Candi Mendut merupakan salah satu dari banyaknya wisata budaya paling populer di Indonesia yang wajib untuk telusuri keunikan di dalamnya. Tempat wisata Magelang satu ini adalah sebuah candi bercorak Buddha, yang ditemukan pertama kali pada tahun 1836

Saat pertama kali di temukan Candi Buddha ini dalam kondisi keadaaan runtuh dan tertimbun tanah juga semak-semak belukar yang mengelilingi. Sejarah Candi Mendut dengan seluk beluk kisah menarik di masa lampau bisa anda explore ketika berkunjung kesini.

Destinasi wisata Candi Mendut di Kabupaten Magelang diperkirakan usianya lebih tua dari Borobudur, atau paling tidak masih sejaman. Fungsi Candi Mendut saat ini sebagai tujuan rekreasi banyak wisatawan yang ingin bermain sambil belajar guna menambah wawasan.

Harga Tiket Masuk Candi Mendut

harga tiket masuk candi mendut
Foto : https://www.instagram.com/tegar_indarto/

Letak Candi Mendut hanya sekitar 3 km saja dari Borobudur, sehingga anda bisa dengan mudah mengunjungi wisata Magelang hits ini. Bagi anda yang belum tahu, bahwa Candi Mendut peninggalan kerajaan masa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra.

Bangunan Candi Mendut nampak sangat eksotis dengan banyak relief di dalamnya dengan cerita singkat yang tergambarkan. Terbuat dari batu andesit di bagian luarnya dan batu bata pada bagian dalam yang tertutup dengan batu alam.

Jalan-jalan guna menyaksikan candi bisa menjadi alternatif dalam mengisi waktu senggang di hari libur dan akhir pekan. Tak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk bisa liburan dan berwisata edukasi ke Candi Mendut.

Harga tiket masuk Candi Mendut sejauh ini hanya berkisar Rp10.000 saja per orangnya, sangat terjangkau bukan? Maka dari itu tunggu apalagi, mengajak sang buah hati beserta keluarga besar wisata ke Candi Mendut bakalan menyenangkan.

Melihat secara lebih dekat sebuah peninggalan sejarah berupa bangunan candi Buddha yang eksotis dan menawan pada jam operasional wisata. Candi Mendut Magelang bisa kapanpun anda kunjungi, buka setiap hari pada pukul 07.00 – 19.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Candi Mendut
Foto : https://www.instagram.com/djarotfajar/

Sesuai dengan namanya, Mendut diambil dari nama desa dimana Candi Buddha ini berada. Alamat Candi Mendut berada di Jl. Mayor Kusen, Sumberrejo, Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Lokasi Candi Mendut cukup strategis dan mudah dijangkau dari berbagai arah kedatangan wisatawan. Pintu masuk Candi Mendut menghadap ke arah barat daya dengan tersedia tangga untuk menaikinya terletak pada sebuah basement yang tinggi.

Memiliki bentuk persegi panjang dengan tinggi bangunan mencapai 13,3 m. Tinggi bagian kaki candi (batur) kurang lebih setinggi 3,7 m dan terdapat 14 anak tangga sebagai akses untuk masuknya.

Jarak dari alun-alun kota Magelang ke Candi Mendut kurang lebih sejauh 17 km dengan menempuh lama perjalanan 25 menit berkendara. Akses jalan sudah cukup baik untuk di lalui, jalur lebar, beraspal dan minim tanjakan apalagi belokan.

Bagi anda yang baru pertama kali hendak berkunjung dan mengalami kesulitan karena bingung tak tahu jalan, tenang. Maps dibawah ini dapat anda gunakan untuk memudahkan perjalan liburan dan rekreasi anda ke Candi Mendut yang menakjubkan.

Datang juga ke –> Ketep Pass

Fasilitas

fasilitas candi mendut
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115148209781835437988

Wisata Candi Mendut selalu menjadi tujuan berlibur banyak pengunjung, baik itu per orangan maupun rombongan sekolah ataupun kantor. Dengan suguhan panorama candi menagumgkan berbalut dengan pemandangan sekitar yang hijau, asri dan sejuknya udara.

Berbagai sarana prasarana sudah cukup memadai untuk menunjang ragam kegiatan dan aktivitas yang seru di Candi Mendut. Fasilitas Candi Mendut antara lain adalah :

  • Area parkir kendaraan luas
  • Toilet & kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Sumber informasi wisata candi
  • Pemandu wisata candi profesional
  • Wihara
  • Tempat duduk
  • Warung wisata
  • Spot foto menarik

Kawasan candi sangat tertata rapi dan bersih di berbagai sudutnya, membuat area ini sangat nyaman sebagai tempat jalan-jalan dan liburan. Nikmati berbagai keseruan yang Candi Mendut tawarkan agar liburan anda kali ini lebih berkesan.

Datang juga ke –> Punthuk Setumbu

Spot Terbaik di Candi Mendut

spot terbaik di candi mendut
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110369019518104141697

Mengunjungi destinasi wisata berbasis sejarah seperti candi, tentu kita akan menemui banyak sekali keunikan di dalamnya. Bangunan candi rata-rata banyak sejarah di masa lalu melalui patung, relie-relief, arca, stupa, hiasan dan ornamen menawan lainnya.

Relief – relief dengan bentuk eksotis yang dapat anda saksikan antara lain :

  • Brahmana dan seekor kepiting
  • Angsa dan kura-kura
  • Dharmabuddhi dan Dustabuddhi
  • Dua burung betet yang berbeda

Ke empat relief diatas merupakan sedikit contoh dari banyaknya relief beserta stupa dan juga arca yang ada disini. Itu semua dapat anda jadikan sebagai latar belakang ketika berfoto ria, seperti selfie, foto rame-rame dan rekam video.

Abadikan semua keseruan selama jalan-jalan dan liburan di Candi Mendut dengan merangkumnya ke dalam foto instagenic. Memanfaatkan spot terbaik di Candi Mendut sebagai backgroundnya agar lebih menarik hasilnya.

Review sebelumnya –> Air Terjun Kedung Kayang

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi mendut
Foto : https://www.instagram.com/_dhammagirl/

Berikut ini tips berkunjung ke Candi Mendut di Magelang Jawa Tengah yang bisa anda jadikan tambahan referensi saat rekreasi.

  • Datang untuk berwisata candi paling rekomended adalah saat cuaca cerah.
  • Tidak di rekomendasikan datang ke candi pada saat turun hujan lebat.
  • Jika berkunjung saat siang hari, bisa sedia topi/payung untuk menutupi kepala.
  • Dilarang keras merusak, mencoret dan mengambil apapun yang ada di dalam candi.
  • Bersama-sama menjaga kelangsungan wisata candi agar tetap lestari.

Itulah tadi ulasan singkat seputar Candi Mendut yang menyimpan banyak sejarah dan cerita di masa lalu untuk anda telusuri. Bangunan yang menawan wajib anda saksikan dan jangan sampai terlewatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 2 =