Bicara soal Jawa Tengah, rasanya Anda wajib mencari informasi lebih lengkap terkait tempat wisata di Boyolali. Salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki luas 1.015 Km persegi ini ternyata menyimpan keunikan yang jarang diketahui masyarakat. Boyolali sering dikenal dengan sebutan New Zeland van Java karena memiliki sektor produksi susu sapi terbesar di Pulau Jawa.

Selain itu, wisata di Boyolali juga menawarkan pemandangan yang sekilas tidak kalah cantik dari pesona alam di Selandia Baru. Nah, buat Anda yang sedang merencanakan liburan, berikut rekomendasi destinasi wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga tercinta, teman maupun rekan.

Berikut daftar tempat wisata di Boyolali yang lagi hits untuk Anda kunjungi bersama orang tersayang selama berlibur ke Boyolali:

1. New Selo

wisata boyolali terbaru
Foto : https://www.instagram.com/miftamucumu_/

Boyolali sendiri termasuk daerah yang dikelilingi oleh dua gunung sekaligus yang populer di kalangan pendaki yakni Gunung Merapi dan Merbabu. Tidak heran ada berbagai wisata di Boyolali terbaru dan eksotis yang mudah dijumpai, satu di antaranya yakni New Selo.

New Selo menyambut wisatawan dengan udara sejuk khas daerah pegunungan dan pemandangan hijau sejauh mata memandang. Itulah alasan utama yang akan membuat Anda betah selama datang ke wisata ini seakan healing dari hiruk pikuk perkotaan.

Keistimewaan dari New Selo adalah spot foto berlatar Gunung Merapi. Jadi tidak heran misalkan banyak wisatawan berburu foto instagramable di sini. Berada di atas ketinggian 1600 – 1.800 Mdpl dengan rata-rata temperatur udara 17 – 20 derajat Celsius menghadirkan suasana yang begitu sejuk.

Lokasi destinasi wisata New Selo berada di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Sementara akses menuju lokasi sekitar 45 menit dari pusat kota Boyolali dan bisa ditempuh menggunakan roda dua atau empat.

2. Restu Wijaya Waterboom Boyolali

Wisata di Boyolali yang lagi Hits
Foto : http://rulyarsiteksalatiga.blogspot.com/

Rekomendasi tempat wisata anak di Boyolali yang dilengkapi dengan beragam wahana wisata air yaitu Restu Wijaya Waterboom Boyolali. Nah, buat Anda dan buah hati tercinta yang ingin wisata air indoor, kolam renang ini sangat populer di Boyolali.

Soal keamanan, pihak pengelola memberikan fasilitas kolam renang yang berbeda untuk pengunjung anak-anak dan dewasa, serta fasilitas pendukung keamanan lainnya. Fasilitas wahana permainan air yang tersedia seperti papan seluncur, terowongan, waterboom, dan banyak lagi.

Jam operasional Restu Wijaya Waterboom mulai dari pukul 07.30–19.00 WIB dengan harga tiket masuk yang murah. Kunjungan di hari biasa akan di banderol tiket masuk sebesar Rp. 10.000, sedangkan kunjungan di hari libur di banderol tiket masuk Rp. 15.000.

Lokasi Restu Wijaya Waterboom berada di Jl. Bangak Simo, Kebayan 3, Pelem, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Wisata kolam renang ini memiliki lokasi yang strategis dan mudah diakses melalui rute Boyolali, Andong, Kalioso, dan Salatiga.

3. Umbul Pengging

Wisata malam Boyolali
Foto : https://www.instagram.com/latepost.semua/

Rekomendasi wisata Boyolali yang tidak akan Anda jumpai di daerah lain yakni wisata pemandian Umbul Pengging. Dalam bahasa Jawa, kata ‘Umbul’ bermakna mata air yang mana wisata pemandian ini dikemas dengan konsep nuansa kerajaan masa lalu.

Dalam area wisata Umbul Pengging sendiri terbagi dalam tiga kolam pemandian alami dan 1 kolam pemandian buatan. Pemandian alami terdiri dari Umbul Temanten, Umbul Duda, Umbul Ngabean, serta pemandian buatan dengan nama Umbul Anak.

Biasanya wisata pemandian di Boyolali ini ramai dikunjungi sebagai tempat padusan atau membersihkan diri sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Selain area pemandian, pihak pengelola juga memberikan area khusus pemancingan yang berada di selatan area Umbul Ngabean.

Lokasi wisata Umbul Pengging berada di Dukuh, Banyudono, Boyolali dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dari Kota Boyolali. Harga tiket masuk wisata ini cukup murah yakni Rp3.500 di hari biasa dan Rp4.500 di hari libur.

4. Alun Alun Boyolali

wisata di boyolali terbaru
Foto : https://www.instagram.com/yarus_am/

Salah satu tempat wisata di Boyolali Jawa Tengah yang wajib Anda kunjungi yakni Alun-alun Boyolali. Bukan tanpa alasan, liburan ke luar kota tidak akan lengkap misalkan belum mengunjungi pusat ikon setiap daerah yaitu alun-alun.

Keunikan dari wisata alun-alun di Boyolali adalah hadirnya Gedung Lembu Sora atau patung sapi raksasa. Sebuah tempat yang dibangun pada pertengahan 2015 lalu. Salah satu landmark Boyolali ini juga difungsikan sebagai gedung pertemuan karena dibangun dengan ukuran 18x12x11 meter.

Sudah menjadi rahasia umum, berwisata ke Alun-alun Kidul Boyolali Anda tidak perlu membayar tarif masuk dan terbuka 24 jam. Sebagai taman rekreasi murah meriah untuk masyarakat Boyolali Anda bisa menikmati wisata kuliner hingga olahraga lari atau bersepeda.

Keistimewaan dari objek wisata Alun-alun Boyolali yaitu bisa mengambil foto instagramable dengan latar Gunung Merapi yang gagah. Jangan khawatir misalkan Anda berkunjung menggunakan kendaraan pribadi, karena area alun-alun sudah dilengkapi fasilitas parkir yang aman terjaga.

5. Waduk Kedung Ombo

Tempat wisata di Boyolali yang Lagi Hits
Foto : https://www.instagram.com/triyonotrimbilz/

Tempat wisata alam di Boyolali yang sering dijadikan pilihan tempat rekreasi bersama keluarga yakni Waduk Kedung Ombo. Secara administratif, lokasi bendungan waduk Ombo berada di tiga kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Boyolali, Kabupaten Grobogan, dan Kabupaten Sragen.

Sementara bangunan utama dari bendungan atau waduk Ombo terletak di perbatasan Desa Rambat dan Desa Juworo, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan. Meski begitu, sepanjang area waduk juga menyuguhkan pemandangan begitu indah yang menarik perhatian sebagai lokasi wisata alam yang murah meriah.

Di sana Anda bisa menyewa jasa perahu motor yang disediakan oleh pihak pengelola misalkan ingin menyusuri area waduk. Bahkan terdapat homestay yang bisa disewa misalkan Anda ingin melihat lebih dekat kehidupan masyarakat setempat.

Keunikan lain dari Waduk Ombo selain difungsikan sebagai sektor wisata adalah dikelola menjadi kawasan bisnis perikanan darat menggunakan metode keramba. Tidak heran di sana mudah menjumpai warung makan yang menyajikan olahan makanan berbahan dasar ikan segar yang menggugah selera.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Magelang memiliki pemandangan alam memukau yang wajib untuk anda explore.

6. Kampoeng Air Kragilan

wisata alam boyolali
Foto : https://www.instagram.com/anthoanbu/

Pilihan tempat wisata di Boyolali terbaru yang menghadirkan konsep wisata air yang masih terjaga kealamiannya yakni Kampoeng Air Kragilan. Wisata kampung air ini dikelilingi oleh aliran sungai yang mendapatkan sumber air yang berasal dari delapan mata air di Boyolali.

Dibangun di atas lahan 1000 meter persegi, pada awalnya lokasi ini berupa sungai gelap dan dimanfaatkan masyarakat sebagai MCK umum. Seiring berjalannya waktu, disulap menjadi wisata yang menawarkan kesejukan layaknya berada di tengah hutan yang dikemas modern.

Sejauh mata memandang area wisata dikelilingi oleh pepohonan rindang yang membuat suasana semakin sejuk. Daya tarik lain yang ditawarkan yakni keberadaan air terjun kecil, jembatan tua, dan spot instagramable untuk berfoto.

Lokasi wisata Kampoeng Air Kragilan berada di Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali dan sudah dibuka sejak tahun 2016 lalu. Jam operasional wisata ini mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp7.500 per orang.

7. Waduk Cengklik

objek wisata di boyolali
Foto : https://www.instagram.com/photographermager/

Objek wisata di Boyolali yang populer sebagai tujuan wisata bagi penggemar sunset atau matahari terbenam yakni Waduk Cengklik. Waktu yang pas untuk mengunjungi wisata waduk ini agar bisa mendapat momen sunset yang sempurna adalah saat musim kemarau.

Saat musim kemarau, matahari yang terlihat di Waduk Cengklik akan terbenam di ufuk barat lebih cepat sekitar pukul 17.15 WIB. Hal itu terjadi karena kawasan waduk dikelilingi oleh pegunungan yang tinggi di sisi barat sehingga sunset akan terjadi lebih cepat.

Buat Anda yang berencana untuk berburu keindahan sunset di Waduk Cengklik sebaiknya datang lebih awal paling lambat pukul 17.00 WIB. Jika beruntung pemandangan Gunung Merapi, Merbabu dan Telomoyo akan turut terlihat ketika matahari perlahan-lahan menghilang di ufuk barat.

Lokasi wisata Waduk Cengklik berada di Ngargorejo, Ngemplak, Kabupaten Boyolali yang cukup dekat dari Bandara Internasional Adi Soemarmo. Untuk menuju lokasi waduk bisa ditempuh dengan jarak sekitar 4 Km dalam waktu tempuh sekitar 10 menit.

8. Bukit Gancik Selo Boyolali

wisata boyolali
Foto : https://www.instagram.com/tomas_hartanto/

Rekomendasi wisata Boyolali terbaru yang menawarkan keindahan alam dari ketinggian yaitu Bukit Gancik Selo Boyolali. Sebenarnya Bukit Gancik merupakan pos pertama jalur pendakian Gunung Merbabu yang dimulai dari titik Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Sekarang Puncak Bukit Gancik telah menjadi objek wisata yang mirip Dieng sehingga juga dikenal dengan nama Negeri di Atas Awan. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ingin melihat langsung keindahan momen sunrise atau matahari terbit dari ketinggian 1.850 Mdpl.

Tidak akan mengurangi pesona wisata Bukit Gancik misalkan Anda melewatkan momen sunrise, karena masih banyak spot menarik untuk ditelusuri. Seperti bangunan dari bambu yang difungsikan sebagai spot-spot foto instagramable dengan latar keindahan kota Boyolali.

Lokasi wisata Bukit Gancik berada di Desa Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Yang buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket masuk wisata ini cukup murah yaitu Rp. 5.000 per orang, serta biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

9. Waduk Bade

obyek wisata di boyolali
Foto : https://www.instagram.com/wiwik.wiyanti/

Boyolali juga memiliki rekomendasi wisata waduk yang menawarkan keindahan perbukitan dan tempat pemancingan yakni Waduk Bade. Lokasi waduk berada di Bade, Klego, Kabupaten Boyolali yang berjarak sekitar 40 Km arah utara dari pusat kota Boyolali.

Secara keseluruhan luas area Waduk Bade sekitar 97,5 hektar dengan total luas lahan perairan mencapai 68,5 hektar. Kawasan waduk menawarkan spot strategis untuk menangkap ikan berukuran besar seperti ikan nila, ikan mas, ikan tombro, dan banyak lagi.

Untuk mendapatkan spot memancing di kawasan Waduk Bede, setiap pemancing harus membayar tarif sebesar Rp2.000 saja. Teknik memancing yang bisa digunakan adalah teknik lempar dengan umpan, karena banyak terpasang jaring ikan dan udang milik warga setempat.

Pihak pengelola waduk juga memberikan sarana pendukung seperti deretan warung makan yang siap mengisi kekosongan perut setelah puas berkeliling waduk. Jika sudah lelah, Anda bisa duduk santai di tepian waduk sambil memotret keindahan alam yang diberikan.

10. Alam Sutera Boyolali

tempat wisata keluarga di boyolali
Foto : https://www.instagram.com/ivan_vertical/

Bagi Anda ingin mengunjungi wisata terbaru di Boyolali, maka Alam Sutera Boyolali akan menjadi pilihan yang tepat. Wisata alam ini dibuka ditengah-tengah area pertanian yang dikelilingi oleh perbukitan hijau yang membuat Anda melupakan sejenak semua kepenatan.

Dari pintu masuk wisata Anda disambut udara sejuk khas pegunungan dan hamparan sawah yang ditanami aneka sayuran menjadi pesona tersendiri. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat menelusuri jalan setapak di area persawahan agar tidak merusaknya.

Wisata Alam Sutera ini tidak jauh dari lokasi petilasan Ki Ageng Kebo Kanigoro, tepatnya berada di Samiran, Selo, Boyolali. Ikon yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan adalah bangunan menara bambu yang didesain mirip menara Eiffel di Paris.

Menara bambu di Alam Sutera Selo memiliki tinggi sekitar13 meter yang terbagi dalam tiga tingkat. Dari puncak menara ini Anda bisa melihat latar pemandangan alam Gunung Merapi dan Gunung Merbabu untuk spot foto yang instagramable.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Wonosobo yang menyajikan suguhan panorama indah dan destinasi terkini terbaru.

11. Tikungan Irung Petruk

tempat wisata anak di boyolali
Foto : https://www.instagram.com/uthe_fazlur/

Objek wisata yang terkesan unik sekaligus membutuhkan tingkat kewaspadaan yang tinggi di Boyolali yakni Tikungan Irung Petruk. Seperti namanya, wisata ini berupa jalan menikung yang memiliki patung Petruk sebagai penanda kondisi jalanan yang berkelok curam.

Kawasan Tikungan Irung Petruk sering dijadikan sebagai tempat nongkrong kalangan muda-mudi karena pemandangan dari area tikungan begitu indah. Namun seiring waktu, banyak wisatawan yang melintasi jalur alternatif Boyolali – Magelang juga menjadikan tikungan ini sebagai rest area.

Untuk mendapatkan foto yang bagus dengan latar patung Petruk yang utuh. Anda bisa mengambil spot foto dari Taman Irung Petruk yang tidak jauh dari lokasi tikungan. Butuh rekomendasi wisata malam Boyolali, maka taman yang buka dari pukul 08.00 – 21.000 akan menjadi pilihan yang tepat.

Nah, lokasi Tikungan Irung Petruk sendiri berada di Desa Genting, Kecamatan Cepogo, Boyolali, atau lebih tepatnya di jalur lintas Solo-Selo-Borobudur. Karena berada di ketinggian lereng Gunung Merapi, tidak heran pemandangan lepas yang disajikan mengarah luas ke daerah Boyolali dan sekitarnya.

12. Oemah Bamboo Merapi

tempat wisata di boyolali terbaru
Foto : https://www.instagram.com/yafuiie_21/

Salah satu spot populer dan sering dijadikan pilihan tempat wisata keluarga di Boyolali yakni Oemah Bamboo Merapi. Misalkan Anda merencanakan berkunjung ke wisata New Selo, maka kurang lengkap jika tidak mampir ke wisata rumah bambu ini.

Lokasi wisata Oemah Bamboo Merapi berada di kawasan kaki Gunung Merapi tepatnya Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Tepat di atas logo New Selo, Anda akan melihat deretan atap rumah, maka itulah area wisata Oemah Bamboo Merapi.

Dibangun di atas ketinggian 1700 Mdpl, udara yang sejuk dan bersih akan membuat pikiran yang semula jenuh menjadi segar kembali. Pemandangan pepohonan hijau yang terhampar luas seakan menyegarkan mata dan membuat siapa pun betah berlama-lama.

Wisata Oemah Bamboo ini di desain sebagai homestay bagi wisatawan yang berencana tinggal lebih lama. Di dalamnya juga terdapat sekaligus cafe yang menawarkan spot foto instagramable.

Harga tiket masuk wisata Oemah Bamboo sebesar Rp10.000 per orang dan buka baik weekdays maupun weekends.

13. Umbul Tirtomulyo

tempat wisata di boyolali jawa tengah
Foto : https://www.instagram.com/santithere/

Boyolali juga memiliki rekomendasi wisata pemandian alami yang termasuk populer di kalangan warga setempat dan wisatawan yakni Umbul Tirtomulyo. Lokasi wisata pemandian ini berada di Kemasan, Sawit, Boyolali atau tepatnya di depan kantor kecamatan Sawit.

Area pemandian Umbul Tirtomulyo merupakan peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta sehingga arsitektur bangunan Jawa klasik begitu terasa dari pintu masuk. Tidak heran misalkan Anda merasa seperti melintasi waktu kembali ke zaman kerajaan saat berkunjung ke wisata ini.

Keseluruhan dinding batu bata merah yang mengelilingi kawasan pemandian yang tidak di per halus semakin memberikan nuansa tradisional. Kedalaman kolam Umbul Tirtomulyo sekitar 1,5 – 2 meter dengan bagian tengah kolam sebagai tempat sumber mata air menyembul keluar.

Jadi, Anda tidak perlu takut apakah air pemandian menjadi kotor karena air pemandian Umbul Tirtomulyo selalu mengalir dan berganti baru. Selain kesegaran air pemandian, beberapa sudut dari wisata ini sangat mendukung Anda gunakan sebagai spot foto yang instagramable.

14. Kedung Cinta

tempat wisata di boyolali terbaru
Foto : https://www.instagram.com/dawuhadiprabowo/

Wisata alam Boyolali yang wajib Anda kunjungi berikutnya yakni Kedung Cinta atau juga dikenal dengan nama Taman Cinta. Kehadiran ikon simbol hati berwarna merah yang dibangun setinggi enam meter sukses menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sini.

Taman Cinta yang baru dibangun menjadi spot populer untuk sekadar duduk bersantai menikmati pemandangan dan sejuknya angin di waduk Ombo. Fakta menarik dari waduk Ombo termasuk waduk terbesar yang ada di Indonesia dengan luas mencapai 6.576 Ha.

Kedung Cinta dibangun di kawasan hutan Perhutani KPH Telawa yang diharapkan menjadi destinasi wisata yang ramah untuk pengunjung semua usia. Hal ini dibuktikan oleh pihak pengelola dengan sarana dan fasilitas pelengkap untuk kenyamanan wisatawan.

Lokasi Kedung Cinta berada di Wonoharjo, Kemusu, Kabupaten Boyolali, dengan jam operasional mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk yang harus dibayar wisatawan sebesar Rp10.000 per orang dengan biaya parkir sebesar Rp3.000.

15. Umbul Langse

tempat wisata alam di boyolali
Foto : https://www.instagram.com/pesona_teras/

Rekomendasi wisata pemandian alami yang juga populer di Boyolali yang bersumber dari mata air langsung yakni Umbul Langse. Misalkan Anda memiliki alergi kaporit, maka dengan berkunjung ke pemandian ini tidak perlu khawatir untuk turun berenang ke dalam kolam.

Bila berkunjung bersama keluarga dan buah hati tercinta, kolam pemandian Umbul Langse terbilang ramah anak dengan kedalaman sekitar 80 cm. Air pemandian pun sangat jernih yang mana Anda bisa melihat langsung bagian dasar kolam yang berbatu.

Wisata Umbul Langse hanya memiliki satu kolam pemandian yang menyegarkan, dan sudah dilengkapi fasilitas kamar mandi, toilet, dan musala. Jika merasa lapar setelah berendam dan berenang cukup lama, di sekitar area pemandian ada warung makan dengan harga terjangkau.

Lokasi wisata Umbul Langse berada di Desa Nepen, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolaliyang dibuka secara gratis. Wisatawan tidak diminta biaya tiket masuk tetapi harus membayar tarif parkir Rp2.000 untuk roda dua dan Rp5.000 untuk roda empat.

16. Kedung Goro

wisata di boyolali
Foto : https://www.instagram.com/adhe__19/

Obyek wisata di Boyolali yang menawarkan pesona keindahan alam tersembunyi karena jauh dari pemukiman warga yakni Kedung Goro. Bagi Anda pencinta wisata alam dan adrenalin, wisata kedung ini harus masuk daftar tujuan untuk dikunjungi.

Keindahan alam Kedung Goro masih sangat terjaga kealamiannya terbukti dari air begitu jernih memantulkan bayangan tebing batu di atasnya. Butuh waktu perjalanan kaki sekitar 1 jam untuk sampai ke lokasi dan rasa lelah akan terbayar dengan pesona yang disuguhkan.

Aktivitas yang wajib dilakukan pencinta adrenalin adalah terjun bebas dari atas tebing, menyelam menerobos lubang batu di dalam kedung. Hal ini memberikan sensasi kesegaran air kedung dengan cara berbeda dan pengalaman yang tidak terlupakan.

Lokasi wisata Kedung Goro berada di Desa Bolo, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali dan wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk. Untuk sampai ke lokasi hanya bisa diakses dengan roda dua yang dilanjutkan dengan perjalanan kaki beberapa ratus meter.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Purworejo terbaru dengan suguhan destinasi kekinian menarik dan hits banget.

Nah, itulah 16 wisata di Boyolali yang lagi hits di kalangan wisatawan lokal ataupun luar kota. Boyolali menawarkan segudang destinasi wisata pilihan yang akan menjawab kebutuhan liburan yang diinginkan oleh wisatawan masa kini. Soal bujet liburan, Anda tidak perlu khawatir karena sebagian besar tempat wisata di Boyolali hadir dengan bujet ramah kantong.

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here