

Tapi dari semua itu yang paling di rekomendasikan adalah, panorama terbitnya matahari harus anda jadikan sebagai backgroundnya. Melalui selfie, foto bersama-sama hingga merekam video pada spot-spot yang memikat dan menarik perhatian anda.

Review sebelumnya –> Telaga Cebong

Tips Berkunjung

tips berkunjung gardu pandang tieng
Foto : https://www.instagram.com/dieng.perspective/

Berikut tips berkunjung ke Gardu Pandang Tieng yang bisa anda simak.

  • Sebaiknya mengunjungi area Dieng yaitu pada saat musim panas.
  • Sangat tidak di anjurkan wisata Dieng ketika cuaca buruk dan turun hujan.
  • Gunakan pakaian yang menghangatkan tubuh bila anda tidak kuat dingin.
  • Hati-hati dan selalu utamakan keselamatan saat berada di gardu pandang.
  • Menjelang pagi adalah waktu datang ke gardu pandang yang kami sarankan.

Jadi itulah informasi singkat yang mengulas tentang Gardu Pandang Tieng yang berada di dataran tinggi Dieng Wonosobo Jawa Tengah. Suguhan pemandangan menakjubkan siap memanjakan momen liburan anda bersama keluarga dan orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + sixteen =