Candi Selogriyo merupakan sebuah bangunan peninggalan masa lampu yang diperkirakan berdiri pada abad ke 9 Masehi. Destinasi wisata Candi satu ini bergaya arsitektur Indonesia klasik dengan latar belakang agama Hindu.

Uniknya Candi Selogriyo Magelang ini memiliki kemuncak berbentuk buah kaben, yang dimana tumbuhan ini bentuknya menyerupai stupa. Kemuncak Candi Selogriyo Jawa Tengah yang berbentuk bak buah kaben ini disebut amalaka.

Ada banyak sekali keunikan yang dapat anda temui saat memilih Candi Selogriyo sebagai tujuan wisata Keluarga Magelang. Menghabiskan waktu libur dengan mengunjungi Candi dijamin akan lebih berwarna dengan mendapat keseruan yang berbeda dari biasanya.

Harga Tiket Masuk Candi Selogriyo

harga tiket masuk candi selogriyo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104160579565963474440

Wisata Candi Selogriyo menyimpan banyak sejarah melalui relief dan arca-arca yang dapat anda telusuri di dalamnya. Dinding Candi Selogriyo memiliki empat sisi bangunan yang dimana menjadi tempat arca-arca perwujudan dewa pada lima relungnya.

Arca-arca tersebut akan coba kami jabarkan secara singkat mengenai letaknya agar mudah anda pahami. Durga Mahisasuramardini pada bagian dinding utara, Sedangkan sisi selatan terdapat Agastya.

Serta Ganesha pada sisi barat juga tak ketinggalan Nandiswara dan Mahakala di dinding timur. Jika anda merasa bingung dan penasaran kira-kira seperti apa penampakan dari masing-masing arca ini, yuk segera datang kesini.

Tak perlu khawatir soal biaya, wisata sejarah dan budaya di Magelang satu ini tidak akan membuat dompet anda jebol kok. Harga tiket masuk Candi Selogriyo sejauh ini hanya sebesar 5.000 rupiah saja per orangnya, terjangkau sekali bukan?

Dengan biaya yang ekonomis ini tentu membuat siapapun yang berkunjung akan merasa senang karena tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Adapun jam operasional wisata Candi Selogriyo yang mesti anda ketahui terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Daya tarik wisata Candi Selogriyo beroperasi mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB pada setiap harinya.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi candi selogriyo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113940412287628502274

Lokasi Candi Selogriyo berada pada ketinggian 740 meter diatas permukaan laut. Yang dimana letak persisnya berada di lereng timur kumpulan dari tiga bukit, yakni Giyanti, Malang dan Condong.

Karena posisinya berada di lereng sebuah bukit tak heran udara disini terasa sejuk dan membuat siapapun merasa betah saat liburan. Alamat Candi Selogriyo terletak di Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Jarak dari pusat kota Magelang ke Candi Selogriyo hanya sekitar 12 km saja dengan menempuh waktu perjalanan selama 31 menit. Akses jalan yang harus dilalui sudah cukup baik dan tidak akan menyulitkan siapapun yang berkunjung.

Apabila anda tak tahu jalan, tak ada salahnya untuk bertanya kepada warga setempat yang sangat antusias kepada para wisatawan. Atau gunakan saja maps dibawah ini agar perjalanan liburan anda ke Candi Selogriyo lebih mudah, aman dan menyenangkan.

Datang juga ke –> Air Terjun Sekar Langit

Fasilitas

fasilitas candi selogriyo
Foto : https://www.instagram.com/malieq_maul95/

Mengajak serta keluarga dan orang-orang tercinta berlibur ke Candi Selogriyo saat akhir pekan atau musim liburan pasti seru. Ragam suguhan dan berbagai sarana prasarana memadai siap memanjakan anda yang ingin menghabiskan waktu senggang disini.

Fasilitas Candi Selogriyo yang tersedia antara lain adalah :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Pusat informasi wisata
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Gazebo & saung
  • Jalur pejalan kaki
  • Gardu pandang
  • Spot foto menarik

Kawasan Cagar Budaya Candi Selogriyo didominasi oleh banyak tumbuhan dan pepohonan hijau yang mengitari area wisata ini. Tempatnya pun bersih dengan penataan segala ornamen yang sangat rapi, sehingga sejauh mata memandang hanya ada pemandangan menawan.

Kunjungi juga –> Punthuk Mongkrong

Spot Terbaik di Candi Selogriyo

spot terbaik di candi selogriyo
Foto : https://www.instagram.com/amanjiwo/

Menelusuri ragam cerita masa lalu dari sebuah Candi pada saat momen liburan akan terasa semakin seru. Melalui arca, relief dan juga patung yang ada, dapat kita saksikan lebih dekat agar rasa penasaran kita mampu terobati.

Denyak banyaknya panorama menakjubkan yang disuguhkan, berwisata ke Candi Selogriyo akan lebih berkesan dan sulit terlupakan. Apalagi jika merangkum semua aktivitas menarik selama jalan-jalan dan liburan disini dengan berswafoto dan merekam video.

Banyak sekali sudut menarik untuk anda temukan dan menjadikannya latar belakang ketika selfie atau foto bersama. Berpose di depan kamera dengan menjadikan spot terbaik di Candi Selogriyo sebagai backgroundnya untuk hasilkan foto instagenic.

Bangunan candi Selogriyo Magelang yang berdiri megah menanti anda yang ingin mengabadikan liburan seru bersama orang tercinta disini. Maka dari itu, sebelum liburan ke Candi Selogriyo jangan lupa membawa kamera atau paling tidak smartphone kesayangan anda.

Review sebelumnya –> Top Selfie Pinusan Kragilan

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi selogriyo
Foto : https://www.instagram.com/novemlawalata/

Berikut ini tips berkunjung ke Candi Selogriyo di Magelang Jawa Tengah yang menjadi wisata cukup rekomended untuk di kunjungi.

  • Perhatikan cuaca sekitar sebelum anda berkunjung kesini.
  • Sangat tidak dianjurkan wisata Candi ketika sedang turun hujan / cuaca buruk.
  • Atur waktu kunjungan wisata anda dengan sebaik-baiknya.
  • Sedia penutup kepala seperti topi, payung dan lainnya saat datang di siang hari.
  • Jika dirasa akan turun hujan, sebaiknya segera mencari tempat untuk berteduh.
  • Dilarang keras mengambil atau merusak apapun yang ada di dalam candi.
  • Buanglah sampah pada tempatnya demi kelangsungan cagar budaya.
  • Patuhi aturan bagi wisatawan yang telah di tetapkan pengelola wisata terkait.

Itulah tadi ulasan singkat dari Cagar Budaya wisata sejarah Candi Selogriyo yang unik, cantik dan instagenic. Semoga informasi ini dapat menambah referensi anda yang sedang mencari dan memilah tujuan wisata anti mainstream berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen − three =