Curug Sikarim merupakan salah satu wisata alam berbasis air terjun yang letaknya berada di dataran tinggi Dieng wonosobo. Kawasan Dieng sendiri memang terkenal dengan berbagai pesona alamnya yang tidak perlu diragukan lagi.

Tempat wisata Dieng Wonosobo satu ini memiliki suguhan air terjun yang berasal dari limpahan Telaga Cebong mengalir ke tebing perbukitan. Tebing perbukitan yang menjadi jalur air terjun Curug Sikarim Dieng mengalir ini memiliki ketinggian hampir 90 meter.

Saat debit air cukup besar, Curug Sikarim Wonosobo bisa menampakkan tidak hanya satu air terjun saja yang indahnya tiada tara. Area curug di wisata Dieng ini memberikan sensasi liburan yang mungkin tak pernah anda jumpai sebelumnya, pastinya berkesan deh.

Harga Tiket Masuk Curug Sikarim

harga tiket masuk Curug Sikarim
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116089828842819978090

Jalan-jalan ke Dieng bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengisi waktu senggang di kala akhir pekan atau musim liburan tiba. Udara sejuk yang khas milik kawasan dataran tinggi dieng terbukti ampuh membuat siapapun merasa nyaman saat berada disini.

Semua wisata di Dieng bisa anda nikmati dengan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya lho, serba murah meriah pokoknya. Sama halnya dengan tiket masuk air terjun Wonosobo yang sedang kita bahas satu ini juga demikian.

Harga tiket masuk Curug Sikarim sejauh ini hanya berkisar antara Rp10.000 – Rp15.000 saja per orangnya, terjangkau sekali bukan? Selain biaya tiket masuk, sebaiknya anda menyiapkan uang lebih untuk menikmati berbagai sajian kuliner khas warung setempat.

Aneka kulineran dan jajanan khas Dieng bisa anda coba, mulai dari carica, purwaceng, tempe kemul, dan masih banyak lagi lainnya. Menyaksikan keindahan air terjun dan alam sekitar yang menawan sembari menikmati aneka hidangan lezat, emmm luar biasa.

Anda bisa kapanpun berkunjung dan eksplorasi wisata Curug Sikarim sesuka hati, karena selalu buka selama 24 jam penuh. Akan tetapi sangat tidak di anjurkan berwisata ke curug saat malam hari, selain karena gelap tentu pemandangannya pun tidak terlihat.

Rute Lokasi dan Alamat

 

rute lokasi dan alamat curug sikarim
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117268382794467933345

Lokasi Curug Sikarim berada di antara Gunung Sikunir dan Bisma yang berdiri dengan gagahnya. Air terjunnya bersumber dari Telaga Cebong yang mengalir dengan deras melalui tebing perbukitan dan jatuh ke Sungai Mlandi di Wonosobo.

Alamat Curug Sikarim berada di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provisni Jawa Tengah. Sembungan sendiri merupakan desa tertinggi di pulau Jawa, jadi jangan heran kalo suhu disini sangatlah dingin.

Jika anda menjangkaunya dari alun-alun kota Wonosobo, maka jarak yang harus di tempuh sekitar 17 km dengan perjalanan 37 menit. Jalur untuk menuju Curug Sikarim dari kota Wonosobo cukup menantang adrenalin anda.

Jalan tidak terlalu lebar dan terus menanjak juga akan menemui beberapa tikungan yang curam meski sudah beraspal halus. Perlu kehati-hatian ekstra dan konsentrasi tinggi saat dalam perjalanan menuju wisata air terjun Curug Sikarim.

Maka dari itu siapkan kendaraan yang hendak digunakan dalam kondisi sehat dan siap disemua medan termasuk tanjakan dan tikungan tajam. Tak perlu khawatir jika anda tidak tahu jalan mana yang harus di lalui, gunakan saja maps akurat dibawah ini.

Datang juga ke –> Prau yang merupakan gunung favorit untuk pendaki.

Fasilitas

fasilitas curug sikarim
Foto : https://www.instagram.com/desi_kristianayuwono/

Berbagai fasilitas dapat pengunjung jumpai ketika berlibur dan jalan-jalan di wisata Wonosobo yang menakjubkan satu ini. Fasilitas Curug Sikarim antara lain adalah :

  • Area parkir kendaraan
  • Pusat informasi wisata
  • Kios oleh-oleh
  • Jalur track pejalan kaki
  • Kamar mandi / mck
  • Warung wisata
  • Gazebo
  • Wisata religi
  • Spot foto menarik

Nikmati berbagai suguhan menarik dari Curug Sikarim di Wonosobo yang bakal bikin momen rekreasi kali ini lebih berkesan. Menyaksikan secara lebih dekat berbagai pemandangan yang begitu memikat dan sayang untuk di lewatkan.

Kunjungi juga –> Sikunir yang menjadi spot terbaik melihat sunrise.

Spot Terbaik di Curug Sikarim

spot terbaik di curug sikarim
Foto : https://www.instagram.com/riska_putri111/

Wilayah Curug Sikarim berada pada ketinggian 1800 meter diatas permukaan laut, dan didominasi oleh banyak tumbuhan di sekitarnya. Aneka pepohonan dan tanaman hijau membuat nuansa disini sangatlah sejuk dan segar, cocok untuk melepas penat.

Untuk itu Curug Sikarim wajib masuk ke dalam daftar kunjungan wisata anda selanjutnya bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Spot-spot menariknya dijamin akan membuat para wisatawan tergerak untuk ingin berpose di depan kamera dan melakukan swafoto.

Abadikan aktivitas seru selama jalan-jalan dan explore air terjun melalui selfie dan berswafoto pada spot terbaik Curug Sikarim Jawa Tengah. Panorama alaminya siap membuat hasil foto anda semakin apik, menarik dan tentunya instagenic.

Jadi, jangan lupa sedia kamera atau smartphone kesayangan anda untuk merangkum semua momen asyik di Sikarim.

Review sebelumnya –> Batu Pandang Ratapan Angin dengan sajian spot foto instagramable.

Tips Berkunjung

tips berkunjung curug sikarim
Foto : https://www.instagram.com/waragan_rahman/

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda simak untuk tambahan informasi sekaligus menjadikannya refrensi kunjungan wisata.

  • Berkunjung ke wisata alam sebaiknya saat cuaca cerah dan tidak turun hujan.
  • Hindari berwisata ke curug saat cuaca sedang tidak bersahabat.
  • Pastikan tubuh anda sehat, agar momen liburan berlangsung lancar.
  • Siapkan dengan baik semua keperluan yang anda butuhkan saat berwisata.
  • Gunakan kendaraan yang siap tempur dan bandel sekaligus anti ngadat.
  • Kami sarankan agar anda memakai alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Kenakan pakaian yang hangat mengingat udara yang sangatlah dingin disini.
  • Utamakan selalu kewaspadaan dan kehati-hatian saat jalan-jalan dan liburan.

Demikian ulasan seputar wisata alam Wonosobo dengan suguhan air terjun mengagumnkan yakni Curug Sikarim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven − six =